Pengertian Tumbuhan Hijau Dan Sejuta Manfaat Di Dalamnya

Keindahan sebuah pepohonan membuat banyak orang begitu nyaman dan merasa damai bila berada ditengah-tengahnya. Bukan karena suasana sejuk, namun keindahan warna yang diberikan pohon-pohon tersebut memanjakan mata yang telah lelah dalam bekerja. Yah, kita semua pastinya sudah tahu bahwa warna hijau sangat baik untuk mata. Apalagi jika sesorang rutin dalam sehari memandang kearah pohon sebelum berangkat bekerja. Hal ini dilakukan untuk memanjakan mata agar tidak terlalu lelah.

Mungkin ini sebabnya mengapa pepohonan dan tanaman begitu penting. Sering dikatakan bahwa setiap halaman rumah perlu dihiasi dengan tanaman ataupun tumbuhan lainnya dan kali ini saya akan ngebahas mengenai pentingnya tumbuhan hijau bagi kesehatan dan lingkungan sekitar.

Pengertian Tumbuhan Hijau

Tumbuhan hijau merupakan suatu tumbuhan yang memiliki klorofil. Klorofil juga berasal dari dua kata, yaitu kloro dan fill. Kloro merupakan hijau dan fill merupakan daun. Jadi klorofil merupakan hijau daun, walaupun klorofil merupakan hijau daun, namun kamu juga harus tahu bahwa bukan hanya tumbuhan yang mempunyai daun berwarna hijau saja yang memiliki klorofil. Daun yang berwarna merah atau kuning juga mengandung klorofil. Bahkan pada batang tumbuhan juga terdapat klorofil.

Klorofil berfungsi untuk menyerap energi sinar matahari yang kemudian digunakan untuk proses pembuatan makanan atau proses fotosintesis. Fotosintesis merupakan proses tumbuhan hijau dalam membuat makanan. Dan pastinya terkadang muncul dipikiran mengapa warna pepohonan ataupun daun lebih identik dengan warna hijau? Inilah sebab mengapa ia memiliki warna hijau, tumbuhan menyerap cahaya karena mempunyai pigmen yang disebut klorofil.

Pigmen inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. Klorofil terdapat dalam organel yang disebut kloroplast. Klorofil menyerap cahaya yang akan digunakan dalam fotosintesis. Sebagian besar energi fotosintesis dihasilkan di daun tetapi juga dapat terjadi pada organ tumbuhan yang berwarna hijau

Pentingnya Fotosintesis Bagi Kehidupan Di Bumi

Fotosintesis adalah fungsi utama dari daun. Proses fotosintesis sangat penting bagi kehidupan di bumi karena hampir semua makhluk hidup tergantung pada proses ini. Proses Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi.

Organisme yang menghasilkan energi melalui fotosintesis (photos berarti cahaya) disebut sebagai fototrof. Fotosintesis merupakan salah satu cara asimilasi karbon karena dalam fotosintesis karbon bebas dari CO2 diikat (difiksasi) menjadi gula sebagai molekul penyimpan energi. Itulah sebabnya mengapa manusia dibumi harus melestarikan pepohonan dan jangan mengulang kesalahan dengan menebangnya secara liar karena semua mahkluk sangat membutuhkannya.

Proses Fotosintesis Tumbuhan

Tumbuhan hijau daun ini memiliki sifat Autotrof, yang memiliki arti dapat memasak atau mensintesis makanan langsung dari senyawa anorganik. Tumbuhan ini juga menyerap karbondioksida dan air untuk menghasilkan gula dan oksigen yang diperlukan sebagai makanannya. Energi ini berfungsi untuk menjalankan proses yang berasal dari fotosintesis. Perhatikan persamaan reaksi yang menghasilkan glukosa dan inilah hasilnya.

