“Bahaya” Maag Akut Menjadi Alasan Seseorang Meninggal Dunia

Kabar duka cita kini menghampiri tanah air lagi, sosok Dr. Tampan (Dr. Ryan Thamrin) yang mengisi salah satu acara di televisi bertajuk ‘kesehatan’ kini telah tutup usia pada hari Jumat (4/8) kemarin. Dan banyaknya pertanyaan mengenai penyakit dan sebab meninggalnya Dr. tampan ini. Tahukah kamu penyebab meninggalnya Dr Ryan? Tak disangka penyebab meninggalnya Dr. Ryan ini adalah penyakit maag akut yang telah dideritanya. Seperti yang dijelaskan oleh kerabat Dr. Ryan bahwa sosok Dr. Tampan Indonesia ini mengidap penyakit maag akut yang disertai benjolan dibagian kepala.

Penyakit maag merupakan salah satu penyakit pada saluran pencernaan yang banyak diderita masyarakat dan sering terdengar di telinga kita kata “maag” diikuti dengan kata “kronis” menjadi maag kronis dan terkadang diikuti dengan kata “akut” menjadi maag akut.

Maag Akut

Penyakit maag akut adalah suatu peradangan yang terjadi pada dinding bagian dalam lambung yang bersifat akut yang ditandai dengan kerusakan berupa pengikisan pada permukaan dinding bagian dalam lambung. Istilah maag akut digunakan untuk menggambarkan penyakit maag yang terjadi secara tiba-tiba, dalam waktu singkat. Untuk menggambarkan rasa sakit (tingkat nyeri), istilah maag akut digunakan untuk menggambarkan penyakit maag dengan rasa sakit pada perut yang hebat dan tajam.

Ingat guys setiap penyakit yang ada kamu di ditubuh kamu, tak boleh begitu saja membiarkannya dan mengganggap sepele suatu penyakit, karena kelamaan dibiarkan bisa saja penyakit tersebut menjadi sebuah penyakit yang ganas. Untuk itu ada baiknya kamu memperhatikan dan segera berobat agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Dan penting untuk kamu ketahui penyebab dari penyakit ini, untuk itu yuk kita simak artikel yang akan membahas mengenai penyebab dari maag akut.

Penyebab Sakit Maag Akut

Sakit maag memang sering dianggap sebagai penyakit yang umum dan biasanya memang tidak menimbulkan gejala yang lebih buruk. Namun untuk penderita sakit maag maka juga harus mewaspadai kondisi maag akut. Maag akut bisa muncul akibat dari penyakit maag yang tidak mendapatkan perawatan tepat.

Selain itu, gaya hidup tidak sehat juga bisa memicu maag akut meskipun sebelumnya sama sekali tidak mengalami gangguan maag. Maag yang sudah terjadi pada diri kamu, itu pasti ada penyebabnya. Dan Penyebab Sakit Maag Akut adalah ;

1. Berat badan naik. Maksudnya yakni, naiknya berat badan ini bisa di sebabkan oleh berbagai macam hal. Yaitu mengkonsumsi makanan berminyak dan kolesterol, kurangnya asupan serat, air putih dan olahraga. Tubuh yang gemuk itu ternyata salah satu Penyebab Sakit Maag Akut. Beratnya tubuh bisa di katakan sebagai penyakit obesitas yang bisa terjadi pada anak-anak hingga orang yang sudah berumur tua. Mengobati penyakit obesitas, harus membenahi pola makan dengan baik.

2. Berbaring setelah makan. Jika kalian habis makan, jauhkan dari kegiatan tidur atau berbaring, karena itu semua bisa mengakibatkan sistem pencernaan menjadi tidak lancar. Dan terjadilah yang namanya Penyebab Sakit Maag Akut. Ingat jangan lakukan kebiasaan seperti ini lagi, jika kamu tak ingin terkena penyakit yang satu ini.

3. Tukak lambung. Tukak lambung adalah masalah yang terjadi pada bagian dinding lambung dengan adanya infeksi atau luka yang mengakibatkan peradangan. Penyebab Sakit Maag Akut adalah terjadinya tukak lambung.

