Inilah Asal Usul Adanya Permainan Pokemon Go

Pastinya banyak kalangan yang kecanduan akan games di ponselnya. Sebagian orang banyak yang mengganggap games adalah hiburan dikala penat melanda ataupun saat sedang bosan. Yah, begitu banyak permainan di smartphonemu, mulai dari games horor hingga games yang bakal buat kamu ketawa terbahak-bahak. Permainan biasanya kita peroleh dari Internet (komputer) atau Playstation.

Namun jaman modern kini banyak menampilkan beberapa games cerdas yang terdapat di ponselmu ataupun smartphone. Kecanggihan jaman memang membuat banyak manusia terhibur. Namun gimana kalau games yang kamu mainkan di ponsel malah membuatmu melakukan hal-hal yang aneh. Pastinya bakalan rugi banget kan? Yah, kali gara-gara games diponsel, kamu malah jadi pemalas.

Games dikembangkan untuk menjawab kebutuhan manusia akan hiburan. Tapi tak jarang video game justru memicu kontroversi bahkan terpaksa sejumlah negara melarang peredaran sebuah video game. Alasan pelarangan video game bermacam-macam, mulai dari konten berisi kekerasan hingga dianggap mempromosikan perjudian. Inilah yang menyebabkan beberapa negara enggan menerima games yang bertajuk seperti itu. Nah, sebut saja Pokemon Go, yang baru-baru ini menghebohkan.

Pokemon Go kerap menjadi perbincangan banyak masyarakat luas karena permainan ini banyak menimbulkan efek yang negatif. Pasalnya, banyak kejadian yang menyebabkan beberapa orang mengalami kecelakaan saat memainkan games tersebut. Pokemon Go menjelma menjadi permainan populer di seluruh dunia. Namun banyak orang yang tak mengetahui asal-usul pembuatan game tersebut. Untuk itu kalian bisa mengetahuinya melalui artikel ini.

Asal Usul Pokemon Go

Pokemon Go telah menjadi fenomena global dalam beberapa hari terakhir. Hal ini terbukti dengan jumlah pemainnya yang terus meningkat hingga hari ini. Namun tahukah kamu siapa yang menciptakan game ini? Orang itu adalah John Hanke, CEO dan pendiri Niantic. Dia adalah salah satu karyawan Google yang berjasa dalam mengembangkan Google Earth dan Maps. John menjadi pemimpin Niantic pada tahun 2015.

Ternyata Pokemon Go berawal dari sebuah lelucon di April Mop 2014. Saat itu, Google meluncurkan Pokemon Challenge untuk Google Maps lengkap dengan video promosi dengan mengundang pengguna untuk menemukan dan menangkap monster fiksi itu dalam aplikasi. Fitur yang aktif untuk sementara waktu sebelum dimatikan. CEO Niantic Labs John Hanke menganggap hal tersebut secara serius. Dia bertanya pada Direktur Asia Pasifik untuk Niantic Masashi Kawashima.

Perusahaan yang menjadi bagian dari Google itu akhirnya sukses membawa permainan (game) itu melesat dengan menggabungkan dunia pocket monster (Pokemon) pada lokasi permainan yang terasa nyata di lingkungan kehidupan sehari-hari melalui telepon seluler cerdas (smartphone).

Ini mungkin game smartphone pertama yang telah melahirkan fenomena sosial kata Hideki Yasuda, seorang analis di Ace Research Institute di Tokyo. Yang penting adalah bahwa hal ini terjadi secara global. Nintendo telah membuktikan bahwa mereka masih bisa menciptakan fenomena yang memiliki daya tarik luas dan bisa mendapatkan uang. Sejak peluncurannya pekan lalu di Amerika Serikat (AS), Australia dan Selandia Baru, Pokemon GO telah meningkatkan saham di Nintendo lebih dari 50 persen.

Iran, Negara Pertama Yang Menolak Pokemon Go

Permainan yang kontroversial membuat beberapa negara mengeluarkan peringatan akan larangan terhadap games ini. Negara ini begitu melarang keras para warganya agar tidak memainkan games yang satu ini (pokemon go). Tidak dijelaskan apa persisnya isu keamanan yang menjadi alasan di balik pelarangan itu. Sempat menghubungi pembuat game sebelum akhirnya memutuskan untuk mengeluarkan larangan. Kekhawatiran soal Pokemon Go yang berpotensi membocorkan informasi sensitif juga muncul di beberapa negara lain di luar Iran.

Yah, kekhawatiran akan hal ini juga dirasakan oleh Indonesia. Pasalnya bukan hanya karna takut akan informasi yang bersifat sensitif. Melainkan juga bahwa banyak warga Indonesia yang melakukan tindakan aneh ketika sedang memainkan games ini. Seperti yang dikatakan oleh BIN Sutiyoso menganggap bahwa game ini dapat mengancam keamanan negara.

Begitu Digemari Masyarakat Indonesia

Hal yang menjadikan game Pokemon Go ini begitu fenomenal di Indonesia adalah karena game ini yang sangat menarik dan menantang. Hal ini disebabkan pemain diharuskan bergerak dan berjalan serta berkeliling ke luar rumah untuk bisa mendapatkan banyak Pokemon. Pada akhirnya, dari sini orang Indonesia yang suka bermain di luar rumah merasa sangat mendapatkan game yang cocok dengan dirinya yang mengharuskan mereka menjelajahi berbagai tempat.

Namun karena begitu viral, pokemon go harus diberhentikan dari Indonesia. Yah, sisi negatif yang terdapat di games ini dapat membuat para pemainnya lupa akan waktu dan parahnya ada beberapa orang yang mengalami kecelakaan akan permainan ini. Yah, memang permainan ini begitu mengasyikan hingga banyak manusia yang lupa akan aktifitas dan keselamatan mereka sendiri.

Nah, gimana nih guys, apa masih ada dari kalian yang suka bermain games pokemon go? Ingat, mencari hiburan sih boleh-boleh saja, namun jangan sampai melupakan waktu karena begitu asik memainkan games ini. Yang paling terpenting untuk selalu ingat akan keselamatan, masa iya gara-gara games kamu sampai mengalami kecelakaan. Untuk itu sampai sini dulu ya guys.