Menelusuri Perbedaan Antara Air Putih Biasa Dan Air Mineral

Air adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. Tak lengkap hidup jika sosok air tak ada di dalamnya, bahkan manusia sangat membutuhkan air dibanding bahan pokok.

Yah, air amat begitu penting bagi kelangsungan hidup manusia bahkan air juga sangat dibutuhkan mahluk yang ada di dunia ini. Nah kamu tahu sendirikan, bahwa kita sebagai manusia amat penting untuk menjaga dan memperhatikan pentingnya air putih bagi tubuh. Dan dianjurkan lebih baik meminum air putih ketimbang minuman lainnya.

Air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia. Menurut departemen kesehatan, syarat-syarat air minum adalah tidak berasa, tidak berbau, tidak berwarna, tidak mengandung mikroorganisme yang berbahaya dan tidak mengandung logam berat.

Air minum adalah air yang melalui proses pengolahan ataupun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung di minum (Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 907 Tahun 2002). Seperti yang kita tahu bahwa air putih tidak memiliki rasa, namun apakah kamu pernah mendengarkan bahawa ada sebuah profesi yang mempekerjakan seseorang untuk “mencicipi” air putih, pernakah kamu mendengarnya?

Dipercaya memiliki rasa dan aroma yang berebeda-beda membuat sosok yang satu ini begitu teliti dan cermat. Gimana? Kerenkan? Namun adakah yang tahu apa bedanya air putih dan air Mineral? Atau kedua air itu sama saja? Untuk itu yuk, kita simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Air Putih Dan Mineral

Air putih adalah air yang biasa kita dapatkan dari alam atau dari keran rumah (yang kemudian direbus atau dimasak dulu sebelum diminum). Air putih sendiri mengandung satu atom hidrogen dan dua atom hidrogen. air putih memang nyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh.

Selain menghalau rasa haus ditenggorokan, air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh. Cairan dalam tubuh berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan proses metabolisme tubuh. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi.

Nah, sedangkan Air mineral adalah air yang mengandung mineral atau bahan-bahan larut lain yang mengubah rasa atau memberi nilai-nilai terapi. Banyak kandungan Garam, sulfur, dan gas-gas yang larut di dalam air ini. Air mineral biasanya masih memiliki buih. Air mineral bersumber dari mata air yang berada di alam. Mineral diperlukan untuk mengontrol suhu tubuh dan membantu proses metabolisme.

Jadi, air mineral biasanya dikonsumsi setelah melakukan aktivitas berat yang mengeluarkan banyak cairan, seperti olahraga, karena tubuh memerlukan kembali mineral-mineral yang ikut keluar bersama keringat. Air mineral menjaga keseimbangan elektrolit yang bisa mencegah dehidrasi dengan membantu sel-sel tubuh menyerap air.

Dan pertanyaannya ialah, apa yang membuat mereka sangat berbeda? padahal keduanya sama saja.

Perbedaan Antara Air Mineral Dan Air

Air dalam tubuh diantaranya berfungsi menjaga kesegaran, membantu pencernaan dan mengeluarkan racun. Sementara itu rumus kimia yang sama yang berkaitan dengan air dan air mineral, ada perbedaan tertentu yang mengatur kedua terpisah. Air tidak selalu mengandung mineral.

Masalah kesehatan, metabolisme melambat, kurang fokus dan lain sebagainya. Maka dari itu untuk menghindarkan berbagai masalah kesehatan yang datang, sangat disarankan untuk kita minum cukup air dalam sehari baik itu air putih maupun air mineral, ternyata air putih atau air biasa dengan air mineral meskipun mereka memiliki wujud yang sama dan rasa yang juga hampir sama, tetapi mereka berdua ini memiliki beberapa perbedaan. Berikut adalah perbedaan air putih atau air biasa dengan mineral.

  • Kandungannya Berbeda

Air putih adalah air yang biasa kita dapatkan dari alam atau dari keran rumah, yang kemudian direbus atau dimasak dulu sampai mendidih sebelum diminum. Air putih sendiri mengandung satu atom hidrogen dan dua atom hidrogen. Sedangkan air mineral adalah air yang mengandung mineral di dalamnya, baik alami atau buatan. Jadi secara umum kandungannyalah yang berbeda satu sama lain.

  • Sumbernya Berbeda

Air putih biasanya didapatkan dari sumber seperti sungai, danau, atau sumber alami lainnya. Sedangkan air mineral didapatkan dari daerah yang kaya akan mineral. Artinya, tidak semua air dari berbagai sumber air bisa dianggap sebagai air mineral. Namun, air putih dari sumber yang tidak bermineral, masih bisa diubah menjadi air mineral dengan cara menambahkan nutrisi ke dalamnya.

Air mineral memiliki mineral dalam jumlah besar atau sedikit. Komponennya sendiri bermacam-macam, termasuk seng atau zinc, zat besi, kalsium dan magnesium.

