Dianggap Sepele, Ternyata Bau Badan Dapat Menyebabkan Kanker Payudara

Bau ketiak biasanya sudah sepaket dengan bau badan. Orang yang mengalami bau ketiak dan bau badan terkadang tidak sadar bahwa aroma dari tubuhnya mengganggu orang lain. Namun gimana jika masalah bau badan menghampiri? Apa langkah awal yang akan kamu lakukan? Menggunakan Deodorant? Memakai minyak wangi atau bahkan setiap menitnya kamu mengganti baju?

Karena seperti yang kita tahu bahwa bau badan dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang. Namun baru-baru ini Ilmuan Jepang telah menemukan variasi gen yang berhubungan dengan resiko kanker payudara yang juga terkait dengan bau badan.

Bau Badan Dapat Menyebabkan Kanker Payudara

Bau badan merupakan bau tidak sedap yang disebabkan oleh bakteri dan keringat. Dan sekarang bau badan telah membuat semua orang menjadi lebih tidak percaya diri. Akibatnya kekhawatiran karena bau badan meningkat. Bau badan yang berlebihan ternyata semakin membuat para wanita menjadi lebih khawatir lagi karena bau badan adalah salah satu penyebab meningkatnya resiko terkena kanker payudara. Kok bisa? Apakah Anda termasuk memiliki problem bau badan?

Apa hubungannya antara badan yang memiliki bau tak sedap dengan penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita ini? Baru-baru ini, ilmuwan Jepang dari Biomolecular Enginering di Institute of Technology Tokyo menemukan bahwa adanya variasi gen yang erat hubungannya dengan resiko kanker payudara, yang juga terkait dengan bau badan serta kotoran telinga.

Dikatakan masih terlalu dini untuk hasil penelitian ini dan perlunya pembuktian lanjut. Namun hal ini tentu menjadi sinyal bagi kaum perempuan untuk bisa menjaga kebersihan dirinya. Meski demikian, hasil penelitian tersebut tidak bermaksud untuk menakut-nakuti atau semakin membuat kaum perempuan cemas.

Penelitian tersebut ditempuh, sebagaimana dijelaskan oleh sang ilmuwan Toshi Ishikawa PhD, tiada lain untuk memberikan cara terbaru dalam hal deteksi dini terhadap kanker payudara. Itulah mengapa dikatakan, kebersihan adalah hal yang sangat penting. Baik menjaga kebersihan diri atau kebersihan lingkungan sekitar.

Dengan adanya penemuan ini, diharapkan para perempuan semakin sadar akan bahaya kanker payudara yang salah satu penyebabnya ternyata erat kaitannya dengan tingkat kebersihan tubuh. Secara simplistis tidak pasti bahwa bau badan seorang perempuan membuat perempuan tersebut telah terkena kanker payudara.

Ishikawa menegaskan bahwa perempuan yang memiliki variasi genetik yang berhubungan dengan bau badan dan resiko kanker payudara, hanya merupakan beberapa penyebab yang dapat menjadi pemicu kanker payudara. Patut diketahui bahwa ada beberapa faktor lainnya yang menyebabkan kanker payudara seperti p53, BRCA1, BRCA2 dan lainnya. Ishikawa dan timnya melakukan ekstraksi DNA dari sampel darah sebanyak 124 sukarelawan perempuan di Nagasaki University, Japan. Ishikawa juga mempelajari apa yang disebut dengan gen ABCC11 yang telah ditemukan pada tahun 2001 silam.

Dalam penelitian tersebut, tim ini mengamati aktifitas protein yang dibuat oleh gen ABCC11, kemudian mencari hubungan antara gen ABC11, kotoran telinga, dan bau badan. Dari situ, mereka menemukan mekanisme sel yang mengatur bau badan yang berlebihan dengan resiko kanker payudara. Gimana? Girl ingat dikatakan bahwa kebersihan tubuh begitu amat penting. Jangan menganggap kebersihan sebagai hal yang sepele, ada baiknya untuk menjaga selalu kebersihan tubuh. Agar badan tak mudah diserang oleh bakteri.

