Canggih, Robot Ini Dapat Membantu Pekerjaan Manusia

Robot, yah mungkin yang terlintas dibenak kita adalah negara Jepang karena Jepang adalah salah satu negara yang banyak menggunakan jasa robot sebagai alat dalam membantu pekerjaan. Bukan itu saja, Jepang banyak meluncurkan penemuan hebat mengenai robot. Bahkan Jepang disebut-sebut sebagai negara paling canggih yang dapat menemukan hal-hal aneh dan cerdas seperti halnya robot teacher yang banyak membantu sang guru bila ada pekerjaan lain dan menggantikan ya dalam mengajar.

Bahkan kini robot banyak sekali digunakan masyarakat Jepang sebagai alat membantu urusan rumah tangga. Bukan hanya mengenai pekerjaan rumah tangga saja, melainkan tugas-tugas lainnya. Jepang memang menjadi negara yang sangat terkenal dengan teknologinya yang sudah sangat canggih dari negara-negara yang lainnya. Negara Jepang telah banyak menciptakan berbagai jenis robot yang secara khusus dibuat dan dirancang untuk bisa membantu pekerjaan yang dimiliki oleh manusia terutama masyarakat Jepang itu sendiri.

Asal Mula Terbentuknya Robot

Mungkin kita agak sedikit bingung ya mengapa bisa ada robot? Mengapa juga manusia menciptakan robot? Nah, untuk itu mari kita bahas mengenai asal usul robot ini.

Ternyata awal kemunculannya robot dapat diketahui dari bangsa Yunani kuno yang membuat patung dan patung tersebut ternyata dapat dipindah-pindahkan. Sekitar 270 BC, Ctesibus, seorang insinyur Yunani membuat organ dan jam air dengan komponen yang dapat dipindahkan. Kamu juga harus tahu nih, pada masa dimana Nabi Muhammad SAW pun telah membuat mesin perang yang menggunakan roda dan dapat melontarkan bom.

Pada tahun 1770, dimana Pierre Jacquet Droz seorang pembuat jam berkebangsaan Swiss membuat 3 boneka mekanis. Ketiga boneka tersebut dapat melakukan fungsi spesifik, yaitu dapat menulis, yang lainnya dapat memainkan musik plus orgen dan yang ketiga dapat menggambar. Itulah awal dimana robot-robot lain bermunculan setelah 3 boneka robot tersebut.

Jepang adalah negara yang banyak melahirkan robot-robot canggih yang siap membantu kamu dalam segala jenis urusan. Yah, memang Jepang begitu terkenal akan robot-robot buatannya.

Deretan Robot Yang Membantu Pekerjaan Manusia

Seiring dengan kemajuan teknologi, pekerjaan manusia mulai banyak yang terbantu dengan kehadiran robot. Salah satu negara penghasil robot canggih adalah Jepang. Robot-robot buatan Jepang pun banyak yang telah mendunia dan terkenal. Untuk itu bagi kamu yang memiliki cukup uang dapat membeli robot-robot yang telah diciptakan Jepang, untuk membantu pekerjaan kamu khususnya bagi wanita-wanita karir. Berikut inilah robot-robot canggih tersebut.

Robot ApriPoko

Untuk robot yang satu ini, ia dapat mengendalikan segala jenis remote mulai dari Ac, TV, Video dan sebagainya. Robot ini begitu canggih, ia dapat berbicara dan mengenali perintah suara (voice command operated). Robot canggih satu ini merupakan buatan dari perusahaan Toyota. Ia diprogram dengan fungsi sebagai pengendali remote control universal. ApriPoko mendeteksi semua jenis remote melalui koneksi inframerah (InfraRed) dan robot ini akan bertanya kepada kamu bahwa tugas apalagi yang harus dia lakukan. Sungguh robot yang canggih ya guys.

MotoMan SDA1

Siapa nih diantara kamu yang males masak dan pastinya hobi banget maka  makanan khas Jepang? Nah, robot yang satu ini begitu jago masak loh. Robot MotoMan SDA1 diciptakan oleh perusahaan Yaskawa Electric yang diprogram untuk dapat membuat salah satu jajanan yang sangat digemari di negara asalnya Jepang, yaitu Okonomiyaki. Sejatinya, MotoMan diciptakan untuk dapat merakit kamera digital disposable, namun siapa sangka jika ia juga pandai memasak Okonomiyaki. MotoMan memiliki tinggi 135 cm dan berat 220 kg dengan 2 lengan panjang yang jangkauannya luas.

Robot RIBA

Kalau yang ini top banget deh, sepertinya robot ini memiliki jiwa sosial yang tinggi ya. Dia dapat membantu tugas mulia dari seorang perawat. RIBA merupakan singkatan dari Robot for Interactive Body Assistance. Robot canggih ini dikembangkan dan diciptakan oleh RIKEN dengan program untuk mengangkat atau menggendong pasien rumah sakit.

Robot ini akan membantu pekerjaan suster yang kesulitan mengangkat pasien, tak hanya menggendong pasien saja. Bahkan robot RIBA ini juga dapat menjalankan perintah karena ia dapat mengenali suara suster atau pegawai rumah sakit. Sayangnya, RIBA hanya dapat menggendong pasien dengan berat tak lebih dari 61 kg.

Yah, mungkin itu hanya sebagian dari robot-robot yang ada di Jepang. Karena begitu banyak lagi robot-robot canggih yang dapat membantu segala pekerjaan manusia. Seperti yang dikatakan tadi bahwa robot Jepang banyak membantu pekerjaan manusia, mulai dari mengatur remote Ac, hingga melayani pasien dirumah sakit.

Teknologi yang ada di Jepang memang sudah sangat maju, dengan canggihnya setiap robot yang telah mereka buat dengan fungsi yang berbeda-beda telah ditetapkan dan telah disesuaikan dengan kebutuhan dari manusia dan masyarakat Jepang pada umumnya.

Teknologi yang dimiliki oleh Jepang memang menjadi satu fenomena yang luar biasa, yang tentu saja harus bisa diterapkan dan dilakukan oleh negara-negara lainnya termasuk dengan negara tercinta yakni, Indonesia. Agar menjadikan Jepang sebagai motivasi agar lahirnya anak bangsa yang berkualitas. Sekian dulu artikel hari ini, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu.