Apa Itu PUBG Mobile? Berikut Penjelasannya

Dalam dunia online, battle royale madness menjadi salah satu game dengan peluncuran yang sangat besar. Salah satunya adalah Fortnite dan yang lainnya adalah Battlegrounds PlayerUnknown, atau PUBG. Pernah denger gak tentang game terkenal PlayerUnknown’s Battleground (PUBG). PUBG adalah sebuah game multiplayer kompetitif yang menjadikan “Battle-Royale” sebagai genre utama.

Dalam game PUBG anda bisa bermain sebagai tim atau squad dimana satu tim maksimal berisi 4 orang pemain. Untuk cara bermain PUBG versi PC sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi mobile nya. Untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai PUBG Mobile, berikut penjelasannya.

Apa Itu PUBG?

PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) adalah game battle royale yang dikembangkan dan diterbitkan oleh PUBG Corporation. Ketika para pemain memulai gamenya, mereka akan berada di dalam pesawat. Lalu pemain akan terjun ke sebuah lokasi menggunakan parasut untuk mencari perlengakapan bertahan hidup, seperti Senjata, Armor dan Healing Item.

Map atau medan perang di game PlayerUnknown’s BattleGrounds adalah sebuah pulau yang berbatasan langsung dengan laut. Di pulau tersebut terdapat berbagai alat transportasi seperti mobil, kapal dan motor atau sepedamotor. Pulau yang luas memberikan banyak pilihan lokasi untuk melakukan penerjunan.

Game Battlegrounds Mobile milik PlayerUnknown adalah game online yang persisten, jadi Anda akan memerlukan koneksi ke internet untuk bermain, baik itu melalui jaringan seluler atau Wi-Fi. Secara garis besar, game ini dimulai ketika pesawat yang membawa pemain ke lokasi pendaratan di sebuah pulau terpencil tanpa penghuni.

Setelah mendarat di lokasi tertentu yang di rasa aman, anda harus mulai mengumpulkan sumber daya yang ada seperti senjata, perlengkapan kesehatan, granat dan lainnya.

Sejarah

Game Battlegrounds Mobile PlayerUnknown diterbitkan oleh Tencent Games. Dan game tersebut tersedia untuk Android dan iOS. Game ini sedang menjalani roll-out bertahap, mulai 19 Maret 2018, tetapi ini merupakan peluncuran global dan tersedia di Inggris dan wilayah lain di Android atau versi iOS juga tersedia. Permainan ini diberi peringkat PEGI 16 di Inggris; Fortnite adalah PEGI 12 di Inggris. Bagi Anda yang tidak familiar, Battle-Royale sendiri merupakan sebuah film klasik Jepang populer di tahun 2000 silam, yang diadaptasikan dari sebuah novel keluaran tahun 1999.

Ia menceritakan soal sekelompok anak muda yang ditempatkan di sebuah pulau terpencil oleh pemerintah dengan satu tujuan utama – meminta mereka bertarung hingga mati satu sama lain. Battle-Royale menjadi sebuah seri klasik yang sepertinya tidak akan asing lagi bagi banyak gamer yang tumbuh dewasa di tahun 2000-an.

Battlegrounds pertama kali dirilis untuk Microsoft Windows melalui program beta akses awal Steam pada Maret 2017, dengan rilis penuh pada 20 Desember 2017. Pada bulan yang sama, game ini dirilis oleh Microsoft Studios untuk Xbox One melalui program Pratinjau Game Xbox dan secara resmi dirilis pada September 2018. Pada tahun yang sama, versi mobile untuk bermain untuk Android dan iOS dirilis, di samping port untuk PlayStation 4.

Battlegrounds adalah salah satu video game terlaris dan paling banyak dimainkan dari sepanjang waktu, menjual lebih dari lima puluh juta di seluruh dunia pada Juni 2018, dengan total lebih dari 400 juta pemain saat menyertakan versi seluler. Tentu saja, Battle-Royale ini yang secara otomatis diadaptasikan oleh Bluehole Studio begitu saja.

Yang mereka tawarkan di sini adalah sebuah seri game kompetitif multiplayer baru yang mengusung konsep serupa di dalam gameplay, percaya atau tidak ini merupakan sesuatu yang sudah berusaha diadaptasikan di masa lalu, namun tak pernah berhasil. Battlegrounds menerima ulasan positif dari para kritikus, yang menemukan bahwa sementara permainan memiliki beberapa kelemahan teknis, permainan ini menghadirkan jenis permainan baru yang dapat dengan mudah didekati oleh pemain dari tingkat keterampilan apa pun dan sangat dapat diputar ulang.

