Selain Ramah Lingkungan, Transportasi Ini Juga Baik Untuk Kesehatan

Bersepeda jelas bukan merupakan hal yang baru sebagai salah satu mode transportasi. Namun bersepeda menjadi sesuatu yang unik dilihat di masyarakat modern sekarang ini, khususnya di lingkungan perkotaan. Mengapa unik? Ya, karena kegiatan dan mobilisasi dengan sepeda sudah semakin langkah terlihat. Sebagian besar orang lebih memilih berkendara sepeda motor atau mobil.

Itulah sebabnya mengapa di era modern ini sedikit saja yang terlihat menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi. Perlu untuk kalian tahu bahwa bersepeda memiliki manfaat yang dapat membuat tubuh lebih fit dan pastinya akan ada manfaat baik lainnya yang kalian dapat. Untuk itu yuk, kita simak ulasan mengenai “bersepeda”.

Asal Usul Sepeda

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sepeda mengalami perubahan model dan bahkan terbagi kedalam beberapa model. Dari yang awal mulanya berbentuk sangat sederhana, sampai model sepeda yang kita kenal sekarang ini. Hal ini tidaklah terlepas dari kreativitas dan inovasi yang terus dilakukan oleh mereka yang begitu ahli dalam bidangnya sehingga akhirnya sampailah pada model sepeda saat ini.

Nenek moyang sepeda diperkirakan berasal dari Prancis, negeri itu sudah sejak awal abad ke-18mengenal alat transportasi roda dua yang dinamai velocipede. Bertahun-tahun, velocipede menjadi satu-satunya istilah yang merujuk hasil rancang bangun kendaraan dua roda yang pasti, konstruksinya belum mengenal besi. Modelnya pun masih sangat “primitif”. Ada yang bilang tanpa engkol, pedal tongkat kemudi (setang), ada juga yang bilang sudah mengenal engkol dan setang, tapi konstruksinya dari kayu.

Meskipun demikian, penemu sepeda yang ditemui dari berbagai sumber dan catatan sejarah ternyata sepeda bukanlah berasal dari Perancis. Akan tetapi pada tahun 1818, Baron Karls Drais von Sauerbronnyang merupakan seorang kepala pengawas hutan berkebangsaan Jerman adalah orang yang menyempurnakan Velocipede.

Sebagai seorang kepala pengawas hutan, tentunya ia memang sangat membutuhkan sebuah alat transportasi yang bisa digunakan untuk mempermudah mobilitas kerjanya yang tinggi. Model sepeda pertama yang dikembangkannya pun sangatlah sederhana. Sepeda ini tercipta dengan memadukan model sepeda dengan kereta kuda. Sejarah akhirnya mencatat bahwa Baron Karls Drais von Sauerbronn dinobatkan sebagai penemu sepeda karena ia dianggap sebagai peletak dasar pertama teknologi pembuatan sepeda.

Nah, pada tahun 1839, Kirkpatrick MacMillan yang merupakan seorang pandai besi dari Scotlandia menciptakan pedal besi untuk mengayuh sepeda. Pedal besi ini sejatinya berfungsi sebagai alat pendorong atau menggerakkan sepeda. Pedal tersebut diaktifkan oleh engkol melalui gerakan naik turun kaki dalam mengayuh sepeda. MacMillan akhirnya menghubungkan pedal dengan tongkat kemudi atau stang sederhana yang berfungsi untuk memandu lajur sepeda.

Dan tahun silih berganti, perkembangannya pun juga mulai berubah. Ketika memasuki tahun 1855, seorang pandai besi berkebangsaan Perancis, yakni Ernest Michaux menemukan pemberat engkol yang bermanfaat untuk menjaga gerak sepeda supaya lebih stabil. Itulah mengapa dikatakan sepeda memiliki sejarah dan kisahnya. Memasuki tahun 1965, seorang berkebangsaan Perancis lainnya, yaitu Pierre Lallement menambahkan lingkaran besi pada roda yang saat ini dikenal dengan nama Velg.

Disamping itu, Pierre Lallement juga memperkenalkan model sepeda dengan ban depan lebih besar sedangkan ban bagian belakangnya lebih kecil. Seiring berjalannya waktu, perkembangan industri dan model sepeda terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. Terutama pada saat ditemukannya sebuah teknologi pembuatan baja berlubang dan penemuan-penemuan lainnya, seperti stang, rantai, rem dan yang lainnya.

Manfaat Sepeda Sebagai Alat Transportasi Ramah Lingkungan

Adakah yang tahu mengapa dikatakan sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan? Nah, karena Sepeda yang dikendarai tersebut tidak menggunakan bahan bakar dan tidak menimbulkan emisi karbon. Itulah sebabnya mengapa daerah pedalaman lebih sejuk ketimbang suasana kota, karena keadaan pedesaan yang masih ramah lingkungan dan belum banyak terdapat alat transportasi seperti halnya sepeda motor dan juga mobil.

