Keren, Inilah 6 Negara Pembuat Smartphone Terbaik Di Dunia

Perangkat mobile terus berkembang di era modern sekarang, baik dari segi desain, spesifikasi dan fitur-fiturnya di dalamnya. Kini pasar dipenuhi beragam merek dan ratusan jenis smartphone, seperti yang kamu ketahui bahwa begitu banyak merek smartphone yang bersaing. Membuat kita semakin sulit memilih smartphone baru, meskipun keragaman ini sebenarnya hal yang benar-benar baik.

Persaingan yang ketat, membuat para vendor berlomba-lomba menghadirkan inovasi dan teknologi terbaik dan pastinya berlomba-lomba juga dalam mengiklankan merek smartphone tersebut. Hampir setiap minggu, ada saja vendor yang merilis smartphone baru. Pernahkah kamu penasaran, apakah semudah itu membuat smartphone? Dan negara-negara pembuat smartphone itu dari mana saja? Untuk itu yuk, kita simak saja artikel dibawah ini.

Negara Pembuat Smartphone Terbaik

Smartphone adalah telepon genggam yang mempunyai kemampuan tingkat tinggi, terkadang memiliki fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan definisi telepon pintar. Dan sangat penting bagi kamu ketahui bahwa darimanakah Hp genggam yang kini kamu gunakan? Pastinya sebagian orang tak mengetahuinya, untuk itu inilah 6 negara dengan pembuatan smartphone terbaik dan paling besar di dunia.

1. Jepang

Sebagai negara maju, Jepang bisa dikatakan memiliki teknologi canggih untuk membuat segala hal, bahkan banyak teknologi Jepang yang sudah teruji diseluruh bagian dunia. Akan tetapi untuk smartphone yang dibuatnya dan diluncurkan di negeri kita ini memiliki kesan yang kurang populer dan itu terlihat pada kurun waktu lampau yang memperlihatkan tingkat pasar cukup rendah untuk smartphone yang meluncur di Indonesia dikarenakan banyak faktor yang salah satunya adalah dimana pabrikan smartphone dari Jepang ini kalah saing dengan pabrikan yang berasal dari Korea dan Taiwan, yakni Samsung dan Asus.

Produsen smartphone terbesar di Jepang saat ini adalah Sony, yang dikenal lewat liniXperia-nya dan yang terbaru adalah Xperia X. Negeri Sakura ini pun jelas masih menjadi daftar negara pembuat smartphone terbaik.

2. China

Selain membuatkan smartphone untuk vendor terkemuka seperti Apple, China juga memiliki merek lokal yang telah mendunia. Sebut saja Huawei, Oppo, OnePlus, Xiaomi, Meizu dan ZTE. Perusahaan China juga mencaplok beberapa vendor besar, seperti Lenovo membeli Motorola asal Amerika Serikat dan TCL membeli Alcatel dari Perancis. Oh ya, Samsung juga dua fasilitas produksinya ada di China meskipun mayoritas dari perangkat Samsung juga diproduksi di tempat lain.

China jelas menjadi negara pembuat smartphone utama. Tenaga kerja dan bahan baku yang berlimpah dengan harga murah, membuat banyak proyek manufaktur outsourcing. Dari 17 bahan bumi yang langka, 16 di antaranya diperlukan untuk memproduksi smartphone. China menghasilkan 95 persen bahan bumi yang langka, sebagai perbandingan India hanya menghasilkan 2,5 persen dan Amerika Serikat hanya 13 persen. Jelas bukan, China menjadi negara pembuat smartphone terbaik. Dan inilah 10 smartphone terbaik China :

  1. Oppo
  2. Huawei
  3. Xiaomi
  4. Meizu
  5. Apple
  6. ZTE
  7. Motorola
  8. Lenovo
  9. Alcatel
  10. TCL

3. Korea Selatan

Nah guys, ternyata Korsel juga masuk dalam daftar pembuatan smartphone terbaik dunia lho. Dan perlu untuk kamu ketahui bahwa Korea Selatan pernah menjadi salah satu negara termiskin di dunia pada tahun 1960. Tapi sekarang, Korea Selatan merupakan salah satu negara terkaya. Bahkan bank dunia baru-baru ini melaporkan bahwa Korea Selatan menempatkan diri di urutan 14 sebagai negara dengan ekonomi paling kuat di dunia. Negara yang terletak di Asia Timur ini jelas menjadi negara pembuat smartphone terbaik yang mampu bersaing dengan China dan Jepang, terutama soal inovasi teknologi. Kirain hanya Jepang saja yang memiliki teknologi yang begitu canggih, ternyata negara satu ini nggak boleh dianggap remeh lho guys.