  • Air mineral Lebih Banyak Mengandung Nutrisi

Mungkin ini juga yang membuatnya sangat berbeda antara air putih biasa dan air mineral. Dibandingkan dengan air putih biasa, air mineral merupakan sumber nutrisi yang baik dan memiliki banyak manfaat kesehatan. Air mineral biasanya memiliki rasa yang lebih kuat dibandingkan air putih atau air biasa. (Walau rasanya terkadang terlihat sama saja).

  • Beda Harga

Air putih atau air biasa bisa kita dapatkan dengan biaya lebih ekonomis. Itu karena kita bisa memasaknya sendiri di rumah sebelum meminumnya, sedangkan air mineral harus dibeli. Artinya, air mineral lebih mahal dibandingkan air putih atau air biasa.

Kenapa lebih mahal? Karena air mineral melalui banyak proses sebelum akhirnya dikemas dan bisa dikonsumsi. Nah, pengemasan itu juga yang membuat ongkos produksi air mineral lebih mahal. Makanya tak heran jika banyaknya ibu-ibu rumah tangga lebih memilih untuk memasak air putih biasa.

Manfaat Air Putih

Air putih untuk kesehatan memang sangat banyak, air putih dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya atau mencegah terjadinya penyakit yang tidak diinginkan. Perlu diketahui tubuh kita terdiri lebih dari 70% cairan yang mana kebutuhan akan cairan sangat tinggi. Manfaat air dalam tubuh kita tentu tidak dapat digantikan oleh apapun.

Cairan ini bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi air putih yang cukup. Air Putih merupakan minuman yang paling sehat dan tidak berbahaya karena dibutuhkan setiap hari oleh tubuh kita untuk menjaga kesehatan, seperti halnya.

1. Penghilang Dehidrasi dan Haus

Ini mungkin manfaat paling utama dari air putih yaitu penghilang haus, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika kita tidak minum air putih? Tentu akan terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan yang akan menyebabkan tubuh lemas. Minum banyak air putih akan menghilangkan dan mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Membantu Mengeluarkan Racun

Bagaimana bisa kita berkeringat atau buang air kecil tanpa bantuan air? Padahal kedua proses ini adalah salah satu mekanisme tubuh dalam membantu menghilangkan racun. Air putih dapat membantu mengeluarkan cairan keringat yang mengurangi resiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

3. Mengobati Sakit Kepala Dan Migrain

Jika anda mengalami sakit kepala atau migrain, hal pertama yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan bantuan adalah minum banyak air. Sakit kepala dan migrain sering disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh. Dalam studi yang dipublikasikan dalam European Journal of Neurology, peneliti menemukan bahwa peningkatan asupan air membantu mengurangi jumlah dan intensitas sakit kepala pada peserta penelitian.

4. Menjaga Fungsi Ginjal

Pernah mendengar penyakit batu ginjal, gagal ginjal? Penyebab utamanya adalah kekurangan cairan atau yang sering kita dengar dengan istilah kurang minum. Perlu kita ketahui, ginjal memproses 200 liter darah setiap hari, menyaring keluar limbah dan mengangkut urin ke kandung kemih. Namun, ginjal butuh cairan yang cukup untuk membersihkan apa yang tidak dibutuhkan dalam tubuh, air putih adalah kunci/senjata utamanya.

Sebenarnya sih manfaat air mineral tak jauh-jauh dari air putih biasa, terdapat persamaan diantara keduanya.

Manfaat Dari Air Mineral

Setelah mengetahui perbedaan air putih atau air biasa dengan air mineral, meskipun kita harus membelinya air mineral mempunyai banyak sekali manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang terdapat pada air mineral.

1. Menurunkan Berat Badan

Yang pertama itu adalah mampu untuk menurunkan berat badan, air putih dan segala jenisnya termasuk air mineral tidak mengandung lemak dan kalori, akan sangat sulit bagi orang yang ingin menurunkan berat badan jika masih minum soda ataupun jus karena memiliki banyak kalori, jadi untuk anda yang ingin menurunkan berat badan sangat disarankan untuk minum air mineral karena bias menjaga kalori sekaligus menjaga tubuh tetap terhindar dari dehidrasi.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Orang yang memiliki penyakit hipertensi dengan kadar magnesium rendah disarankan untuk minum air mineral. Kenapa air mineral? Karena air mineral ini mengandung magnesium yang memiliki peran dalam menjaga tingkat tekanan darah normal. Sebuah studi menemukan bahwa pasien dengan hipertensi yang memiliki kadar magnesium rendah, ketika meminum 1 liter air mineral yang mengandung magnesium, tekanan darahnya menurun.

