Inilah Perbedaan Antara Negara India Dan Pakistan

Sering dikatakan sebagai negara yang tidak jauh berbeda membuat banyak kalangan khususnya masyarakat Indonesia kebingungan akan perbedaan antara kedua negara ini. Yah, sering disebut sebagai negara yang memiliki kesamaan membuat banyak selebritis India dan Pakistan membuktikan bahwa mereka jauh berbeda. Bahkan kebudayaan dan tradisi mereka tak lah sama. Pastinya kamu semua bingung jugakan untuk ngebedain mana orang Pakistan dan mana orang India. Nah, untuk itu yuk kita bahas aja biar kamu pada tahu.

Perbedaan India Dan Pakistan

Secara pengertian saja mereka berdua (negara) sudahlah berbeda, yakni Republik India adalah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa dan ini juga termasuk negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Sedangkan negara Pakistan secara resmi bernama Republik Islam Pakistan adalah sebuah negara di Asia Selatan. Negara ini memiliki garis pantai sepanjang 1,046-kilometer dengan Laut Arab dan Teluk Oman di bagian selatan.

Hari kemerdekaan dua negara ini selisih satu hari, walau berbeda satu hari tetap saja dua negara ini sangat berbeda. India dan Pakistan terbentuk pada tahun 1947. Pakistan yang berdiri sebagai negara Islam ini memiliki hari kemerdekaan pada tanggal 14 Agustus, berbeda satu hari dengan hari kemerdekaan India pada tanggal 15 Agustus. Pada awalnya, Pakistan terdiri dari dua bagian. Bagian timur kemudian menjadi Bangladesh pada tahun 1971.

Bahasa Yang Digunakan

Mengenai masalah bahasa, Pakistan dan India memiliki perbedaan. Hindi adalah bahasa nasional India, tulisannya biasanya menggunakan aksara Devanagari. Sedangkan di Pakistan, Urdu adalah bahasa nasionalnya, tulisannya menggunakan Arab-Persia, sekilas memang terlihat sama dengan tulisan Arab di Al-Qur’an. Tetapi jika diperhatikan lagi, maka terlihat banyak perbedaannya. Yah, pastinya sebagian dari kamu mengetahui peperangan ataupun konflik diantara kedua negara ini, terlihat sama dan sepertinya bahasa yang mereka gunakan juga sama tak membuat kedua negara ini bersahabat.

Nyatanya India dan Pakistan sering mengalami konflik ataupun peperangan kecil mengenai wilayah dan hal lainnya. Diantaranya perebutan Lembah Khasmir. Selain itu, akibat pemisahan ini tidak sedikit orang-orang yang bermigrasi, baik dari India ke Pakistan atau dari Pakistan ke India.

Busana India Dan Pakistan

Walau tampak sama, ternyata busana antara kedua negara ini berbeda lho. Lah kok bisa berbeda, sepertinya kan busana dua negara ini sama saja. Nah, ternyata kamu harus tahu bahwa India dan Pakistan memanglah berbeda. Buktinya sudah terlihat seperti dibawah ini.

1. Shalwar Kameez, Busana Pakistan

Yah, masalah busana mereka memang berbeda, walau tampak sekilas sama namun Pakistan lebih identik dengan penurupan aurat (tidak terbuka). Warga negara ini memiliki pakaian yang mencirikan kewarganegaraannya, Shalwar Kameez Baju Pakistan adalah pakaian tradisional yang dipakai oleh pria dan wanita di daerah Asia Selatan bagian utara dan Asia Tengah. Baju ini begitu mencerminkan mereka yang menganut agama Islam untuk selalu berpakaian tertutup (pakaian yang tidak terbuka).

Untuk pemakai pria, hal yang identik dengan pakaian ini yaitu baju bersifat panjang kebawah hingga setara dengan lutut dan celana bersifat gombrong dan panjang. Salwar ini sejenis celana kombor, sedangkan Kamiz baju menjulur hingga kelutut dengan panjang ¾ lengan atau lengan pendek. Busana ini digunakan oleh siapapun, mulai anak muda, sudah menikah sampai nenek-nenek. Dupatta ini sejenis pashmina yang biasanya diselempangankan (menutup) dada.

2. Saree, Busana India

Wah, kalau busana ini siapa sih yang nggak tahu, bagi kamu yang menyukai Film india pastinya sudah nggak asing lagi bukan dengan busana tradisional yang satu ini. Yah, begitu indah menjadikan busana ini begitu banyak digemari masyarakat luas. Busana sari ini sendiri berbeda dengan busana Shalwar Kamez karena busana Saree identik dengan busana yang sedikit terbuka. Saree sendiri terdiri dari tiga bagian, yaitu baju pendek seperti blouse yang dikenal dengan ravika atau Choli.

Kemudian ada rok panjang bagian dalam yang disebut petticoat atau lehenga. Terakhir luaran yang bernama Saree yang merupakan kain panjang berukuran 5 hingga 8 meter. Saree ini dibalutkan menutupi Lehenga dan dibuat lipatan di depannya dengan sisinya dibiarkan tergerai pada sebelah bahu.

Walaupun dikatakan sebagai negara yang memiliki wajah serta busana tradisional yang sama, nyatanya Pakistan dan India tak mau disamakan karena dua negara ini memang berbeda. Untuk itu kamu sudah tahukan bahwa terdapat beberapa perbedaan antara kedua negara ini. Sekian dulu artikel saya mengenai negara India dan Pakista. Semoga saja bermanfaat bagi kamu.