4. Konstipasi. Sebagian orang mungkin ada yang mengalami konstipasi. Dan masih banyak yang belum mengetahuinya konstipasi itu apa. Konstipasi adalah sebuah penyakit pada pencernaan yang di mana akan mengalami penyumbatan, sehingga tidak lancarnya bab. Ketidak lancar buang air besar bisa membuat penyakit maag terjadi. Karena Penyebab Sakit Maag Akut adalah mengalami konstipasi.

5. Merokok. Wah ini nih yang nggak bisa dihindari banyak orang. Perlu kamu ketahui bahwa penyebab Sakit Maag Akut adalah merokok. Sudah sepatutnya bagi yang kalian yang perokok aktif, berusaha untuk menjauhi rokok, karena selain maag yang terjadi, kanker pun juga ikutan datang pada diri kamu.

6. Minuman alkohol. Minuman beralkohol mempunyai tiga macam kadar yang berbeda-beda. Ada yang tinggi, sedang dan rendah. Sangat tidak bagus sekali bagi orang yang mengkonsumsinya karena bisa membuat organ tubuh akan rusak, seperti lambung. Dari sinilah Penyebab Sakit Maag Akut terjadi. Selain itui ginjal pun akan bermasalah juga. Berhati hatilah terhadap minuman seperti ini. Bagi yang baru pertama kali mengkonsumsinya, bisa mengakibatkan kepala menjadi lebih pusing dan mual.

7. Kafein, adalah minuman kopi yang semua orang pasti suka. Dan banyak jenis warna dan merek dari minuman kafein ini, seperti hitam dan coklat. Jangan terlalu banyak mengkonsumsinya karena bisa mengakibatkan insomnia datang. Namun yang paling banyak adalah sisi minusnya. Maag pun akan terjadi bila meminumnya. Dan itu termasuk bagian dari Penyebab Sakit Maag Akut.

8. Stress. Kalau masalah ini mungkin begitu banyak orang yang mengalaminya. Stress yang bisa mengakibatkan kegilaan bila tidak di atasi dengan segera. Obat stress adalah madu, konsumsi lah selama penyakit yang di alami masih terjadi, apabila tidak kunjung sembuh juga bisa menggunakan obat yang di berikan pada dokter. Penyebab stress sangat beraneka ragam. Ada yang di akibatkan oleh rumah tangga, masalah pekerjaan dan perekonomian. Ada beberapa penyakit yang awalnya dari stress, yaitu maag. Jadi jika tidak ingin mengalami hal ini, hindari dan berpikir positif selalu dan selesaikan masalah dengan cepat.

9. Telat makan. Ini yang paling berbahaya guys, sering kali menganggap sepele membuat sejumlah kalangan melupakan pentingnya makan tepat waktu. Seperti Penyebab dari Maag Akut yakni telat makan, jangan sampai terjadi hal seperti ini lagi karena bisa mengakibatkan sesuatu hal yang berdampak negatif menimpa kamu. yang nantinya akan kalian rasakan sakit perut yang sangat dahsyat, sehingga untuk berjalan dan melakukan kegiatan apapun terasa sulit.

10. Makan pedas. Ternyata memakan makanan pedas juga berdampak pada gejala maag akut lho guys. Mengkonsumsi makanan yang pedas boleh saja, asalkan jangan berlebihan. Bagi yang belum terkena nasi, jangan memakan yang pedas terlebih dahulu karena bisa mengakibatkan sakit perut. Dan memakan-makanan pedas juga dapat menyebabkan sakit maag muncul. Duh hindarilah guys penyebab sakit maag ini dan selalu ingat bahwa penyakit maag juga dapat membuat seseorang kehilangan nyawanya lho.

Ciri-Ciri Seseorang Penderita Penyakit Maag

Nah kamu akan tahu kalau kamu terkena penyakit maag akut, kamu bisa lihay dibawah ini ciri dari mereka yang terkena maag akut, untuk itu lanjut baca ya guys. Biar kamu pada tahu bahwa seperti inilah ciri-ciri dari maag akut.

