Payudara Kendur Di Usia Muda? Girls Hindari Kebiasaan Berikut Ini

Memiliki tubuh yang ideal adalah impian banyak wanita. Salah satu anggota tubuh yang harus dijaga agar badan tetap terlihat bugar adalah payudara. Payudara merupakan bagian tubuh wanita yang sangat penting dan sangat harus diperhatikan. Maka tak perlu berusaha membuat payudaramu berukuran besar karena walaupun payudaramu berukuran kecil atau rata, tapi asalkan payudara itu dirawat dengan maksimal sehingga tetap indah dan kencang. Banyak remaja wanita yang begitu ceroboh akan penampilannya.

Nah, memasuki awal usia 20-an adalah saat yang rawan karena payudara akan mulai mengendur secara alami. Ditambah lagi jika gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari Anda tidak seimbang. Payudara pun akan jadi lebih cepat kendur. Pastinya nggak maukan diusia muda tapi payudara sudah mengendur?Untuk itu ada baiknya kita simak ulasan mengenai kebiasaan yang nantinya akan mengganggu keindahan payudara tersebut.

Kebiasaan Yang Bikin Payudara Cepat Kendur

Payudara wanita akan kendur seiring usia. Wanita yang lebih tua biasanya akan memiliki payudara yang lebih kendur dibanding wanita muda dan remaja, tapi bukan berarti remaja yang bisa mengalaminya. Payudara remaja pun bisa kendur. Payudara yang kendur atau turun bisa jadi disebabkan oleh kebiasaan kita memakai bra, pola makan yang salah, atau gaya hidup yang kurang sehat. Ada beberapa kebiasaan yang menyebabkan payudara cepat kendur.

  • Diet Yang Tidak Disertai Olahraga

Seperti yang kita tahu bahwa remaja kini begitu mendambakan tubuh layaknya artis Korea, bahkan untuk mendapatkan tubuh ideal itu melakukan diet ketatpun kini tak menjadi masalah bagi sebagian banyak remaja wanita. Tahukah kamu diet yang sering kamu lakukan ternyata dapat menyebabkan kendurnya payudara. Sebab, naik turunnya berat badanmu akan tidak stabil. Kulit di sekitar payudara akan meregang mengikuti bentuk tubuh kalau berat badan kamu naik. Namun ketika berat badan turun lagi, kulit kamu membutuhkan waktu beberapa lama agar bisa kencang kembali.

Jika sebelum kulit mengencang kamu sudah tambah berat badan lagi, kulit kamu akan jadi kendur karena terlalu sering meregang. Sebab dikatakan ada baiknya proses diet dibarengi dengan olahraga. Mengapa begitu? Dengan sedikit bantuan olahraga maka payudara akan terselamatkan dari pengenduran, sederhana dan olahraga yang tepat yakni Push-up.

  • Merokok

Bukan masalah jika sudah banyak wanita yang merokok, bahkan seperti yang kita tahu bahwa mereka yang aktif merokok pastinya akan mengalami gangguan kesehatan. Begitu juga dengan wanita yang aktif merokok. Sebuah studi yang telah berlangsung selama delapan tahun mendapati bahwa merokok bisa menyebabkan payudara cepat kendur. Apa sebabnya? Karena asap rokok bisa memecah elastin, sejenis protein yang memberikan kekenyalan pada kulit. Seperti kita ketahui, kulit yang kenyal akan memberikan penampilan yang segar dan muda. Maka dari itu ada baiknya jika menghindari rokok, agar payudara tak mengalami kekenduran di usia muda.

  • Salah Memilih Bra

Mungkin terdengar sepele, namun dalam pemilihanpun wanita harusnya lebih teliti dan memahami kegunaan bra tersebut. Kesehatan dan kekencangan payudara Anda sangat bergantung pada pilihan bra yang Anda kenakan setiap harinya. Untuk menjaga agar bagian tubuh wanita ini tetap kencang dan tampak bulat penuh, pilih bra yang ukurannya sesuai dengan bentuk payudara Anda. Banyak wanita yang begitu ceroboh akan pemilihan ukuran bra, bukankah terlihat konyol jika ukuran bra yang kalian pilih itu salah.

Kalau Anda memakai bra yang longgar, payudara Anda tidak akan ditopang dengan baik. Pasalnya, payudara wanita tidak memiliki otot-otot khusus yang bisa membantunya agar tetap kencang. Jadi kalau bra Anda tidak mampu menopang payudara, kulit Anda lah yang akan semakin keras bekerja untuk menahan beratnya. Kulit yang dipaksa untuk bekerja terlalu berat akan semakin cepat menua dan kehilangan kekenyalannya. Inilah yang menjadi penyebab payudara kendur.

