Selain Baik Bagi Kesehatan, Ternyata Keempat Buah Ini Begitu Berkhasiat Bagi Kecantikan

Buah-buahan tidak hanya dapat kita manfaatkan untuk di konsumsi sehari-hari, tetapi juga dapat kita manfaatkan untuk penobatan dan perawatan kecantikan. Bagi yang rutin mengkonsumsi buah-buahan setiap hari dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan seperti jantung, kanker, diabetes, kolesterol, tekanan darah tinggi dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya.

Sedikit perubahan gaya hidup yang sederhana seperti memasukkan buah-buahan kedalam diet harian dapat memberikan kulit yang bersinar. Buah jelas akan membantu kulit, meremajakan kulit, hidrasi kulit alami, peningkatan tekstur kulit, dan membuat kulit tampak muda dan bercahaya. Pada saat yang sama, penggunaan buah pastinya sangat aman tanpa efek samping dan tentu saja lebih irit.

Buah-buahan secara umum bebas dari efek racun dan memiliki sejumlah manfaat bagi kulit dan kesehatan. Manfaat buah buahan untuk tubuh sangat banyak dan beragam, buah umumnya merupakan salah satu kebutuhan untuk hidup sehat dan merupakan salah satu cara mencegah kanker dan merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat yang paling ampuh dan alami.

Selain dikenal baik bagi kesehatan buah juga memiliki khasiat akan kecantikan tubuh. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai khasiat dari kelima buah ini. Untuk itu kita simak bersama ulasan berikut ini.

Buah Yang Bermanfaat Mencerahkan Kulit Dan Wajah

Memiliki kecantikan yang natural memang menjadi idaman bagi setiap wanita, karena dengan memiliki wajah yang cantik dan kulit yang indah akan menjadi daya tarik tersendiri bagi seorang wanita dihadapan lawan jenisnya. Setiap wanita yang memiliki wajah yang bisa dibilang kurang cantik pasti membuat mereka tidak percaya diri.

Bahkan mereka rela mengeluarkan uang sampai puluhan juta hanya untuk sekali perawatan kulit di salon ataupun dokter kecantikan. Padahal masih banyak cara untuk bisa terlihat cantik dan tidak perlu mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk sekali melakukan perawatan. Salah satu cara untuk bisa terlihat cantik yaitu dengan memanfaatkan buah-buahan yang ada disekeliling anda.

Buah-buahan memang sudah terbukti sangat ampuh dalam menjaga kesehatan serta juga baik untuk kecantikan kulit. Maka dari itu, bagi anda yang menginginkan kecantikan secara alami dan tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak sebaiknya mulai membiasakan diri untuk mengkonsumsi buah-buahan.

Buah Lemon

Salah satu buah yang kaya akan manfaat adalah lemon, manfaat lemon untuk wajah telah dikenal sejak dulu sehingga tak heran jika banyak produk kecantikan yang telah memanfaatkan buah ini sebagai bahan dasarnya. Buah lemon merupakan salah satu buah-buahan yang dapat bermanfaat untuk mengatasi masalah-masalah kecantikan seperti melembabkan kulit, memutihkan kulit, menghilangkan jerawat dan lain-lain.

Buah berwarna kuning ini memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan wajah yaitu vitamin B, vitamin C, protein, karbohidrat, dan potanium. Buah yang memiliki rasa manis keasam-asaman ini dapat berperan sebagai antibakteri dan antiseptik alami untuk mengobati masalah tenggorokan. Apa saja manfaat lemon untuk kecantikan wajah? Berikut beberapa manfaat lemon untuk wajah dan kulit.