  • Mual dan sering muntah agak asam. Pada kondisi berat lambung mungkin dapat mengelupas sehingga mengakibatkan muntah darah.
  • Perut terasa nyeri, pedih, kembung dan sesak (sebah) pada bagian atas perut.
  • Napsu makan menurun drastis, wajah pucat, keringat dingin, pusing.
  • Sering sendawa terutama bila dalam keadaan lapar.
  • Sulit tidur karena gangguan rasa sakit pada daerah perut sebelah atas (ulu hati).
  • Pada radang lambung kronis gejala yang ditunjukan lebih ringan, seringkali gejala menjadi samar, seperti tidak toleran terhadap makanan pedas atau berlemak atau nyeri ringan yang akan hilang setelah makan.

Sebelum terjadinya maag yang semakin parah sampai ke kanker lambung, maag memiliki tahapan yang signifikan terhadap perubahan gejala maag.

  • Maag Ringan memiliki gejala asam lambung berlebih.
  • Maag Sedang memiliki gejala sakit perut dan mual yang menyakitkan.
  • Maag Kronis, memiliki gejala yang lebih dari maag sedang, kemungkinan terjadi adanya peradangan atau adanya luka pada mukosa lambung.
  • Maag Akut, dimana maag yang lebih parah lagi memiliki gejala terdapat adanya borok, infeksi pada lambung, maupun
    infeksi mikroorganisme merugikan yang di sebut Helycobacter Pylori.
  • Kanker Lambung adalah tahapan akhir dimana kondisi ini sudah sangat parah dan harus segera di tangani medis yang serius.

Gimana sudah tahukan ciri dari penyakit yang satu ini, untuk itu ada pencegahan atas penyakit ini. Ingat kamu dapat melakukan pencegahan atas penyakit maag akut. Dan jangan menganggap penyakit ini sepele, kerena seperti yang dijelaskan bahwa sosok Dr Ryan telah meninggal dunia. Dan dikabarkan penyebab kematiannya yakni penyakit maag akut (dan disertai benjolan di kepalanya).

Pencegahan dan Cara Mengobatinya

Jika Kamu sudah menderita penyakit maag maka perhatikan untuk selalu memiliki pola makan yang baik. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan obat yang sudah diresepkan oleh dokter. Hal ini perlu kamu lakukan agar penyakit maag sembuh dengan tuntas. Maka dari itu ada beberapa cara mengatasi maag akut ini dengan;

  1. Berikan waktu yang baik untuk tubuh agar bisa beristirahat dan tidak mendapatkan tekanan atau stress yang berlebihan. Stress bisa menyebabkan penyakit maag akan lebih sering muncul sehingga membuat kondisi tubuh juga melemah.
  2. Hindari kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas, mengandung lemak tinggi dan makanan yang digoreng. Semua jenis makanan ini bisa menyebabkan kondisi maag dan lambung menjadi lebih buruk.
  3. Jika memiliki pekerjaan yang sangat padat dan sering terlambat makan maka biasakan untuk selalu membawa makanan kecil yang bisa membuat perut menjadi lebih nyaman. Jangan makan jarang tapi banyak karena lebih baik jika makan sering dengan jumlah yang sedikit.
  4. Rokok dan alkohol bisa memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Karena itu hindari rokok dan alkohol untuk memelihara kesehatan lambung.
  5. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang bersifat alkali seperti jeruk, lemon, tomat, kacang almond dan alpukat. Makanan ini bisa membuat produksi asam menjadi sangat tinggi sehingga memicu maag kronis.
  6. Hindari terlalu sering minum minuman yang bersoda, karena soda akan memancing produksi asam lambung yang berlebihan. kamu tetap bisa minum namun dalam jumlah yang sangat sedikit.
  7. Dan perlu untuk kamu ingat bahwa sangat perlu bagi kamu menghindari buah yang mengandung bromelain seperti nanas. Nanas mengandung bromelain yang sangat tinggi sehingga cenderung bisa menyebabkan produksi asam yang berlebihan.
  8. Kamu tetap bisa minum susu karena susu mengandung kalsium yang sangat penting untuk tulang. Namun bagi yang sudah menderita penyakit maag maka konsumsi susu harus dibatasi dalam jumlah tertentu. Susu mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga menyebabkan lambung sulit untuk menerima.

Demikianlah artikel hari ini semoga saja bermanfaat dan selamat membaca guys.