Mencegah Kerusakan Kuku, Lakukan Cara Ini Agar Kesehatannya Tetap Terjaga

Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Perawatan kuku harus dilakukan agar kuku tetap sehat. Saya yakin memiliki kuku cantik, indah dan terawat adalah impian banyak orang.

Kuku tangan sering kali diberi perhatian yang lebih besar dibanding kuku kaki. Kuku tangan dipotong rapi, diberi pelembab, lalu dibersihkan secara rutin, sedangkan kuku kaki seringkali diabaikan. Padahal jika tidak dibersihkan dan dirawat, kuku kaki akan menjadi kusam dan menghitam karena berjamur, sehingga menyebabkan bau kaki. Lalu tahukah anda fungsi dari kuku tersebut?

Fungsi Kuku

Seperti kita semua ketahui, kuku adalah bagian tubuh yang tumbuh di ujung jari, menutupi ujung jari tangan dan kaki. Daerah di bawah kuku memiliki banyak ujung syaraf. Ujung syaraf inilah yang memungkinkan Anda untuk menerima informasi tentang obyek yang akan Anda sentuh.
Berikut ini adalah beberapa fungsi utama kuku pada tubuh manusia:

  1. Fungsi utama kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang penuh dengan urat saraf dan bagian sensitif yang ada di bawah kuku
  2. Kuku berfungsi untuk memberi sensitifitas daya sentuh. Pada ujung jari terdapat banyak reseptor yang berfungsi untuk menghantarkan rangsang sentuh saat kita menyentuh suatu objek sehingga kita dapat merasakan bersentuhan dengan objek yang kita sentuh.
  3. Kuku sebagai kekuatan penyeimbang ketika ujung jari menyentuh sebuah benda, sehingga meningkatkan sensitivitas jari, meskipun tidak ada ujung saraf di kuku itu sendiri.
  4. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran.
  5. Kuku membantu proses untuk memegang atau mencengkram benda yang dilakukan oleh jari-jari
  6. Pada kaki, kuku memberikan tekanan penyeimbang pada jari kaki yang membantu keseimbangan dan kesadaran spasial.
  7. Ada beberapa penyakit yang merubah penampilan kuku kaki Anda. Kuku rusak, berubah warna, berubah bentuk dan berbau akan dijadikan indikator bagi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.
  8. Tentunya jika kuku kaki dan tangan terawat dengan baik, bersih dan terjaga kesehatannya, kuku bisa menjadi salah satu daya tarik (terutama bagi kaum wanita).

Gimana, sudah tahukan fungsi dari kuku itu. Namun bagaimana cara yang baik untuk merawat kuku agar tetap terlihat cantik dan terhindar dari keruskan?

Cara Merawat Kuku

Ketika kuku jarang sekali dirawat atau bahkan pola hidup yang salah ketika menggunakan tangan, maka yang terjadi adalah timbulnya penyakit, mulai dari yang terkecil seperti gatal hingga penyakit yang besar, misalnya infeksi bakteri. Untuk mencegah itu semua perlu dilakukannya pencegahan serta perawatan yang baik.

Untuk menjaga kesehatan kuku dapat dilakukan langkah-langkah sederhana, seperti :

  • Perhatikan Cat Kuku

Menggunakan cat kuku tidak akan membuat kuku Anda mengidap penyakit. Namun memberikannya jeda untuk beristirahat adalah hal yang bijak. Selain untuk bernapas, menghilangkan cat kuku juga membuat Anda dapat melihat kotoran-kotoran yang terdapat pada kuku bagian dalam.

Anda dapat membersihkan kuku dari cat dengan cairan aseton atau pembersih cat kuku lainnya. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan ketika melakukan aktivitas yang sekiranya dapat mengotori tangan dan kuku, seperti saat Anda berkebun atau membersihkan rumah.

  • Melembabkan Kuku

Kuku yang kotor dan jarang dirawat biasanya akan mengalami banyak masalah kesehatan, seperti rasa nyeri, kemerahan, pembengkakan bahkan munculnya nanah. Oleh sebab itu, sangat perlu bagi Kita untuk melembabkan kuku dan kutikula. Cairan pelembab kuku sendiri biasa Kita temui pada tempat-tempat manikur. Anda juga bisa mencarinya ke dokter umum ataupun spesialis kulit. Tidak jarang para ahli medis menyediakan obat infeksi khusus kutikula.

