April Mop, Sejarah Serta Tradisi Unik Dari Berbagai Negara

Punya rasa humor itu bagus, tapi harus memperhatikan situasi dan kondisi khususnya jika menerapkan lelucon kepada anak-anak. Pada momentum April Mop ini, berbagai video berisi cerita orang tua membuat kejutan bagi anak mereka, tersebar luas. Ada lelucon yang menggambarkan orang tua bersembunyi di dalam lemari kemudian menutup wajah mereka dengan topeng yang menakutkan.

Ketika anak membuka lemari, orang tua itu akan menakutinya. Video lelucon seperti ini biasanya berakhir dengan tawa hingga berurai air mata. Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan April mop?

Pengertian April Mop

April Mop adalah suatu hari yang diperbolehkan melakukan kebohongan, kesaksian palsu atau lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. April Mop, dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, tepat pada tanggal 1 April, banyak orang yang merayakan April Mop. Perayaan April Mop ditandai dengan aksi tipu-menipu dan candaan terhadap orang lain dengan tujuan mempermalukan mereka yang mudah ditipu.

April Fools, April Mop, April Fish. Nama-nama itu hanya sebagian dari begitu banyak sebutan untuk tanggal 1 April yang diperingati tiap tahun sebagai hari penuh lelucon. Semua orang di seluruh dunia pasti pernah mendengar April Fools atau April Mop. Mungkin anda juga pernah ikut meramaikan April Mop dengan melakukan banyak keisengan kepada teman atau keluarga.

Banyak cara yang dipilih, mulai dari cara yang biasa hingga cara yang sedikit ekstrim seperti pura-pura mati. Meskipun menyebalkan, namun banyak orang yang melakukannya, termasuk Google. Pada 2004 lalu Google sempat membuat heboh dengan peluncuran alat bernama Coffee-To-The-Home (CTTH). Kopi tersebut dapat memudahkan kamu untuk meminum kopi tanpa perlu pergi ke coffee shop. Ya, tentunya alat tersebut tidak benar-benar nyata.

Dan di tahun 2017 ini, Google kembali mengerjai para pelanggannya dengan mengubah Google Maps menjadi arena bermain Pac-Man. Seperti yang kalian tahu bahwa tak hanya di beberapa negara saja namun perayaan hari jebakan ini dilakukan diseruh dunia loh. Sejarah atau asal mula April Mop atau April Fool’s Day sampai sekarang masih simpang siur. Banyak teori yang bermunculan di masyarakat mengenai lahirnya April Mop ini. Namun tahukah Anda bagaimana asal muasal ‘hari jebakan’ ini berasal?

Sejarah April Mop

Menurut bangsa Roma dan penganut Hindu, mereka merayakan Tahun Baru di sekitar tanggal 1 April. Tanggal 1 ini dipilih karena dianggap sebagai cara yang pas untuk memulai tahun baru. Tanggal ini adalah tanggal yang paling dekat dengan vernal equinox. Vernal equinox adalah waktu di saat seluruh bumi diperbaharui dengan datangnya musim semi. Di abad pertengahan, banyak bangsa Eropa yang merayakan Tahun Baru pada tanggal 25 Maret. Tanggal ini dirayakan sebagai Pesta Kabar Sukacita, permulaan tahun baru.

Namun di tahun 1582, Paus Gregorius XIII membuat penanggalan baru untuk menggantikan kalender Julius. Kalender sang Paus dikenal sebagai kalender Gregorian. Dalam kalender Gregorian, Tahun Baru ini dirayakan pada tanggal 1 Januari. Perancis akhirnya mulai mengadopsi tanggal ini sebagai waktu merayakan Tahun Baru. Namun ternyata tak semua orang bisa menerima perubahan ini, dan ada juga yang tak mau tahu.

Mereka tetap saja merayakan Tahun Baru pada tanggal 1 April. Sementara orang lainnya yang tahu kalau 1 April bukanlah Tahun Baru mulai mengolok-olok hal ini sebagai hal yang bodoh. Nah, ternyata banyak teori yang bermunculan di masyarakat mengenai lahirnya April Mop ini. Di bawah ini terangkum beberapa versi sejarah tentang lahirnya April Mop

Versi Sejarah April Mop

Hingga saat ini, sejarah April Mop masih bersifat simpang siur. Banyak teori yang terlahir dari masyarakat terkait perayaan ini. Sejumlah negara di dunia punya versi sejarah April Mop mereka masing-masing. Berikut ulasannya.

1. April Mop Versi Spanyol

Sejarah April Mop pun datang dari Spanyol. Negara ini merayakan April Mop pada tanggal 28 Desember yang disebut Dia de los Santos Inocentes. Itu berarti sebagai hari anak tak bersalah sampai pemerintahan Spanyol mengeluarkan undang-undang baru agar tanggal 28 desember 1978 diundur sehari supaya tidak dijadikan bahan tertawan publik.

