Kaya Akan Khasiat, Tumbuhan Ini Diincar Dunia

Tahukah kamu tumbuhan apa yang begitu banyak manfaatnya, bukan hanya dapat dijadikan sebagai obat-obatan. Bahkan tumbuhan ini dapat juga dijadikan sebagai bahan tambahan untuk sebuah kecantikan. Tumbuhan ini begitu populer, bukan hanya dimasa kini tapi juga pasa masa lampau. Bagi kamu yang memiliki masalah pada rambut dan masalah sembelit, tumbuhan ini adalah pilihan yang tepat. Pastinya kamu bakalan tahu tumbuhan apa itu. Penasarankan? Pastinya, oke mari kita baca tumbuhan yang khasiatnya dipercaya sejak dulu.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Ini adalah jenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini begitu mudah untuk ditemukan. Bahkan duniapun sangat terkesima pada keajaiban aloe vera. Aloe vera adalah nama latin dari lidah buaya. Secara umum lidah buaya merupakan satu dari 10 jenis tanaman terlaris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Lidah buaya mengandung berbagai macam senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, berbagai lektin dan zat saponin dan senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang terdapat pada lidah buaya merupakan zat yang dapat menangkal bakteri.

Lidah buaya layak disebut sebagai tanaman herbal. Karena mengandung sekitar 75 jenis zat yang bermanfaat dan kurang lebih sekitar 200 senyawa lain yang sangat berkhasiat. Bersamaan dengan perkembangan dari ilmu dan pengetahuan serta teknologi pemakaian tanaman lidah buaya berkembang dan digunakan untuk kosmetika dan juga untuk bahan makanan dan minuman kesehatan.

Sebagai Obat Kesehatan

Mungkin sebagian dari mereka (orang) banyak yang tidak tahu apa saja penyakit yang dapat diatasi oleh tumbuhan yang satu ini. Untuk itu mari kita baca penyakit apa saja yang dapat dibantu oleh tumbuhan satu ini.

Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang baik merupakan kunci dari tubuh yang sehat. Sebab pencernaan yang buruk dapat berujung pada berbagai macam penyakit. Nah, lidah buaya ini sudah dikenal sejak lamanya. Sebab tanaman obat yang satu ini sangat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga pencernaan supaya tetap sehat. Bagi kamu yang memiliki masalah pada pencernaan, ada baiknya diobati dengan tumbuhan ini.

Mengobati luka

Daun lidah buaya ketika dibelah akan ada getah yang berbentuh gel atau jellu. Getah atau jelly ini terkenal bisa membantu dalam menangani luka-luka ringan, lidah buaya memiliki banyak fungsi. Anda dapat menggunakannya untuk mengobati luka bakar, meredakan rasa perih karena terbakar sinar matahari, mengurangi warna lebam karena memar dan meredakan rasa perih karena lecet.

Mengatasi diabetes

Konsumsi lidah buaya dengan cara tertentu. Ini akan dapat membantu kamu dalam menurunkan level gula darah untuk kamu yang menderita diabetes. Caranya dengan merebus lidah buaya yang sudah dibuang durinya dengan air 3 gelas dan menyisakan air rebusan hingga setengahnya. Konsumsi 1/2 sendok jus lidah buaya ini minum dengan rutin selama 2 bulan. Ramuan ini dapat juga dapat dikonsumsi tiga kali per hari masing-masing setengah gelas. Agar gula darah dapat turun dengan maksimal.

Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Nah, untuk yang satu ini sangat luar biasa pastinya. Sama seperti rumput laut, lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung gelatin. Gelatin tersebut berfungsi untuk menyerap racun yang berada pada usus dan mengeluarkannya bersama dengan kotoran. Proses detoksifikasi ini jelas sangat menguntungkan bagi tubuh Anda. Kandungan vitamin yang ada didalamnya bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan juga meningkatkan daya tahan dari serangan penyakit.

Perawatan Kecantikan

Lain halnya dengan obat-obatan. Tumbuhan ini begitu populer akan khasiatnya dalam kecantikan. Lihat aja produk-produk kecantikan pastinya selalu menggunakan tumbuhan yang satu ini.

Rambut

Sebagian dari kamu mungkin ada yang bermasalah dengan rambut rontok ataupun rambut yang tidak sehat. Nih, dalam perawatan rambut yang telah banyak dilakukan, penggunaan lidah buaya dapat mempercepat pertumbuhan rambut, mengurangi munculnya ketombe dan juga dapat menggantikan fungsi kondisioner dalam melembutkan rambut. Ambilah lidah buaya yang sudah dicuci, kemudian gosokkan isinya pada kulit kepala yang telah dicuci (lakukan pada sore hari). Lalu balut rambut dengan kain dan bilas keesokan harinya, usahakan melakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal. Tuh caranya agar rambut kamu tetap kelihatan segar dan tebal.

Perawatan Kulit

Dalam masalah kulit yang ada ditubuh kerap menjadi halangan kamu dalam berbusana. Mungkin ada yang tidak percaya diri akan warna ataupun keadaan kulitnya. Tidak peduli jenis kulit apa yang Anda miliki, lidah buaya dikatakan memang cocok untuk semua jenis kulit karena dia memberikan supply oksigen ke sel yang bisa membangkitkan kekuatan dan menyehatkan kulit. Ambil sepotong lidah buaya dan sisihkan bagian gelnya saja. Ingat, ini tidak termasuk cairan lengket yang menempel pada kulitnya. Hancurkan gel ini dan oleskan sebelum Anda tidur. Kulit akan menjadi lembut, bersinar dan kulit kamu tidak akan terlihat keriput lagi. Perawatan tradisoanal emang terbukti manjur loh.

Pembersih makeup

Mungkin setelah kita menggunakan make up, jarang dari kamu yang ingat untuk membersihkan bekas make up diwajah kamu. Hal ini yang sering terjadi pada wanita. Sering kita lihat produk pemebersih make up yang mengatakan bahwa produknya menggunakan bahan seperti aloe vera. Nah, ada baiknya jika kamu ingin mneggunakan pembersih tanpa harus takut iritasi, tumbuhan ini paling tepat deh buat kamu jadiin sebagai pembersih wajah. kamu boleh mencoba gel lidah buaya ini untuk membersihkan makeup kamu. Langsung mengambil gel alaminya, maka ia akan membersihkan makeup dengan lembut tanpa meninggalkan iritasi.

Ternyata begitu banyak manfaat dan khasiat yang terkandung dalam tumbuhan satu ini. Pantas aja tumbuhan ini disebut sebagai tumbuhan yang sangat ajaib. Banyak dari kita yang pastinya melestarikan tumbuhan satu ini. Selain mudah ditemukan, tumbuhan ini sangat berguna bagi kesehatan maupun kecantikan. Oke untuk itu sekian dulu ya guys.