Sering Dijadikan Cemilan, Ternyata Kuaci Memiliki Banyak Manfaat Di Dalamnya

Masih ingat nggak dengan Hamtaro si hamster kecil yang menggemaskan? Dia hamster yang dikenal akan kesukaannya terhadap biji bunga matahari, hamtaro adalah serial anime yang berasal dari Jepang. Dikisahkan sebagai hamster pemberani anime ini pada masanya menjadi tontonan yang paling populer. Namun pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai Biji Bunga Matahari, nah maka dari itu yuk kita simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari adalah hadiah bagi kesehatan kita, ini adalah biji berwarna keabu-abuan, hijau atau hitam yang merupakan hasil dari bunga matahari. Biji bunga matahari memiliki panjang sekitar 6 mm sampai 10 mm dan memiliki bentuk kerucut dengan permukaan halus.

Di Indonesia biji bunga matahari sering diolah menjadi makanan ringan seperti kuaci biji bunga matahari. Biji bunga matahari adalah buah dari bunga matahari (Helianthus annuus). Istilah “biji bunga matahari” sebenarnya adalah kesalahpahaman yang menyangkanya sebagai bagian biji dalam anatomi buah-nya. Dalam bidang botani, buah tersebut disebut sebagai cypsela.

Biji bunga matahari terdapat di bagian tengah bunga matahari yang lebar, biji bunga ini telah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu. Nah, seperti yang kita tahu bahwa biji bunga matahari ini begitu disukai banyak masyarakat Indonesia. Biji bunga matahari ini sering dijadikan sebagai cemilan atau bahkan teman dikala bosan.

Namun, pernahkah kamu memikirkan bahwa kuaci tersebut memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh? Penasarankan? Masa iya kuaci memiliki manfaat kesehatan? Untuk itu mari kita simak pembahasan mengenai manfaatnya berikut;

  • Menjaga Kesehatan Pada Otak

Otak merupakan salah satu organ penting bagi tubuh, sehingga memang harus dijaga dengan sebaik mungkin. Sementara memanfaatkan kuaci inilah yang menjadi salah satu langkah tepat untuk menjaga keseimbangan otak secara alami. Di mana pada kuaci itu sendiri memiliki kandungan ‘’Tryptophan’’ yang berguna untuk meningkatkan produksi zat ‘’Serotonin’’ yang sangat dibutuhkan oleh otak. Dengan cara mengonsumsi kuaci secara rutin, baik itu dalam bentuk kemasan maupun digoreng sendiri, Akan menciptakan efek relaksasi yang cukup bagus bagi kesehatan otak kamu.

  • Baik Untuk Kesehatan Jantung

Makan seperempat cangkir kuaci setiap hari mampu menjauhkan diri dari penyakit jantung. Pasalnya kuaci mengandung lebih dari 60% vitamin E. Vitamin E ini berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh untuk menyingkirkan kolesterol jahat yang menempel pada dinding arteri sehingga mampu menurunkan risiko kematian dini dari penyakit jantung. Selain itu, vitamin E juga membantu menetralisir radikal bebas untuk menjaga kesehatan otak dan sel membran dalam melawan peradangan dan pembengkakan.

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kalium merupakan salah satu jenis mineral yang banyak terkandung dalam kuaci biji bunga matahari,dimana dalam 100 gram kuaci terdapat kandungan kalium sebersar 648 hingga 689 mg. Jenis mineral ini sangat baik untuk mengimbangi kandungan natrium di dalam tubuh. Selain itu, sifat hipotensif yang dimiliki kalium akan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Artinya, mengkonsumsi kuaci akan membantu menurunkan resiko tekanan darah tinggi (hipertensi).

  • Meningkatkan Proses Detoksifikasi Dan Pencegah Kanker

Kandungan selenium dalam biji bunga matahari merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selenium telah terbukti menginduksi perbaikan DNA dalam sel yang rusak, menghambat proliferasi sel kanker dan menginduksi apoptosis mereka, serta digunakan tubuh untuk menghilangkan sel-sel abnormal. Selain itu, selenium yang tergabung dari banyak protein, termasuk glutation peroksidase sangat penting untuk perlindungan kanker.

Glutation peroksidase adalah salah satu enzim tubuh yang paling kuat kandungan antioksidan, glutation peroksidase digunakan dalam hati untuk mendetoksifikasi berbagai molekul yang berpotensi membahayakan. Ketika tingkat glutathione peroxidase terlalu rendah, molekul-molekul beracun tidak dihilangkan dan hal tersebut dapat membahayakan sel-sel tubuh, merusak sel DNA, dan mempromosikan perkembangan sel-sel kanker. Kekayaan selenium adalah alasan lain bahwa biji bunga matahari dapat membuat camilan yang baik.

  • Menyehatkan Kulit

Tak hanya dapat membantu proses detoksifikasi ataupun pencegahan kanker, melainkan kandungan vitamin E yang terdapat dalam biji bunga matahari tersebut juga dapat menyehatkan kulit. Nggak percaya? Kandungan vitamin E dalam biji bunga matahari merupakan anti-oksidan yang diperlukan untuk menjaga integritas membran sel selaput lendir dan kulit dengan melindunginya dari radikal bebas. Seperti yang telah diketahui bahwa vitamin E sangat bermanfaat bagi kulit, yaitu dapat memperbaharui sel-sel kulit yang mati dan mencegah tanda-tanda penuaan.

  • Membakar Kalori

Walau ia kecil dan sepertinya cemilan yang biasa saja, ternyata dengan mengkonsumsi kuaci mereka yang memiliki program diet dapat menjadikan kuaci kedalam daftar menu makannya. Disarankan untuk rutin untuk mengkonsumsi kuaci yang berasal dari biji bunga matahari. Bahan makanan ini dapat mempercepat pembakaran kalori dengan cara meningkatkan metabolisme tubuh karena folat yang terkandung di dalamnya. Selain itu, kuaci juga mengandung vitamin B yang bisa memperbaiki sel yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

  • Dapat Menenangkan Saraf, Otot Dan Pembuluh Darah

Tak hanya mengandung vitamin E saja melainkan kuaci juga mengandung magnesium. Nah, kandunganmagnesium yang terdapat dalam biji bunga matahari memiliki peranan penting untuk mengimbangi kalsium, sehingga membantu dalam mengatur saraf dan otot. Asupan magnesium yang cukup dapat membuat saraf seperti pembuluh darah dan otot bekerja normal, sehingga mengurangi tekanan darah tinggi, kejang otot, migran dan kram otot.

  • Sebagai Obat Penenang

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium membantu mengurangi penyakit asma, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah sakit kepala migrain, serta mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan magnesium dalam kuaci berfungsi sebagai ‘obat penenang’ sehingga penggemar kuaci akan dijauhkan dari stres, migrain dan tetap rileks.

  • Menurunkan Kolestrol

Kuaci ternyata mengandung zat tembaga, asam pantotenat (vitamin B5), dan vitamin E yang mampu menurunkan kolesterol dalam darah. Kandungan pitosterol dalam biji bunga matahari dapat membantu menurunkan kolesterol serta dapat meningkatkan respon dan penurunan risiko kekebalan kanker tertentu.

Sebuah studi dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, para peneliti menunjukkan bahwa sebagian besar jumlah pitosterol hadir dalam kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji wijen memiliki kandungan fitosterol antara 400-413 mg per 100 gram, kenari antar 113 mg / 100grams, biji bunga matahari memiliki kandungan pitosterol antar 270-289 mg / 100 g. Jadi jangan terlalu menyepelekan cemilan yang kecil ini ya guys.

  • Mencegah Demensia Dan Alzheimer

Seng, kolin dan vitamin E didalamnya ternyata juga berperan penting dalam memerangi Demensia dan Alzheimer. Demensia atau yang dikenal sebagai kepikunan dikategorikan sebagai penyakit otak yang menyebabkan penurunan kemampuan berpikir dan mengingat.

Sedangkan Alzheimer adalah salah satu jenis demensia. Seng, kolin dan vitamin E dalam biji bunga matahari dapat membantu kamu untuk melindungi otak dari gejala demensia dan penyakit Alzheimer. Asam Pantothetic juga memainkan peran penting dalam fungsi ini karena membantu tubuh dalam sintesis lemak, mengatur hormon dan menjaga fungsi otak yang sehat.

Kesimpulannya

Selain sebagai camilan ringankuaci juga merupakan makanan yang menyehatkan. Ternyata kuaci tersebut memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Seperti yang dijelaskan bahwa terdapat banyak kandungan vitamin E didalamnya yaitu antioksidan yang larut dalam lemak tubuh. Vitamin E memiliki anti-inflamasi sehingga dapat mengurangi gejala seperti asma, mengurangi risiko kanker pada usus besar, mengurangi komplikasi diabetes.

Selain itu juga kuaci atau biji bunga matahari dapat mencegah penyakit kardiovaskular, menurunkan kolesterol, dapat menenangkan saraf, otot dan pembuluh darah, dapat menyehatkan tulang, meningkatkan proses detoksifikasi dan pencegah kanker, dapat mencegah serangan jantung dan stroke, meningkatkan pertumbuhan anak, menurunkan kadar gula dalam darah, menjaga kesehatan kulitbermanfaat bagi perkembangan janin dan mengurangi depresi.

Wah-wah ternyata manfaatnya begitu banyak ya guys, walau tampak kecil dan harganya terbilang murah. Namun nutrisi akan kesehatan kuaci tak kalah dengan makanan bernutrisi lainnya.