6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2

Glukosa dapat digunakan untuk membentuk senyawa organik lain seperti selulosa dan bukan itu saja, dia juga dapat digunakan sebagai bahan bakar. Proses ini berlangsung melalui respirasi seluler yang terjadi baik pada hewan maupun tumbuhan. Secara umum reaksi yang terjadi pada respirasi seluler adalah kebalikan dengan persamaan di atas. Pada respirasi, gula (glukosa) dan senyawa lain akan bereaksi dengan oksigen untuk menghasilkan karbondioksida, air dan energi kimia. Gimana sungguh luar biasakan, untuk itu kamu wajib membantu setidaknya merawat tumbuhan agar dapat melestarikan lingkungan sehat.

Manfaat Tumbuhan Hijau

Sepertinya warna hijau memiliki kehebatan yang luar biasa, lihat saja banyak peneliti yang mengatakan jika ada baiknya seseorang yang telah penat bekerja ataupun melakukan aktivitas penuh dilayar komputer untuk menyempatkan diri menatap kearah pepohonan agar mata dapat rileks sebentar dan tidak mengalami kelelahan.

Warna hijau memiliki panjang gelombang di tengah-tengah, tidak tinggi dan tidak rendah sehingga dapat diterima mata dengan baik. Ketika mata kita melihat sesuatu yang berwarna hijau, mata kita tidak memerlukan penyesuaian apapun sehingga kita menjadi nyaman dan tenang saat melihatnya.

Sedangkan berdasarkan ‘psikologis warna’, dijelaskan bahwa warna hijau memiliki arti keseimbangan yang memberi manfaat begitu banyak, misalnya seperti keseimbangan emosi, dapat menyegarkan mata dan pikiran, serta menenangkan jiwa yang sedang penat dalam menjalankan aktivitas yang super padat. Warna hijau cocok untuk dilihat oleh orang-orang yang sedang merasa stres, tegang atau butuh menyeimbangkan emosi.

Pantesan aja nih guys, banyak mereka yang menyempatkan diri untuk selalu berkreasi ke tempat yang terdapat pepohonan. Ternyata disana mereka sekalian terapi mata dan ingin mengubah suasana hati menjadi lebih damai.

Tahukah kamu bahwa ada desa yang keseluruhannya berwarna hijau, pasti kamu nggak percayakan? Namun hal ini benar adanya. Keindahan warna hijau pada desa ini membuat desa ini dikenal sebagai desa paling hijau di dunia. Berikut ini ulasannya.

Houtouwan, Desa Paling Hijau Yang Ada Di Dunia

Bertempatan di pulau Shengsi Zhousan China. Desa ini merupakan daerah paling hijau yang pernah ada. Warna hijau yang terdapat pada atap rumah dan dinding bukanlah warna dari cat tembok. Melainkan tanaman yang merambat. Berkunjung kedesa ini pastinya kamu nggak bakalan nyesel karena bila sejauh mata memandang kamu akan melihat suasana yang begitu indah dan sejuk.

Sungguh sangat luar biasa, warna hijau yang ada membuat banyak orang begitu terkagum dengan desa yang telah lama ditinggal, walau tak memiliki penduduk sama sekali, namun keindahan yang terdapat padanya membuat banyak orang menghabiskan waktu liburnya ketempat ini.

Wah-wah, hebat banget ternyata warna hijau selain berguna untuk kesehatan dan berfungsi sebagai kekuatan alam (berfungsi untuk hewan dan tumbuhan lainnya), tumbuhan hijau ternyata juga memiliki banyak manfaat di dalamnya. Bahkan untuk kesehatan mata ia juga berperan sangat penting.

Nah gimana guys, adakah diantara kamu yang merasa penat akan pekerjaan dan bahkan mata kamu merasa lelah. Untuk itu inilah solusi yang paling tepat, yakni pandanglah kearah pohon yang berwarna hijau agar mata kamu tidak mengalami gangguan dan kelelahan. Sekian dulu artikel hari ini, yah semoga saja bermanfaat untuk kamu ya.