Yuk, Intip Kuliner Khas Kota Medan

Kalo ngebahas soal makanan, pastinya setiap kota memiliki makanan khasnya tersendiri. Nah, Medan merupakan salah satu kota yang sangat populer. Ibu kota dari Provinsi Sumatera Utara ini bisa dikatakan sebagai pintu gerbang pariwisata dari sisi barat Indonesia. Walaupun Medan itu letaknya ada di bagian utara Pulau Sumatera, kamu tetap harus cobain kuliner khas dari tempat tersebut. Karena rugi banget deh kalau kamu belum pernah nyobain salah satu makanan yang ada di Medan. Dan bagi kamu yang baru saja berkunjung ke Medan, jangan lupa ya untuk membawa oleh-oleh khas Medan. Pengen tahukan makanan apa saja yang menjadi kuliner khasnya kota Medan? Untuk itu mari kita baca aja yuk.

1. Bolu Meranti

Nah, untuk bolu yang satu ini, dia sungguh populer bahkan banyak mereka yang menjadikan bolu ini sebagai buah tangan ketika hendak pulang ke kampung halaman. Bolu dari Medan ini mempunyai berbagai macam rasa yang bisa kamu coba. Ada rasa kacang, keju, nanas, stroberi dan mocca. Bahkan kalau kamu mau makan bolu yang gurih, ada juga tuh bolu rasa abon dan ayam. Kalau kamu berkunjung ke Medan dan bingung mau bawa oleh-oleh apa, coba aja bawa bolu meranti. Banyak kok wisatawan yang menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh dan jangan khawatir dengan rasanya, karena rasanya sudah terjamin mantap deh.

2. Durian Medan

Kalo buah yang satu ini, siapa sih yang nggak tahu kalo Medan juaranya. Hehehe, buah ini termasuk sebagai makanan khas Medan. Lihat aja rasa dan aromanya yang begitu menggoda banget. Bahkan begitu banyak wisatwan yang datang ke Medan pada saat musim bauh berduri ini. Buah ini sangat istimewa lho, bahkan harganya pun juga lebih mahal dari pada buah lainnya. Rasanya tak berlebihan, Durian Ucok adalah tempat wajib mampir bagi penggemar durian yang sedang berkunjung ke Medan. Kedai Bang Ucok yang berada di Jalan Wahid Hasyim ini tak pernah kehabisan stok durian meskipun jumlah pembeli yang datang tak pernah sedikit. Nah, kalau kamu berkunjung ke Medan jangan lupa mencicipi buah durian yang ada di kota Medan ya.

3. Bika Ambon

Untuk yang kuning satu ini, walau namanya sekilas seperti nama kota lain, namun asal kuliner ini terlalu khas dari kota Medan. Nah, bika ambon merupakan kue dengan warna kuning dan permukaannya terdapat lubang-lubang kecil. Kamu bisa merasakan kenikmatan bika ambon saat masih hangat. Rasanya itu beda, ada hangat-hangatnya gitu, hehe. Tapi emang bener beda lho, ya walaupun makan bika ambon saat sudah dingin juga enak. Tapi makan bika ambon hangat itu jauh lebih enak. Untuk itu jangan sampai ketingalan ya bila ke kota Medan, untuk mencicipi kue yang satu ini.

4. Teri Medan

Wah-wah, kalau ini mah semua tahu pastinya khas dari Medan. Kamu tentu pernah dengar salah satu jenis ikan mungil yang rasanya gurih-gurih asin, yupss bener dia adalah teri. Salah satu teri yang paling terkenal adalah teri Medan. Makanan ini cocok buat kamu jadikan oleh-oleh ketika pergi ke Medan lho. Teri Medan ini ukurannya kecil dan berwarna putih. Cocok banget deh dimakan sama nasi panas atau dibuat jadi sambel teri. Waduh, pasti rasanya enak banget tuh, bikin nggak bisa berhenti makan sebelum terinya habis. Hehehehe…

5. Pancake Durian

Pancake durian tersedia dalam berbagai rasa mulai dari original, mocca, coklat sampai pandan. Kesemua varian rasa ini sama-sama nikmat, sekali gigit saja isi daging durian kan lumer dan lembut di mulut. Pancake durian kota Medan berbeda dengan bentuk pancake yang kebanyakan bulat ceper seperti surabi, pancake durian kota Medan berbentuk seperti dadar gulung. Pancake durian terdiri dari kulit yang terbuat dari adonan tepung dan diisi dengan daging durian yang luar biasa lezat. Yah, pasti lezat dong Medan gitu loh…. hehehe

6. Lemang

Nah, kuliner ini sebenarnya makanan khas Tebing Tinggi, jaraknya sekitar 2 jam perjalanan dari Medan. Tapi saking enaknya ini makanan, di Medan kini banyak yang menjual lemang ini. Jadi walaupun kamu di Medan dan nggak sempat untuk ke tebing tinggi. Kamu nggak perlu takut, karena di Medan kini sudah ada yang menjual makanan yang satu ini. Lemang merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak menggunakan bambu yang sebelumnya sudah dilapisi dengan daun pisang. Beras ketan tadi juga ditambah dengan santan lho, jadi rasanya pasti gurih. Lemang ini dimasak dengan cara yang unik, yaitu dengan dibakar di atas bara api sampai matang.

Pastinya penasaran yah? Bagi kamu yang belum pernah mencoba makanan yang satu ini, ada baiknya segera mencoba karena rasanya tak kalah dengan makanan lainnya.

Gimana guys, sudah tahukan makanan yang ada di Medan. Jadi gimana nih, makanan manakah yang akan kamu cicipi deluan ketika sampai dikota Medan? Pastinya masih bingung ya. Nah, untuk itu sekian dulu dari saya dan sampai jumpa.