Kisah Rhenald Kasali Dan Bunga Terlangka Di Dunia

Hello guys, gimana nih masa liburannya? Menyenangkan pastinya dong dan jangan lupa juga untuk ngebaca artikel hari ini ya karena kali ini saya akan ngebahas mengenai suatu tanaman dan pastinya tanaman itu begitu amat langka. Yah, seperti hati aku yang sangat langka untuk menerima hati yang lain. Hehehehe…

Sekarang ini begitu banyak tanaman yang bisa kita jumpai ditengah-tengah perkarangan rumah ataupun diberbagai taman yang ada. Tanaman biasanya sangat amat sering kita jumpai tetapi beda banget sama tanaman yang bakal saya bahas hari ini. Waah, kenapa bisa gitu ya? Ya, karena tanaman itu benar-benar langka. Kalau langka berarti jarang bangetdijumpai dong ya? Ya, iya dong. Untuk itu yuk, kita bahas artikel pada hari ini mengenai tanaman langka.

Awal Mula Tumbuhnya Amorphophallus Titanum

Siapa sangka bahwa ada kejadian unik yang terjadi disebuah perkarangan rumah, yakni mengenai tumbuhnya sebuah tumbuhan langka. Ada seorang lelaki yang menerima umbi (organ tumbuhan yang mengalami perubahan pada bentuk dan batangnya) dari seseorang. Rhenald Kasali ialah orang yang telah menanam umbi pada perkarangan rumahnya, ia tak menyangka bahwa yang ia tanam sekitar 10 tahun yang lalu adalah sebuah tanaman langka di dunia.

Tanaman bunga yang dipastikan berjenis Amorphophallus Titanum atau yang sering dikenal dengan nama lain yakni, bunga bangkai. Bunga dengan ukuran yang sangat besar ini mekar hingga mencapai 2 meter bahkan diameter pada bunga tersebut mencapai 53 sentimeter. Duh, bunga ini seperti ukuran tubuh manusia pada umumnya yah. Amorphophallus ini masih satu kerabat (atau satu spesies) dengan bunga patma raksasa yakni Rafflesia. Dikatakan serupa dan memiliki ukuran yang sama-sama besar lantaran kedua bunga ini memiliki bau yang tak sedap.

Penemuan atas bunga inipun sontak membuat Rhenald terkejut dan bahkan ia tak menyangka bahwa tanaman langka ini tumbuh diperkarangan rumahnya. Karena pada saat ia menanam umbi tersebut, ia hanya menyangka bahwa itu hanyalah umbi Jawa atau Suweg saja. Sungguh diluar dugaan, tanaman ini begitu misterius sehingga tak banyak mereka yang mengetahui bagaimana cara dia berkembang dan tumbuh.

Bunga bangkai (Amorphophallus) merupakan tumbuhan khas dataran rendah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis, mulai dari kawasan Afrika barat hingga ke Kepulauan Pasifik termasuk di Indonesia. Sebagian besar bunga bangkai merupakan spesies endemik. Bunga bangkai yang merupakan tumbuhan dengan bunga majemuk terbesar dan tertinggi di dunia ini termasuk tanaman dari suku talas-talasan (araceae) dengan bentuk dan ukuran umbi yang bervariasi pada setiap jenisnya.

Penyebab Bau Busuk Pada Bunga Bangkai

Nah, pastinya dari banyak kalian heran dengan bau yang dikeluarkan dari bunga tersebut. Padahal biasanya bunga-bunga mengeluarkan bau harum yang dapat membuat hati begitu tenang saat menghirum bau dari bunga tersebut. Namun beda halnya dengan bunga yang satu ini, bunga bangkai dikenal dengan bunga yang memiliki aroma tak sedap. Bahkan banyak mereka yang tak menyukai bau bunga tersebut. Dan tahukah kamu bahwa ada penyebab yang menjadikan bunga ini tidak harum.

Ilmuwan menemukan senyawa penyebab bau busuk semerbak di bunga bangkai. Untuk meneliti senyawa bau di bunga bangkai, peneliti menggunakan bunga bangkai jenis Titum Arum yang terdapat di kebun binatang Paignton di Devon dan Royal Botanic Garden di Edinburgh. Di Cornell University di New York, Titum Arum yang bernama latin Amorphophallus titanium juga ada. Menurut para peneliti, bau busuk yang dikeluarkan bunga bangkai berfungsi untuk menarik perhatian serangga, seperti lalat dan kumbang yang biasanya memangsa bangkai binatang. Sedangkan warna hijau di bagian luar dan merah di bagian dalam menjadi kamuflase yang mirip seperti daging.

Amorphophallus titanum ternyata memiliki banyak macam jenis dan jenis itu memiliki 170 spesies bunga bangkai di seluruh dunia. Spesies yang terkenal di Indonesia diantaranya adalah:

  • Amorphophallus titanum (Bunga bangkai raksasa, Titan arum, suweg raksasa)
  • Amorphophallus gigas (Amorphophallus raksasa Sumatera)
  • Amorphophallus decussilvae (Bunga bangkai jangkung, bunga bangkai Jawa Barat)
  • Amorphophallus beccarii; Amorphophallus campanulatus (Suweg); Amorphophallus oncophyllus (iles-iles, porang, ileus)

Selain itu, walau dikatakan kerabat dekat dengan bunga bangkai Rafflesia. Namun banyak perbedaan yang terdapat diantara keduanya yakni mulai dari siklus hidup, klasifikasi biologi, bentuk dan warna pada tanaman ini. Untuk itu kamu dapat membedakan antara bunga bangkai Amorphophallus dengan bunga bangkai Rafflesia.

Nah, gimana guys sudah tahukan kamu bahwa ada bunga yang ukurannya begitu besar bahkan bunga tersebut dikatakan sebagai bunga raksasa. Wah-wah, pastinya kalau bunga ini kamu temui, kamu pastinya bakalan berfoto terus. Yah, saya sudah tahu penyakit manusia kekinian biar update gitu hehe. Untuk itu sekian dulu dari saya mengenai artikel ini, semoga bermanfaat untuk kamu.