Hampir Akhiri Hidupnya, Inilah Artis Dunia Yang Mengalami Depresi

Manusia memang tak luput dari beban dan tekanan hidup yang kadang membuat kita merasa depresi sampai titik terbawah. Beban kerja yang terlalu berat disebut sebagai salah satu penyebab mereka mengakhiri nyawanya dengan gantung diri. Depresi selalu dianggap sebelah mata. Padahal masalah ini paling penting untuk diperhatikan. Karena banyak kasus bunuh diri yang telah dicatat bahwa kematian disebabkan karena seseorang mengalami gangguan pada jiwanya (depresi).

Bukan itu saja, depresi mengakibatkan beberapa artis mengakhiri hidupnya pada saat karirnya sedang naik daun. Ternyata aktifitas yang padat juga dapat membuat seseorang tertekan dan mengalami gangguan pada dirinya. Itulah mengapa dikatakan bahwa depresi tidak boleh dianggap sebelah mata.

Depresi

Ini adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang terjadi sedikitnya selama dua minggu atau lebih yang memengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati (mood) dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari. Ketika mengalami depresi kita akan merasa sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak punya motivasi untuk beraktivitas, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya menghibur dan menyalahkan diri sendiri. Ketika mengalami depresi, suasana hati yang sedih bisa berlangsung hingga berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Banyak orang yang menganggap depresi adalah sesuatu yang sepele dan bisa hilang dengan sendirinya, padahal sebenarnya depresi adalah bentuk suatu penyakit yang lebih dari sekadar perubahan emosi sementara. Depresi bukanlah kondisi yang bisa diubah dengan cepat atau secara langsung.

Akibat depresi, kegiatan sehari-hari seperti bersekolah atau bekerja menjadi tidak menyenangkan. Bahkan untuk mempertahankan hubungan dengan orang lain maupun keluarga sendiri terasa begitu berat. Depresi bisa membuat kamu merasa hidup ini tidak ada gunanyan bahkan dapat memicu penderita untuk melakukan bunuh diri. Dan tahukah kamu bahwa banyak artis dunia yang mengalami depresi, seperti cerita dibawah ini.

Artis Dunia Yang Pernah Alami Depresi

Kepopuleran dan kekayaan memang tidak menjamin semua hal menjadi baik dalam sebuah kehidupan, termasuk juga mampu mengalami depresi dan penyakit mental lainnya. Kehidupan selebriti sekelas selebritis hollywood dunai sana yang terkenal glamour dan sangat mewah bisa juga ternyata membuat masalah bagi sang artis itu sendiri. Kehidupan mereka sekilas tampak menyenangkan, penuh glamor dan ketenaran.

Namun di balik itu semua, terkadang tersimpan sisi lain dari mereka yang tak diketahui banyak orang. Salah satunya kenyataan bahwa mereka pernah juga mengidap gangguan kejiwaan. Baik itu kejiwaan yang aneh hingga yang super gila gitu. Namun mereka begitu beruntung karena dapat melewati masa-masa dimana mereka mengalami gangguan pada dirinya. Berikut beberapa artis dunia yang pernah mengalami depresi.

1. Angelina Jolie

Mantan istri Brad Pitt ini pernah berusaha bunuh diri pada kala itu. Ternyata dia didiagnosis mengalami Borderline Personality Disorder (BPD). BPD adalah gangguan mental dimana pengidapnya sangat sensitif terhadap penolakan. Gejala BPD antara lain adalah kesulitan mengontrol amarah, reaksi ekstrem terhadap semua hal yang tidak sesuai rencana dan penilaian terhadap orang lain yang seringkali terdistorsi. Namun begitu, Jolie menjadi aktris sukses Hollywood dan jiwa sosialnya tinggi dengan mengadopsi anak-anak dari beberapa negara.

2. Britney Spears

Pada tahun 2008, pelantun “Hit Me Baby One More Time” ini sempat mengalami gangguan mental yang terekspos secara umum. Dugaan yang mencuat menyatakan dirinya mengalami gangguan ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder serta gangguan bipolar. Namun seiring dengan waktu yang berjalan, artis satu ini dapat melewati fase dimana dia mendapat gangguan pada dirinya.

3. Sheryl Crow

Nah, beda halnya dengan penyanyi yang satu ini. Sempat menghadapi depresi yang bertahan selama 6 bulan. Ketika gangguan tersebut muncul, dia menyatakan tidak akan beranjak dari kasur dan membiarkan telepon berbunyi tanpa diangkat. Dia seperti stres akan pekerjaanya yang padat, serta dia merasa bahwa hidupnya begitu membosankan. Rasanya tak ingin lagi untuk berada di dunia ini.

4. Demi Lovato

Fakta mengejutkan mengenai isu kesehatan mental yang dialami Demi Lovato mencuat ketika ia diberitakan mengunjungi klinik rehab, setelah bertengkar dengan dancer saat Jonas Brothers World Tour. Tiga bulan menjalani pengobatan, aktris Disney ini mengungkapkan bahwa dirinya terkena anoreksia, bulimia dan bipolar disorder tipe II yang menyebabkan ia sulit mengontrol emosi dan tindakannya.

Satu dari alasan aku tidak bahagia selama bertahun-tahun adalah karena aku tidak pernah menerima emosiku dan aku selalu mencoba untuk menahannya dan sering muncul ide untuk mengakhiri hidup ini saja, cerita Demi seperti yang dikutip dari People. Kini, demi kembali menjalani rutinitas keseharian dan menghabiskan waktu bersama keluarga dan sahabat terdekat. Ia juga terbuka untuk berbagi mengenai pengalamannya untuk mendukung orang-orang yang masih berjuang melawan depresi.

5. Selena Gomez

Selena Gomez sempat membatalkan konsernya terkait kondisi kesehatan mentalnya. Selena diketahui pernah mengalami serangan panik. Mantan kekasih Justin Bieber itu sampai harus melakukan rehabilitasi terkait dengan kondisinya itu. Kondisi tersebut terjadi karena pelantun lagu ‘Hands To Myself’ itu juga menderita sakit lupus. Penyakitnya tersebut memberikan efek kejiwaan padanya.

6. Jean-Claude Van Damme

Bintang film laga ini ternyata pernah mengalami gangguan bipolar pada tahun 2011. Dia mengaku sejak kecil sering mengalami perubahan mood. Saat masih duduk di bangku sekolah, dia menjelaskan kerap mengalami hari menyedihkan, meskipun hari-hari di sekolah menawarkan hal menyenangkan. Itulah yang menyebabkan aktor ini depresi akan kondisi hati yang kurang bahagia.

Nah, ternyata banyak artis dunia yang mengalami depresi. Ternyata kehidupan mewah dan berkecukupan tak menjanjikan seseorang itu merasa bahagia.