1. Menghilangkan Komedo

Salah satu penyebab timbulnya komedo adalah adanya penyumbatan pori-pori pada kulit wajah. Buah lemon dapat berfungsi efektif dalam mengangkat dan mengeluarkan kotoran yang dapat menyebabkan komedo pada wajah. Berikut cara penggunaan lemon untuk menghilangkan komedo di wajah:

  • Siapkan satu buah lemon segar. Peras lemon ke dalam mangkok.
  • Oleskan air lemon itu pada bagian kulit wajah yang berkomedo dengan menggunakan kapas atau cotton bud.
  • Diamkan sekitar 15 menit .
  • Bilas dengan air bersih, keringkan dengan handuk lembut.
  • Lakukan secara rutin setiap hari setelah membersihkan wajah.

2. Mengecilkan Pori-pori Pada Kulit Wajah

Membesarnya pori-pori kulit wajah dapat menyebabkan berbagai masalah seperti jerawat dan komedo yang dapat merusak penampilan kamu. Ternyata buah lemon mampu mengecilkan pori-pori di wajah secara alami. Berikut cara penggunaan buah lemon untuk mengecilkan pori-pori:

  • Siapkan satu buah lemon segar. Peras lemon ke dalam mangkok.
  • Campurkan air lemon dengan sedikit air kemudian aduk hingga merata.
  • Oleskan campuran air lemon itu pada bagian seluruh wajah dengan menggunakan kapas.
  • Diamkan sekitar 15 menit, bilas dengan air bersih.
  • Keringkan dengan handuk lembut. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Memerahkan Bibir Dengan Lemon

Bibir kering sering dialami oleh orang yang kekurangan vitamin C. Karena kandungan vitamin C pada lemon tergolong banyak maka manfaat lemon untuk kecantikan selanjutnya adalah untuk melembabkan bibir. Sehingga ketika bibir lembab akan kelihatan bibir dengan kemerahannya.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah lemon mampu mengangkat sel-sel kulit bibir yang mati. Dengan kata lain, buah lemon mengangkat sel-sel kulit bibir yang menyebabkan bibir terlihat kering. Caranya adalah dengan mengoleskan lemon pada bibir yang kering.

4. Pembersih Wajah

Bagaimana cara menggunakan lemon untuk wajah? Banyak yang sudah mengetahui bahwa air perasan dari buah lemon mengandung senyawa antibakteri. Senyawa antibakteri ini juga berfungsi untuk mengatasi bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat pada wajah.

Manfaat lemon untuk kecantikan wajah adalah lemon dapat memerangi bakteri penyebab jerawat pada wajah. Biasanya, untuk mengatasi jerawat dibuat larutan dari air lemon yang dicampur dengan madu. Larutan ini dioleskan pada bagian wajah yang muncul jerawat. Larutan ini terbukti berkhasiat untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Air lemon juga dapat digunakan sebagai pembersih muka, menggantikan sabun pencuci wajah.

Lemon dibudidayakan di Spanyol, Argentina, Brazil, dan Negara-negara di sekitar Amerika Serikat. Pohon lemon menyerupai pohon jeruk. Tumbuhan ini tidak mampu berkembang pada cuaca yang beriklim dingin. Pohon lemon hanya bisa berkembang dan tumbuh pada suhu 60-85oF atau 15-30oC. Oleh sebab itu tumbuhan itu tak dikembangkan pada negara-negara yang bersalju dengan intensitas tinggi.

Buah Lemon sering digunakan sebagai program untuk diet. Bagi Anda yang ingin berdiet bias memanfaatkan buah lemon sebagai makanan untuk diet. Cara pengolahan buah lemon untuk program diet dengan cara sama halnya membuat jus lemon. Hanya dalam menu ini kadar gula harus dikurangi. Kandungan gula yang sedikit pada jus lemon untuk program diet memang memiliki rasa yang sangat masam. Namun rasa masam inilah yang nantinya akan membuat lemah di dalam tubuh terbakar.

Buah Pisang

Pisang menyimpan banyak manfaat dalam buahnya selain baik untuk kesehatan badan juga manfaat untuk kecantikan. Di dalam Buah pisang terkadnung vitamin yang baik bagi tubuh misalkan vitamin B6, vitamin C, mangan, kalium. Buah pisang memiliki banyak sekali kandungan yang dapat bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Dan Berikut manfaat kecantikan yang didapat dengan mengonsumsi atau menjadikan pisang sebagai masker wajah.