3. Menurunkan Tingkat Kolestrol LDL

Kolestrol jahat atau LDL adalah salah satu faktor terbesar yang seseorang memiliki masalah jantung, nah orang-orang yang minum air mineral secara teratur akan mengurangi resiko masalah jantung secara drastis karena kemampuan air mineral dalam menurunkan kolestrol jahat atau LDL. Ini dikarenakan air mineral juga memiliki kandungan lain seperti potassium dan magnesium yan berguna untuk menjaga fungsi jantung.

4. Membantu Pencernaan

Air mineral juga bias membantu melancarkan perncernaan kita, ini dikarenakan kandungan sulfat yang ada didalamnya yang membantu kinerja pankreas untuk melepaskan enzim seperti amilase, protoase, dan lipase yang membantu yang membantu pencernaan makanan dengan baik.

5. Menjaga Kinerja Otot

Air mineral kaya akan magnesium, sehingga ia membantu kinerja otot dan menjaganya. Ini disebabkan magnesium adalah mineral penting untuk tubuh yang membuat otot rileks dan berkontraksi dengan baik.

6. Menjaga Kecantikan Kulit

Sama saja manfaatnya, namun air mineral sangat dipercaya dalam membantu kamu merawat kulit. Bahkan Air mineral memiliki jumlah silika yang tinggi sehingga memperkuat sel kenyal dan memperlambat pembentukan kerutan di kulit. Dengan meminum air mineral, kamu membantu kulit kamu tetap cantik dan kenyal.

Sudah tahukan dimana perbedaan antara kedua air ini? Namun, adakah yang dapat menjawab pertanyaan yang satu ini? Apa alasan dan mengapa manusia sangat dianjurkan untuk selalu minum air putih? Nah, pasti bisa jawabkan, tadikan sudah banyak dijelaskan.

Mengapa Sangat Dianjurkan Untuk Mengkonsumsi Air?

Banyak minum air putih memang nyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain menghalau rasa haus ditenggorokan, air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh. Cairan dalam tubuh berfungsi untuk menjaga keseimbangan dan proses metabolisme tubuh. Kekurangan cairan tubuh dapat menyebabkan dehidrasi.

Semuanya pasti sudah paham akan hal ini, bahkan tadi sempat dijelaskan diatas bahwa manusia sangat membutuhkan air dan 80 % tubuh kita terdiri dari air. Bahkan ada dua bagian tubuh kita yang memiliki kadar air di atas 80 % dimana keduanya memiliki peran penting bagi kehidupan manusia, yaitu Otak dan Darah.

Otak memiliki komponen air sebanyak 90 persen, sementara darah memiliki komponen air 95 persen. Tak perduli baik itu air putih ataupun air mineral. Karena air sangatlah penting bagi tubuh kamu.

Untuk menjaga kesehatannya, manusia normal wajib mengkonsumsi air putih minimal 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Namun ukuran ini tidak berlaku pada anda yang hobby merokok, sebaliknya anda harus mengkonsumsi air putih lebih dari 2 liter perhari. Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan yang keluar dari tubuh, misalnya air seni, keringat, pernapasan dan sekresi.

Setelah kamu mengetahui berapa banyak air yang wajib kita konsumsi perharinya, marilah kita bayangkan apa jadinya bila anda melanggar aturan tersebut atau dalam bahasa sederhananya, anda minum kurang dari 2 liter air putih perhari. Jawabnya yaitu, tubuh akan menyeimbangkan diri. Jadikanlah kebiasaan banyak minum air putih setiap hari dan rasakan manfaatnya

Dengan cukupnya asupan air dalam tubuh akan membuat otot berfungsi dengan baik. Minum air putih sebelum berolahraga sangat disarankan.

Fungsi Dan Peran Air Bagi Kehidupan Manusia

Tanpa air kemungkinan tidak ada kehidupan di dunia inti karena semua makhluk hidup sangat memerlukan air untuk bertahan hidup. Manusia mungkin dapat hidup beberapa hari akan tetapi manusia tidak akan bertahan selama beberapa hari jika tidak minum karena sudah mutlak bahwa sebagian besar zat pembentuk tubuh manusia itu terdiri dari 73% adalah air.

Jadi bukan hal yang baru jika kehidupan yang ada di dunia ini dapat terus berlangsung karen tersedianya Air yang cukup. Dalam usaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, manusia berupaya mengadakan air yang cukup bagi dirinya sendiri.

Berikut ini air merupakan kebutuhan pokok bagi manusia dengan segala macam kegiatannya, antara lain digunakan untuk;

  1. Keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya,
  2. keperluan umum, misalnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
  3. Keperluan industri, misalnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
  4. Keperluan perdagangan, misalnya untuk hotel, restoran, dll.
  5. Keperluan pertanian dan peternakan.
  6. Keperluan pelayaran dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Penting bagi kita sebagai manusia untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada.

Dan untuk itu sekian dulu pembahasan mengenai perbedaan air putih dan air mineral, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang membacanya. 🙂