Jerawat, Penyebab Dan Jenis Serta Cara Mencegahnya

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat, “Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya. Jerawat merupakan permasalahan yang paling umum pada kulit, yang dicirikan dengan hadirnya komedo, kulit kemerahan karena iritasi, noda hitam atau bintik merah membengkak hingga bernanah.

Intensitas jerawat bisa berbeda-beda pada setiap orang, mulai dari bentuk yang ringan seperti bintik merah, komedo, sampai pada bentuk yang parah berupa ratusan bintik dan benjolan memerah yang sakit jika disentuh, yang menutupi area kulit tertentu. Jerawat bisa terjadi pada wajah, leher, dada, belakang badan, dan/atau pergelangan tangan bagian atas.

Jerawat umumnya diawali dengan munculnya komedo. Terdapat 2 jenis komedo yaitu whitehead dan blackhead. Komedo ini dapat berkembang lebih lanjut menjadi suatu pembengkakan keras yang disebut suatu papul yang nantinya akan terisi nanah atau pus. Jerawat dengan peradangan yang lebih hebat akan membentuk suatu benjolan yang lebih besar atau nodul. Pada akne yang besar seringkali dapat menyebabkan rasa nyeri. Adanya jerawat dengan peradangan hebat akan menyebabkan terjadinya jaringan parut, lalu apa yang menyebabkan jerawat?

Penyebab Jerawat

Jerawat bisa muncul pada usia berapa pun, namun perubahan kadar hormon selama masa puber kerap dikaitkan dengan penyebab-penyebabnya. Perubahan hormon tersebut berdampak kepada kelenjar penghasil minyak atau sebum yang letaknya dekat dengan folikel rambut di kulit. Peningkatan aktivitas kelenjar ini menyebabkan produksi sebum pada wajah juga bertambah. Jadi tumpukan sebum ini nantinya akan bergabung dengan kotoran dan sel kulit yang mati, kemudian menyumbat pori-pori.

Pada saat pori-pori tersumbat dan dengan banyaknya sebum pada permukaan kulit, bakteri yang disebut Propionobacterium acnes berkembang dengan cepat. Bakteri ini merupakan bakteri penyebab jerawat. Propionobacterium acnes melepaskan semacam zat iritan yang akan mengiritasi kulit. Efek dari iritasi inilah yang menyebabkan kulit memerah dan membengkak, disamping itu juga menyebabkan timbulnya nanah di balik kulit.

Lapisan dalam folikel rambut juga menebal akibat perubahan kadar hormon dan menyebabkan tersumbatnya pori-pori kulit. Penyumbatan pori-pori ini tidak akan hilang, meski kulit telah dibersihkan. Selain pada masa puber, jerawat juga bisa dialami para wanita akibat perubahan hormon yang terjadi selama siklus menstruasi dan masa kehamilan. Jerawat juga diketahui sebagai faktor keturunan. Kemungkinan besar seseorang akan memiliki jerawat jika kedua orang tua berjerawat juga.

Jerawat pada wajah memang sangat mengganggu terlebih jika jumlahnya banyak sehingga banyak yang tidak merasa tidak percaya diri dengan kehadiran jerawat pada kulit wajahnya. Ada faktor penyebab jerawat pada wajah yang perlu diketahui, karena kulit wajah bagian yang paling luar sehingga perlu dijaga dengan baik. perlu mengetahui apa saja yang bisa menjadi faktor penyebab jerawat pada wajah, seperti dibawah ini :

  • Kebersihan Yang Tak Dijaga

Untuk penyebab jerawat pada bagian kulit wajah yang paling sering terjadi bisa dikarenakan oleh kebersihan kulit wajah yang kurang dijaga dengan baik. faktor kebersihan kulit wajah yang kurang dijaga dengan baik bisa memberikan banyak dampak buruk bagi kulit yang salah satunya jerawat. Munculnya jerawat pada wajah sering juga karena jarang cuci muka atau tidak dengan cara yang tepat sehingga kotoran tidak terbuang dengan baik dan akan menyumbat pori pori wajah yang akan memicu infeksi bakteri kulit lalu menjadi jerawat.

