Dikira Ada Hantu, Ternyata Ini Mobil Otonom

Pernah membayangkan mengendarai mobil namun tak perlu capek menyetir? Yah sewa supir pribadi aja dong. Namun gimana jika ada sebuah mobil yang dapat berjalan tanpa harus disupirin? Wah ada hantunya dong? Nah kamu harus tahu bahwa perkembangan teknologi kian semakin canggih dan keren abis.

Industri otomotif dunia akan mengalami perubahan yang lebih cepat dalam 10 tahun ke depan. Perubahan itu lebih cepat dibanding yang sudah terjadi dalam 30 tahun lalu. Salah satu lompatan besar dalam industri otomotif adalah teknologi mobil tanpa sopir atau mobil otonom.

Mobil Tanpa Supir

Sebuah mobil otonom volvo (mobil tanpa pengemudi, mobil mengemudi sendiri, mobil robot) adalah sejenis kendaraan yang mampu merasakan lingkungannya dan navigasi tanpa masukan perintah manusia. Dengan kata lain, mobil otonom adalah sejenis mobil berteknologi canggih yang memiliki kemampuan dalam mengemudikan dirinya sendiri tanpa bantuan manusia.

Mobil otonom mampu mendeteksi lingkungan sekitarnya dengan memanfaatkan fasilitas radar, LIDAR, GPS, odometry dan komputer. Beberapa sistem demonstratif mendahului mobil otonom, tanggal kembali ke tahun 1920­an dan 30­an. Mobil-­mobil mandiri pertama kali muncul pada tahun 1980, oleh Carnegie Mellon University ‘s Navlab dan ALV proyek pada tahun 1984 dan Mercedes­Benz dan Bundeswehr Universitas Munich ‘ s Eureka Prometheus Project pada tahun 1987.

Sejak saat itu, banyak perusahaan-­perusahaan besar dan organisasi penelitian tertarik untuk mengembangkan prototipe kendaraan otonom. Otonom artinya adalah memiliki kuasa untuk memerintah diri sendiri. Banyak proyek historis yang terkait dengan kendaraan otonom yang pada kenyataannya memang memiliki kemampuan otomatis, karena ketergantungan terhadap petunjuk buatan di lingkungan mereka, seperti strip magnetik.

Kontrol otonom menggambarkan kinerja yang baik di bawah ketidakpastian yang signifikan dalam lingkungan untuk waktu yang lama dan kemampuan untuk mengimbangi kegagalan sistem tanpa intervensi eksternal. Seperti yang bisa dilihat dari banyak proyek yang disebutkan, sering disarankan untuk memperluas kemampuan sebuah mobil otonom dengan menerapkan jaringan komunikasi baik di sekitar langsung (untuk menghindari tabrakan ) maupun jauh (untuk manajemen kemacetan).

Cara Kerja Mobil Yang Menyetir Sendiri

Teknologi yang disebut dengan IntelliSafe Auto Pilot itu didesain untuk menjamin keamanan saat kontrol diserahkan dari pengemudi ke perangkat komputer. Teknologi otonom bisa diaktifkan dan dinonaktifkan menggunakan sepasang tuas yang terletak di belakang setir. Jika mobil sudah siap melaju sendiri akan muncul cahaya hijau pada tuas. Lalu pengemudi menarik dua tuas itu secara serentak sehingga komputer akan mengambil alih laju kendaraan.

Jika kendaraan mendeteksi mobil tidak bisa dilajukan secara otonom lagi, pengemudi akan diberi informasi dan memiliki waktu 60 detik untuk mengambil alih kemudi. Jika proses transfer kendali gagal, mobil akan berhenti dengan sendiri.

Kami mendesain sebuah teknologi di mana pengemudi dapat berkomunikasi yang aman dan mulus digunakan sehingga pengemudi dapat dengan percaya diri menyerahkan kontrol atau mengambil alih kontrol dari mobil. Teknologi ini akan diuji sebagai bagian dari proyek Drive Me di Gothenburg, Swedia. Setelah uji coba, teknologi IntelliSafe Auto Pilot akan diperkenalkan lebih luas lagi kepada masyarakat.

Namun mengapa perusahaan tersebut harus meluncurkan sebuah mobil yang bisa mengenadri mobil tersebut tanpa harus disupiri atau dikendari oleh seseorang? Adakah alasan yang jelas mengenai Mobil satu ini. Seperti yang dilansir oleh CNNInodenisa bahwa ada alasan baik, mengapa masyarakat lebih aman menggunakan mobil otonom ketimbang mobil biasa.

Nah selain mobil volvo terdapat mobil pintar lainnya laginih guys, mungkin bagi orang awam ini semacam hal mistis guys? Lho kok bisa seperti itu? Yah mobil ini bahkan bisa berjalan dan berkeliaran tanpa ada sosok orang didalamnya. Dan membuat sejumlah orang kaget akan hal ini, pasalnya mengapa ada mobil yang bergerak tanpa ada supir dan siapaun didalamnya. Dan berikut inilah mobil canggih lainnya.

Mobil Pintar Milik Google

Google akhirnya benar-benar mewujudkan Mobil pintar alias smart car dengan cara memodifikasi mobil Toyota Pirus, Lexus SUV, dll. Mobil tanpa sopir tersebut dibuat dengan menempatkan beberapa sensor, kamera dan laser yang bisa berputar di bagian atasnya untuk mendeteksi kondisi sekitar.

Smart car adalah salah satu proyek yang paling monumental dari google sesudah Google Loon. Google’s Self Driving Car disingkat SDC adalah proyek Google X yang melibatkan mobil otonom dan mobil listrik yang dilengkapi perangkat lunak berteknologi terkini dari Google. Proyek ini dipimpin oleh insinyur Google, Sebastian Turan. Dia adalah mantan direktur laboratorium Stanford Artificial Intelligence dan penemu Google Street View.

Mobil tanpa supir pertama adalah milik Google. Sekarang, perkembangan mobil ini telah meningkat, melalui kemampuannya yang sudah melaju hingga sejauh 1 juta kilometer di jalanan raya Amerika Serikat. Peningkatan ini dinilai telah melampaui para pesaingnya.

Google sangat berharap driverless car bisa diproduksi secara massal pada tahun 2020 dan mereka sedang mencoba menggaet beberapa mitra manufaktur seperti Toyota, Fiat dan lain-lain. Kamu bisa lihat video mobil pintar ini saat diuji keamanannya.

Kemunculan mobil tanpa pengemudi tentu saja menimbulkan rasa khawatir akan terjadinya kecelakaan sehingga memaksa beberapa wilayah menerapkan undang-undang untuk mengizinkan mobil tanpa pengemudi berada di jalan raya.

Pada bulan juli 2015 tercatat setidaknya 23 mobil tanpa pengemudi milik Google terlibat dalam 14 kecelakaan lalu-lintas ringan di jalan umum. Google mengklaim bahwa semua kasus kecelakaan tersebut bukan diakibatkan oleh mobil Google, melainkan oleh pengendara mobil lain.

Keren bangetkan guys, kapan ye kita punya mobil pintar seperti itu? Nah demikianlah artikel pada hari ini dan sampai jumpa lagi.