Permainan itu dikaitkan dengan mempopulerkan genre battle royale, dengan sejumlah klon Cina tidak resmi yang diproduksi menyusul keberhasilannya. Game ini juga menerima beberapa nominasi Game of the Year, di antara penghargaan lainnya. PUBG Corporation telah menjalankan beberapa turnamen kecil dan memperkenalkan alat dalam game untuk membantu menyiarkan permainan tersebut kepada para penonton, karena mereka menginginkannya untuk menjadi esport yang populer.

Persyaratan Dalam PUBG Mobile

Game Battlegrounds Mobile milik PlayerUnknown adalah game online yang persisten. Anda harus terhubung dengan jaringan internet agar bisa memainkan games tersebut. Baik itu jaringan seluler maupun Wi-Fi. Yang mereka tawarkan disini adalah sebuah seri game kompetitif multiplayer baru yang mengusung konsep serupa di dalam gameplay.

Pulau ini adalah campuran dari lingkungan perkotaan dan pedesaan, dirinci dalam peta di sudut kanan atas permainan dan area penuh awalnya dapat dimainkan, tetapi area bermain berkurang dalam ukuran seiring berjalannya waktu. Sebuah lingkaran putih yang menandakan zona bermain akan muncul dan para pemain harus mengikuti masuk ke dalam lingkaran zona bermain tersebut.

Zona bermain PUBG itu akan diperbarui dan mengecil ketika waktu lingkaran telah mencapai 0:00. Hal tersebut membuat beberapa area menjadi tidak aman. Pemain yang berada di luar lingkaran putih (Zona Bermain) akan kehabisan darah dan mati, lalu lingkaran putih tersebut akan mengecil secara terus – menerus.

Akibat dari mengecilnya Zona Bermain ini, maka semua pemain akan bertemu satu sama lain pada lingkaran terakhir. Setelah itu mereka akan bertempur habis – habisan untuk bertahan hidup dan menjadi pemain terakhir yang memenangkan Chicken Dinner.

Kontrol dan Peraturan PUBG Mobile

Game Mobile menyediakan elemen gameplay yang sama seperti game PC dan Xbox, tetapi menggunakan kontrol di layar. Ini dapat disesuaikan untuk sejumlah tata letak dan elemen yang berbeda agar sesuai dengan ukuran perangkat atau preferensi Anda. Anda juga dapat mengubah kontrol untuk mengendarai kendaraan di dalam game.

Gameplaynya sangat bagus dan halus, meskipun ada keuntungan bagi mereka yang memiliki layar lebih besar dan ponsel yang lebih kuat. Ada tiga pengaturan grafis yang dapat Anda gunakan dan game akan secara otomatis seperti, meningkatkan kecerahan dan volume untuk pengalaman terbaik.

Selain bermain secara Solo, Anda juga bisa bermain dalam format Duo (2 orang) dan juga Squad (4 orang), baik secara acak ataupun dengan mengundang teman dari Friend List Anda.

Bermain dalam format kooperatif seperti ini memang lebih sulit, tidak hanya karena lawan Anda yang kini akan bergerak dalam format strategi tertentu saja, tetapi juga fakta bahwa Anda kini harus memikirkan lebih banyak daripada sekedar keselamatan Anda sendiri.

Peraturan-Peraturan Dasar Game PUBG

PUBG sendiri adalah game survival, untuk mendapatkan Chicken Dinner kamu harus mengikuti peraturan-peraturan dasar seperti:

1. Anda harus mengerti kapan harus beristirahat, mengambil sumber daya dan membunuh lawan. Jangan terlalu agresif karena dalam beberapa kasus, pemain yang agresif justru yang terbunuh lebih dulu.
2. Dengarkan segala suara, baik suara yang berasal dari tembakan atau langkah dari sepatu yang mendekati kamu karena bisa jadi itu musuh yang sudah bersiap menembah kamu.
3. Tetap berada di zona aman dan berkomunikasi untuk menyatukan strategi dengan tim kamu agar mendapatkan Chicken Dinner.
4.Untuk membunuh lawan, ada 3 cara jitu yang bisa kamu gunakan diantaranya:

  • Ketika ada musuh dijarak yang lumayan jauh, biarkan dia menjauh atau kabur dan barulah kamu menembak.
  • Dekati dan Langsung hajar, tapi ketika lawanmu dekat kamu akan membutuhkan amunisi senjata yang mendukung.
  • Kamu bisa menunggu sampai para pemain saling menunggu hingga kamu dinobatkan sebagai The Last Man Standing.

5. Untuk membuat kamu tetap aman, kamu harus bergerak secara diam-diam. Kalau perlu lepas sepatu boots agar pergerakan mu tidak berisik dan tidak diketahui musuh.

Apa kelebihan Bermain PUBG?