  • Make up Berlebihan

Tidak jarang juga kulit berjerawat dikarenakan produk make up atau kosmetik yang digunakan khususnya pada wanita. Untuk sebagian besar wanita, make up sudah seperti kebutuhan karena digunakan setiap hari. penggunaan make up memang tidak masalah, tetapi yang masalah jika digunakan secara berlebihan dan setelah digunakan tidak dibersihkan dengan baik. atau ada juga produk yang memicu jerawat sebab tidak cocok dengan jenis kulit yang di miliki. Karena itu apabila menggunakan produk pada kulit sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis kulit sehingga tidak salah dalam pemilihan produk.

  • Jenis Kulit

Hampir setiap orang pasti pernah memiliki jerawat, tetapi ada orang orang yang memang lebih berpotensi untuk memiliki jerawat lebih tinggi dibandingkan lainnya karena pengaruh dari jenis kulit yang di miliki. Untuk orang orang yang memiliki jenis kulit berminyak yang lebih berpotensi. Produksi minyak pada kulit atau sebum secara berlebihan pun tidak baik, karena debu atau kotoran akan lebih mudah menempel. Untuk itu jika memiliki jenis kulit berminyak sebaiknya memiliki kertas minyak untuk menyerap minyak berlebihan pada wajah agar tidak memicu jerawat pada wajah.

  • Sel-Sel Kulit Mati

Pada umumnya jerawat terjadi karena semakin banyaknya produksi hormon androgen sehingga mengakibatkan kelebihan kelenjar minyak. Akhirnya jerawat mulai muncul karena bakteri bercampur dengan sel-sel kulit mati. Penyumbatan yang terbentuk karena sel-sel kulit mati tersebut bercampur juga dengan sabun hingga campuran tersebut menebal sehingga menimbulkan bintik hitam atau putih pada wajah. Jerawat pada umumnya memang menyerang muka, namun jerawat juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya seperti punggung, lengan atas, dada bahkan kulit kepala.

  • Bakteri

Bakteri merupakan salah satu penyebab jerawat yang paling serius. Bakteri yang disebut p. acne biasanya ada pada kulit dan cenderung untuk terus berkembang biak dalam kelenjar sebaceos yang mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan iritasi didaerah sekitarnya. Kelenjar tersebut dapat pecah ketika proses pembengkakan membesar yang mengakibatkan peradangan pada kulit disekitarnya dan menimbukan rasa sakit pada wajah. Inilah salah satu sebab timbulnya jerawat batu yaitu jenis jerawat yang membesar dan terasa sakit dan ketika sembuh bisa mengakibatkan lubang-lubang seperti bekas luka cacar.

  • Faktor Makanan

Jerawat pada wajah bisa disebabkan oleh makanan yang di konsumsi. Secara tidak langsung makanan bisa menjadi faktor penyebab jerawat pada wajah terutama pada makanan yang berlemak tinggi atau makanan kurang sehat. Makanan berlemak tinggi pun berpotensi untuk memicu produksi sebum berlebihan.

  • Faktor Genetik

Ada pun yang memiliki jerawat pada wajah dikarenakan pengaruh dari keluarga. Memiliki faktor genetik dengan jenis kulit yang kurang baik bisa menyebabkan jerawat apabila tidak di rawat. Karena itu ada yang mengalami peradangan jerawat pada wajah karena faktor genetik.

Jika sudah mengetahui faktor penyebab jerawat pada wajah sebaiknya lakukan pencegahan agar jerawat tidak muncul. ada banyak faktor yang menyebabkan jerawat pada wajah seperti yang telah disebutkan diatas.

Jenis-jenis Jerawat

Tahukah Anda bahwa jerawat dapat digolongkan menjadi beberapa jenis? Anda mungkin berjerawat, tetapi tahukah Anda termasuk jenis apakah jerawat Anda? Anda mungkin kadang gagal dalam mengobati jerawat karena Anda tidak menggunakan perawatan yang tepat untuk jenis jerawat yang tepat. Mari kita lihat beberapa jenis jerawat yang umum dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Jerawat Biasa

Hampir sebagian besar orang pernah menderita jerawat seperti ini. Jerawat ini mudah dikenali karena berntuknya yang kecil dan berwarna putih kemerahan. Jerawat ini timbul karena tersumbatnya pori-pori dan terinfeksi bakteri propionibacterium acne.

