Tak Hanya Karena “Kelenjar Apokrin” Ini Penyebab Lain Bau Badan

Mungkin agak sedikit mengganggu dan pasti membuat anda tidak percaya akan diri anda sendiri, bukan karena anda seorang pemalu atau bukan anda seorang yang memiliki kekurangan. Melainkan bau badan yang timbul dari diri yang membuat anda risih untuk bersosial terlebih lagi ketika anda mengeluarkan keringat.

Bau badan atau bromhidrosis (juga disebut bromidrosis, osmidrosis dan ozochrotia) adalah bau bakteri pada tubuh. Bakteri tersebut bertambah jumlahnya dengan cepat karena kehadiran keringat, tetapi keringat sendiri sebenarnya tidak berbau. Untuk itu yuk, kita simak penjelasan berikut.

Penyebab Bau Badan

Bau apek yang anda cium dibadan itu dihasilkan oleh bakteri pada kulit yang memecah keringat menjadi asam. Ada sekitar 3-4 juta kelenjar keringat pada tubuh manusia yang terbagi menjadi 2 yaitu kelenjar ekrin dan kelenjar apokrin. Kelenjar ekrin yang tersebar di seluruh tubuh berfungsi mengatur suhu tubuh. Ia bekerja dengan mengeluarkan keringat untuk mendinginkan tubuh saat tubuh mengalami panas berlebihan.

Kelenjar apokrin umumnya ditemukan di daerah yang tumbuh bulu seperti ketiak dan daerah genital. Kelenjar apokrin ini berkembang selama masa pubertas dan melepaskan bahan kimia berbau yang disebut feromon.

Manusia memiliki tiga sampai empat juta kelenjar keringat yang terdiri dari dua jenis. Pertama, kelenjar ekrin yaitu jenis kelenjar keringat sederhana yang terdapat di hampir semua daerah kulit. Kelenjar ini menghasilkan keringat yang mencapai permukaan kulit melalui saluran melingkar. Ketika tubuh merasa dingin, keringat pun akan menguap. Kelenjar ini bertanggung jawab mengatur suhu tubuh, Kelenjar yang kedua yaitu kelenjar apokrin.

Kelenjar ini ada di payudara, kelopak mata, ketiak, telinga dan daerah kelamin. Pada payudara, kelenjar ini mengeluarkan tetesan lemak di ASI. Di telinga, kelenjar ini membantu membentuk kotoran telinga. Kelenjar apokrin pada kulit biasanya mempunyai bau sehingga sering disebut kelenjar bau.

Apokrin terutama bertanggung jawab atas bau badan di tubuh kita sebab keringat yang dihasilkan mengandung protein tinggi yang mudah dihancurkan bakteri. Sedangkan, kelenjar ekrin memproduksi keringat tinggi garam yang sulit dipecah oleh bakteri. Dengan kata lain, bau badan berasal dari keringat yang dihasilkan kelenjar apokrin. Namun ada lagi nih guys penyebab yang bakal buat badan anda mengeluarkan hawa yang tak sedap. Nah untuk itu, yuk kita simak bersama.

Faktor Bau Badan Tak Sedap

  • Infeksi

Faktor penyebab bau badan tidak sedap karena infeksi. Infeksi pada bagian tubuh tertentu seperti pada ketiak menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Pemicunya karena kurang bersih dan juga keringat berlebihan.

Kondisi ini tidak jarang terjadi terutama dibagian ketiak sebab ketiak bagian tubuh yang lembab karena kurang udara. Sedangkan bakteri memang menyukai tempat-tempat yang lembab dari kurang bersih, karena itu ketiak tempat sangat potensial.

  • Usia

Faktor penyebab bau badan tidak sedap karena usia. Semua usia memang bisa memiliki aroma badan tidak sedap. Tetapi usia yang paling potensial ialah usia remaja, yang dimana hormon tubuhnya baru aktif dan berkembang. Bukan hanya faktor usia, tetapi juga jenis kelamin, sebab laki-laki juga berisiko tinggi memiliki bau badan tidak sedap, karena anak laki-laki aktifitas fisiknya lebih banyak dari pada perempuan jadi produksi keringatnya pun juga bisa lebih banyak.

  • Faktor Kebersihan

Nah ini nih yang paling sering terjadi, faktor penyebab lainnya ialah kebersihan. Kebersihan dari ketiak yang kurang baik pun bisa menyebarkan bau badan yang tidak sedap. Karena apa? Karena hal ini disebabkan kurang mandi ataupun jarang mandi. Maka dampak yang akan diterima tubuh karena ini ialah tubuh akan memiliki banyak kotoran dan juga lembab akan keringat. Keadaan tubuh yang seperti inipun lebih rentan untuk di infeksi oleh bakteri.

