Hindari Kebiasaan Menggigit Kuku, Karena Dapat Meningkatkan Risiko Paronychia

Apakah anda termasuk orang dengan kebiasaan mengggit kuku? Menurut hasil penelitian, ada sekitar jutaan orang di dunia yang memiliki hobi menggigiti kukunya sendiri. Parahnya kebiasaan ini digolongkan sebagai kebiasaan buruk yang lebih sulit dihilangkan daripada kebiasaan merokok. Salah satu kebiasaan yang tanpa sadar sering dilakukan orang adalah menggigit kuku. Kebiasaan menggigit kuku atau dalam istilah medis disebut juga dengan Onikopagia (onychophagia), biasanya dilakukan pada saat seseorang sedang merasa bosan, stres, tegang, cemas, atau karena takut.

Dokter kulit, Rochelle Torgerson, MD, Ph.D., di Mayo Clinic menyatakan menggigit kuku dapat meningkatkan berbagai penyakit seperti flu karena tangan yang kotor masuk ke dalam mulut kita jadi, hindari kebiasaan buruk menggigit kuku. Selain itu juga, menggigit kuku dapat meningkatkan risiko paronychia. Namun apakah itu paronychia? Adakah dari kalian yang paham dengan “risiko paronychia”? Untuk itu, simak terus ulasan berikut ini.

Apa Itu Paronychia?

Paronikia (paronychia) adalah infeksi kulit yang muncul di sekitar kuku jari-jari tangan dan kaki. Kuku yang terinfeksi tampak bengkak dan meradang. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri, atau jenis jamur tertentu. Paronikia dapat muncul perlahan-lahan dan berlangsung seminggu, atau muncul tiba-tiba dan berlangsung hanya 1-2 hari. Jika tidak ditangani, kondisi ini dapat menyebabkan infeksi serius atau bahkan kehilangan sebagian kuku Anda.

Bagaimana pun menggigit kuku itu kotor dan bisa meningkatkan risiko penyakit. Seorang dokter kulit di Mayo Clinic, Rochelle Torgerson, M.D., Ph.D bahkan mengatakan, kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko paronychia, atau infeksi kulit di sekitar kuku. Menggigit kuku akan menyebabkan kemerahan, pembengkakan serta rasa sakit dan ketidaknyamanan. Itu adalah tanda infeksi dan karena sebagian besar penyebab kasus paronychia adalah bakteri, kuku juga bisa berjamur,” kata Torgerson, seperti dilansir Huffington Post.

Nah, belum lagi apabila anda memiliki kutil di jari, jika anda memiliki kutil dan memiliki kebiasaan akan menggigit kuku dapat meingkatkan penyebaran kutil ke bagian tangan lainnya apalagi jika ada kulit yang terbuka. Ini disebabkan kutil mengandung banyak virus, misalnya Human Papillomavirus (HPV). Torgerson juga menyatakan bahwa menggigit kuku dapat mengubah bentuk asli dari kuku baik secara sementara maupun permanen. Sehingga, akan membuat bentuk kuku menjadi lucu atau aneh. Hal ini bisa terjadi sementara, namun lama-kelamaan dapat menjadikan kuku anda berbentuk lucu hingga selamanya.

Di Amerika Serikat, paronikia adalah infeksi tangan yang paling umum, sebanyak 35%. Infeksi lebih umum terjadi pada wanita dibanding dengan pria, dengan rasio 3:1. Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapa pun. Paronikia dapat dihindari dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut. Maka dari itu kebiasaan ini haruslah segera dihindari, agar infeksi atau seperti yang dijelaskan diatas tak terjadi kepada anda. Namun mengapa banyaknya mereka memiliki kebiasaan menggigit kuku? Hal apa saja yang membuatnya begitu menyukai hal ini?