Bakteri tersebut hidup di daerah diprosuksinya asam lemak pada kantung kelenjar yang tersembunyi dibawah permukaan kulit atau sering disebut juga sebagai kelenjar sebaceous. Yang perlu diwaspadai dari bakteri ini yaitu karena bisa menimbulkan iritasi pada bagian wajah sekitarnya.

  • Cara Mengatasinya

Jika anda ingin menangani masalah jerawat dalam jangka waktu singkat karena akan menghadiri beberapa acara penting, anda dapat menyiasati dengan mengolesi dengan pasta gigi pada jerawat yang muncul pada wajah anda menjelang tidur. Pasta gigi mengandung fluroide yang berkhasiat mengurangi bengkak kemerahan yang ditimbulkan oleh jerawat. Selain itu anda juga dapat menggunakan tomat maupun lemon sebagai masker untuk menghilangkan jerawat serta menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

2. Jerawat Batu

Jerawat batu memiliki ukuran yang lebih besar dari pada jerawat biasa. Jerawat batu berwarna lebih merah dan meradang. Jika terus dibiarkan jerawat batu akan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan. Jerawat batu atau yang sering disebut dengan Cystic Acne disebabkan karena kelenjar minyak yang terlalu banyak dan pertumbuhan sel yang tidak normal. Jerawat batu tergolong jerawat yang parah.

  • Saran Pengobatan

Jika anda mengalami jerawat batu yang meradang sebaiknya segeralah konsultasi kedokter untuk kemudian menentukan pengobatan apa yang harus dilakukan.

3. Jerawat Vulgaris

Jerawat vulgaris merupakan semacam kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka, komedo tertutup maupun jerawat yang diikuti dengan kulit kemerahan serta bersisik. Jerawat ini biasanya timbul pada masa remaja dan umumnya berlanjut sampai pada masa dewasa. Jerawat ini bisa disebakan karena kelebihan minyak, perubahan hormonal, produk kosmetik serta kulit mati yang tidak lepas secara semestinya.

  • Cara Mengatasinya

Pengobatan yang tepat untuk jerawat jenis ini yaitu dengan cara menghilangkan bakteri, mengendalikan minyak berlebih pada wajah, serta dengan meningkatkan pergantian sel kulit mati. Jerawat ini biasanya akan membaik seiring berjalannya waktu tanpa ada intervensi apapun. Tapi jika jerawat ini sudah semakin parah, dapat menimbulkan kerusakan dan harus mendapatkan pengobatan dari dokter spesialis kulit. Jerawat ini tidaklah menular serta dapat disembuhkan.

4. Jerawat Rosacea

Jerawat ini biasanya timbul pada wanita yang berusia 30-50 tahun. Pada mulanya jerawat ini akan tampak kemerahan yang dapat menimbulkan peradangan sehingga bisa menimbulkan sisik pada lipatan hidung.

  • Saran Pengobatan

Jerawat ini membutuhkan perawatan dari dokter kulit, biasanya berupa penguapan, kompres air panas atau dengan penyinaran menggunakan sianar infa merah pengeringan jerawat.

7. Jerawat Nitrosica

Jerawat jenis ini harus diwaspadai karena jika dibiarkan akan menyebabkan lubang pada kulit wajah. Adapun saran pengobatan ini dengan cara konsultasi pada dokter, dapat juga dengan menggunakan teknologi kecantikan untuk menghilangkan jerawat ini.

Cara Mencegah Timbulnya Jerawat

Pernah terbayangkan atau melihat kulit wajah yang dipenuhi dengan jerawat ? Dalam kategori ringan dan berat jerawat diwajah sangatlah menganggu sekali. Namun terkadang perasaan terganggu tersebut bisa berubah menjadi tidak percaya diri dan cenderung menyendiri. Sebenarnya masalah jerawat dalam kategori berat memang memberikan dampak yang negatif pada jiwa dan pemikiran seseorang.

