Waw, Inilah Keajaiban Yang Ada Di Indonesia

Banyak fenomena keajaiban alam yang sebagian sulit dipahami oleh akal manusia. Fenomena-fenomena tersebut sebagian masih misteri dan belum dapat dipecahkan. Disisi lain, fenomena-fenomena tersebut terlihat sangat menarik dan menakjubkan. Dan bukan hanya fenomena alam saja yang membuat kita takjub melainkan keajaiban lainnya seperti halnya Ka’bah, Piramida, Menara Paris, Tembok China dan Taj Mahal. Nah, ternyata negara kita tercinta yaitu Indonesia memiliki beberapa keajaiban yang tak kalah hebatnya dengan keajaiban-keajaiban yang ada di dunia ini.

Indonesia terdiri dari wilayah yang luas dengan bentang alam yang lengkap. Kekayaan alam Indonesia tidak tertandingi bahkan banyak hal di Indonesia yang tidak bisa ditemukan di negara lain atau jika pun ada jumlahnya hanya sedikit sekali. Wilayah yang luas serta alam yang subur adalah beberapa berkah yang dimiliki Indonesia. Berbagai suku bangsa makin melengkapi harmonisnya negeri ini. Dengan hal tersebut tidak heran jika banyak tempat-tempat keren yang bisa ditemukan hanya di negeri ini. Berikut keajaiban yang ada di Indonesia yakni.

1. Candi Borobudur

Siapa yang tidak kenal dengan Candi Borobudur, candi Buddha terbesar di dunia yang berada di Magelang ini memang salah satu kebanggaan Indonesia. Disebut-sebut sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia karena konsep bangunannya yang unik dan megah. Traveler tentu sulit membayangkan bagaimana bangunan sebesar itu bisa dibangun tanpa menggunakan alat perekat seperti semen sama sekali.

Lebih ajaib lagi juga menilik sejarahnya bahwa Candi Borobudur dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824 atau pada pertengahan abad kesembilan yang artinya bangunan ajaib ini telah ada 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dibangun dan 400 tahun sebelum berdirinya katedral-katedral agung di Eropa. UNESCO telah mencatat bahwa Borobudur masuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia.

Borobudur kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan. Tiap tahun umat Buddha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Dalam dunia pariwisata, Borobudur adalah obyek wisata tunggal di Indonesia yang paling banyak dikunjungi wisatawan.

2. Pulau Komodo

Pulau Komodo terletak di sebuah selat antara Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB). Di Pulau Komodo terdapat kadal terbesar di dunia, yaitu biawak Komodo (Varanus komodoensis). Komodo dipercaya sebagai sisa binatang purba Dinosaurus yang masih hidup. panjang komodo dapat mencapai 3 meter dengan berat bisa mencapai 140 kg.

Pada peariran di pulau Komodo juga terdapat perairan yang termasuk keajaiban dunia bawah air. Dasar laut perairan Komodo adalah yang terbaik di dunia, di permukaan laut menyembulnya daratan-daratan kering yang berbukit karang. Sangat pantas pulau Komodo dimasukan dalam daftar keajaiban di Indonesia.

3. Raja Ampat

Raja Ampat adalah nama yang diberikan untuk pulau-pulau indah tersebut. Sebuah nama yang berasal dari mitos lokal. Empat pulau utama yang dimaksud itu adalah Waigeo, Salawati, Batanta, Misool yang merupakan penghasil lukisan batu kuno. Pecinta wisata bawah laut dari seluruh dunia datang ke Raja Ampat untuk menikmati pemandangan bawah laut terbaik yang mengagumkan. Mulailah tur Anda dari sini dengan menyelam di bawah lautnya yang paling indah. Jelajahilah dinding bawah laut yang vertikal dan rasakan ketegangan melihat kelayaan bahwah laut yang megah.

Meski Anda berdebar-debar saat terombang-ambing arus laut namun itu pastinya akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan di Raja Ampat. Selain pemandangan bawah lautnya yang dahsyat, Raja Ampat juga punya pesona lain yang tak kalah menawan di atas permukaan lautnya. Ada sebuah keajaiban alam di sana, berupa hamparan pasir timbul yang hanya muncul pada waktu-waktu tertentu saja, tepatnya pada laut sedang surut. Hamparan pasir timbul ini bisa disinggahi oleh wisatawan. Destinasi ini memang sedang naik daun di kalangan wisatawan.

Banyak juga guide yang tahu lokasi destinasi ini. Selain itu, banyak pula paket wisata yang mencantumkan pasir timbul Pulau Mansuar sebagai daftar destinasinya. Pantai di Yeben adalah salah satu keajaiban wisata di Raja Ampat yang belum banyak dibicarakan dan dipromosikan. Tak heran beberapa traveler jatuh cinta pada pandangan pertama begitu tiba di pantai ini.