  • Duduk Dengan Postur Tubuh Yang Keliru

Ini hal yang juga wajib kalian tahu, dikatakan memiliki aktifitas yang padat pastinya membuat sejumpah wanita kelelahan akan pekerjaan yang padat. Hal ini membuat wanita cenderung akan bekerja dan terus-terusan menatap layar komputer, yang bakalan membuat badan terasa pegal pastinya. Posisi duduk yang keliru rupanya juga berisiko membuat payudara mengendur.

Ketika kamu duduk dengan posisi tubuh agak membungkuk, bukan hanya tulang belakang saja yang mengalami perubahan bentuk. Ternyata payudara pun jadi lebih mudah mengendur, sebenarnya tidak hanya ketika kamu duduk dengan postur tubuh yang buruk saja, namun ketika berdiri juga. Solusinya, mulailah membiasakan diri untuk duduk tegak dengan pandangan lurus ke depan. Agar bentuk dadamu lebih proporsional dan risiko payudara kendur dapat diminimalkan.

  • Kurang Banyak Mengonsumsi Air Putih

Hal sepele ini juga yang masih banyak disepelekan banyak wanita, banyak nongkrong dan hobi minuman kekinian membuat mereka lupa akan khasiat dari air putih bagi kesehatan. Masih kurang percaya dengan dahsyatnya manfaat air putih? Alasan yang satu ini mungkin akan membuat kita mulai berlatih minum air putih lebih banyak. Karena jarang minum air bisa membuat kulit tampak kasar dan mengkerut, dan hal ini tak hanya terjadi pada kulit wajah, tetapi juga pada payudara. Bila kamu minum air dalam jumlah cukup setiap hari, maka kamu akan menjadi lebih sehat dan payudaramu pun tak mudah kendur.

  • Posisi Tidur Yang Salah

Kebiasaan buruk perempuan muda ada saat tidur sangat berpengaruh terhadap payudara, tahukah Anda? Bahwa tidur miring bisa membuat payudara kendur. Ini sudah dijelaskan dalam teori gravitasi bumi diatas tadi. Pada tidur miring, payudara tidak ada yang menyangga sama sekali, kecuali oleh bra. Berbeda jika kita tidur terlentang, payudara disangga oleh tubuh. Maka dari itu ada banyak hal yang perlu kalian pahami mengenai kebiasaan sehari-hari, bahkan dalam posisi tidur pun payudara dapat mengendur jika kebiasaan tidur seperti yang dijelaskan diatas.

  • Berolahraga Terlalu Keras

Jika kurang olahraga bisa membuat payudara jadi kendur, ternyata berolahraga terlalu keras juga berisiko menyebabkan payudara kendur. Apalagi kalau Anda berolahraga tanpa bra khusus yang dirancang untuk beraktivitas fisik. Bra ini dikenal dengan istilah sport bra. Fungsinya adalah menopang payudara Anda dari gerakan yang terlalu cepat. Olahraga seperti jogging, sepak bola dan basket akan membuat payudara Anda berayun-ayun dalam kecepatan yang tinggi.

Hal ini berisiko merusak kolagen dalam payudara. Kolagen sendiri merupakan serat-serat atau jaringan yang bertugas untuk menjaga kekenyalan dan kekencangan payudara. Banyak remaja bahkan wanita dewasa yang kurang memahami kebiasaan yang satu ini. Maka, selalu kenakan bra khusus olahraga sebelum Anda beraktivitas fisik.

Payudara didukung oleh ligamen, yang jika ligamen menjadi teregang maka posisi normal payudara akan menurunkan karena ligamen tidak dapat ‘memegang’ jaringan payudara setinggi sebelumnya. Gejala payudara kendur seperti payudara dan puting tergantung pada posisi yang lebih rendah dari sebelumnya, serta banyak stretch mark sepanjang sisi payudara.

Banyak hal yang bisa membuat payudara wanita kendur, antara lain kelebihan berat badan, kehamilan, merokok dan memiliki payudara besar namun tidak didukung dengan penggunaan bra yang tepat. Untuk itu yuk, kita lakukan beberapa tips agar dapat mencegah terjadinya payudara mengendur diusia muda.

Tips Agar Payudara Tak Kendur

Payudara sering kali dianggap sebagai salah satu aset perempuan. Walaupun payudara sering kali menjadi bagian yang tertutup, tidak jarang para perempuan mencari cara untuk mengencangkan payudara dan menjaganya tetap menarik. Banyak hal yang membuat payudara menjadi kendur atau tidak pas bentuknya.

