Pemimpin Negara Paling Korup Di Dunia

Menyandang jabatan sebagai pemimpin negara merupakan sebuah tanggung jawab besar. Seorang pemimpin sudah seharusnya menjadi contoh yang baik bagi rakyatnya. Namun tak jarang, banyak pemimpin yang menyalahgunakan kekuasaan mereka. Bukannya membuat rakyat jadi makmur, mereka malah mencuri uang rakyat dan menggunakannya untuk keperluan pribadi atau organisasinya. Beberapa presiden berikut dinyatakan sebagai presiden terkorup di dunia berdasarkan jumlah uang yang dikorupsinya tidak sedikit nilainya yaitu mencapai miliaran dolar. Aksi korupsi yang dilakukan presiden terkorup ini sudah pasti berdampak pada kesejahteran warga, sebab uang negara yang seharusnya digunakan untuk pembangunan malah di korupsi. Berikut ini beberapa pemimpin negara paling korup di dunia.

1. Muhammad Suharto (Indonesia)

Suharto menjabat sebagai presiden di Indonesia dalam jangka waktu yang sangat lama yakni 31 tahun, tahun 1967-1998. Selama menjadi presiden, dirinya menempatkan anggota keluarganya di kursi kementrian dan memberikan sejumlah perusahaan besar untuk ditangani oleh anaknya. Hasil korupsi yang dilakukan oleh Suharto juga tidak main-main, bahkan jika ditotal hasil korupsi yang dilakukan Seko dan Markospun tidak sanggup mengalahkan Suharto. Suharto berhasil melakukan korupsi sebesar 15-35 miliar USD.

2. Ferdinand Marcos (Filipina)

Ferdinand Marcos Emmanuel Edralin (1917-1989) adalah Presiden kesepuluh Filipina 1965-1986. Dia adalah seorang yang otoriter dan memiliki prestasi besar dalam pembangunan infrastruktur, reformasi tanah, reformasi politik dan sosial serta dalam diplomasi internasional. Namun, ia bersalah korupsi otoriter, despotisme, nepotisme, penindasan politik, dan pelanggaran hak asasi manusia, manfaat dari suatu kultus kepribadian besar di Filipina selama pemerintahannya. Dia bersama istrinya membawa sekitar US $ 5 miliar menjadi 10 miliar dari dana publik ke Amerika Serikat, Swiss, dan negara-negara lainnya serta menghabiskan dana ilegal ke perusahaan lain.

3. Mobutu Sese Seko (Zaire)

Mobutu Sese Seko adalah orang yang memimpin Kongo selama tiga dekade. Selama masa kepemimpinannya, Kongo berada dalam kondisi memprihatinkan, dimana utang, devaluasi, dan inflasi sangat tinggi. Kondisi itu semakin diperparah oleh Seko yang melakukan korupsi senilai USD 5 miliar (Rp 65 triliun). Meski ia sudah meninggal pada 7 September 1997 silam, tapi namanya tetap dikenang di papan nama pemimpin paling korup di tanah Afrika.

4. Sani Abacha (Nigeria)

Jenderal Sani Abacha adalah seorang pemimpin militer Nigeria dan politikus. Dia adalah Presiden Nigeria 1993-1998. Keluarga Abacha dianggap sebagai kejahatan terorganisir oleh pemerintah Swiss. Sani Abacha tercatat sebagai pemimpin keempat dunia yang paling korup dalam sejarah terakhir oleh Transparency Internasional dengan total US $ 2 sampai 5 miliyar dana.

5. Slobodan Milosevic (Serbia Yugoslavia)

Menjabat sebagai presiden Serbia Yugoslovia membuat Slobodan Milosevic lupa bahwa dirinya adalah pemimpin negara yang seharusnya bisa memberikan contoh baik bagi rakyatnya. Tapi yang terjadi adalah kebalikannya. Milosevic menggunakan kekuasaannya sebagai presiden untuk dapat menggunakan uang rakyat sesuka hatinya. Selama 11 tahun masa abdinya sebagai presiden tahun 1989-2000, Milosevic terlibat dengan kasus korupsi yang tidak sedikit. Milosevic memanfaatkan 11 tahun tersebut untuk melakukan korupsi sebesar 1 miliar USD.