Bosan Dengan Olahraga Yang Itu Saja? Yuk, Cobain Jenis Olahraga Air Ini

Sudahkah hari ini anda berolahraga? Aktifitas yang satu ini begitulah penting, selain memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Olahraga juga menjadi salah satu aktifitas yang dimana anda dapat menambah teman dan menjalin suatu hubungan baru.

Tapi tahukah anda? Bahwa masih banyak saja orang yang enggan melakukan hal ini, olahraga wajib dilakukan karena dapat memberi manfaat baik bagi tubuh, serta dapat merilekskan pikiran yang penat. Namun ada beberapa orang yang bosan akan olahraga yang itu-itu saja.

Nah, jika bosan akan olahraga yang terbilang biasa. Anda dapat melakukan beberapa olahraga yang menurut anda dapat membuat pikiran serta semangat kamu kembali.

Begitu banyak macam-macam olahraga yang dapat anda lakukan misalnya saja, seperti: bersepada, berjalan kaki bahkan anda dapat melakukan yoga untuk merilekssasikan pikiran anda. Namun anda juga dapat mengikuti beberapa olahraga air yang gak kalah mengasyikan dan bakalan buat anda happy.

Olahraga Air

Berolahraga adalah kegiatan yang menyenangkan. Selain bermanfaat bagi tubuh, olahraga juga bisa memberikan perasaan senang bagi yang melakukannya. Tak heran, banyak orang yang menjadikan olahraga sebagai salah satu hobinya.

Berolahraga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, juga bervariasi dari tingkat kesulitan, peralatan yang digunakan, biaya yang harus dikeluarkan, sampai jenis-jenisnya. Selain berolahraga di daratan, kita juga bisa berolahraga di air, baik itu di dalamnya atau di atas permukaannya.

  • Renang

Renang adalah olahraga yang tidak menggunakan gaya gravitasi bumi (non weight barring). Olahraga renang bisa meningkatkan kesehataan anda. Olahraga ini juga bisa dibilang resiko akan terjadinya cedera fisik. Karena ketika berenang, berat badan anda ditahan oleh air sehingga mengapung.

Selain itu, renang adalah olahraga yang paling dianjurkan bagi yang mempunyai berat badan berlebih (obesitas), ibu hamil, dan penderita gangguan persendian tulang (arthritis). Banyak manfaat yang bisa didapat melalui olahraga renang ini. Di antaranya:

  1. Membentuk otot.
  2. Meningkatkan kemampuan fungsi paru-paru dan jantung.
  3. Menambambah tinggi badan.
  4. Melatih pernafasan.
  5. Membakar kalori lebih banyak.
  6. Menghilangkan stres.

Namun, harus diingat tidak semua orang bisa berenang karena olahraga air ini membutuhkan teknik pernapasan yang tepat, lengan dan kaki yang kuat dan ketahanan tubuh untuk berada di dalam air untuk waktu yang lama. Karena itu, mungkin Anda perlu mengikuti kelas renang terlebih dahulu jika anda adalah pemula. Selain itu, pastikan Anda mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan standar yang diperlukan seperti pakaian renang, kacamata renang maupun krim pelindung kulit dari iritasi bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif.

  • Polo Air

Diperkirakan berasal dari Skotlandia sekitar akhir tahun 1800an, polo air adalah olahraga air yang dimainkan secara beregu, di mana dua tim yang bertanding di dalam kolam renang yang berbentuk persegi panjang harus berusaha untuk mencetak skor dengan melemparkan bola ke gawang lawan. Olahraga ini dianggap sebagai kombinasi dari renang, sepak bola, bola basket, dan gulat. Masing-masing tim terdiri dari 6 orang pemain dan seorang kiper. Sasaran dari permainan polo air ini sama seperti sepak bola, yaitu mencetak gol sebanyak-banyaknya.

Untuk dapat memainkan olahraga air ini, anda harus mahir berenang selain tentunya punya banyak rekan yang bisa diajak bermain. Selain itu, anda juga butuh beberapa perlengkapan penunjang seperti bola khusus yang mengapung di air (semacam bola voli), pakaian renang dengan warna-warna tertentu sebagai penanda tim atau posisi (pemain atau kiper) dan tentunya dua buah gawang yang menjadi tujuan akhir permainan.

Olahraga air ini sangat populer di Eropa, Amerika Serikat, Kanada, Australia, China dan Brasil. Tidak heran jika negara-negara tersebut biasanya bersaing ketat di pertandingan resmi seperti di ajang Olimpiade.