Penyebab Anda Menggigit Kuku

Ada dari beberapa orang diantara kita yang memiliki kebiasaan menggigiti kuku alias onychophagia. Ini bukan saja merusak kuku, tapi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti masuknya kotoran ke mulut, infeksi di jari dan kerusakan gigi. Sayangnya kebiasaan ini termasuk yang sulit dihentikan karena dilakukan tanpa sadar pada kondisi tertentu. Para peneliti mengkategorikan hal ini sebagai kelainan perilaku untuk menenangkan diri saat seseorang berada dalam kondisi stres atau cemas. Secara umum, penyebab orang menggigit kuku adalah karena orang tersebut sedang merasa bosan, stress dan tegang.

Bagi mereka yang sering menggigit kuku, kebiasaan tersebut dianggap sebagai cara ampuh untuk mengatasi kecemasan, ketegangan dan stress yang dialaminya. Nah, ada hal penting yang perlu juga untuk kalian tahu nih guys. Faktanya, orang-orang yang memiliki kebiasaan mengigit kuku ternyata juga memiliki kebiasaan tak wajar seperti terlalu sering mencuci tangan mereka berulang-ulang, meski tidak kotor, dan kebiasaan terlalu sering memeriksa apakah pintu terkunci atau tidak, dimana kebiasaan-kebiasaan tersebut merupakan reaksi atas kecemasan dan kekhawatiran berlebih yang ada dalam diri orang tersebut.

Banyak juga anak-anak yang memiliki kebiasaan menggigit kuku ternyata juga memiliki masalah gangguan perilaku dan konsentrasi seperti ADHD (attention deficit hyperactivity disorder) atau hiperaktif, sifat suka membangkang dan ketakutan untuk berpisah. Namun, kebiasaan menggigit kuku ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan atau hal yang menjijikkan seperti berikut.

  • Infeksi. Jika Anda menggigit terlalu besar hingga mencapai kutikula, Anda dapat mengelupas kulit halus di bawah kuku dan membiarkannya terkena bakteri atau patogen di mulut Anda. Mulut kita penuh dengan bakteri sehingga ketika mengigit kuku yang terbuka, maka dengan mudah kuku dapat terinfeksi. Salah satu bentuk infeksi yang paling umum yaitu paronychia yang bisa menyebabkan pembengkakan, kemerahan, nyeri dan benjolan nanah.
  • Peradangan. Komposisi kimia air liur Anda memungkinkan memecah lemak dan molekul makanan lainnya. Sementara itu membantu pencernaan Anda, hal tersebut juga dapat merusak dan memicu radang pada kulit ujung jari jika Anda terus menggigitnya.
  • Penyakit. Seperti diketahui, tangan sering bersentuhan dengan segala jenis bakteri dan patogen, benda-benda yang cenderung menumpuk di bawah kuku kita. Memasukkan kuku yang penuh kuman di mulut Anda dapat menyebabkan penyakit seperti flu hingga virus perut yang serius.
  • Kuku tumbuh ke dalam. Kuku jari Anda mengandung lapisan generatif yang disebut matriks. Menggigit atau menggigit bagian yang terinfeksi dapat merusak matriks, dimana dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam kuku atau kelainan kuku.
  • Kutil wajah. Bagian dari kutil yang tak sengaja tersentuh dapat masuk ke bawah kuku Anda dan terkontaminasi. Jika sudah demikian, maka kutil dapat muncul di bagian wajah atau leher Anda.
  • Herpes di tangan. Jika Anda memiliki herpes oral, Anda dapat menginfeksi jari dengan virus. Ini bisa menyebabkan demam tapi gejala awal biasanya rasa sakit terbakar dan geli di ujung jari Anda yang terinfeksi. Setelah satu atau dua minggu, Anda juga bisa mengalami luka yang mengandung cairan atau darah.

Masalah gigi. Selain tak baik untuk kesehatan kuku, kebiasaan ini juga melibatkan kebaikan dari gigi tersebut. Kebiasaan menggigit kuku yang kronis dapat membuat soket penahan akar gigi cacat atau hancur sehingga gigi Anda menjadi bengkok atau rusak. Menggigit kuku juga bisa menyebabkan patah tulang pada gigi yang digunakan untuk menggigit dan memicu penyakit gusi gingivitis.

