“Perokok Pasif” Inilah Bahaya Asap Rokok Bagi Kesehatan

Hello guys, apa kabar nih? Pasti kamu semua baik-baik saja kan, yaiyalah baik-baik saja inikan udah tanggal muda. Tanggal dimana para pekerja lagi seneng-senengnya, hehe. Ingat guys, hasil kerja sebulanmu jangan dihabisi untuk hal yang sia-sia ya, apalagi uangnya untuk beli rokok terus.

Nah, bicarain masalah rokok, ada hal penting yang harus kamu ketahui guys, ternyata asap rokok jauh lebih berbahaya bagi kesehatan. Pastinya kamu ada yang belum tahukan mengenai masalah ini? Untuk itu mari kita simak artikel dibawah ini.

Bahaya Asap Rokok

Asap rokok adalah suatu bahaya bagi lingkungan yang sangat serius dan merupakan penyebab penting terganggunya kesehatan kita, baik bagi perokok maupun bagi kita yang tidak merokok.

Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia, termasuk zat yang sering dijumpai dalam kandungan polusi udara yang berbahaya, zat yang terdapat dalam sampah berbahaya, lebih dari 50 jenis zat penyebab kanker dan lebih dari 100 bahan kimia beracun lainnya. Beberapa zat yang telah familiar dengan kita diantaranya:

  • Karbonmonoksida (menurunkan kadar oksigen)
  • Nikotin (penyebab kecanduan dan bisa menurunkan kerja otot hati)
  • Tar (campuran beragam zat-zat beracun)

Bahkan Environmental Protection Agency Amerika menggolongkan rokok sebagai karsinogen kelas A, disejajarkan dengan asbeston, arsenik, benzene dan radon. Biasanya larangan merokok hanya pada mereka yang perokok aktif saja, hal itu dikarenakan bahayanya merokok pada kesehatan manusia. Peringatan yang tertera pada bungkus rokok yaitu merokok dapat menyebabkan kanker, gangguan pernapasan, hipertensi, liver, gangguan jantung dan juga paru-paru dan masalah kesehatan lainnya.

Hal ini dikarenakan dalam rokok terdapat kandungan berbahaya yaitu nikotin. Nah, tak hanya perokok aktif saja, perokok pasif yang hanya menghirup asap rokok juga dapat terkena penyakit mematikan tersebut. Tuh dengar guys, hanya karena mereka menghirup asap rokok kalian mereka yang tak merokok justru lebih cendrung terkena penyakit. Tahukah kamu penyakit apa saja yang bisa timbul pada perokok pasif, menurut British Medical Association (BMA), antara lain :

Bagi orang dewasa:

  1. Kanker paru-paru
  2. Penyakit jantung koroner
  3. Penyakit hati
  4. Asma
  5. Bronkitis
  6. Strike
  7. Terganggunya pertumbuhan janin
  8. Bayi lahir prematur

Bagi anak-anak:

  1. Sindrom kematian mendadak pada bayi atau Cot death (Sudden infant death syndrome)
  2. Infeksi/peradangan telinga
  3. Infeksi/peradangan pernapasan
  4. Asma atau “bibit” asma (yang akan diderita setelah dewasa nanti)
  5. Pneumonia
  6. Bronkhitis

Dampak buruk lainnya:

  1. Pemendekan nafas
  2. Nausea
  3. Iritasi pernafasan
  4. Sakit kepala
  5. Batuk
  6. Iritasi mata

Ternyata asap rokok nggak boleh disepelekan ya guys, ingat jauhi mereka khususnya bagi ibu-ibu hamil.

Jahatnya Asap Rokok Bagi Janin

Asap rokok juga sangat berbahaya bagi kesehatan janin (calon bayi yang akan lahir). Sudah terbukti bahwa merokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Tak hanya bagi si perokok aktif tetapi juga orang-orang yang ada di sekitarnya. Merokok dapat memberikan efek merugikan pada setiap individu yang tidak merokok, termasuk janin yang masih ada dalam kandungan.

Paparan asap rokok terus-menerus dan berkepanjangan oleh ibu hamil akan mengakibatkan banyak masalah kesehatan terkait untuk janin. Kalau begini ada baiknya para ibu-ibu hamil untuk menjauh atau menghindari mereka yang sedang merokok, agar asap tersebut tak dihirup olehnya. Perlu kamu ketahui bahwa bahaya asap rokok bisa menyebabkan janin terlahir tidak sehat misalnya saja:

  • Cacat fisik, salah satu efek yang paling bahaya dari merokok pasif pada bayi yang belum lahir adalah adanya kemungkinan peningkatan risiko cacat fisik. Paparan asap rokok terus-menerus pada ibu hamil akan memulai mutasi genetik dan akan mengakibatkan cacat kaki, testis dan otak.
  • Cacat lahir, jika ibu hamil menjadi perokok pasif terus-menerus sepanjang masa kehamilan, kemungkinan bayi akan mengalami cacat lahir baik ringan maupun berat. Asap rokok juga merupakan penyebab mutasi gen karena produk beracun berbahaya memasuki tubuh seorang perempuan hamil melalui merokok pasif.
  • Bayi lahir mati, ini nih hal yang paling mengerikan. Ada banyak penelitian yang telah dilakukan untuk mempelajari tentang hubungan antara merokok pasif dan lahir mati. Peneliti membuktikan bahwa kemungkinan bayi mengalami kelahiran mati sekitar 23 persen untuk ibu hamil yang menjadi perokok pasif.
  • Berat lahir rendah, banyak perempuan tidak menyadari alasan untuk berat lahir rendah bayi mereka adalah karena paparan asap rokok terus-menerus. Jika kamu menemukan bahwa bayi memiliki berat badan yang rendah selama pemeriksaan USG kehamilan, hipoksia janin dan vasokonstriksi yang menyebabkan suplai darah menurun ke plasenta bisa jadi penyebabnya.
  • Organ rusak, jangan sampek deh ngalami hal seperti itu. Ibu hamil yang menjadi perokok pasif tidak akan mendapatkan pasokan darah yang cukup untuk plasentanya. Hal ini akan mengakibatkan sistem kardiovaskular, sistem pencernaan dan sistem saraf pusat janin rusak. Studi menunjukkan bahwa pembangunan neurobehavioural abnormal pada bayi terkait dengan paparan perokok pasif oleh ibu.
  • Masalah pernapasan, ibu hamil yang sering terpapar asap rokok juga menyebabkan pengembangan abnormal pada sistem pernapasan janin. Bayi yang lahir dari ibu yang menjadi perokok pasif dapat mengembangkan kesulitan bernapas dan memiliki kesempatan tinggi mengembangkan asma di masa depan. Mutasi ini cenderung memiliki dampak seumur hidup dalam bentuk cacat lahir yang serius dan tidak dapat diobati.
  • Kelahiran prematur, masalah lain yang dihadapi ibu hamil perokok pasif adalah kelahiran janin prematur. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan normal bayi yang mungkin juga menyebabkan komplikasi di masa depan.

Cara Ampuh Menghilangkan Asap Rokok

Pasti kamu bertanya-tanyakan, bagaimana cara mengatasi asap rokok dan membersihkannya dari paru-paru kita. Untuk itu kamu nggak usah khawatir karena ada cara ampuh yang dapat membantu kamu dalam menanggulangi asap rokok dari paru-paru.

Mengonsumsi antioksidan

Cara membersihkan asap rokok yang pertama adalah dengan mengonsumsi antoksidan. Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang mengonsumsi makanan mengandung antioksidan contohnya buah apel lebih dari 5 buah dalam seminggu akan membuat kinerja paru-paru lebih baik dibandingkan seseorang yang tidak pernah mengonsumsi buah tersebut

Jeruk nipis

Beda halnya dengan yang satu ini. Selain berguna untuk kecantikan, ternyata air perasan jeruk nipis memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya yaitu untuk membersihkan zat kimia yang terkandung dalam rokok. Setelah dianalisis dengan menggunakan alat GC-MS, air perasan jeruk nipis yang kamu konsumsi dapat menurunkan zat kimia seperti nikotin hingga 70,65%. Tak hanya dapat menghilangkan zat kimia dalam tubuh, air jeruk nipis juga dapat membantu kamu untuk menghilangkan kecanduan rokok.

Minum air putih

Selain untuk melancarkan proses metabolisme tubuh, meningkatkan sistem imun tubuh dan juga menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, air putih juga bermanfaat untuk mengeluarkan racun yang dihasilkan oleh rokok. Setiap orang disarankan minum air putih yaitu 8 gelas atau 2 liter dalam sehari. Dengan rutin minum air putih sesuai takaran, ini tak hanya mampu mengeluarkan racun saja, akan tetapi hal ini juga merupakan salah satu tips ampuh untuk berhenti merokok.

Mengonsumsi kedelai

Cara yang selanjutnya adalah dengan cara mengonsumsi kedelai. Menurut studi yang dilakukan oleh tim yang berasal dari Jepang yang meneliti lebih dari 300 pasien sesak napas dan 340 orang normal menyatakan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi produk kedelai mampu menstabilkan kinerja paru-paru dan juga menurunkan resiko sesak napas pada pasien. Hal ini dikarenakan kedelai kaya akan flavonoid yang berperan sebagai anti-peradangan. Sehingga hal ini dapat melindungi paru-paru dari tembakau yang dapat menyebabkan kanker.

Gimana guys, bahaya bangetkan asap rokokmu bagi kesehatan orang lain. Untuk itu ada baiknya jika kamu hendak merokok jauhilah orang-orang disekitarmu agar mereka tak mendapatkan hal buruk dari asap rokok tersebut.