Berbagai cara akan dilakukan agar jerawat cepat sembuh namun menghilangkan jerawat dan bekasnya jerawat tidaklah semudah itu dan memerlukan waktu yang lama bahkan hingga tahunan. Nah maka dari itu ada baiknya mencegah sebelum terjadinya kondisi dimana wajah dipenuhi oleh jerawat.

  • Perhatikan Kebersihan Wajah

Cara pertama untuk mencegah timbulnya jerawat pada remaja adalah dengan memperhatikan kebersihan wajah. Jangan malas untuk membersihkan wajah karena seperti yang kita ketahui bahwa masa remaja merupakan masa dimana kita lebih aktif untuk beraktivitas diluar rumah sehingga tanpa disadari kotoran dan debu banyak menempel pada kulit wajah sehingga apabila kita malas memperhatikan kebersihan wajah maka jangan heran apabila kulit wajah anda akan mudah berjerawat.

Namun dalam membersihkan wajah anda harus memperhatikan beberapa hal yaitu jangan menggosok wajah terlalu kuat karena hal ini malah akan membuat iritas pada kulit wajah, setelah mencuci wajah usahakan untuk mengeringkannya menggunakan handuk lembut.

  • Gunakan Make Up Secukupnya

Nah, biasanya yang menggunakan make up adalah kaum wanita jadi tips ini khusus untuk wanita jika ada pria yang menggunakan make up maka juga harus mengikuti tips ini agar di tidak timbul jerawat di usia muda. Basuhlah wajah anda sesudah menggunakan make up, jangan malas untuk membersihkannya karena bekas make up bisa menyumbat pori-pori pada kulit wajah sehingga bisa menimbulkan jerawat.

  • Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk menutrisi tubuh secara keseluruhan. Dampaknya positif bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Buah juga kaya akan serat yang melancarkan sistem pencernaan sehingga penyerapan nutrisi menjadi sempurna. Buah dan sayuran bisa Anda jadikan sebagai menu pelengkap sesudah makan siang. Ada baiknya waktu makan buah adalah satu jam sebelum makan atau satu jam sesudah makan.

  • Rutin Menggunakan Masker Dari Bahan Alami

Meskipun wajah Anda terlihat mulus dan bersih namun perawatan untuk kulit wajib terus dilakukan. Ini mengingat kulit tetap memerlukan asupan nutrisi yang diperoleh dari bahan alami. Salah satunya bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker mencegah timbulnya jerawat adalah putih telur. Putih telur selain mencegah jerawat juga dapat membantu mengencangkan kulit wajah sehingga mencegah penuaan dini. Anda tinggal membelah dua telur dan pisahkan putih telur dari kuning telurnya. Sesudah itu tempelkan pada wajah selama 30 menit dan bilas dengan menggunakan air yang bersih.

  • Tidur Yang Cukup

Setelah seharian berakfititas tubuh memerlukan istirahat yang panjang pada malam hari. Tidur yang cukup dibutuhkan sekitar 7 sampai dengan 8 jam bagi orang dewasa. Dan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas adalah dengan merilekskan pikiran sejenak. Dengan tidur beberapa organ tubuh mengalami regenerasi seperti kulit. Waktu malam hari kulit mengganti sel yang mati dengan kulit yang baru. Itulah kenapa kulit memerlukan nutrisi pada malam hari dengan tidur yang cukup. Ini berarti untuk mencegah munculnya jerawat pastikan Anda tidur yang cukup setiap harinya.

  • Olahraga

Olahraga merupakan aktifitas fisik yang dilakukan bertujuan untuk menguatkan otot tubuh dan membakar kalori. Dengan berolahraga peredaran darah menajdi lancar dan lemak yang ditimbun didalam tubuh menjadi berkurang. Itulah kenapa olahraga menyehatkan tubuh dan mempercantik kulit. Kulit menjadi segar dan tampak lebih kenyal. Olahraga rutin dilakukan sebanyak emapt kali seminggu dapat dilakukan dengan aktifitas yang ringan saja seperti lari dan bersepeda. Untuk durasinya jika Anda termasuk orang yang sibuk bisa dilakukan maksimal 30 menit setiap hari sebelum Anda berangkat kerja.