Penyebab Bau Badan

Bau badan dikenal dengan istilah bromihidrosis. Bau badan timbul ketika bakteri yang berada di tubuh bertemu dengan keringat yang tidak memiliki bau dan berkembang biak. Bau yang dihasilkan merupakan pemecahan protein keratin oleh bakteri pada permukaan kulit kamu. Biasanya, hal ini terjadi pada masa pubertas karena meningkatnya hormon yang disebut androgen. Dikatakan berbahaya bagi wanita karena dapat memicu kanker payudara, namun bau badan bau badan tidak memandang usia dan jenis kelamin, karena semua orang bisa saja mengalaminya.

Namun, ada beberapa orang yang berisiko lebih mengalami bau badan, seperti orang yang telah mencapai pubertas, pria karena mereka cenderung berkeringat lebih banyak dibanding perempuan, orang yang mengalami kelebihan berat badan, orang yang mengonsumsi makanan pedas atau minuman tertentu yang menimbulkan aroma seperti bawang putih atau alkohol dan orang yang mengidap kondisi tertentu seperti diabetes atau gagal ginjal. Nah, berikut penyebab badan kamu tak sedap;

1. Aktivitas Berlebih

Saat melakukan aktivitas fisik yang melelahkan, secara normal tubuh akan mengeluarkan keringat. Nah, sebenarnya berkeringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan diri. Ketika suhu tubuh naik, jutaan kelenjar keringat akan diaktifkan dan keluar melalui pori-pori. Saat keringat menguap, suhu tubuh pun akan mendingin. Itu sebabnya kamu tidak bisa mencegah keringat keluar di saat udara panas.

Pada dasarnya, keringat itu tidak berbau dan berwarna lho. Bau yang dihasilkan merupakan kontribusi dari bakteri yang menyerap keringat di tubuh. Supaya tubuh kamu tetap terjaga keharumannya, usahakan untuk menggunakan deodoran anti-perspirant sebelum beraktivitas. Kenakan juga pakaian yang menyerap keringat saat beraktivitas fisik seperti olahraga.

2. Bakteri Penyebab Bau Badan Tidak Sedap

Sebuah penelitian baru menunjukkan dengan tepat gen bakteri yang berperan utama terhadap timbulnya aroma tak sedap dari tubuh. Bau badan timbul ketika bakteri di kulit memecah molekul dalam keringat. Dalam studi baru ini, para peneliti menemukan DNA di bakteri Staphylococcus hominis penghasil protein yang memecah molekul keringat. Protein ini bertanggung jawab dalam memecah molekul keringat ke dalam senyawa yang berperan besar terhadap bau badan. Senyawa tersebut tajam dan dalam jumlah kecil, yakni sekitar satu bagian per triliun.

Menurut penelitian ini, salah satu gen dalam Staphylococcus hominis juga ditemukan dalam dua spesies bakteri Staph terkait bau badan. Penelitian baru ini dipresentasikan dalam acara tahunan Society for General Microbiology di Birmingham, Inggris. Penelitian dalam pertemuan tersebut umumnya dianggap dalam tahap awal, sampai akhirnya dipublikasikan dalam jurnal.

“Penelitian ini secara signifikan meningkatkan pemahaman kami tentang proses biokimia spesifik yang terjadi dalam produksi bau badan. Mengejutkan bahwa bau badan tertentu diproduksi oleh sejumlah kecil spesies bakteri yang menetap di ketiak,” ujar pemimpin penelitian asal University of York, Inggris, Dan Bawdon.

3. Hormon

Seperti yang dijelaskan bahwa kebersihan hal yang teramat penting bagi tubuh. Bagi wanita, hormon juga punya pengaruh terhadap timbulnya bau badan, terutama saat memasuki masa menstruasi. Kondisi hormon yang tidak menentu dapat berpengaruh pada keringat dan kemampuan dalam mengatasi suhu tubuh. Selain di area reproduksi, bagian tubuh lain juga dapat menimbulkan bau badan tak sedap. Jadi pastikan untuk selalu jaga kebersihan tubuh kamu terutama saat menstruasi. Caranya dengan rutin mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali serta menjaga kebersihan tubuh dengan mandi 2 kali sehari.

4. Makanan & Minuman yang Dikonsumsi

Tidak hanya aktivitas fisik, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang jadi pemicu timbulnya keringat dan bau badan. Berikut makanan dan minuman yang konsumsinya dapat kamu kurangi;

  • Rempah-rempah

Selain enak, rempah-rempah juga menjadi ciri khas suatu masakan agar lebih sedap. Namun ternyata Rempah-rempah memiliki aroma kuat ketika dicerna umumnya akan menghasilkan gas sulfur yang diserap oleh darah dan dieliminasi melalui paru-paru dan pori-pori kulit. Hal ini menyebabkan bau mulut dan bau badan. Contoh makanan tersebut adalah bawang putih, bawang merah, dan kari.