Yah, memang terlihat aneh bukan jika seseorang yang duduk diam lalu menggigiti kukunya sendiri. Seakan ia sedang memikirkan isi dunia ini saja. Namun ada hal yang harus kita pahami juga, bahwa mereka yang hobi akan menggigiti kukunya ini memiliki kesenangan tersendiri. Ada beberapa fakta menarik yang sedikit mendobrak paradigma lama tentang kebiasaan mengigit kuku. Anda juga punya kebiasaan menggigit kuku? Simak ulasannya di sini.

Ada Fakta Menarik di Balik Kebiasaan Menggigiti Kuku

1. Menggigit Kuku Bisa Meningkatkan Imunitas, Mengigit kuku memang menjadi kebiasaan yang bisa membuat kuman masuk ke dalam tubuh. Namun hal ini rupanya bisa menjadi salah satu cara tubuh mengenal kuman baru dan meningkatkan imunitasnya. Tubuh manusia memang pada dasarnya tak selemah yang kita bayangkan. Sebagai contohnya, bagaimana nenek moyang kita di masa primitif bisa bertahan hidup di alam bebas tanpa desinfektan atau antiseptik buatan yang banyak di jaman sekarang.

2. Menggigit Kuku Bisa Meredakan Stres, Beberapa orang bisa mengurangi stres dengan menggigit kuku mereka. Cara ini bisa membantu mereka dalam mengurangi ketegangan. Hanya saja hal ini memang kurang baik bila sampai merusak kuku atau bagi penderita obsessive compulsive disorder. Mengigit kuku bisa dibilang sebagai pereda stres yang lebih baik daripada metode merokok dan sejenisnya.

3. Orang Yang Suka Menggigit Kuku Bisa Bekerja di Bawah Tekanan, Percaya atau tidak percaya, bahkan pilot pesawat jaman Perang Dunia II adalah orang yang suka menggigit kuku. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, menggigit kuku memang bisa menjadi sebuah cara untuk mengatasi stres dan tekanan. Hal ini juga dibenarkan oleh Dr. Maury Massier.

4. Beberapa Orang Selebritis Juga Suka Mengigit Kuku. Tak sedikit para selebritis A-list yang melakukan kebiasaan menggigit kuku. Sebut saja Elijah Wood, Phil Collins dan Britney Spears. Dalam hal ini artinya, kebiasaan menggigit kuku bukan hal yang terlalu buruk. Namun tetap saja, semua hal yang merupakan kebiasaan tetap harus dikendalikan sesuai dengan porsinya.

Namun ingat, kebiasaan ini sangatlah tidak baik untuk kesehatan bahkan bagi kuku itu sendiri. Untuk menghentikan kebiasaan ini memang sedikit sulit, terutama jika kebiasaan ini telah menjadi kebiasaan yang terus anda lakukan dalam waktu yang begitu lama, namun cobalah dengan melakukan beberapa langkah dibawah ini, agar anda bisa mengurangi kebiasaan menggigit kuku hingga menghilangkan kebiasaan tersebut.

Cara Untuk Mengurangi Kebiasaan Menggigit Kuku

Secara umum menggigit kuku dapat mentransfer kuman antara tangan dan mulut. Apalagi jika Anda mengunyah kulit sekitar kuku, ini menjadi rentan terhadap infeksi. Akibatnya penampilan kuku, jadi kasar, robek, atau pecah-pecah. Namun untuk menghentikan kebiasaan mengigit kuku bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan berbagai masalah pada kesehatan kita.

Selain itu, orang yang sering mengigit kuku dicap jorok dan menjijikan karena kuku merupakan tempatnya kuman bersarang. Sebenarnya untuk menghentikan kebiasaan mengigit kuku ini bisa dilakukan dengan beberapa cara yang mudah asalkan Anda mau melakukannya. Penasaran apa saja caranya? Berikut ulasannya;

  • Warnai Kuku Anda

Cara yang pertama yaitu warnailah kuku anda karena dengan begitu kita akan merasa sayang untuk mengigit kuku karena sudah pasti warnanya akan luntur atau hilang apabila di gigit. Hal ini bisa menjadi solusi jitu bagi anda yang ingin berhenti untuk melakukan kebiasaan buruk ini. Menggunakan cat atau lotion anti menggigit kuku, beberapa apotek menjual cat atau lotion anti menggigit kuku.