  • Memangkas Kuku

Memiliki kuku yang panjang sudah bukan lagi jamannya saat ini. Selain karena masalah estetika, memangkas kuku secara rapih dan tepat juga mempengaruhi kesehatan. Terlebih jika kuku tersebut sering dipakai kegiatan yang membuat kotoran melekat dan masuk ke dalam sela-selanya. Sedangkan untuk waktu memangkas kuku sendiri tergantung kecepatan pertumbuhan kuku Anda. Namun biasanya, satu minggu sekali adalah kurun waktu yang standar untuk memangkasnya.

  • Rajin Mencuci Tangan

Cara menjaga kesehatan kuku selanjutnya adalah dengan selalu mencuci tangan sehabis melakukan aktivitas. Dengan melakukannya secara konsisten, kuku Anda akan terhindari dari berbagai serangan penyakit, seperti infeksi bakteri dan pertumbuhan jamur. Selain itu, Anda juga harus membersihkan bagian punggung kuku dan sela-selanya dengan cara digosok, misalnya menggunakan sikat gigi atau sikat khusus yang berukuran kecil dengan bulu yang lembut.

  • Gunakan Sarung Tangan Khusus

Ada beberapa keadaan dimana Anda harus menggunakan sarung tangan sebagai cara menjaga kesehatan kuku. Misalnya ketika Anda sedang mencuci piring, baju ataupun sedang menggunakan peralatan dan bahan kimia. Cairan pembersih ataupun cairan kimia tersebut dapat membuat kuku kehilangan kekuatannya, sehingga sangat rapuh. Selain itu, diterjen dan bahan kimia sejenisnya tersebut juga dapat membuat kulit disekitar kuku mengalami iritasi dan kemerahan.

  • Konsumsi Vitamin

Jika ingin mendapat kuku cantik dan sehat, Anda juga perlu menjaga asupan gizi serta mengonsumsi vitamin yang mengandung biotin. Biotin adalah salah satu jenis vitamin B kompleks. Penelitian menunjukkan bahwa biotin dapat membuat kuku menjadi lebih tebal, sehingga tidak mudah pecah dan patah. Contoh makanan yang mengandung biotin adalah susu, telur dan kacang-kacangan.

Cara Alami Merawat Kesehatan Kuku

Kondisi kuku dapat menggambarkan kebersihan dan kesehatan seseorang. Rawatlah kuku dengan baik agar dapat terlihat bersih dan cantik. Untuk mencegah infeksi atau kerusakan yang mungkin muncul, sebaiknya Anda lebih berhati-hati dalam merawatnya. Untuk itu anda sebaiknya mencoba perawatan alami dan untuk itu ada beberapa perawatan yang dapat anda lakukan.

1. Minyak Zaitun

Selain dapat melembabkan kulit dan mencerahkan kulit. Minyak zaitun juga dapat berfungsi untuk menjaga agar kuku tetap cantik. Caranya dengan menyediakan minyak zaitun secukupnya lalu hangatkan namun tidak terlalu panas. Setelah itu minyak zaitun bisa diaplikasikan dengan cara mengoleskannya memakai cuttonbath ke atas permukaan kuku. Gosok-gosoklah cuttonbath yang telah dicelup ke dalam minyak zaitun. Lalu diamkan selama 20-15 menit. Minyak zaitun atau olive oil ini bisa membuat kuku lebih halus dan cantik. Setelah selesai kuku bisa dibersikan dengan air hingga bersih.

2. Menggunakan Garam

Selain sebagai bumbu dapur agar makanan terasa enak dan sedap, garam juga bisa digunakan untuk cara merawat kuku. Caranya sediakan wadah yang berukuran medium, air hangat secukupnya dan garam secukupnya. Setelah itu campurkan garam pada air hangat. Lalu rendam tangan atau hanya sebatas jari-jari tangan kepada air garam tersebut. Setelah itu diamkan selama 15-20 menit, lalu bersihkan dengan air keran biasa dan keringkan. Merendam kuku dengan garam dapat membersihkan kuman yang menempel pada sela-sela kuku dan membuat kuku lebih mengkilap. Setelah itu Anda bisa mengamplas kuku dengan alatnya agar kuku lebih indah dan mengkilap sempurna.