  • Alkohol & Kafein

Ingat ya guys bahwa mengonsumsi sesuatu dengan berlebihan akan memicu efek samping bagi kesehatan terutama minuman ini. Meskipun mengkonsumsi alkohol dan kafein (kopi, teh, cokelat, soda) telah menjadi kebiasaan, dengan membatasi minuman tersebut, badan kamu akan terasa lebih segar dan tidak menimbulkan bau.

  • Produk Susu

Selain menyehatkan dan rasanya begitu nikmat, tak menjadikan susu baik bagi aroma tubuh. Produk susu juga kaya protein, yang ketika dipecah dalam perut kamu, akan menimbulkan hidrogen sulfida dan metil merkaptap, inilah yang menyebabkan/pemicu bau busuk.

  • Trimetilamina

Beberapa orang memiliki kelainan genetik yang dikenal sebagai trimethylaminuria. Dalam kondisi ini, tubuh tidak mampu untuk memecah asam amino, trimetilamin, yang lagi-lagi menghasilkan bau badan amis. Ada banyak makanan yang mengandung asam amino, seperti seafood, minyak ikan, telur, hati, susu sapi, kacang-kacangan, produk kedelai, brokoli.

  • Gorengan

Ternyata makanan yang banyak mengandung minyak juga dapat membuat tubuhmu mengeluarkan aroma tak sedap. Lemak dan minyak yang ada dalam makanan yang digoreng dan berlemak menjadi tengik dengan berjalannya waktu dan bisa mengarah pada pencernaan yang buruk. Hal ini juga menyebabkan bau badan yang buruk.

5. Stres

Percaya atau tidak, ada berbagai jenis keringat dan senyawa kimia yang berbicara. Dan keringat yang bau biasanya karena stres. Ini karena keringat dihasilkan kelenjar keringat yang disebut kelenjar apokrin. Kelenjar apokrin ini menghasilkan keringat yang kurang berair dan bakteri dari lemak dan protein yang bercampur.

Menurut Mayo Clinic, inilah yang membuat bau. Sementara menurut You Beauty, keringat dari latihan atau terlalu panas di luar sebagian besar terdiri dari air dan elektrolit. Mungkin saja bau tak sedap yang ada di tubuh kamu berasal dari stress. Atau bahkan kamu tak tahu bahwa stress dapat memicu keringat dan mengeluarkan aroma yang tak sedap.

Namun adakah cara untuk mengatasi masalah ini? Dikatakan ada baiknya menggunakan Deodorant pada bagian tubuh dan menyemprotkan parfum agar bau badan tertutupi. Namun tahukah kamu bahwa ada cara alami yang baik kamu lakukan untuk mencegah dan mengurangi bau badan tersebut. Berikut ulasannya, simak dan ikuti agar bau badan dapat tersudahi.

Cara Alami Mengatasi Bau Badan

Kebanyakan orang mungkin akan heran mengapa bau pada badannya tak juga hilang, padahal ia sudah mandi bahkan sudah mengganti pakaiannya, hal inipun membuat kamu bertanya-tanya bagaimana itu bisa terjadi? Nah berikut, solusi yang dapat kamu lakukan untuk menghilnagkan bau badan.

1. Air Lemon

Kandungan asam dalam lemon membantu menurunkan tingkat pH kulit, yang membuat bakteri penyebab bau badan tidak bisa bermukim di kulit kamu dan tak perlu khawatir akan bau sedap ini. Hal ini dapat kamu lakukan dengan mengikuti cara dibawah ini.

  • Cara menghilangkan bau badan dengan air lemon:
  1. Pertama-tama kamu dapat membelah lemon dengan beberapa bagian.
  2. Kemudian kamu dapat memeras airnya, yang nantinya akan dioleskan pada bagian ketiak.
  3. Setelah itu biarkan sampai lemon kering meresap, lalu mandi dan bilas bersih.
  4. Lakukan sehari sekali.