Namun, pernyataan berbeda diungkapkan Joseph Boskin, profesor dari Boston University. Boskin mengatakan, ide April Mop digagas oleh para pelawak Kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin I di abad ketiga sampai keempat pasca Masehi. Mulanya, para pelawak kerajaan ini mengajukan petisi kepada Raja untuk mengizinkan mereka menjadi raja hanya untuk sehari saja.

Tak disangka, sang Raja setuju dengan petisi ini dan mengangkat salah satu pelawaknya yang bernama Jeter untuk menjadi Raja Sehari pada tanggal 1 April. Setelah naik tahta, Raja Jeter pun meresmikan tanggal 1 April sebagai hari kemustahilan.

2. April Mop Versi Perang Salib

Sejarah April Mop versi ini begitu mengerikan. Karena berkaitan dengan pembantaian umat Islam di Andalusia oleh tentara salib yang dilakukan dengan cara menipu dan siasat jahat. Tak segan-segan, tentara salib merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan meski awalnya hanya ingin iseng.

Pada masa itu, tentara salib menipu tentara muslim Spanyol yang kalah perang. Mereka mengatakan bahwa warga Spanyol akan dibebaskan dan dibawa keluar dengan menggunakan kapal. Tetapi itu semua hanyalah bohong belaka. Ini merupakan cara tentara salib untuk menipu masyarakat Spanyol. Saat muslim Spanyol masuk ke dalam kapal, mereka justru dibunuh oleh tentara salib. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 1 April.

3. April Mop Versi Perancis

Pada masa pemerintahan Raja Charles IX, Paus Gregory merombak penanggalan kalender yang semula hanya terdiri dari 10 bulan dalam satu tahun, hingga menjadi 12 bulan seperti penanggalan kalender Masehi sekarang. Perayaan tahun baru yang dirayakan mulai 25 Maret hingga 1 April, dimajukan ke 1 Januari. Banyak rakyat Perancis yang menentang keputusan Paus. Sejumlah warga akhirnya menetapkan perayaan 1 April sebagai tahun barunya.

Perilaku mereka ini malah ditertawakan oleh sejumlah masyarakat lainnya yang meledek mereka dengan cara memberikan lelucon palsu. Sejak saat itulah, masyarakat Perancis terus berperilaku aneh setiap 1 April dan menjadikannya sebuah tradisin tahunan. Lalu pada 1782, tradisi itu justru ditiru oleh Inggris dan popularitasnya semakin menyebar ke seluruh dunia.

4. Sejarah April Mop Joseph Boskin

Joseph Boskin, seorang professor dari Boston Univercity mengungkapkan hal yang berbeda. Boskin mengatakan, ide April Mop digagas oleh para pelawak Kerajaan Romawi pada masa pemerintahan Raja Constantin 1 di abad ketiga sampai keempat setelah masehi. Awalnya, para pelawak kerajaan ini mengajukan petisi kepada raja untuk mengizinkan mereka menjadi raja hanya untuk sehari saja.

Siapa yang menyangka, Raja setuju dengan petisi ini dan mengangkat salah satu pelawaknya bernama Jeter untuk menjadi raja sehari pada tanggal 1 April. Usai naik tahta, Raja Peter pun meresmikan tanggal 1 April sebagai kemustahilan dan kini dikenal April Mop. Namun, The Associated Press (AP) yang menerbitkan cerita ini, butuh beberapa pekan untuk menyadari cerita tersebut palsu dan bagian dari April Mop. Boskin mengarang cerita tersebut.

Itulah beberapa versi sejarah yang terdapat di beberapa negara. April Mop dirayakan oleh seluruh dunia dan identik dengan kebohongan dan keusilan. Jadi, kamu bebas membohongi dan mengusili teman setiap tanggal 1 April. Di beberapa negara, perayaan April Mop memiliki tradisi unik.

Tradisi Unik April Mop

Bukan cuma sekadar membohongi teman. April Mop sebagai suatu tradisi selalu dirayakan dengan berbagai macam kejahilan dan guyonan yang berbeda-beda. Kejahilan tersebut seakan-akan menjadi sebuah tradisi yang harus dilakukan ketika April Mop tiba. Beberapa negara bahkan melakukan tradisi jahil tersebut dengan tanggal yang berbeda-beda. Nah, kalo gimana perayaan April Mop di negara lain ya? Langsung aja simak yang satu ini ya.

1. Iran

Di Iran, April Mop disebut Sizdah Bedar karena bertepatan dengan hari ke-13 tahun baru Persia. Biasanya jatuh pada tanggal 1 atau 2 April. Nah, pada saat itu semua orang boleh menjahili orang lain. Tradisi ini sudah dilakukan sejak tahun 536 sebelum masehi.

Setelah menjahili orang lain, mereka akan berkumpul untuk makan pada sore harinya, tertawa dan melakukan permainan. Setelah selesai makan, masyarakat akan membuang sayuran hijau yang disebut sabzeh, yang dilambangkan sebagai kesialan dan rasa sakit. Jadi, memang harus dibuang supaya kehidupan di masa mendatang lebih bahagia.

