Sudah Benarkah Hijabmu?

Yeah, akhirnya selesai juga nih, gimana cantikan hijab yang aku pakai. Loh kok kamu bisa pakai jilbab dengan benar. Iya dong aku kan lihat tutorialnya di Youtube. Duh.. jadi pengen niru gaya hijabmu nih. Nah, bicara masalah hijab, banyak yang salah mengartikan apa itu hijab loh. Memakai hijab bukanlah hanya menutupi rambutmu saja. Hijab yang benar dianjurkan juga menutupi bagian tubuh lainnya. Iya kamu mungkin sudah menggunakan pakaian panjang, namun pakaian seperti itu sangat tidak baik dalam islam. Untuk itu saya akan memberi sedikit info mengenai hijab. Agar kamu dapat dengan benar mengaplikasikan hijab sesuai ajuran islam.

Hijab Yang Sesuai Anjuran Islam

Banyak anak remaja kini yang salah dalam mengaplikasikan hijabnya. Mereka beranggapan bahwa dengan memakai pakaian panjang dan celana yang panjang itu sudah benar. Itu sangat salah. Dalam ajaran islam hijab yang benar adalah sebegai berikut:

1. Menutupi area

Kainnya jatuh sampai menutupi area dada, bukan malah dilempar kebelakang, gaya hijab seperti itu sangat salah! Jadi kamu harus menggunakan hijab yang panjangnya sampai menutupi area dada. Jangan sampai hijab yang kamu gunakan tidak melewati area tersebut.

2. Pakaiannya nggak boleh ketat (jangan sampai menampakan lekukan)

Bahkan untuk yang satu ini juga sama. Sering kita temui wanita modern jaman sekarang yang hanya menutupi kulitnya saja. Namun bentuk badan tetap terlihat dari tubuhnya. Selain menyebabkan sesak, pakaian ketat juga tidak baik digunakan. Bagaimana bisa seorang muslimah memakai pakaian ketat seperti ini. Walaupun kamu memakai hijab, namun pakaian kamu ini sangat salah dalam Islam.

Mengapa dikatakan salah? Selain terlihat dan terasa sesak, ternyata pakaian yang ketat juga tidak baik untuk kesehatan. Sebuah penelitian membuktikan bahwa pakaian yang ketat menyebabkan kulit kekurangan ruang untuk bernafas. Akibat yang ditimbulkan dari mengenakan pakaian ketat yaitu mulai dari yang teringan seperti biduran, adanya bercak ringan di bagian tubuh tertentu sampai dengan penyakit yang cukup berbahaya, seperti kemandulan dan kanker. Tuh dengar girl. Jangan pakai yang ketat.

3. Kain yang digunakan harus tebal

Nah, yang satu ini juga sangat harus diperhatikan ya girl. Jangan sampai kamu udah memakai hijab yang benar, ehh pakaian yang kamu gunakan malah tipis. Duh…Yah kali diliatin banyak orang, terus jadi bahan ceritaan dong. Untuk itu harus lebih berwaspada ya girl. Lihat dulu pakaian yang akan kamu gunakan dan lebih teliti lagi dalam membeli busana muslimnya.

Agar kelihatan baik dalam menggunakan hijab. Pakailah hijab dan pakaian yang sesuai dengan anjuran islam. Karena pakaian diatas sangat diwajibkan bagi kaum wanita agar terhindar dari niat jahat para lelaki. Tuh dengar ya girl. Jangan asal-asalan mengenakan baju ya.

Tidak Menyerupai Pakaian Laki-Laki dan Tidak Menyerupai Pakaian Wanita Modern (terbuka)

Nah, untuk yang satu ini jangan sampai terjadi ya. Anjuran agar wanita berpakaian layaknya wanita muslimah. Jangan sampai gaya busana wanita muslim sampai meniru gara berpakaian lelaki. Kaodratnya wanita tidak bisa menjadi laki-laki. Dan, begitu juga dengan laki-laki, nggak mungkin jadi wanita. Kalaupun itu terjadi dia sudah melanggar kodrat yang diberikan kepadanya. Kesimpulannya, yang membedakan antara jenis pakaian pria dan wanita kembali kepada apa yang sesuai dengan apa yang diperintahkan. Bagi pria dan apa yang diperintahkan bagi kaum wanita. Namun yang perlu diingat, pelarangan ini adalah dalam hal-hal yang tidak sesuai fitrahnya.

Banyak dari poin-poin yang telah disebutkan sebelumnya menjadi terasa berat untuk dilaksanakan oleh seorang wanita. Karena telah terpengaruh dengan dunia modern ini yang membuat mereka melupakan kodratnya sebagai wanita yang muslimah. pakaian wanita-wanita modern. Kini lebih banyak digemari mereka (wanita modern) suka menampakkan bentuk dan lekuk tubuh, memakai pakaian yang transparan, tidak peduli dengan penyerupaan pakaian wanita dengan pria. Bahkan terkadang mereka mendesain pakaian untuk wanita maskulin. Sungguh wanita akhir jaman. Kamu (wanita) berpakaianlah sesuai dengan ajuran islam. Pakaian bukan untuk mencari ajang siapa yang lebih mahal. Namun yang paling terpenting itu berpakaian lah dengan benar.

Setiap pakaian yang dipakai dengan tujuan meraih popularitas di tengah-tengah orang banyak, baik pakaian tersebut mahal, yang dipakai seseorang untuk berbangga dengan dunia dan perhiasannya, maupun pakaian yang bernilai rendah yang dipakai seseorang untuk menampakkan kezuhudan dan dengan tujuan riya. Namun bukan berarti di sini seseorang tidak boleh memakai pakaian yang baik, atau bernilai mahal. Karena pengharaman di sini sebagaimana dikatakan oleh Imam Asy Syaukani adalah berkaitan dengan keinginan meraih popularitas semata. Untuk itu marilah kita kaum wanita muslimah. Menjaga hijab kita agar kita senantiasa dalam lindungan allah. Karena aurat kita adalah harta yang sangat berharga.

Banyak kaum wanita muslimah yang mengganggap sepele hijabnya. Mereka berfikir bahwa dengan menutup kepala saja itu termaksud berhijab. Seperti yang dijelaskan diatas tadi, bahwa hijab yang benar adalah hijab yang kendur (longgar) pakaian yang tidak ketat, hijabnya melewati dada dan paling terpenting tidak tembus pandang. Pakaian seperti inilah yang baru dikatakan hijab. Untuk itu ada baiknya kamu memperbaiki hijab kamu agar kesalahan pada hijab tidak menjadi bahan perbincangan masyarakat luas. Oke girl sekian dulu ya hari ini.