Lakukan “3 Cara Ini” Agar Tubuh Tetap Fit Meski Sering Begadang

Pada malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk Anda gunakan beristirahat setelah aktivitas seharian baik berkerja, belajar, maupun aktifitas yang menguras tenaga lainya. Tempat tidur pastinya adalah tujuan yang paling diincar setelah penat dan lelahnya dalam beraktifitas. Bahkan kasur akan membuat tidur Anda menjadi lebih ideal di malam hari dilakukan selama 8 jam, hal itu bertujuan agar sistem kerja dalam tubuh dapat berjalan secara maksimal dan kembali normal untuk kembali melakukan aktivitas di esok harinya.

Maka Jika seorang sering begadang sampai larut malam hingga pagi akan membuat hormon pertumbuhan pada tubuh sangat terganggu sekali. Selain itu jika sering begadang akan mengakibatkan dampak yang serius bagi kesehata Anda, seperti halnya; masuk angin, anemia, diabetes dan bahkan sakit kepala. Pasti nggak maukan bila tubuh anda terjangkit penyakit itu. Maka dari itu yuk, kita simak ulasan mengenai bahaya begadang dan beberapa langkah dalam mengatasinya.

Apa Itu Begadang?

Merupakan istilah yang khas pada masyarakat indonesia yang memiliki definisi yaitu seseorang yang tidak tidur dan terjaga hingga larut malam. Begadang sering dilakukan oleh orang dewasa tapi tak terkecuali anak kecil pada jaman sekarang. Siapa yang suka begadang? Apakah diantara Anda lebih suka begadang di malam hari? Jika ya, tentu sepertinya Anda sudah memahami jika begadang tidak sehat untuk dilakukan bagi tubuh. Padahal secara normal, manusia harus tidur minimal 8 jam sehari. Namun saat begadang, jam tidurnya kurang dari enam jam. Mengapa perlu tidur? Karena tidur dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktifitas seharian.

Beberapa efek negatif begadang yaitu:

  1. Resiko penyakit tertentu: penyakit jantung, diabetes, stroke, tekanan darah tinggi.
  2. Penurunan sistem kekebalan tubuh.
  3. Obesitas.
  4. Menurunnya performa seksual.
  5. Menurunkan daya ingat.
  6. Mempercepat penuaan dini.
  7. Mengantuk di siang hari sehingga mengganggu aktivitas dan produktivitas sehari-hari.
  8. Stress dan depresi.

Kebiasaan begadang ini pastinya sangat berakibat negatif. Ketika tidur, sebenarnya tubuh membuang semua racun (toxin) dari dalam tubuh. Proses ini membutuhkan tubuh dalam keadaan rileks yaitu ketika tidur. Organ tubuh yang berfungsi menetralisir racun dalam tubuh adalah hati. Jika Anda begadang, berarti Anda mencegah hati melakukan fungsinya. Maka dari itu, bahaya begadang adalah merusak kerja organ hati.

Dan selain itu, bagian organ tubuh mendapat implikasi bahaya begadang seperti kelenjar getah bening, kandung kemih, usus, paru-paru dan organ tubuh lain. Orang yang suka begadang memiliki ciri fisik dalam tubuhnya, seperti wajah lesu, kantung mata menghitam serta merah. Kebiasaan hal ini perlu dihindari, untuk Anda yang masih peduli dengan kesehatan.

Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan manusia agar terjaga di saat malam (begadang). Namun yang menjadi faktor utama penyebab manusia suka begadang adalah kebiasaan. Memang sih, begadang ada sedikit manfaatnya, misalnya ada orang-orang yang menjadi lebih produktif saat begadang. Selain itu, ternyata begadang mampu membantu proses pembakaran kalori, sebanyak 135 kalori yang setara dengan berjalan kaki sepanjang 3,2 kilometer.

Namun jangan senang dulu guys, seorang Profesor Kenneth Wright yang telah melakukan penelitian tentang begadang, begadang bukanlah cara yang baik untuk menurunkan berat badan. Jadi, buat yang punya berat badan berlebih dan berniat menurunkannya dengan begadang, sebaiknya jangan. Padatnya aktivitas terkadang membuat kita harus terjaga sepanjang malam karena dikejar deadline. Akibatnya tubuh menjadi kurang tidur. Jika hal itu berlangsung dalam jangka panjang tentunya dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Dampak Kesehatan Bagi Tubuh Saat Anda Sedang Begadang

Pekerjaan yang menumpuk atau ada pertandingan klub sepakbola kesayangan pada dini hari mungkin memaksa Anda harus begadang. Padahal, di pagi harinya Anda harus menjalani aktivitas seperti biasa. Lalu apakah bisa menjalankan aktifitas namun anda belum istirahat? Banyak orang yang melakukan hal seperti ini, khususnya para lelaki yang hobi banget terjaga semalaman demi menonton club bola kesayangannya. Namun pernahkah anda bertanya pada diri sendiri, bagaimana keadaan tubuh yang dipaksa untuk tetap terjaga? Dan apakah akan berakibat fatak bila kebiasaan begadang ini dilakukan terus?