Jelas salah satu kuncinya adalah keberhasilan Samsung yang kini menjadi raja smartphone. Meskipun untuk produksi Samsung juga mulai mengandalkan manufaktur outsourcing, lebih dari 50 persen produksi smartphone Samsung berada di Vietnam. Sebagai perbandingan, produksi di kampung halamannya telah turun menjadi hanya 8 persen. Tak hanya Samsung, LG juga merupakan raksasa teknologi dan sejauh ini masih merupakan rival Samsung yang patut diperhatikan. Hebat deh pokoknya.

4. India

Wah-wah, negara favorit saya masuk juga kedalam daftar pembuatan smartphone, kirain hanya terkenal akan tarian dari pemain film Bollywood saja nih guys. India sendiri adalah salah satu pasar smartphone terbesar, banyak vendor smartphone fokus jualan di Negeri Bollywood ini.

Beberapa tahun lalu, pemerintah India pun mulai inisiatif menggalakkan program Made In India, kurang lebih seperti Tingkat Kandungan Dalam Negeri alias TKDN di Indonesia. Tujuannya adalah mendorong bisnis nasional dan internasional untuk memproduksi produk smartphone di India untuk meningkatkan perekonomian negara melalui investasi asing secara langsung.

Hal ini pun membuat para vendor smartphone mau tak mau harus membuka pabrik agar bisa menjual produk smartphone-nya. Beberapa vendor yang telah serius meliputi:

  • Xiaomi
  • Huawei
  • Lenovo
  • Motorola

Karena inisiatif ini dipercaya bahwa India juga akan segera menjadi pusat kekuatan teknologi mobile dari belahan dunia timur, bahkan mungkin menyaingi China. Duh, hebat juga nih India ya. Pada 2015 saja, India menerima investasi asing dengan jumlah yang mengejutkan yakni US$63 miliar, buset dah banyak bener ya nominalnya.

Selain produsen China tersebut, banyak merek teknologi terkemuka telah mengalihkan produksinya di India. Sementara Samsung sendiri telah memiliki 3 pabrik di India sejak tahun 2006 dan pabrik ketiga dibuka pada tahun lalu. Baru-baru ini LG juga telah mulai memproduksi beberapa persediaan di India, meskipun saat ini masih dalam jumlah yang sangat terbatas.

5. Taiwan

Taiwan juga merupakan salah satu pusat teknologi dari Asia, yang merupakan tempat kelahiran merek terkemuka seperti Acer, ASUS dan HTC. Namun meskipun Zenfoneumumnya telah diterima dengan baik di pasar, ASUS masih punya produksi dalam skala kecil. Yang lebih mengejutkan bahwa produksi smartphone HTC kebanyakan hanya berada di Taiwan dan sejumlah kecil di India. Tapi HTC tampaknya sedang sibuk menyiapkan dua perangkat Nexus Google berikutnya yang bocorannya disebut ‘Marlin’ dan ‘Sailfish’.

6. Kanada

Nah, untuk negara yang satu ini pasti kamu tahukan? Yah, inilah negara yang telah melahirkan smartphone bermerek Blackberry. BlackBerry yang terkenal dengan tingkat keamanan yang tinggi dalam smartphone-nya. Meskipun saat ini keadaan BlackBerry tidak sejaya dulu, tapi mereka masih berjuang. Baru-baru ini Blacberry meluncurkan smartphone Android kedua setelah Priv, yakni DTEK50.

Nah gimana guys, sudah tahukan pembuatan smartphone terbesar dan terbaik di dunia. Darimanakah smartphone yang kamu gunakan? Pastinya sudah tahukan, selain di 6 negara yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak negara lain yang memproduksi smartphone tapi masih dalam skala yang lebih kecil. Untuk itu sekian dulu artikel hari ini dan selamat membaca.