3. Menggunakan Lemon

Kuku yang mengkilap juga didapatkan dengan membersihkannya dengan air lemon. Di mana air lemon ini memiliki vitamin c yang cukup tinggi. Vitamin c inilah yang akan membuat kuku tangan atau kaki menjadi mengkilap. Caranya yaitu dengan mengiris lemon menjadi beberapa bagian lalu menggosokkannya pada permukaan kuku selama beberapa menit (bisa dilakukan 5-10 menit). Setelah itu bersihkan kuku dengan air hingga tidak terasa lengket akibat dari air lemon tadi. Selain itu, lemon juga bisa membersihkan kuku dari sisa cat kuku yang masih tersisa.

4. Kulit Semangka

Buah-buahan yang satu ini selain bisa dimakan langsung dan menyegarkan, juga bisa dimanfaatkan untuk kuku kita loh guys. Apa yang digunakannya? Bukan dagingnya loh yaaa, tetapi kulitnya. Daripada dibuang mending dimanfaatkan untuk mengkilapkan kuku. Caranya potong-potong kulit semangka yang ada. Lalu pengaplikasiannya sama seperti lemon; kulit semangka bagian putihnya cukup digosokkan pada permukaan kuku dan biarkan sampai air yang menempel pada kuku mengering dengan sendirinya. Setelah itu bersihkan dengan air dan keringkan dengan handuk. Maka kuku akan tampak lebih bersih dan mengkilap.

5. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh yang memiliki rasa asam yang luar biasa ini dapat digunakan untuk cara merawat kuku. Caranya belah belimbing wuluh lalu gosokkan ke permukaan kulit. Kandungan asam pada belimbing bisa membersihkan kuku kita, biarkan sampai mengering dengan sendirinya. Setelah itu bersihkan dengan air dan keringkan dengan handuk. Maka kuku akan tampak lebih bersih dan mengkilap tentunya.

Sering kali tanpa kita sadari, kuku yang semula berwarna bening lama kelamaan mengalami perubahan dalam segi warna. Pada banyak kasus, kuku seseorang berubah menjadi warna kekuningan, bisa jadi karena infeksi jamur, konsumsi obat-obatan sejenis karoten, atau penyakit psoriasis kuku. Bukan hanya itu, banyak penyakit lain yang juga menyebabkan kuku seseorang mengalami perubahan warna. Dan tahukah anda bahwa penyakit dapat didekteksi dari kuku seseorang.

Mengetahui Kesehatan Dari Bentuk Kuku

Coba lihat kuku-kuku pada jari manis Anda, apakah tebal atau tipis? Bergelombang atau bergaris? Jika iya, segeralah periksa kesehatan Anda. Oleh karenanya, kuku menjadi salah satu indikator untuk mendeteksi adanya penyakit berbahaya yang diidap tubuh. Berikut beberapa penyakit kuku yang dapat menjadi gejala penyakit serius:

1. Sindrom Kuku Kuning

Situasi ini terjadi ketika kuku menjadi lebih tebal dan tidak tumbuh secepat biasanya. Pada beberapa kasus, bisa jadi kuku kekurangan kutikula dan bahkan lepas dari jari. Kondisi ini dapat disebabkan oleh: keganasan organ-organ di dalam tubuh, limpedema atau pembengkakan pada tangan, rheumatoid arthritis, gangguan pernapasan seperti sinusitis dan bronkitis kronis, serta adanya cairan di antara selubung paru (efusi pleura).

2. Jari Tabuh (Clubbing fingers)

Kondisi saat kuku jari mengeras dan membulat di sekitar ujung jari. Penyakit ini umumnya dapat terjadi akibat rendahnya kadar oksigen dalam darah yang biasanya terkait kondisi-kondisi seperti gangguan kardiovaskular, AIDS, gangguan hati, paru dan penyakit peradangan usus.

3. Garis Beau

Dapat menjadi tanda terjadinya malnutrisi pada tubuh seseorang, ditandai dengan garis horizontal sepanjang kuku. Selain itu, beberapa kondisi kesehatan lain juga dapat menjadi penyebab timbulnya garis Beau pada kuku, antara lain penyakit-penyakit yang menyebabkan demam tinggi seperti campak dan demam scarlet, penyakit vaskular periferal, pneumonia, diabetes yang tidak terkendali, serta defisiensi mineral seng di dalam tubuh.

Selain itu, garis Beau juga bisa muncul pada pasien yang sedang atau telah melakukan pengobatan kemoterapi serta pasien yang mempunyai penyakit Raynaud ketika berada di lingkungan dengan udara yang sangat dingin. Kelainan berupa munculnya garis Beau ini umumnya bisa dihilangkan. Dibutuhkan waktu sekitar empat hingga enam bulan untuk menghilangkan garis ini pada jari tangan dan enam hingga 12 bulan pada kuku jari kaki.

4. Koilonikia

Adalah kondisi saat kuku menjadi melengkung keluar sehingga membentuk seperti sendok. Penyakit kuku ini dapat menjadi gejala terjadinya beberapa penyakit lain seperti: gangguan jantung, lupus, anemia kekurangan besi, dan hipotiroidisme.

5. Kuku Mengelupas

Kuku ini tampak mengelupas dari dalam lapisan. Ini bukan diakibatkan karena terlalu sering mencuci atau memoles kuku. Kuku yang mengelupas dapat berhubungan dengan vitamin C, asam folat, dan kelemahan protein. Selain itu, menurut situs Webmd.com sekitar sepuluh persen kuku yang mengelupas bisa memberi tanda bahwa Anda kekurangan gizi.

6. Kuku Bengkak

Bentuk kuku bengkak, oval, atau kembung itu kemungkinan Anda punya masalah dengan kesehatan. Penyakit paru-paru atau masalah pernapasan jadi gangguan yang kesehatan yang bersembunyi pada tubuh si pemilik kuku.

Mengalami salah satu penyakit kuku di atas tidak serta merta menandakan bahwa Anda pasti mengidap penyakit serius tertentu. Meski demikian, ada baiknya periksakan diri ke dokter jika terdapat perubahan warna, bentuk, atau ketebalan kuku. Waspadai bila kuku menjadi rapuh, berlubang, berdarah, bengkak, nyeri di sekitar kuku, serta kuku yang terlepas dari kulit. Adapun Penyakit lain yang dapat menyerang kuku ketika kesehatannya tak terjaga.

Penyakit Pada Kuku

Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyakit dan gangguan pada kuku, yaitu :

  • Paronychia/Paronikia

Penyakit ini familiar kita sebut dengan cantengan. Penyebabnya adalah infeksi yang terjadi pada jaringan di daerah sekitar kuku yang menyebabkan kuku menjadi meradang (bengkak), menebal dan berwarna kecoklatan. Bahkan seringkali mengeluarkan nanah dan rasa sakit ketika berjalan. Paronychia seringkali diobati dengan diberi antibiotik.

  • Leuconychia

Leuconychia adalah titik putih yang sering ditemukan pada kuku, baik kuku tangan atau kuku kaki. Ada yang seluruh kuku menjadi berwarna putih, ada yang hanya sebagian saja, ada yang berbentuk garis putih sejajar dengan kuku, atau ada juga yang berbentuk binti-bintik kecil yang muncul pada kuku. Penyakit ini disebabkan oleh masuknya udara ke dalam zat tanduk kuku atau dari luka pada dasar kuku.

  • Onychorrhexis

Penyakit Onychorrhexis ini adalah penyakit kuku yang biasanya disebabkan oleh cairan kimia dari pembersih rumah tangga, misalnya; pembersih lantai, deterjen, dll. Gejalanya kuku terutama ibu jari kaki akan terbelah atau membagi secara vertikal sehingga kuku terlihat seperti dua kuku.

  • Onychogryphosis

Penyakit yang mengakibatkan penebalan pada kuku dan membuat kuku menjadi sangat bengkok (melengkung). Kuku tampak seperti tanduk atau cakar hewan. Salah satu penyebabnya adalah luka yang terjadi berulang-ulang, misalnya; sepatu atau alas kaki yang kekecilan, tetapi penyakit ini sering terjadi pada orang yang sudah tua. Onychogryphosis umunya terjadi pada ibu jari (jempol).

  • Tinea Unguium

Penyakit tinea unguium dikenal sebagai kurap pada kuku yang disebabkan oleh patogen jamur. Gejalanya yaitu dapat menyebabkan penebalan pada kuku dan membuat kuku menjadi berwarna kekuningan, kemudian menjadi rapuh, dan akhirnya kuku tersebut memisahkan diri dari bagian kuku lainnya

Itulah beberapa penyakit dan gangguan yang sering kali terjadi pada kuku. Agar terhindar dari penyakit tersebut, ada baiknya jika mengikuti langkah-langkah dalam merawat kuku dan mengikuti tips alami agar lebih terawat dan terjaga kesehatannya. Untuk itu demikianlah penjelasan mengenai artikel ini semoga bermanfaat bagi pembaca.