Begadang memiliki konsekuensi serius bagi kesehatan Anda, sepertimana yang dijelaskan bahwa dampak buruk begadang bisa merusak kesehatan anda, baik secara fisik maupun psikologis. Dan walaupun gejala akan semakin memburuk seiring dengan semakin seringnya Anda begadang, masalah kesehatan yang ditimbulkan dari kurangnya tidur bisa mulai tampak sejak pertama kali Anda begadang.

Bahkan begadang termasuk salah satu penyiksa (hukuman) yang begitu kejam bagi tubuh. Kurang tidur juga merupakan suatu bentuk penyiksaan. Cara ini pernah digunakan untuk menginterogasi orang lain. Korban dibuat terjaga selama beberapa hari, kemudian diijinkan tidur, dan kemudian dibangunkan paksa dengan tiba-tiba dan diinterogasi. Nicole Bieske, seorang pembicara dari Badan Amnesti Internasional Australia mengatakan bahwa setidaknya kekurangan tidur sangatlah kejam dan tidak berperikemanusiaan.

Efek terbesar yang bisa terjadi pada tubuh Anda setelah semalaman begadang (atau bahkan lebih) adalah kemampuan Anda untuk fokus dan berkonsentrasi menurun drastis, menurut temuan sebuah studi tahun 2010 di Psychology Bulletin. Peneliti melakukan 147 uji kognitif yang berbeda pada partisipan yang telah begadang kurang lebih 24-48 jam sebelumnya. Menurut sebuah studi tahun 2011, begadang selama 24 jam akan membuat Anda kurang efektif untuk mengambil keputusan tertentu.

Otak Anda juga akan lebih sulit untuk menyaring mana saja informasi yang relevan dari tumpukan informasi yang Anda terima. Studi yang dimuat dalam Journal of Neuroscience menemukan bahwa, setelah semalaman begadang, seorang individu akan jauh kurang mampu untuk menyaring stimuli yang tidak relevan, menyebabkan kebingungan dari penyerapan begitu banyak informasi baru.

Selain itu, tubuh Anda juga akan memberikan reaksi yang lambat. Sebuah studi yang berfokus pada atlet kampus menemukan bahwa partisipan yang telah begadang semalanan masih mampu menunjukkan kemampuan atletis yang cukup baik, namun jarak waktu reaksi mereka terbilang cukup buruk. Nah adapun beberapa dampak yang akan dialami tubuh saat kebiasan begadang anda lakukan.

  • Konsentrasi menurun. Tidur yang baik memainkan peran penting dalam berpikir dan belajar. Kurang tidur dapat mempengaruhi banyak hal.
  • Gairah seks menurun. Para ahli melaporkan, kurang tidur pada pria dan wanita menurunkan tingkat libido dan dorongan melakukan hubungan seksual. Hal ini dikarenakan energi terkuras, mengantuk, dan tensi yang meningkat.
  • Mempengaruhi Otak. Kekurangan tidur dapat mempengaruhi kerja otak. Sebuah studi di UCSD Sekolah Obat-obatan dan Sistem Pengobatan Maju di San Diego, dengan menggunakan teknologi imaging gelombang magnetis untuk memantau kerja otak dalam keadaan kurang tidur, menunjukkan bahwa otak bagian cortex frontal menunjukkan aktifitas yang lebih banyak.
  • Memicu Rasa Gelisah. Rasa gelisah setiap malam pasti akan terus menghantui para penggemar begadang yang memiliki kualitas tidur buruk; reaksi tubuh pun bisa menurun.
  • Gangguan jiwa. Berdasarkan penelitian, kekurangan tidur dapat membantu menjelaskan misteri dari meningkatnya gangguan jiwa di antara anak muda pada dekade ini. Terbiasa begadang untuk menjelajah internet dan chatting di situs jejaring sosial menjadi alasan bagi remaja mengalami kurang tidur.
  • Mudah Sakit. Ini adalah tanda yang paling sering dijumpai. Orang yang kekurangan waktu tidur lebih rentan terkena infeksi. Berbagai penelitian menunjukkan, mereka yang cukup istirahat memiliki sistem imun yang lebih kuat.

Nah, seiring dengan waktu pastinya tubuh akan mengalami yang namanya fase lelah. Dan untuk itu ada baiknya jika kebiasaan ini segera anda hilangkan. Namun seperti yang dikatakan bahwa kebiasaan ini bukan mudah untuk dihilangkan. Namun ada baiknya jika kalian melakukan bebertapa tips agar, kebiaasaan ini tak mengganggu kesehatan.