  • Asupan Makanan

Makan-makanan yang dikonsumsi dan diserap oleh tubuh akan dilairkan keseluruh tubuh. Lalu akan ada proses metabolisme yang menghasilkan cairan keringat juga. Karena cairan keringat dari asupan makanan yang memicu bau badan akan menghasilkan bau yang tidak sedap juga.

Untuk jenis makanannya bisa dari bawang, baik bawang merah dan bawang putih juga memiliki bau yang kuat. Selain bawang ternyata kari ternyata penyebab bau badan yang dihasilkan dari makanan. Untuk itu ingat ya guys, bahwa mengonsumsi makanan yang memiliki aroma kuat maka bisa menyebabkan bau badan yang tak sedap.

Selain faktor penyebab yang ada diatas, ternyata ada penyebab lain yang mengakibatkan tubuh mengeluarkan aroma tak sedap.

Penyakit yang Berkaitan Dengan Bau Badan

Bau badan normal dimiliki oleh setiap orang. Namun jika sudah menyengat dan kadarnya berlebihan tentu akan mengganggu kenyamanan. Baik itu untuk diri sendiri maupun orang disekitar. Banyak faktor yang jadi penyebab atau memicu seseorang memiliki bau badan tak sedap. Satu diantaranya ialah gejala penyakit akibat bau badan. Tak main-main penyakit yang mungkin terindikasi karena bau tak sedap cenderung berbahaya dan kronis, seperti 3 penyakit berikut:

1. Diabetes

Ini merupakan gejala penyakit akibat bau badan yang paling umum terjadi dan ditemukan. Kondisi tersebut akan terjadi ketika gula darah penderita diabetes kurang terkontrol dan akhirnya mengembangkan ketoasidosis. Ketoasidosis tak hanya membuat bau badan tak sedap, tapi juga bau nafas, bau ketiak dan sebagainya. Keringat penderita diabetes juga cenderung lebih banyak dari batas normal yang membuat bau terasa menyengat.

2. Liver atau Ginjal

Gejala penyakit akibat bau badan juga bisa terindikasi liver atau ginjal. Secara umum bau mulut disertai bau badan tak sedap merupakan salah satu ciri seseorang menderita liver. Gangguan liver sendiri merupakan jenis penyakit berbahaya dan berisiko tinggi pada kesehatan. Liver memiliki peran penting sebagai alat ekskresi yang membantu ginjal memecah senyawa racun di tubuh.

Liver bertugas membantu masa proses dan pengeluaran zat racun tertentu dari dalam tubuh. Zat yang keluar bisa lewat feses atau urin. Untuk mengetahui seseorang menderita liver harus melalui tes yang dilakukan oleh para ahli atau dokter. Misalnya dengan melakukan tes darah untuk mengukur fungsi hati dan ginjal di dalam tubuh.

3. Hipertiroidisme

Disebut juga kelenjar tiroid yang terlalu aktif yang membuat tubuh memiliki jumlah keringat berlebihan. Bahkan ketika di cuaca dingin dan sedang tak banyak beraktivitas. Penyebabnya beragam seperti pola hidup tak sehat, menopause dan sebagainya.

Gejala penyakit akibat bau badan karena hipertiroid biasanya dibarengi dengan tanda jari-jari gemetar dan tubuh tetap ramping meski makan banyak. Dalam stadium lanjut bisa menimbulkan komplikasi dan berakibat fatal. Seperti diare, dehidrasi dan lain-lain. Untuk itu harus segera mendapatkan penanganan ahli dengan menekan produksi hormon tiroid.

Cara Mengatasi Bau Badan

Keringat yang keluar merupakan salah satu aktifitas metabolisme tubuh yang harus dilalui setiap hari untuk membuang zat zat yang tidak diperlukan oleh tubuh atau sisa metabolisme. Namun seringkali anda mendapati keringat anda memiliki bau yang sangat menyengat dan hal ini akan mengganggu anda untuk melanjutkan aktifitas.

Tak jarang kebanyakan orang akan menggunakan deodoran yang terbuat dari bahan kimia yang dijual di toko. Bahkan jika sudah mengetahui bahwa bahan kimia tersebut memiliki efek samping tetap saja digunakan, seperti alergi pada kulit.