Ini adalah semacam cat kuku yang akan membantu Anda menahan diri menggigit kuku. Bila tanpa sadar menggigit kuku yang dioleskan dengan cat kuku ini, maka Anda akan merasakan pahit yang mengerikan. Ini akan mencegah ‘kereta’ otak Anda untuk berhenti menggigit dan mematahkan kebiasaan menggigit kuku.

  • Perhatikan Diri Ketika Sedang Menggigit Kuku

Ini nih, pastinya agak sedikit membantu, mengapa begitu? Dengan duduk di depan kaca dan memperhatikan diri Anda sendiri, akan terlihat betapa tidak menariknya Anda ketika sedang menggigit kuku. Ini akan membantu mengurangi kebiasaan yang tak baik ini, walau dikatakan dapat meredahkan stres namun kalo kebiasaan ini terlalu berlebihan dan terus-menerus. Tak hanya kesehatan saja yang dapat terganggu bahkan keindahan dari kuku tersebut juga ikut hancur.

  • Rawat Kuku Dengan Baik

Menjaga dan merawat kuku adalah trik psikologi terbaik untuk menghentikan kebiasaan menggigit kuku, terlebih lagi jika Anda merawatnya di salon dengan perawatan khusus, yaitu manicure. Melihat kuku yang rapi, bersih, segar dan indah akan membuat Anda sayang untuk merusak keindahan tersebut, sehingga lambat laun dapat menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

Gunakan Kuku Palsu walaupun kuku merupakan tempat bersarangnya kuman namun hal ini tidak membuat sebagian orang untuk menghentikan kebiasaan mengigit kuku karena hal ini sudah seperti menjadi candu yang harus dilakukan setiap hari. Nah, apabila anda ingin menghentikan kebiasaan buruk ini maka solusinya adalah menggunakan kuku palsu.

  • Kunyah Camilan

Nah cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengalihkan perhatian agar tidak selalu mengigit kuku adalah dengan mengunyah camilan. Siapkan beberapa makanan ringan kesukaan anda seperti permen karet, cokelat maupun snack di saku atau tas Anda agar ketika kita ingin mengigit kuku maka cobalah segera alihkan keinginan tersebut dengan mengkonsumsi camilan yang anda bawa tadi.

  • Aktif Dalam Pergaulan

Mungkin sebagaian dari mereka yang memiliki kebiasaan menggigit tak memiliki waktu yang banyak dalam hal bergaul. Ketika kita sibuk maka keinginan untuk mengigit kuku akan terlupakan dan cara ini cukup ampuh untuk Anda yang ingin berhenti melakukan kebiasaan buruk ini. Ikutilah berbagai kegiatan yang bermanfaat di sekolah maupun kampus Anda.

  • Keinginan Berhenti

Kebiasaan menggigit kuku adalah masalah mental, sama halnya dengan kebiasaan merokok atau menurunkan berat badan. Maka untuk mematahkannya, terlebih dahulu Anda harus berniat untuk berhenti. Dan ada hal juga yang mestinya kamu cari tahu mengenai masalah ini. Identifikasi masalah, bila kebiasaan menggigit kuku terjadi pada anak, pertama identifikasi penyebab kebiasaan tersebut. Seringkali stres adalah penyebab utama menggigit kuku pada anak. Maka dengan membantu mengatasi stres, Anda juga akan dapat menghentikan kebiasaannya menggigit kuku.

Dan itulah dia beberapa cara untuk mengatasi dan menghentikan kebiasaan menggigiti kuku pada jari. Apabila cara-cara diatas telah anda praktikan dan kebiasaan tersebut masih sulit hilang dan bahkan semakin parah, dan mengarah pada gangguan psikologis yang cukup serius, ada baiknya segera dapatkan perhatian medis atau tenaga ahli untuk segera mendapatkan penanganan yang lebih tepat.