Langkah Yang Kamu Terapkan Jika Kamu Sering Begadang

Ternyata, seperempat dari penduduk dunia itu secara genetis memang otaknya lebih aktif di malam hari. Ini tergantung dari tipe jam biologis kamu, yaitu sifat yang dimiliki otakmu yang mengatur waktu kapan harus bangun dan harus tidur. Jika kamu adalah tipe nokturnal genetis, memaksa bangun pagi justru akan menimbulkan jetlag parah yang bikin kamu terus merasa kurang tidur sepanjang hari. Peneliti telah menemukan perbedaan fisik pada white matter atau ganglia dasar di otak antara orang yang nokturnal dan yang tidak.

White matter adalah lapisan otak yang mengurusi komunikasi saraf. Pada orang-orang tipe nokturnal, bagian ini berkurang keutuhannya sehingga bisa menimbulkan gangguan fungsi kognitif dan kecenderungan depresi. Ada banyak alasan sah untuk sesekali bergadang. Mungkin Anda harus belajar semalaman sebelum ujian penting atau menyelesaikan esai, atau hanya ingin maraton menonton film. Mungkin Anda juga tidak memiliki jadwal tidur teratur ketika bepergian keluar negeri sehingga bergadang dapat membantu Anda mengikuti jadwal. Apa pun alasannya, tidak semua orang bisa bergadang dan membutuhkan latihan untuk melakukannya dengan efektif dan aman.

Begadang memang terkadang boleh dibutuhkan, karena suatu pekerjaan yang tidak dapat diselesaikan pada waktu beraktifitas yaitu pukul 06.00 hingga 21.00. Begadang yang tidak diperbolehkan menurut definisi para ahli yaitu suatu aktifitas atau kegiatan yang merubah pola hidup manusia itu sendiri. Nah, bila kebiasaan ini tak bisa dsisingkirkan namun ada baiknya jika melakukan beberapa langkah agar setelah begadang badan tetap fit. Mengapa begitu? Agar langkah berikut beberi sedikit kekuatan agar tubuh tak mengalami kelelahan parah.

1. Sarapan yang Cukup dan Bergizi

Setelah begadang sepanjang malam, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bernutrisi di pagi hari setelahnya. Sangat mudah untuk melewatkan sarapan setelah begadang karena kita ingin menyempatkan tidur sebentar sebelum bersiap-siap untuk berangkat kuliah dan kantor. Namun tidur 30 menit tidak dapat membantu untuk memulihkan lelah dari bekerja sepanjang malam. Oleh karena itu, cara memulihkan tubuh setelah begadang salah satunya dengan menggunakan waktu yang tersisa untuk makan makanan bernutrisi yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan pada hari itu. Mengonsumsi makanan dengan vitamin yang tinggi dapat membantu untuk memulihkan konsentrasi.

2. Tidur Lebih Awal Pada Malam Berikutnya

Jika kamu tidak harus beraktifitas pagi setelahnya, gunakan waktu itu untuk menggantikan tidur. Namun jika pagi setelahnya kamu harus menghadiri kuliah atau pergi ke kantor, tidurlah lebih awal. Jika kamu terbiasa tidur sekitar pukul 11 atau 12 malam, setelah begadang malam sebelumnya tidurlah pukul 7 malam untuk menggantikan waktu istirahat yang hilang. Semoga lima cara memulihkan tubuh setelah begadang ini berguna untuk memulihkan dirimu setelah begadang semalaman.

Kombinasi makan makanan bernutrisi, mengonsumsi suplemen dan vitamin B, serta minum air putih yang cukup tentu akan memulihkan tubuhmu. Namun ingat, coba untuk kurangkan frekuensi begadang. Tidak tidur sepanjang malam dapat meningkatkan stres, resiko stroke dan juga diabetes. Aturlah waktu agar tugas dapat diselesaikan secara bertahap dan kamu pun terhindar dari dorongan untuk begadang. Dengan menjaga kesehatan, kegiatan pun dapat kita jalani dengan lebih efektif.

3. Konsumsi Suplemen Vitamin Penambah Stamina

Dengan begadang sepanjang malam, tubuh kita menggunakan lebih banyak vitamin B. Oleh karena itu sangat penting untuk mengembalikan vitamin yang hilang dengan mengkonsumsi protein seperti daging dan telur. Lebih dari itu, cara memulihkan tubuh setelah begadang dengan konsumsi suplemen vitamin B12 jugayang dapat mengembalikan konsentrasi dan juga keseimbangan untuk menjalani aktifitas.

Dikatakan berakibat buruk bagi kesehatan namun tak mengurangi jumlah orang yang hobi begadang. Semakin memaksa diri untuk tidak begadang, membuat beberapa orang malah semakin terbiasa akan tidak tidur dimalam hari. Namun ada baiknya jika kebiasaan ini dicegah dengan beberapa langkah baik agar kebiasaan begadang tak membuat tubuhmu merasa kelelahan dan aktifitas lain tetap terjalankan. Gimana? Adakah dari kalian yang suka banget begadang? Untuk itu ada baiknya jika melakukan beberapa langkah (tips) seperti diatas.