1. Dapat Menghilangkan Jerawat

Walaupun sudah banyak jenis produk-produk kecantikan yang diperuntukan bagi orang yang memiliki kulit berjerawat, namun hasilnya tidak seperti yang diharapkan malah tambah parah. Kebanyakan produk-produk kecantikan yang banyak beredar adalah produk-produk yang tidak memiliki izin. Tapi kali ini, saya akan memberikan solusi yang aman kepada anda karena cara ini merupakan cara alami yaitu dengan buah pisang. Buah pisang kaya akan vitamin C, vitamin ini lah yang dapat mencegah dan menghilangkan jerawat tanpa akan menimbulkan efek samping berbahaya.

Caranya yaitu, siapkan pisang yang telah matang, lalu haluskan dengan tangan atau blender. Setelah itu maskerkan keseluruh wajah dan leher jika berjerawat kemudian diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan sampai tidak ada sisa dengan air hangat. Lakukan perawatan ini setiap hari pada malam hari, hasilnya akan dapat terasa dalam beberapa hari setalah memakainya.

2. Pencerah Kulit

Selain kulit putih. Wanita juga menginginkan kulit yang cerah. Oleh karena itulah kulit cerah sedang dicari sebagian wanita. Putih pucat atau kusam merupakan hal yang merusak keindahan tubuh. Tapi tak perlu khawatir. Tak perlu uang banyak untuk membeli pemutih atau pencerah kulit. Ternyata masker pisang bisa dijadikan sebagai pencerah kulit wajah yang bermanfaat dan berkhasiat bagi kulit wajah anda.

Cara Membuat Masker Pisang

Setelah mengetahui manfaatnya. Sekarang perlu kita ketahui bagaimana cara membuat masker pisang untuk di pakaikan ke wajah sehingga manfaat-manfaat tadi dapat kita rasakan. Berikut adalah cara membuat masker pisang:

  • Siapkan 3 buah pisang, madu dan buah lemon.
  • Hancurkan atau lumatkan pisang menjadi seperti bubur.
  • Peras jeruk lemon, lalu campurkan 1 sendok air perasan itu ke dalam adonan masker.
  • Campurkan pula 1 sendok madu.
  • Aduk merata sehingga menjadi satu adonan masker pisang.

3. Dapat Menghaluskan Kulit Kering

Apabila anda memiliki masalah kulit kering dan kasar, maka solusinya adalah dengan buah pisang. Buah pisang memiliki banyak sekali kandungan yang dapat bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar, cara ini merupakan cara yang sangat ampuh dalam mengatasi masalah kulit kasar.

Caranya yaitu dengan mengoleskan buah pisang yang telah dihaluskan pada kulit wajah secara merata, lalu diamkan selama 20 menit sampai kering, setelah itu bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari agar hasilnya sama seperti yang diharapkan, hasilnya akan mulai terlihat dalam 3 hari pertama setalah melakukan perawatan.

Buah Pepaya

Pepaya merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis berwarna orange kemerahan segar. Buah ini sangat disukai orang karena banyak alasan. Salah satunya karena pepaya mengandung vitamin A, C, E dan K yang kaya dan memiliki manfaat anti oksidan. Selain itu pepaya juga mengandung magnesium, potasium, niasin, karoten, protein, fiber dan enzim yang disebut papain yang menyediakan banyak manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Anda mempunyai kulit kusam dan mulai bermunculan bercak hitam bekas jerawat atau akibat paparan sinar matahari? tak usah khawatir, rawat saja dengan pepaya. Kandungan vitamin A dan papain didalamnya menjadikan buah ini manjur untuk eksfoliasi.