Selain ramah lingkungan menggunakan sepeda setiap hari sebagai transportasi kalian ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Tak hanya berguna sebagai alat transpot saja melainkan juga dapat digunakan sebagai alat olahraga sehari-hari. Nah untuk itu yuk, kita simak ulasan mengenai bersepeda baik untuk kesehatan.

1. Memperkuat Dan Menjaga Kesehatan Jantung

Mungkin banyak kalangan yang belum mengetahui bahwa reaksi saat kalian bersepeda sangatlah baik untuk tubuh. Dalam sebuah studi, bersepeda dengan intensitas sedang selama 3 (tiga) kali seminggu dalam waktu 30 menit selama satu tahun mampu menurunkan tekanan dan juga menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Jantung merupakan salah satu organ tubuh kita yang sangat penting fungsinya, sehingga perlu kita jaga semaksimal mungkin kesehatannya. Melakukan olahraga bersepeda merupakan cara yang sangat tepat untuk dilakukan, karena olahraga ini tidak begitu berat untuk dilakukan tetapi sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama bagi kesehatan dan kinerja jantung kita.

2. Bagus Untuk Meningkatkan Stamina

Mungkin aktifitas yang anda lakukan semacam olahraga ringan seperti, berjalan kaki atau bahkan aktifitas menyehatkan lainnya yakni, senam ataupun nge-gym membuat anda sedikit kualahan dan ribet akibat waktu yang anda butuhkan. Namun beda halnya dengan anda bersepeda, karena katifitas yang satun ini adalah jenis olahraga low impact. Dengan demikian bersepeda merupakan cara terbaik untuk meningkatkan stamina, karena Anda bisa mengayuh lebih lama lagi daripada melakukan aerobik atau berjalan kaki dimana yang membuat Anda lebih cepat lelah.

3. Menjaga Berat Badan

Siapa nih yang punya masalah akan berat badan? Mungkin kalian tak tahu bahwa dengan bersepeda masalah berat badan juga dapat teratasi. Berkat bersepeda, kinerja kardiovaskular dan otot Anda menjadi kian optimal. Salah satu keuntungan dari tubuh yang aktif, kardiovaskular yang baik dan otot terlatih adalah pembakaran kalori atau tingkat metabolisme tubuh ikut meningkat. Pembakaran kalori tentu saja sangat baik untuk menjaga berat badan tetap ideal. Upayakan untuk mengombinasikan kebiasaan bersepeda secara rutin dengan pola makan yang seimbang sebagai langkah menghindari risiko kegemukan. Nahm jadi kalian tak perlu sampai diet makan ya guys.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Jika anda kerap merasakan hal-hal yang mengganggu ada baiknya untuk melakukan aktifitas ini di sore ataupun pada pagi hari. Karena apa? Suasana hati yang kini membuat anda sedikit stres dapat terobati. Kecemasan, stres dan depresi semua bisa diatasi dengan bersepeda, yang sebagian karena aktivitas bersepeda itu sendiri juga kesenangan dan kepuasan yang diperoleh dari naik sepeda. Bersepeda baik untuk kesehatan mental anda seperti halnya bentuk-bentuk aktifitas latihan yang lain seperti aerobik. Hal ini mungkin disebabkan karena pelepasan endorfin (senyawa kimia otak yang menimbulkan perasaan senang).

5. Meningkatkan Kekuatan Otot

Berapa banyak anggota tubuh yang terlibat saat Anda bersepeda? Hampir semuanya, bukan? Mulai dari kaki yang mengayuh hingga mata yang waspada. Banyaknya anggota tubuh yang aktif membuat otot tubuh bagian yang bersangkutan mengalami peningkatan aktivitas. Jika aktivitas itu dilakukan secara rutin, maka otot yang kuat dan fleksibel menjadi salah satu dari hasilnya. Selain itu, koordinasi dan keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

Mungkin banyak dari kita yang sudah enggan menggunakan sepeda untuk sarana bertransportasi, karena apa? Banyaknya produksi sepeda motor yang membuat anda lebih menyukainya dibanding menggunakan sepeda. Namun ada hal lain yang wajib untuk kalian ketahui. Apa itu? Nah, berikut pembahasan mengapa bersepeda sangat dianjurkan dalam kehidupan sehari-hari.

Alasan Mengapa Kita Menggunakan Sepeda Sebagai Alat Transportasi

Bersepeda atau yang populer disebut gowes, adalah termasuk sebagai salah satu jenis olahraga ringan yang mudah dilaksanakan oleh segala usia. Mengenai manfaatnya bagi kesehatan, bersepeda juga tak kalah besar dari olahraga berjalan kaki, jogging bahkan aerobik. Bepergian dengan sepeda kayu akan membantu Anda meningkatkan fitalitas, membakar kalori dan menghilangkan stres. Nah, terdapat keuntungan bagi kalian yang menggunakan sepeda pada setiap harinya, baik itu manfaat kesehatan juga baik untuk lingkungan.

