Khasiat Yang Terdapat Didalam Buah Melon

Buah melon atau nama lainnya Cucumis Melo adalah buah yang kaya akan manfaat. Selain rasanya manis dan segar, buah melon juga termasuk kedaftar buah yang cukup mahal. Buah melon hampir serupa dengan buah yang biasa kita kenal yakni semangka, namun buah melon punya daya tarik tersendiri. Bahkan buah melon memiliki banyak kandungan yang baik didalamnya, seperti vitamin A, C dan kalium.

Buah melon dapat dinikmati dengan menyantap dagingnya langsung ataupun disajiikan sebagai minuman segar (jus melon). Buah melon juga mengandung banyak manfaat dan khasiat bahkan membantu dalam program diet dan kecantikan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat dari buah melon:

Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Buah melon dikenal akan vitamin A yang terkandung di dalamnya. Jika kalian yang memiliki masalah pada paru-paru, kalian bisa mengkonsumsi jus melon setiap hari. Jus melon dapat langsung memberikan kontribusinya langsung terhadap paru-paru. Secangkir jus melon juga dapat membantu paru-paru yang sering terkena asap rokok dari luar karena vitamin A yang terkandung di dalamnya dapat menyerang karsinogen (zat kimia yang berasal dari asap rokok) pada paru-paru.

Melindungi Dan Menyehatkan Mata

Agar mata tetap sehat pastinya kita perlu untuk tetap menjaganya dan memberikan vitamin yang tepat. Nah, buah melon adalah pilihan yang tepat untuk tetap menjaga mata agar tetap sehat dan terhindar dari kebutaan atapun penyakit mata lainnya seperti rabun. Mengapa harus melon? Karena melon kaya akan vitamin A di dalamnya berupa beta karoten yang membantu retina mata untuk tetap dapat mendeteksi cahaya yang masuk dan bermanfaat untuk mengirim informasi ke otak kita. Vitamin A ini juga dapat membantu mengurangi risiko terjadinya katarak.

Mengontrol Tekanan Darah

Bukan hanya vitamin A saja yang terkandung di dalamnya, bahkan ada vitamin lainnya yang terkandung di dalam buah melon, seperti kalium. Kandungan itu dapat membantu menormalkan tekanan darah dan menghilangkan hipertensi.

Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah melon juga kaya akan kandungan vitamin C di dalamnya yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat merangsang sel darah putih untuk menghilangkan bakteri dan virus dari tubuh kita. Vitamin C di dalam melon dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit infeksi. Vitamin C juga berguna untuk meregenerasi vitamin E yang berkurang akibat serangan radikal bebas dan vitamin E dapat membantu memaksimalkan kembali tubuh kita.

Mengatasi Masalah Berat Badan

Buah melon juga dipercaya dapat mengatasi masalah berat badan karena melon memiliki kandungan lemak baik di dalamnya. Melon juga terdapat karbohidrat, mengandung banyak air dan serat tinggi, dengan begitu kita akan tetap terasa kenyang walau hanya mengkonsumsi melon saja. Dengan begini kamu bisa menghasilkan diet yang baik.

Membantu Penderita Insomnia

Bagi kalian yang memiliki masalah pada jam tidur malam, tak perlu khawatir karena kini secangkir jus melon akan dapat membantu kalian dalam menangani insomnia. Melon memiliki sifat pencahar di dalamnya yang dapat membantu menenangkan otak saraf (hormon tidur), dengan begitu penderita insomnia dapat mengatasi masalahnya dengan baik.

Mencegah Batu Ginjal Dan Sembelit

Bukan hanya itu saja, serat-serat yang terkandung di dalam melon juga dapat membantu kalian yang menderita sembelit dan membantu mengatasi pencernaan dengan baik. Bukan hanya sembelit tetapi melon juga dapat membantu kalian yang menderita penyakit batu ginjal. Nah, kalian dapat menyembuhkan atau mengatasinya dengan mengkonsumsi buah melon karena kandungan ekstrak di dalamnya telah membuktikan kualitasnya dan kandungan air yang banyak juga dapat membantu membersihkan ginjal.

Ternyata banyak sekali yaa khasiat dari buah melon? Tapi sayangnya sampai saat ini masih banyak orang tidak mengetahui akan hal itu. Nah, bagi kalian yang sudah membaca artikel ini, nggak ada salahnya kan untuk mencoba? Apalagi buat kalian yang ingin menurunkan berat badan, buruan deh dicoba.