Caranya: Haluskan buah papaya dan campur dengan menggunakan sedikit susu, lalu gunakan sebagai masker wajah. Anda juga bisa membuat scrub tubuh sendiri dengan mencampurkan pepaya yang sudah dihaluskan dengan madu dan minyak zaitun.

2. Mencegah Tanda Penuaan

Kandungan vitamin A dalam pepaya bisa meluruhkan sel kulit mati dan menjaga kulit tetap lembut serta lentur. Fungsi AHA untuk kulit dalam pepaya membantu membersihkan sel kulit mati untuk cara menghilangkan kerutan di wajah yang bisa mencegah tanda penuaan seperti keriput dan garis halus pada kulit.

Vitamin C dan E dalam pepaya membantu meremajakan kulit dan membantu Anda memiliki kulit tampak lebih muda. Cara menggunakan pepaya untuk mencegah tanda penuaan yaitu:

  • Hancurkan setengah cangkir pepaya yang telah dikupas.
  • Tambahkan beberapa tetes madu dan satu sendok makan susu.
  • Pakailah dikulit wajah dan leher Anda.
  • Biarkan selama lima belas menit lalu bbilas dengan air dingin.
  • Gunakan masker ini sekali atau dua kali seminggu.

3. Merawat Kulit Kaki Yang Pecah–Pecah

Kulit kaki yang retak atau pecah menyebabkan banyaknya kulit yang menyerpih, mengelupas, bahkan berdarah dan terasa sakit. Pepaya bisa merawat kulit kaki yang kering dan mengelupas karena memiliki khasiat melembabkan dan dapat menjadi cara menghaluskan kulit kaki. Pepaya bahkan dapat menjadi cara menghilangkan flek hitam di kaki. Cara menggunakan pepaya untuk kulit kaki adalah:

  • Hancurkan satu cangkir pepaya sampai lembut.
  • Pakaikan ke kulit kaki yang baru dibersihkan dan biarkan selama lima belas menit.
  • Bilas kaki dengan lembut menggunakan air hangat dan tepuk–tepuk sampai kering.
  • Gosokkan sedikit minyak zaitun dan gunakan kaus kaki setiap malam.
  • Lakukan perawatan ini sehari sekali setiap hari dan lihatlah hasilnya berupa kulit kaki yang halus.

4. Menyamarkan Noda

Pepaya juga memiliki manfaat untuk menyamarkan noda di kulit dan menjadi cara menghilangkan belang di kaki serta cara menghilangkan noda hitam di wajah karena kandungan beberapa enzim di dalamnya. Pepaya bisa membantu merawat noda hitam, noda bekas jerawat, juga kulit yang hitam di siku dan lutut. Pepaya dapat memperbaiki warna kulit dan meratakan warna kulit. Cara membuat pepaya untuk menyamarkan noda yaitu:

  • Campur seperempat cangkir pepaya yang sudah dihancurkan, satu sendok teh air perasan lemon dan setengah sendok makan madu.
  • Pakai pada bagian kulit yang bermasalah.
  • Biarkan mengering, kemudian cuci bilas dengan air hangat.
  • Gunakan masker wajah ini tiga atau empat kali seminggu untuk mengurangi noda jenis apapun.

Cara Membuat Masker Pepaya

Setelah mengetahui seluruh manfaat dari masker pepaya. Perlu dan sangat penting bagi kita untuk mengetahui cara membuat masker pepaya dengan benar. Dengan mengetahuinya, kita bisa membuatnya sendiri di rumah dan merasakan manfaat dari masker pepaya tersebut:

  • Siapkan pepaya dan beberapa bahan yang ingin anda gunakan untuk masker sesuai dengan masalah kulit anda (contoh: madu).
  • Kupas dan bersihkan pepaya sampai bersih dan masukkan ke dalam blender untuk dihaluskan.
  • Campurkan madu ke dalam adonan blender dan aduk hingga merata.
  • Madu berfungsi untuk menyamarkan flek hitam pada kulit wajah.
  • Masker pepaya siap digunakan.