  • Untung Bagi Kesehatan

Yang paling penting adalah manfaat untuk kesehatan tubuh. Bersepeda sama dengan olahraga, ini membantu mengurangi penyakit jantung dan memberikan peningkatan massa tulang serta otot yang lebih baik. Tak perlu membuang-buang uang untuk ikut dalam program menurunkan berat badan, karena bersepeda dapat membantu mengelola berat badan kita juga.

  • Hemat Uang

Memiliki kendaraan bermotor ternyata membuat kita mengeluarkan uang lebih banyak, mulai dari bensin, pemeliharaan, cuci, parker, asuransi, aksesoris, dan lainnya. Sedangkan sepeda tidak memerlukan pengeluaran sebanyak itu. Oleh karena itu, menggunakan sepeda dapat menjadi investasi yang baik.

  • Tidak Terkena Kemacetan Lalu Lintas

Ketika bersepeda, kita bisa dengan mudah mendahului kendaraan lain. Saat terkena lampu merah juga kita dapat mengambil tempat berhenti terdepan. Hal ini juga dikarenakan sepeda memiliki bentuk yang mudah dibawa serta melewati jalan yang kecil.

  • Akses Ke Rute Yang Tidak Biasa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sepeda memiliki bentuk yang ramping dan mudah dibawa. Dengan begitu, pengguna sepeda dapat melewati jalan atau gang sempit yang tidak bisa dilewati kendaraan bermotor lainnya. Hal ini akan memungkinkan kita melewati rute atau jalur yang lebih pendek, sehingga lebih cepat sampai tujuan. Dengan ini juga kita akan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak karena melewati jalanan yang jarang dilewati kebanyakan.

  • Tidak Ada Emisi Karbon

Masalah terbesar di dunia saat ini salah satunya adalah pemanasan global. Kendaraan bermotor menjadi penyebab peningkatkan polusi karena menghasilkan emisi karbon. Sepeda dikendarai tidak menggunakan bahan bakar dan tidak menimbulkan emisi karbon.

Gimana guys, sudah tahukan bahwa manfaat serta alasan lain yang dapat anda ketahui dengan bersepeda? Nah untuk itu ada tips lain agar anda dapat dengan aman menggunakan sepeda.

Pastikan Bersepeda Dengan Aman

Banyak sekali bukan manfaat bersepeda yang bisa dinikmati oleh Anda? Agar manfaat bersepeda tersebut makin optimal, jangan lupakan faktor keamanan saat mengayuh sepeda. Bagaimanapun juga keamanan bersepeda wajib dilakukan. Tanpa mengindahkan keamanan, manfaat bersepeda bisa sia-sia. Untuk itu, perhatikan beberapa tips aman berikut:

  • Periksa sepeda Anda. Sebelum bersepeda ria, pastikan Anda sudah memeriksa semua komponen dalam sepeda Anda mulai dari rem, hingga kondisi ban. Membiarkan salah satu bagian sepeda Anda tidak berfungsi bisa membuat bencana.
  • Kenakan pelindung kepala, siku, dan lutut. Kepala, sikut, dan lutut adalah salah bagian tubuh yang rentan terluka jika jatuh. Pastikan ketiganya Anda lindungi sehingga jika terjatuh, efeknya tidak terlalu fatal.
  • Pastikan Anda terlihat. Anda mungkin bersepeda di jalanan umum dan dalam kondisi gelap. Oleh karena itu, pastikan Anda bisa dilihat oleh pemakai kendaraan lain. Pasanglah lampu dan gunakan baju yang berwarna terang atau yang berbahan glow in the dark.
  • Jaga sikap berkendara. Bersepeda tetap harus memerhatikan pemakai jalan lain, baik pengguna kendaraan bermotor atau pejalan kaki. Jika jalanan tidak menyediakan trek khusus untuk sepeda, jangan menyerobot hak pejalan kaki.

Pastikan Anda juga selalu memberi tanda kepada para pengguna jalan lain saat akan berbelok atau berhenti. Jangan lakukan dengan mendadak karena bisa membahayakan Anda dan pengguna jalan lainnya. Pastinya, patuhi rambu-rambu lalu-lintas yang berlaku ya. Sangat dianjurkan bagi kalian semua pengguna sepeda agar lebih berwaspada walau dikatakan alat transportasi yang sederhana, namun jika peraturan serta cara yang tak teratur dapat mengakibatkan anda dalam masalah.

Gimana? Setujukan? Nah, demikianlah pembahasan kita pada hari ini mengenai bersepeda. Semoga artikel ini dapat memberikan anda pemahaman akan baiknya bersepeda untuk kesehatan dan lingkungan.