2. Perancis dan Italia

Di kedua negara ini, April Mop dilaksanakan pada tanggal yang sama yakni 1 April, namun berbeda nama. Di Perancis, April Mop biasa disebut sebagai Poisson d’Avril, sedangkan di Italia disebut sebagai Pesce d’Aprile. Kedua nama tersebut memiliki arti yang sama, yakni Ikan April, dimana ikan dijadikan simbol kebodohan seseorang.

Tradisi yang dilakukan juga unik. Para murid sekolah biasanya menempelkan gambar ikan ke punggung korban April Mop secara diam-diam sampai sang korban menyadari hal tersebut.

3. Skotlandia

Orang Skotlandia termasuk salah satu masyarakat yang sangat hobi menjahili teman–teman mereka di saat momen April Mop. Untuk menyalurkan hobi aneh tersebut, perayaan April Mop di Skotlandia bahkan diperpanjang sampai tanggal 2 April lho. Secara tradisional di Skotlandia, perayaan April Mop disebut sebagai ‘Hunt the Gowk Day” yang artinya menjadi Hari Memburu Burung Kukuk.

Gowk sendiri disimbolkan sebagai orang yang bodoh. Di hari tersebut, setiap orang berlomba–lomba untuk melakukan kejahilan kepada teman–temannya, yang mana apabila “prank”nya berhasil, maka korban akan disebut Gowk. “Prank” pada hari pertama, biasanya dilakukan dengan mengirimkan pesan-pesan jahil ke para korban dimana korban akan dibuat patuh untuk melakukan perintah didalam pesan tersebut.

Kemudian pada hari kedua, yang biasa disebut Hari Penanda, orang-orang akan menempelkan tanda–tanda iseng untuk menjahili korban mereka, biasa diletakkan di punggung korban. Kemudian ada juga aksi saling ejek antar teman di hari tersebut.

4. Denmark Dan Swedia

April Mop di dua negara ini nggak dirayakan pada tanggal 1 April, tapi pada 1 Mei. Karena, bulan April dan Mei adalah bulan-bulan di mana musim dingin berakhir, sehingga harus disambut dengan berbagi lelucon agar suasana lebih ceria dan bersemangat.

5. India

Perayaan yang hampir sama dengan April Mop di India tak dilakukan pada tanggal 1 April, melainkan pada tanggal 31 Maret yang juga disebut sebagai Festival Holi. Pada hari itu, semua orang boleh melempar tepung warna-warni, Selain itu, mereka juga boleh mengerjai dan menyebarkan lelucon. Dan yang jadi korban jelas nggak boleh marah.

Kemeriahan Festival Holi di India, merupakan salah satu momen yang paling ditunggu–tunggu dan kerap menjadi salah satu daya tarik wisata di India. Selain diwarnai dengan aksi–aksi lelucon berupa saling lempar tepung dan sebagainya, Festival Holi juga selalu dirayakan dengan iringan musik dan tarian.

6. Spanyol

Nah, perayaan di Spanyol ternyata tak kalah serunya dari negara lain. Sama halnya dengan Iran, Spanyol juga memiliki sistem penanggalan berbeda untuk merayakan April Mop. Mereka biasanya menyelenggarakan April Mop dengan istilah “Holy Innocents Day” atau Hari Suci Tidak Bersalah, yang mana justru dirayakan setiap tanggal 28 Desember.

Pada dasarnya, hari ini merupakan salah satu perayaan besar umat Nasrani di Spanyol. Namun, kebiasaan–kebiasaan iseng dan jahil yang kerap dilakukan pada hari tersebut, membuat hari tersebut lebih spesial. Sesuai namanya, hari suci tidak bersalah, orang–orang di Spanyol akhirnya memanfaatkan “Hari Tanpa Dosa” tersebut untuk melakukan hal–hal jahil kepada orang lain.

Baik itu keluarga, teman–teman, rekan kerja dan kerabat lainnya karena dianggap melakukan suatu kejahilan pada waktu itu dianggap tidak merupakan kesalahan. Sehingga, para korban pun tidak diperbolehkan marah maupun tersinggung sedikitpun saat dikerjai di hari tersebut, karena pelaku dianggap tidak bersalah atau berdosa akibat kejahilannya.

Itulah beberapa perayaan unik yang dilakukan oleh beberapa negara terkait April Mop. Mereka semua memiliki latar belakang sejarah, bahkan tanggal perayaan yang berbeda-beda. Budaya April Mop menjadi semakin berkembang, bahkan ketika teknologi mulai marak digunakan.

Konon katanya, orang-orang yang dikerjai saat April Mop tidak boleh marah maupun tersinggung, karena bagi beberapa orang di seluruh dunia, melakukan kejahilan saat April Mop dianggap sesuatu yang spesial dan lumrah dilakukan. Dan hingga saat ini hari April Mop masih terus jadi hari yang patut diwaspadai. Teman atau keluarga anda mungkin saja sedang mempersiapkan ‘kejutan’ spesial di hari iseng sedunia ini. Demikianlah ulasan diatas semoga memberi pengetahuan bagi pembaca.