Namun bila kulit kamu sensitif, larutkan air lemon ke dalam segelas air hangat, oleskan ke ketiak menggunakan kapas hingga merata. Setelah itu diamkan ia selama 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

2. Daun sirih

Mungkin kita lebih mengenal daun sirih itu baik untuk perawatan daerah organ kewanitaan. Namun ternyata selain itu, kandungan antibakterial dan antiseptik dalam daun herbal ini juga baik untuk mengatasi bau badan kamu.

  • Caranya:
  1. Petik daun sirih yang masih segar beberapa lembar.
  2. Lalu tumbuk daun tersebut sampai halus dan oleskan keseluruh bagian tubuh.
  3. Usahakan bagian ketiak kamu beri gosokan lembut selama 5 menit.
  4. Diamkan sekitar 10 menit dan bilas dengan mandi air hangat.

Selain menggunakannya dari luar, kamu juga bisa menghilangkan bau badan dari dalam tubuh. Caranya cukup rebus daun sirih dan konsumsi air rebusannya secara rutin. Tidak hanya membantu mengatasi bau badan, tetapi air rebusan tersebut juga baik untuk mencegah bau ginjal.

3. Tomat

Tomat mengandung antiseptik yang bisa membunuh bakteri penyebab bau badan serta membantu mengecilkan pori dan mengurangi keluarnya keringat.

  • Caranya:
  1. Ambilah 7-8 buah tomat
  2. Lalu, haluskan tomat tersebut.
  3. Kemudian saringlah untuk memisahkan air dan ampasnya.
  4. Masukkan air tomat ke air yang akan kamu gunakan untuk mandi.
  5. Lakukan langkah ini sehari sekali.

Selain dengan melakukan cara diatas, kamu juga boleh meminumnya 1 atau 2 gelas jus tomat setiap hari untuk membantu mengatasi bau badan secara alami dari dalam tubuh.

4. Cengkeh

Berbicara mengenai kandungan antibakterial, cengkih juga termasuk kedalam bahan tradisional yang mengandung senyawa tersebut. Tidak hanya itu saja, cengkih juga mengandung senyawa anti-inflamasi yang bertindak mencegah adanya peradangan.

  • Caranya:
  1. Rendam cengkih dengan menggunakan air hangat.
  2. Kemudian, minum rendaman cengkih tersebut secara rutin 3x seminggu.

Selain itu, kamu juga bisa membasuh tubuh langsung dengan air rendaman tersebut agar hasilnya semakin maksimal.

5. Rosemary

Rosemary mencegah pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Kandungan menthol dan klorofil-nya mempunyai khasiat sebagai deodorant alami yang menetralkan bau badan menyengat. Tak hanya itu, rosemary juga akan membuat tubuh kamu menjadi wangi. Rosemary juga mengandung zinc, yang bila kekurangan bisa menyebabkan bau badan.

  • Caranya:
  1. Tambahkan satu setengah gelas rosemary kering ke dalam 4 gelas air panas.
  2. Diamkan selama 10 menit, lalu tambahkan ke air di bak mandi.
  3. Gunakan untuk berendam selama 15-20 menit. Lakukan sehari sekali.

Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan 8-10 tetes minyak esensial rosemary ke dalam 30 ml air lalu gunakan untuk ketiak sebagai deodorant.

Kesimpulannya:

Sudah tahukan bahwa ada ilmuan yang menemuan akan kanker payudara yang disebabkan oleh bau badan. Dikatakan disebabkan oleh bau badan, ini memicu kamu untuk selalu menjaga kebersihan tubuh. Untuk itu kamu sangat perlu memperhatikan kebersihan agar tak menjadi sutu hal yang fatal. Bahkan pola makan yang sembarangan juga dapat memicu bau badan.

Dih apa mau badan kamu mengeluarkan bau yang tak sedap? Untuk itu ada baiknya untuk rutin mandi minimal 2 kali sehari, dan mengikuti cara diatas agar terhindar dari bau badan. Jangan menggunakan baju yang sudah kotor, cuci bersih baju kamu. Dan ingat kamu juga harus mengendalikan emosi, karena bisa mempengaruhi banyaknya keringat yang keluar. Dan pastinya jangan males untuk mengonsumsi air putih.

Gimana? Sudah pahamkan mengapa bau badan terjadi pada seseorang? Demikianlah pembahasan mengenai “bau badan”.