4. Puncak Jayawijaya

Puncak yang juga terdaftar sebagai salah satu dari tujuh puncak benua (Seven Summit) yang sangat fenomenal dan menjadi incaran pendaki gunung di berbagai belahan Dunia. Puncak Jayawijaya terletak Di Taman Nasional Laurentz, Papua. Puncak ini diselimuti oleh salju abadi. Salju abadi di puncak Jayawijaya merupakan satu dari tiga padang salju di daerah tropis yang terdapat di dunia.

Di negeri kita yang dilalui garis khatulistiwa ini, menyaksikan adanya salju di Indonesia tentunya sesuatu yang mustahil untuk bisa dimengerti. Carstenz Pyramid (4884 mdpl) adalah salah satu puncak yang bersalju tersebut. Puncak ini terkenal tidak hanya karena tingginya, tetapi juga karena terdapat lapisan salju Di puncaknya.

5. Danau Tiga Warna Kelimutu

Danau ini oleh dunia disebut sebagai salah satu dari sembilan keajaiban dunia. Danau tiga warna terletak di Gunung Kelimutu, Flores, NTT. Di sana ada tiga danau yang berdekatan namun dengan warna-warna yang berbeda. Danau kawah tersebut adalah Tiwu Ata Polo (danau merah), Tiwu Nua Muri Kooh Fai (danau hijau) dan Tiwu Ata Mbupu (danau biru). Danau Kelimutu merupakan satu-satunya danau di dunia yang airnya dapat berubah setiap saat, dari merah menjadi hijau tua dan kemudian merah hati, hijau tua menjadi hijau muda, coklat kehitaman menjadi biru langit. Fenomena alam ini merupakan keajaiban.

6. Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang, Berastagi dan Nias.

Yang menarik wisatawan domestik maupun mancanegara. Gunung Toba diperkirakan meletus pada 73 ribu tahun lalu. Letusan ini tercatat sebagai letusan Gunung api terbesar yang mempengaruhi iklim Di seluruh Dunia.  Banyaknya wisatawan yang bertandang ke Danau Toba bukan merupakan hal yang ganjil karean danau yang satu ini memang memiliki pemandangan yang cukup menakjubkan. Sejauh mata memandang terhampar air jernih berwarna biru dengan background pemandangan pegunungan yang hijau. 

Dengan lokasinya yang berada di atas 900 meter di atas permukaan laut, membuat suhu udara di sekitara danau juga cukup sejuk. Danau Toba juga cukup luas dengan panjang mencapai 100 km dan lebar 30 km. Sementara itu untuk kedalamannya mencapai 450 meter. Begitu luasnya hingga danau ini nampak seperti lautan dan menempatkan sebagai danau terluas di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, sekaligus sebagai danau terdalam di dunia.

7. Prambanan

Candi prambanan adalah candi agama hindu termegah dan terbesar se-Indonesia setelah candi borobudur. Dengan gaya arsitek ramping, elegan dan natural, membuat semua mata terpesona melihatnya. Turis manca maupun lokal tiap hari memadati kompleks ini untuk sekedar tamasya atau studi. Dengan kekayaan nilai historisnya, Candi Prambanan telah diakui UNESCO sebagai salah satu keajaiban dunia dan situs warisan dunia.

Candi prambanan terletak di kecamatan Prambanan, Sleman dan Klaten, Jawa Tengah. Pembangunan dimulai pada abad ke 9 masehi oleh kerajaan Rakai Pikatan, sebagai tandingan borobudur sekaligus tanda kejayaan wangsa Sanjaya. Candi Prambanan dibangun untuk memuja 3 dewa agama Hindu yang sangat dihormati yaitu Dewa Siwa, Wisnu dan Brahma. Tiap dewa diwakilkan oleh 3 bangunan candi. Tapi yang paling diutamakan Ialah Dewa Siwa yang lebih tinggi dan lebih besar dari 2 candi yang lain. Tinggi candi utama atau candi siwa 47 meter atau 5 meter lebih tinggi dari candi borobudur.

Sama halnya dengan candi barobudur, candi yang satu ini juga dikatakan sebagai keajaiban yang ada di Indonesia. Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Candi Prambanan terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta. Candi ini dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi. Arsitektur bangunan ini sangat megah dan terdapat candi-candi baik besar maupun kecil pada Komplek Candi Prambanan ini.

Juga ada legenda bahwa candi-candi tersebut hanya dibuat dalam satu malam saja oleh kesaktian Bandung bondowoso sebagai syarat mempersunting Loro Jonggrang. Tapi bukan karena legenda itu Prambanan dimasukkan dalam daftar ini tapi karena kehebatan arsitekturnya yang memukau dunia.

8. Toraja

Tidak diragukan lagi bahwa yang membuat Toraja istimewa adalah tempat pemakaman yang menakjubkan dan upacara penguburan yang unik. Bukan rahasia lagi bahwa orang Toraja, terutama bangsawan mereka, mengubur orang-orang tercinta dan kerabat mereka yang tercinta dalam salah satu cara yang paling unik di dunia. Di sini, orang akan menemukan bahwa tidak seperti kebanyakan budaya lainnya, orang mati tidak terkubur jauh di dalam tanah tapi malah ditempatkan tinggi di tebing berbatu, di gua atau bahkan di dalam lubang berukir di batu-batu besar.