Kelebihan dalam bermain PUBG adalah sebagai berikut:

  • Strategi

PUBG adalah game yang dapat membuat Anda meningkatkan strategi dengan membuat Anda berpikir dan merencanakan langkah selanjutnya untuk bertahan dalam game dan menjadi orang terakhir yang bertahan. Membuat pikiran Anda aktif dan pikiran aktif itu membantu anda menemukan banyak trik baru untuk bertahan hidup dan mendapatkan pembunuhan itu.

Tetapi ini dapat meningkatkan keterampilan strategis Anda dalam kehidupan sehari-hari Anda seperti cara yang sama menerapkannya dalam permainan. Tingkat IQ para pemain ini jauh lebih baik daripada mereka yang tidak bermain game. Keterampilan pengambilan keputusan ditingkatkan yang tergantung pada IQ orang tersebut.

  • Multitasking

Di PUBG, Anda harus mengelola banyak kontrol seperti berlari, melompat, menembak, membidik, dll, yang bukan tugas yang mudah karena hal-hal ini membutuhkan pengaturan waktu yang sempurna dan jika Anda melewatkan pengaturan waktu dan langkah yang tepat dapat membuat Anda kehilangan Chicken Dinner hari ini. Hal-hal ini mempertajam pikiran Anda untuk melakukan banyak tugas, sehingga dapat mengelola banyak hal di dunia nyata.

  • Membuat pikiran segar

Sekarang, seseorang yang lelah dengan pekerjaan seharian membutuhkan istirahat dan pikiran yang segar untuk memulai lagi dengan hidupnya. Beristirahat sejenak dan bermain PUBG dengan teman. Semua stres Anda hilang. Pernah melihat pemain PUBG terlalu khawatir.

  • Penglihatan menjadi lebih baik

Jika Anda berpikir bahwa permainan akan membuat penglihatan Anda lemah maka satu-satunya mitos dan sains juga mengatakan bahwa bermain game bukan alasan untuk membuat penglihatan Anda lemah (Jika tidak bermain sepanjang hari dan membuat hidup Anda sia-sia. Lakukan ini untuk bersenang-senang dan jangan lakukan ini untuk kebutuhan anda.

Fitur yang akan membuat game lebih baik

PUBG Mobile terus memperkenalkan fitur dan peta baru dalam upaya untuk membuat genre battle royale lebih baik bagi para gamer. PUBG telah melakukan banyak hal untuk para gamer di seluruh dunia dan telah menerima banyak penghargaan untuk desain petanya, senjata dan kendaraan baru. Namun, masih ada beberapa ruang untuk perbaikan di dunia Battlegrounds PlayerUnknown.

Berikut ini adalah beberapa peningkatan yang dapat diharapkan oleh para pemain PUBG pada tahun 2019.

60 frame per detik : Gameplay PUBG dibatasi di 30 FPS (frame per detik). Itu masih mampu menekan 60 FPS pada perangkat unggulan Apple dan Samsung high-end melalui beberapa fine tuning, namun kenop kontrol 60 FPS akan menjadi hal yang paling ideal untuk para gamer.

Permainan pada 60 FPS sangat bagus untuk permainan multi-pemain yang kompetitif karena dapat meningkatkan waktu reaksi. Ini juga memungkinkan bermain game lebih lancar dan responsif. Namun, 30FPS memungkinkan PUBG untuk mendukung perangkat kelas menengah dan rendah, tetapi tidak ada salahnya memiliki opsi bagi orang yang memiliki perangkat keras untuk menjalankannya.

Alat streaming seluler : Opsi streaming dan berbagi bawaan saat ini di PUBG sangat mendasar yang tidak lebih dari berbagi tangkapan layar. Namun, streaming bawaan dan opsi berbagi akan menguntungkan PUBG Mobile banyak dan akan memungkinkan lebih banyak gamer untuk berbagi momen gameplay mereka.

Peta yang dibundel : PUBG telah mendapatkan banyak popularitasnya karena dapat dimainkan pada perangkat anggaran yang tidak memiliki banyak ruang penyimpanan. Tapi, dengan ukuran game 1.6GB di Android. Game ini akan memakan banyak ruang penyimpanan. Plus, ada juga peta seperti Sanhok, Miramar dan Vikendi yang perlu diunduh jika Anda ingin bermain dalam skenario itu. Fakta bahwa mereka tidak dibundel dengan game dasar adalah gangguan.

Itulah penjelasan mengenai ulasan di atas. Sebenarnya inti dari game PUBG ini bukanlah menjadi pemain dengan perolehan skor terbanyak dalam membunuh pemain lain, tetapi menjadi pemain yang dapat membunuh pemain terakhir.