Patung Manekin? Inilah Sejarah Dan Fungsi Utamanya

Guys, jika kalian hendak berbelanja kesuatu pusat perbelanjaan seperti halnya mall. Hal apa yang paling sering kalian lihat di butik atupun disebuah toko baju? Yups bener sekali, patung manekin. Apakah kamu tahu mengapa patung manekin ini selalu menghiasi toko-toko baju ataupun sebuah butik ternama, bahkan patung manekin memiliki rupa yang berbeda hingga tinggi. Nah, kali ini saya ingin membahas mengenai patung manekin, untuk itu yuk kita simak saja artikel dibawah ini.

Sejarah Patung Manekin

Patung manekin ternyata memiliki sejarah yang panjang hingga saat ini, bentuk patung manekin ini pun berubah ubah dengan seiringnya waktu ke waktu, di akhir tahun 1700-an patung manekin diciptakan dari anyaman dan pada tahun 1835 tercipta patung manekin dari kawat berbingkai. Patung manekin toko berasal dari bentuk dress yang digunakan oleh rumah mode atau para desainer busana dalam pembuatan busana, manekin sudah di gunakan dari abad ke-15, ketika patung manekin wanita yang bernama ‘Mannequin Milliners’ yang berbentuk miniature yang digunakan untuk menunjukan kepada pelanggan tampilan busana ketika sedang digunakan.

Patung manekin fashion pertama dibuat dari bahan bubur kertas di Perancis pada pertengahan abad ke-19. Kemudian manekin pundi dibuat dari material lilin untuk menghasilkan penampilan yang lebih hidup. Pada tahun 1920, lilin tergantikan oleh material komposit yang lebih tahan lama dibuat dengan plester. Hingga saat ini patung manekin modern dibuat dari berbagai bahan atau material seperti patung manekin plastik, patung manekin yang terbuat dari bahan fiberglass, patung manekin dengan bahan fiberglass biasanya dibanderol lebih mahal dari pada patung manekin yang dibuat dari bahan plastik.

Pada tahun 1930-an ada seorang pematung sabun yang bernama Lester Gaba asal New York yang diminta oleh sebuah Departement Store untuk membuat beberapa manekin dengan bentuk yang lebih realis, Lester Gaba menciptakan enam patung manekin menakjubkan dari plaster yang lebih dikenal dengan sebutan Patung Manekin “Gaba Girls”. Hingga saat ini patung manekin tersebar luar di setiap mall, butik, toko bahkan di pasar Tradisional dengan berbagai bentuk dan model seperti anak-anak hingga orang dewasa, laki-laki dan perempuan bahkan banyak sekali dengan pose-pose seperti para model profesional.

Fungsi Utama Manekin

Banyak mereka yang kurang memahami arti dari patung-patung tersebut. Mereka hanya tahu bahwa patung manekin ini hanya menjadi hiasan toko atau butik saja. Tahukah kamu patung manekin ini ternyata memiliki fungsi penting yang menunjang fashion terbaru dari butik atau toko baju tersebut. Berikut inilah fungsinya:

  1. Fungsi utama patung manekin sebagai model boneka etalase toko memiliki tujuan untuk menarik perhatian dan minat calon pembeli agar tertarik untuk mampir melihat dan akhirnya membeli. Penggunaan manekin sebagai media perlengkapan display etalase dapat memberi nilai lebih pada penampilan toko sehingga lebih terkesan mewah dan berbeda.
  2. Yah, pastinya kamu tahukan fungsi dari manekin ini untuk mendisplay busana (pakaian lelaki, wanita dan anak-anak). Karena bisa dipakaikan dengan pakaian manusia, hal ini terjadi karena bentuk tubuh dari manekin yang tidak mengalami perubahan dari tahun ketahun, lain hal jika modelnya adalah manusia, tahun ini mungkin cocok dengan pakaian yang dipakai sebagai contoh, namun tahun depan belum tentu. Perubahan bentuk tubuh menjadi gemuk atau kurus bisa saja terjadi dalam kurun waktu tertentu.
  3. Fungsi patung manekin ini tak hanya untuk busana saja, melainkan manekin atau boneka patung manusia ini dapat berfungsi dan dimanfaatkan untuk memajang perhiasan seperti cincin dan kalung. Kamu dapat dengan mudah menemukan penjual manekin dengan model manekin tangan dan leher manekin.

Itulah sejarah dan fungsi utama dari patung tersebut, namun gimana nih guys jika ada sosok patung manekin yang bakalan buat kamu ngakak habis, tampilannya begitu nyentrik banget dan kocak deh pokoknya. Penasarankan? Sama saya juga nih, hehe. Untuk itu yuk kita intip saja model patung manekin ini.

Patungnya Buncit nih

Nah, gimana nih bro kalau patung manekinnya seperti ini semua, natural banget ya haha. Jujur banget sih jadi malu nih ngeliatnya, habisnya perut saya seperti itu juga hehe. Namun patung tersebut memudahkan mereka yang memiliki perut buncit untuk memilih baju ataupun fashion busana lainnya.

Habis Bertengkar Nih

Waduh, kenapa sih kedua patung manekin ini? Ada yang tahu nggak patungnya kenapa bisa ngambek begitu, apa mungkin dia kesel yaa gak dibeliin tas branded wkwk. Duh mba, mas jangan bertengkar di depan umum dong. Malu atuh diliat banyak orang hehe.

Adek Lelah Bang

Kalau patung ini mah kasihan banget ngeliatnya, coba aja kamu diposisi dia mungkin kamu akan mengatakan adek lelah bang 24 jam berdiri terus. Duh kasihan bener ya guys, namun patung manekin yang satu ini ‘top banget deh’. Kamu bakalan ngakak kalau ngeliat yang satu ini. Gimana dengan wajahnya? Menyedihkan banget kan hihihi.

Horor Bener

Nah, girl hati-hati ya kalau mau milih baju diantara patung manekin ini, lihat aja noh tatapan mereka begitu tajam. Jadi jangan coba-coba deh nge-phpin mereka (maksudnya jangan nggak jadi beli ya hehe). Karena mereka siap kapan aja untuk menyerang kamu hehe (becanda kok).

Yes, Menang Tender

Bahagia bener ya, patung manekin aja bisa sebahagia itu, lah kamu kok sedih mulu. Udah deh jangan sedih-sedih mantan itu nggak perlu diingat-ingat loh, mendingan kerja baik-baik, sekolah baik-baik biar masa depan cerah dan pasti bakalan banyak mereka yang antri sama kamu, seperti patung manekin yang satu ini. Mereka begitu bahagia ketika mendang tender wkwkw.

Gimana guys, kocak benerkan patung manekin diatas. Sekian dulu artikel hari ini dan selamat membaca.