Buah Naga Merah

Buah yang memiliki rasa yang segar dan manis dan berasal dari Amerika dengan ciri kulit nya yang mirip naga sehingga disebut buah naga ini diluar sana banyak yang memanfaatkannya untuk perawatan kecantikan. Buah naga mengandung sejumlah serat yang cukup tinggi Kandungan serat pada buah naga tersebut berguna mengikat lemak yang masuk ke dalam tubuh dan memperlancar proses pencernaan.

Sehingga sangat berguna Bagi anda yang sedang melakukan program diet untuk mempercantik bentuk tubuh. Didalam buah naga merah terkandung banyak nutrisi penting yang sangat berkhasiat dalam mengatasi masalah kecantikan seperti vitamn C, protein, kalsium, kalium, serat, mineral, zat besi dan fosfor.

Buah naga merupakan jenis buah yang memiliki bentuk unik dan rasanya yang manis hambar. Buah naga ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, selain itu buah naga mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

1. Menghaluskan Dan Melembabkan Kulit

Di dalam kandungan buah naga merah kaya akan vitamin B3, vitamin ini bermanfaat untuk melembabkan berbagai jenis kulit, selain itu juga dapat menghaluskan kulit yang kasar, Cara pemakaiannya :

Pertama-tama kita siapkan buah naga yang ukurannya sedang, setelah itu buah naga di bersihkan terlebih dahulu lalu di blender dengan ditambahkan ½ gelas air putih. Apabila buah naga telah halus, selanjutnya saring dan buang ampasnya. Setelah itu oleskan ke seluruh kulit wajah, kulit leher dan bila anda inginkan dapat di oleskan keseluruh tubuh anda. Untuk hasi maksimal, anda dapat melakukan perawatan kulit ini 1 minggu sekali secara rutin dan teratur.

2. Mengurangi Penuaan Dini

Naga merah memiliki kandungan vitamin E dan beta karoten yang bermanfaat dan berfungsi untuk melawan pertumbuhan radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Ambil buah naga merah kupas kulit buah naganya.
  • Lalu blender dengan di beri tambahan ½ gelas air putih sampai halus.
  • Bisa tambah 1 sendok yoghurt lalu aduk-aduk sampai tercampur merata.
  • Lalu cuci muka terlebih dahulu sebelum menggunakannya untuk kulit wajah.
  • Setelah siap oleskan ke seluruh kulit wajah dan leher.
  • Tunggu sampai 30 menit supaya ekstrak buah naga meresap ke kulit .
  • Setelah selesai bersihkan dengan air hangat, agar kulit wajah tampak cerah bisa menggunakannya olahan buah naga ini seminggu sekali.

3. Mengobati Luka Bakar Pada Kulit

Nah, bagi kalian yang memiliki masalah kulit dan mengalami luka bakar pastinya membuat anda sedikit kesel dan nggak pede. Sibuk mencari lotion badan yang dapat menghilangkan luka tersebut. Namun anda tak perlu risau karena dengan menggunakan buah yang satu ini secara rutin sepertinya luka bakar akan pudar.

Caranya yaitu :

Buah naga diperas lalu di ambil airnya, kemudian tambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok air timun lalu aduk-aduk sampai semuanya tercampur merata. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada kulit yang terbakar lalu biarkan sampai kering. Lakukan pengobatan ini sampai sembuh dengan aturan pakai 2 kali sehari.

Manfaat buah buahan untuk dikonsumsi setiap hari sangat banyak dan beragam, buah merupakan salah satu makanan yang menyehatkan dan menjadi salah satu bagian dari empat sehat 5 sempurna dalam siklus makanan.

Buah begitu mudah didapatkan, dari harga yang murah sampai dengan harga yang tinggi. Dan demikianlah penjelasan diatas mengenai buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk kecantikan. Semoga ulasan diatas memberi pengetahun yang baik bagi pembaca.