Contohnya, saat hamil, payudara pun membengkak karena pengaruh hormon dan bertambahnya berat badan, lalu setelah melahirkan pun berat kembali turun, tak jarang membuat payudara kendur. Maka dari itu banyak cara yang dilakukan wanita agar mencegah terjadinya hal semacam ini.

Berikut sedikit tips yang harus kalian lakukan sebagai pencegahan.

1. Mulai melakukan perawatan payudara sejak usia muda secara teratur untuk mengencangkan payudara sehingga sampai berusia tua payudara tetap terjaga kesehatan dan kekencangannya.

2. Memilih bra yang pas dengan ukuran payudara sehingga tidak kebesaran ataupun kekecilan.

3. Terapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi yang banyak mengandung protein nabati sehingga baik untuk menjaga kesehatan payudara dan mengencangkan payudara.

4. Rajin melakukan olahraga secara teratur untuk mengencangkan payudara dan menjaga payudara tetap padat dan berisi.

5. Oleskan masker untuk payudara. Tidak hanya muka saja yang harus dioleskan masker, payudara juga harus dioleskan masker. Anda bisa membuat sendiri masker payudara dengan bahan-bahan alami. Anda bisa siapkan telur, minyak vitamin E, dan timun. Ingin tahu cara membuatnya, simak berikut ini:

  • Masker vitamin E dan telur. Gunakan satu sendok makan salah satu bahan-bahan tersebut dengan satu butir telur. Campurkan telur dan vitamin E. Lalu, oleskan pada payudara dan diamkan selama setengah jam. Pastikan Anda membilasnya dengan air dingin. Telur mengandung protein yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat menghambat radikal bebas dan mencegah penuaan kulit.
  • Masker telur dan timun. Haluskan timun. Anda bisa menambahkan mentega dan krim alami. Campurkan timun halus, mentega, krim alami, dan kuning telur bersamaan. Diamkan sekitar ½ jam dan bilas dengan air dingin. Timun mengandung antioksidan, dan dapat meredakan iritasi kulit serta mengurangi bengkak pada kulit.

6.Dengan Teknik Pemijatan

Bahkan dengan cara lain semacam teknik pijat, juga baik dilakukan agar payudara terjaga dan pastinya lebih baik dalam mencegah pengenduran.

  • Oleskan cream pengencang payudara alami Vienna breast cream Bpom, lalu gunakan kedua telapak tangan Anda untuk memijat, lakukan gerakan memijat dengan tekanan yang sedang dari payudara bagian bawah ke atas diantara kedua payudara Anda. Lakukan gerakan tersebut 4 sampai 5 kali.
  • Tekan secara perlahan dan lembut pada bagian puting payudara Anda sebelah kanan dengan menggunakan jari, kemudian pijatlah dengan 2 jari tangan kiri Anda dengan arah keluar. Lakukan juga gerakan yang sama pada payudara kiri Anda.
  • Letakkan kedua telapak tangan Anda tepat di atas payudara sebelah kanan, lalu lakukan gerakan memutar secara perlahan sambil diarahkan ke atas. Lakukan beberapa kali putaran dan lakukan gerakan yang sama pula pada payudara sebelah kiri.
  • Letakkan kedua telapak tangan Anda pada masing-masing payudara, lebih tepatnya di payudara bagian bawah dengan posisi ibu jari menekan bagian bawah payudara. Lakukan gerakan kea rah dalam atau ke arah tengah.
  • Letakkan kedua telapak tangan pada masing-masing payudara tepat di bagian bawah payudara dengan ibu jari menekan payudara bagian atas. Lakukan gerakan ke arah dalam atau ke arah tengah.
  • Letakkan kedua telapak tangan pada masing-masing payudara tepat di bagian bawahnya, kemudian ibu jari menekan payudara bagian atas, gerakkan ibu jari Anda ke arah dalam atau tengah dengan empat jari lain menyangga di bawah payudara.

Dikatakan bahwa payudara kendur biasanya seringkali dialami oleh ibu hamil dan setelah menyusui, karena pada proses menyusui payudara memiliki peran penting dan menjadi objek pada bayi untuk menyusui. Namun kini payudara kendur tak hanya dialami oleh ibu hamil/menyusui saja melainkan banyak wanita di usia mudah yang kerap mengalami hal semacam itu.

Maka dari itu ada baiknya jika menghindari beberapa kebiasaan seperti mana yang dijelaskan diatas bahwa payudara yang baik itu, dengan menjaga serta memilih ukuran bra yang baik serta mengikuti beberapa tips agar kesehatan payudara tetap terjaga. Untuk itu demikianlah pembahasan mengenai payudara kendur, semoga artikel ini memberi pengetahuan bagi anda para pembaca.