  • Diving

Diving adalah olahraga air yang dilakukan dengan melompat ke dalam air dengan menggunakan batu loncatan, biasanya disertai dengan gerakan akrobatik, sebelum kemudian menyelam. Olahraga air ini diakui secara internasional dan juga merupakan cabang yang paling bergengsi di Olimpiade.

Tak heran, penonton juga biasanya membludak ketika cabang olahraga air ini dipertandingkan. Biasanya, yang menjadi kriteria penilaian juri adalah tingginya lompatan sang atlit, posisi dan sikap badan saat masuk ke dalam air dan terutama, gerakan akrobatik selama sekian detik sang atlit melayang di udara.

Karena itu, atlit diving di Olimpiade biasanya mempunyai background bagus di bidang senam, yang menuntut kelenturan dan fleksibilitas sekaligus atletisme tubuh. Diving atau menyelam adalah kegiatan yang berbeda dengan snorkeling. Snorkeling dilakukan di permukaan air, sedangkan diving dilakukan di dalam air. Diving bisa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu free diving dan scuba diving.

a. Free Diving

Free diving atau selam bebas adalah kegiatan menyelam dengan menahan nafas selama beberapa waktu di dalam air. Free diving dilakukan hanya mengandalkan paru-paru tanpa alat bantu pernafasan. Makanya, melakukan selam bebas ini dibutuhkan kemampuan menahan nafas yang baik dan benar. Itulah sebabnya mengapa olahraga ini menjadi salah satu olahraga favorit banyak orang, khususnya “lelaki“.

b. Scuba Diving

Selain itu, scuba diving juga memungkinkan penyelam untuk menyelam jauh lebih dalam. Karena fleksibilitasnya, aplikasi scuba diving tidak hanya terbatas untuk tujuan rekreasional semata. Banyak badan-badan dan organisasi yang menggunakan teknologi scuba diving untuk keperluan riset di bawah laut, shooting iklan dan promosional, bahkan operasi militer. Oleh karena itu, tidak semua orang bisa melakukan scuba diving.

  • Ski Air

Ski air adalah olahraga air yang pemainnya meluncur di atas air menggunakan papan yang ditarik dengan perahu. Ski air menjadi salah satu cabang olimpiade pada tahun 1972. Ski air membutuhkan peralatan antara lain papan ski, tali penarik beserta peganggan, sarung tangan, pelampung, dan perahu penarik. Selain menggunakan papan ski, ski air juga dapat menggunakan pelampung atau dikenal dengan istilah tubing, pelampung ini juga digunakan sebagai sarana pembelajaran melatih keseimbangan bagi pemain pemula.

Teknik

Ski air biasanya dimulai dengan awal air yang dalam, dengan pemain ski berjongkok di dalam air. Ketika pemain ski sudah siap, sopir mempercepat perahu untuk menarik pemain ski dari air. Selain pengemudi dan pemain ski, orang ketiga yang dikenal sebagai pengintai / pengamat harus hadir. Pekerjaan pengintai adalah untuk menonton pemain ski dan menginformasikan pengemudi jika pemain ski jatuh. Komunikasi antara pemain ski dan penghuni perahu dilakukan dengan sinyal tangan.

Kecepatan bervariasi dari lambat seperti 22 kilometer per jam (14 mph, 12 kn) sampai dengan 58 kilometer per jam (36 mph, 31 kn) untuk ski slalom air; sampai kira-kira 72 kilometer per jam (45 mph; 39 kn) untuk ski tanpa alas kaki, dan mendekati 190 kilometer per jam (120 mph, 100 kn) dalam balap ski air. Panjang tali juga akan sangat bervariasi tergantung pada disiplin olahraga dan tingkat keterampilan.

  • Surfing

Olahraga selancar air atau surfing adalah olahraga yang tumbuh dan mulai berkembang di Amerika, sekitar tahun 1960-an tepatnyan di Hawaii. Karena daerah tersebut memiliki ombak yang pecah serta bertahap yang sangat cocok digunakan untuk olahraga selancar air (surfing) ini.

Surfing/Selancar merupakan sebuah olahraga yang biasanya berlangsung di atas ombak yang tinggi. tetapi bagi pemula biasanya ombak yang tidak terlalu tinggi, Olahraga ini dilakukan dengan menggunakan papan surfing/surfboard sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak.

Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar. Adrenalin akan terpacu karena tertekan untuk mengarahkan papan selancar sekaligus menjaga keseimbangan. Mirip rodeo, tetapi pada Olahraga ini peselancar menunggangi ombak liar. Kalau di Indonesia tempat yang untuk Surfing, pemula maupun yang sudah advanced adalah di Bali yaitu di pantai Kuta dan tempat dimana ombak tinggi pantai terdapat.