Situs pemakaman ini juga dihiasi dengan pintu kuburan yang disempurnakan dengan ukiran tradisional yang indah, peti mati kayu tradisional mereka yang disebut ‘erong’ dan boneka kayu kayu yang disebut ’Tau-tau‘ yang juga merupakan patung almarhum. Tradisi untuk menempatkan orang mati di atas batu mengikuti ajaran kuno orang Toraja, yang tinggal di dataran tinggi Sulawesi Selatan, yang menyebut “Alok” atau kepercayaan. Sementara beberapa orang menganggapnya sebagai “Alok ta ‘dolo” atau “kepercayaan orang-orang kuno” fakta bahwa ini masih dipraktekkan hari ini di zaman modern membuktikan bahwa tradisi kuno masih tetap dijaga tetap hidup.

Tradisi komunitas “Alok” ini percaya bahwa langit mewakili ayah mereka sementara bumi adalah ibu mereka. Jadi, sebagai simbol melestarikan kemurnian bumi sebagai “sang ibu”, masyarakat Toraja tidak mengubur mereka yang sudah mati di tanah. Toraja terletak Sulawesi Selatan. Tanah Toraja sangatlah unik, terutama Dalam hal penguburan mayat. Mayat-mayat tidak dikubur, tetapi diletakkan di dalam gua-gua di bukit batu.

Mayat-mayat ini ditemani oleh patung-patung yang menggambarkan orang yang meninggal tersebut. Di sini terdapat kuburan Di bukit batu. Salah satu bentuk kuburan adalah kuburan batu yang dibuat di bagian atas tebing di ketinggian bukit batu. Menurut kepercayaan animisme Aluk To Dolo Di kalangan orang Tana Toraja, makin tinggi tempat Ditaruhnya mayat tersebut makin cepat rohnya bertemu dengan Tuhan atau surga.

9. Krakatau

Gunung Krakatau yang letusannya pernah mengguncangkan bumi. Gunung berapi ini pernah meletus pada tanggal 26 Agustus 1883. Letusannya sangat dahsyat dan juga menimbulkan tsunami yang menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Suara letusan gunung Krakatau sampai terdengar di Alice Springs, Australia dan pulau Rodrigues dekat Afrika. Gunung Krakatau berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Bahkan debunya dikatakan sampai ke luar angkasa. Walaupun Krakatau sudah tidak berbahaya seperti dulu lagi (mudah-mudahan) tapi sejarahnya merupakan salah satu keajaiban alam tersendiri.

10. Danau Kakaban, Kaltim

Di Danau Kakaban terdapat ubur-ubur yang tidak menyengat yang tinggal di bawah airnya. Ubur-ubur seperti ini hanya terdapat di dua tempat di dunia, yaitu di Danau Kakaban dan Jellyfish Lake di Palau, Micronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik. Anda bisa berenang dan menyelam ke dasar danaunya untuk bertemu ubur-ubur unik ini.

Danau Kakaban diklaim sebagai danau ubur-ubur terbesar di dunia. Sebab didalamnya terdapat 4 jenis ubur-ubur di danau ini, yaitu ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Sedangkan Jellyfish Lake di Palau hanya memiliki dua jenis ubur-ubur saja. Danau Kakaban sendiri memiliki tekstur yang unik. Danau ini terbentuk akibat karang yang naik di atas permukaan laut dengan ketinggian hingga 50 meter. Kemudian, karang ini membuat sejumlah air terperangkap, dan terbentuklah danau.

11. Pulau Bali

Tak asing lagi bagi benak setiap insan mengenai pantai kuta walaupun yang sudah pernah kesana atau yang belum orang-orang indonesia umumnya mengetahui pantai kuta ini yang terkenal keindahannya. Pantai Kuta terletak di kabupaten badung selatan Denpasar, ibu kota Bali, Indonesia yang merupakan tujuan wisata turis mancanegara maupun domestik, Pantai Kuta sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach) sebagai lawan dari pantai Sanur.

Pulau ini termasuk salah satu pulau terindah di Dunia. Pulau Bali merupakan pulau wisata terbaik di dunia. Obyek-obyek wisata di pulau Bali seperti Kintamani, Pantai Kuta, Danau Batur, Goa Gajah, Tampak Siring, Bedugul, Tanah Lot dan sebagainya. Pulau ini dimasukkan dalam daftar ini karena banyak tempat yang sangat menakjubkan dengan arsitektur bangunan dan keindahan alam di pulau ini yang juga sudah diakui dunia.

Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Disini para turis sore-sore asik melihat pemandangan matahari tenggelam atau sunset beach.

Banyak wisatawan asing datang ke Indonesia untuk melihat langsung keindahan alamnya yang luar biasa. Bahkan ada beberapa di antaranya yang tidak dapat dijumpai di negara lain.