Vespa Antik Klasik Termahal

Vespa adalah kendaraan roda dua jenis skuter yang diproduksi pertama kali di Kota Pontedera, Italia, pasca pengeboman masal di negara Italia pada perang dunia ke II atau lebih tepatnya pada tahun 1946 di bawah naungan perusahaan Piaggio Co Spa. Sebelum tahun 1946 pun Piaggio sudah menciptakan skuter paperino (donald duck), namun skuter ini gagal, karena tidak sesuai dengan apa yang diinginkan boss Piaggio. Tepat pada tahun 1946, Vespa dikenalkan pertama kalinya ke publik di sebuah lapangan golf di Kota Roma, Italia.

Pada saat pertama kali pemasaran kendaraan ini cukup baik, terhitung sekitar 2000 unit Vespa terjual dalam kurun satu tahun dan di tahun berikutnya Vespa kembali menggebrak pasar roda dua Italia dengan varian barunya yaitu: Vespa 98. Dari tahun ke tahun Piaggio terus memproduksi Vespa, penyebaran Vespa pun mencakup ke berbagai negara dan belahan dunia seperti Inggris, Jerman, Perancis, benua Amerika, dan Asia. Di akhir tahun ’50an, Vespa pertama kali masuk ke Indonesia dengan varian yang disebut Vespa Kongo. Tahukah kamu Vespa apa saja yang termasuk ke dalam kriteria “Vespa antik klasik dan termahal di dunia”? Yuk disimak.

1. Vespa Douglas

Vespa ini menjadi satu-satunya skuter yang tidak diproduksi dari Italia, negara Inggris lah yang pertama kali memproduksi vespa ini sendiri di bawah naungan Piaggio. Produksian series ini sendiri pertama kali pada tahun 1951 dengan jumlah yang sangat besar, yaitu 126.230 unit.

2. Vespa 98 Corsa

Vespa ini dibuat untuk memenuhi spesifikasi standar balap di Italia dengan merepresentasikan inovasi serta teknologi yang diterapkan pada setiap vespa yang akan diproduksi selanjutnya. Bodi hand made yang dipakai pada vespa 98 corsa ditopang dengan rangka baja dan mount tub-dab suspense di bagian kanan, di samping itu pengaplikasian ventilasi pada bagian belakang vespa memberikan nuansa sport dan suatu bentuk inovasi yang paling canggih pada saat itu.

3. Vespa MP6 Prototype 1946

Pada saat launcingnya Skuter pabrikan Piaggio ini mengeluarkan 50 unit dan di bulan-bulan pertamanya pemasaran vespa dilakukan melalui jaringan dealer mobil yang bernama Lancia. Pada tahun pertamanya, piaggio berhasil meluncurkan vespa model ini sebanyak 2484 unit dan inilah pertama kali petualangan skuter Vespa dimulai.

4. Vespa SS90

Vespa SS90 atau sebutan lainnya yaitu Vespa Super Sprint ini merupakan Vespa yang pertamakali diperkenalkan pada tahun 1965, pemproduksian vespa ini sampai 1971 dan berhasil menjadi ikon skuter sport. Di negaranya sendiri, Italia, Vespa yang hanya diproduksi 5309 ini tersedia dalam dua warna yaitu: Merah dan biru.

5. Vespa Circuito 125

Vespa Circuito 125 merupakan kendaraan yang sengaja didesain dan dirancang untuk spesifikasi balap, penciptaan model vespa ini bertujuan sebagai bentuk tuntutan zaman yang memang pada saat itu mengikuti ajang balap adalah salah-satu bentuk metode pemasaran yang paling diminati dari berbagai produsen kendaraan roda dua, yaitu: pada akhir tahun 40’an atau tepatnya tahun 1949.