Surfing sebagai salah satu jenis olahraga ekstrim bisa dijadikan latihan kardiovaskular. Hampir semua bagian otot tubuh bekerja ketika kamu surfing, mulai dari otot tubuh bagian atas sampai otot-otot kaki. Berikut ini manfaat olahraga surfing yang bisa kamu dapatkan;

  1. Surfing memungkinkan otot tubuh untuk terus bergerak sehingga baik untuk membentuk tubuh lebih sempurna.
  2. Obat awet muda. Olahraga mampu memperlancar peredaran darah yang salah satu keuntungannya membuat kulit terlihat cerah serta awet muda.
  3. Laut juga merupakan sumber revitalisasi energi sehingga ketika Anda berselancar, akan menghirup energi ini terus menerus. Surfing yang dilakukan secara teratur mampu menjadikan Anda tetap prima sampai usia lanjut.
  4. Surfing mampu mengurangi stres karena latihan fisik yang menyenangkan membantu Anda mengimbangi efek negatif stres.
  5. Sikap lebih santai menghadapi kehidupan pun menjadi efek positif dari surfing.
  6. “Mengarungi” ombak satu pantai ke pantai lain, memungkinkan Anda bertemu teman-teman baru.Surfing tidak hanya baik menjaga kesehatan tetapi juga membuat Anda bersosialisasi.
  • Snorkeling

Snorkeling atau yang disebut juga dengan skin diving (selam dangkal) ialah kegiatan menyelam dengan memkai alat-alat berupa masker selam dan snorkel. Selain itu, biasanya para penyelam juga menggunakan alat bantu gerak, yaitu kaki katak untuk menambah daya dorong kaki.

Snorkel sendiri merupakan alat selam berupa selang berbentuk huruf J dengan pelindung mulut di ujung sebelah bawahnya. Fungsi alat ini adalah sebagai alat bantu pernafasan agar penyelam tidak perlu mengangkat kepalanya ke atas permukaan air untuk berafas. Sehingga pemandangan indah di bawah air bisa dinikmati sambil berenang.

Olahraga air ini sangat populer di kalangan para traveler, khususnya bagi mereka yang suka berlibur ke daerah pantai di negara-negara tropis. Lokasi-lokasi snorkel yang bisa jadi rekomendasi di antaranya Bali, Australia, Hawaii, Thailand, Maldives dan hampir semua pulau-pulau di perairan Karibia. Anda mungkin perlu melakukan survey terlebih dahulu mengenai lokasi-lokasi tersebut sebagai bagian dari persiapan liburan anda karena tujuan utama dari olahraga air ini adalah pemandangan luar biasa yang akan anda temui saat snorkeling.

Jangan lupa membawa kamera tahan air untuk mengabadikan momen-momen luar biasa yang akan Anda temui di bawah air. Satu lagi, olahraga air ini jauh lebih menyenangkan untuk dilakukan di siang hari karena cahaya matahari akan membuat pemandangan bawah laut menjadi jauh lebih jernih dan jelas.

  • Kano

Tahukah anda mengenai olahraga yang satu ini? Untuk dapat mengikuti atau melakukan sesuatu, pastinya anda harus mencari tahu dulukan, olahraga seperti apa itu? Kano adalah salah satu olahraga air di mana sang atlit sebenarnya tidak bersentuhan secara langsung dengan air. Pada olahraga air ini, sang atlit menggunakan alat bantu berupa semacam perahu, bisa berkapasitas 1 orang atau lebih, yang mendayung untuk menempuh jarak tertentu di atas air.

Berkano biasanya dilakukan di permukaan air yang tenang seperti danau atau waduk. Kano juga merupakan salah satu cabang olahraga air yang sering dipertandingkan di Olimpiade dan klasifikasinya bervariasi dari jumlah pendayung di atas kapal, panjang lintasan (dari 200m hingga 1000m) dan jenis kanonya itu sendiri. Semua peraturan dan ketentuan ini diatur oleh lembaga kano internasional ICF (International Canoe Federation) yang bermarkas di Lausanne, Swiss.

Nah, itulah beberapa olahraga air yang dapat anda lakukan jika terlalu bosan untuk melakukan olahraga pada biasanya. Namun ingat ya guys, olahraga ini mengharuskan anda untuk bisa menguasai teknik renang dan tahu bagaimana untuk memainkannya, karena terdapat beberapa resiko/cedera (jika salah atau tak mengerti) untuk melakukan olahraga diatas.