Adakah cara alami yang dapat mengatasi masalah bau badan secara alami? Mungkin banyak sekali obat-obat herbal atau bahkan tumbuhan yang secara almi dapat membantu masalah anda, mulai dari kulit, rambut hingga masalah bau badan ini. Terdapat beberapa cara yang pastinya dapat membantu anda mengatasi bau badan, untuk yuk kita simak ulasan dibawah ini.

1. Daun sirih

Mungkin kita lebih mengenal daun sirih itu baik untuk perawatan daerah organ kewanitaan. Namun ternyata selain itu, kandungan antibakterial dan antiseptik dalam daun herbal ini juga baik untuk mengatasi bau badan kamu.

Caranya:

  1. Petik daun sirih yang masih segar beberapa lembar.
  2. Lalu tumbuk daun tersebut sampai halus dan oleskan keseluruh bagian tubuh.
  3. Usahakan bagian ketiak kamu beri gosokan lembut selama 5 menit.
  4. Diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan mandi air hangat.

Selain menggunakannya dari luar, kamu juga bisa menghilangkan bau badan dari dalam tubuh. Caranya cukup rebus daun sirih dan konsumsi air rebusannya secara rutin. Tidak hanya membantu mengatasi bau badan, tetapi air rebusan tersebut juga baik untuk mencegah bau ginjal.

2. Jahe

Jahe sangat familiar di Indonesia karena sering digunakan sebagai bumbu masak, minuman, dan obat herbal. Salah satu khasiat lain dari jenis rempah-rempah ini adalah sebagai penghilang bau badan alami. Jadikan jahe sebagai minuman sehat penghilang bau badan. Ini adalah cara yang paling nikmat untuk hilangkan bau badan.

Minuman jahe terkenal sangat enak dan berkhasiat. Tubuh akan terasa hangat sesaat setelah meminum minuman jahe. Selain itu, tubuh dan pikiran akan merasakan sensasi rileks. Cara lainnya untuk menghilangkan bau badan dengan bahan alami jahe adalah dengan cara membalurkan parutan jahe ke bagian-bagian tubuh yang disinyalir sebagai sumber bau badan.

3. Jeruk Nipis

Banyak sekali manfaatnya buah yang satu ini selain sebagai ampuh menghilangkan jerawat, obat batuk dan lainnya ternyata bisa mengatasi bau basan atau bau ketiak. Untuk cara membuatnya adalah dengan mengambil satu buah jeruk nipis kemudian di potong menjadi 2 bagian lalu peras airnya. Ambil daun sirih dan juga kapur sirih lalu campurkan dengan perasan jeruk nipis tersebut.

Jika semuanya jadi bahan yang tercampur rata, gunakan dengan cara mengoles kan di bagian ketiak yang bau, atau bisa juga di area lainnya yang memungkinkan terjadinya bau, lakukan secara rutin. Sebaikanya di lakukan sebelum mandi selama 15 menit.

4. Mandi 2x sehari

Apakah kamu jarang mandi? Jika benar, maka bisa jadi itu merupakan penyebab bau badan. Pada dasarnya setiap hari tubuh kita mengeluarkan keringat melalui pori. Dari keringat inilah nanti akan menyebabkan bakteri mudah menempel dan bersarang.

Sehingga apabila tidak kamu bersihkan secara rutin, bakteri-bakteri tersebut akan menyebabkan munculnya bau badan. Menurut para ahli kesehatan, mandi terbaik untuk menghilangkan bau badan dan bakteri di tubuh adalah 2x sehari. Lebih baik lagi, ketika mandi gunakan sabun yang diperkaya dengan kandungan antibakterial di dalamnya.

5. Mentimun

Cara menghilangkan bau badan dan ketiak adalah dengan menggunakan mentimun. Jika biasanya kita hanya mengenal mentimun untuk lalapan dan kecantikan kulit wajah maka kali ini kita akan memanfaatkan mentimun untuk menghilangkan keringat berlebihan dan mengatasi bau badan. Caranya sangat mudah yaitu kita siapkan satu buah mentimun, kemudian kupas kulitnya. Setelah itu potong atau iris menjadi beberapa bagian, lalu potongan timun itu tinggal dioleskan pada bagian yang mengeluarkan bau tidak sedap seperti ketiak atau lainnya.

Gimana? Sudah tahukan bahwa ada bahan alami yang dengan baik dapat menghilangkan bau badan, tak hanya mengonsumsi parfum yang berbahan kimia, namun tips diatas dapat anda lakukan dengan rutin untuk mencegah bau badan menghampiri anda.