  • Minum Air Putih Yang Cukup

Air putih dianjurkan untuk diminum sebanyak 8 gelas setiap hari. Dengan minum air yang cukup maka kebutuhan tubuh tercukupi dan Anda terhindar dari dehidrasi. Air putih juga bermanfaat untuk membuat kulit lebih lemabap dan mengeluarkan zat yang tidak berguna oleh tubuh melalui urine. Dan yang paling penting dari itu semua adalah minum air yang cukup membuat Anda terhindar dari masalah kulit seperti jerawat, bekas jerawat dan komedo.

Meskipun air putih terkesan sederhana namun manfaatnya bagi tubuh dan kecantikan kulit tidak pernah diragukan sedikitpun. Bahkan saking manfaatnya yang banyak ada namanya pengobatan jerawat dengan terapi air putih. Konsumsi air yang cukup dapat menyembuhkan jerawt dan mencegahnya untuk datang kembali. Namun ingt konsumsi air putih secukupnya saja dan sebagaimana yang dianjurkan. Karena konsumsi air putih yang berlebihan juga dapat memperberat kinerja ginjal dalam tubuh Anda.

Cara Alami Mengatasi Jerawat

Setelah mengetahui banyaknya jenis jerawat dan rupanya komedo juga termasuk dalam golongan jerawat maka berikut ini adalah ulasan mengenai cara alami mengatasi jerawat. Bagi anda yang sudah penasaran maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

  • Menggunakan Lemon

Banyak orang yang memang ingin tahu apa saja jenis jenis jerawat dan cara mengobatinya. Mengobati jerawat juga dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami seperti lemon. Lemon merupakan buah yang di dalamnya terdapat kandungan asam sitrat yang memiliki pengaruh lebih besar terhadap kulit. Kandungannya tersebut dapat digunakan untuk meluruhkan sel kulit mati dan juga dapat digunakan untuk membasmi kulit dari adanya jerawat bruntusan serta jerawat bintik bintik hitam serta juga dapat digunakan untuk mengatasi bekas jerawat.

Cara untuk menggunakannya yaitu dengan menyediakan beberapa lemon serta kapas bola. Selanjutnya peras lemon dan gunakan airnya saja kemudian celupkan kapas dan usapkan pada seluruh permukaan wajah. Jika sudah biarkan hingga kering dan meresap pada kulit. Setelah itu baru dapat dibilas dengan menggunakan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka cara ini harus dilakukan secara rutin.

  • Menggunakan Madu

Kemudian bahan alami yang juga dapat digunakan untuk membasmi jerawat adalah madu. Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan madu secara langsung di seluruh permukaan wajah atau pada bagian yang terdapat jerawat serta noda hitam akibat bekas jerawat. Perawatan ini dapat dilakukan pada malam hari menjelang tidur dan diamkan hingga keesokan harinya lalu kemudian dibilas dengan menggunakan air bersih.

  • Menggunakan Buah Pepaya

Dan untuk bahan alami selanjutnya yang juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat adalah buah pepaya. Buah ini juga sangat bermanfaat untuk dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Cara untuk menggunakannya yaitu dengan menghaluskan buah pepaya terlebih dahulu hingga teksturnya seperti bubur pepaya. Setelah itu ratakan pada permukaan wajah dan jadikan seperti masker. Jika sudah maka dapat langung dibilas dengan menggunakan air bersih.

  • Es Batu

Cara alami yang juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan es batu. Ketika jerawat meradang dan terjadi iritasi pada permukaan kulit sehingga terjadilah kemerahan pada kulit maka sebaiknya diatasi dengan menggunakan es batu yang di oles oleskan pada permukaan jerawat yang meradang. Es batu dapat digunakan untuk merileksasi kulit yang sedang meradang akibat jerawat. Ini merupakan langkah utama yang dapat dilakukan sebelum melanjutkan perawatan jerawat berikutnya.

Gimana guys? Sudah tahukan bahwa dengan menjaga kebersihan pastinya jerawat dapat teratasi. Dan ada baiknya mengikuti tips diatasi untuk merawat wajah secara alami. Maka dari itu demikianlah pembahasan mengenai jerawat, semoga artikel ini dapat memeberi manfaat bagi pembaca.