Bangunan Paling Unik Yang Ada Di Dunia

Jika kamu penyuka travelling, pasti kamu ingin pergi mengelilingi dunia dengan melihat hal-hal unik dan pemandangan yang sangat indah. Tahukah kamu, hal unik dan lucu ada karena buatan tangan manusia. Contoh nya seperti bangunan dan gedung-gedung yang berdiri di beberapa kota di dunia. Para aksiterĀ mendesain sebuah bangunan dengan cara yang unik dan berbeda dari yang selama ini diketahui. Desain unik gedung itu bahkan bisa disebut ekstrim dan tak masuk akal. Berikut beberapa bangunan unik yang ada di dunia.

1. Habitat 67, Kanada

Bangunan tersebut hampir tidak benar-benar mirip sebuah bangunan. Pasalnya, arsitekturnya sangat berantakan. Disebut habitat 67 karena bangunan ini disusun dari 67 ruang yang sengaja didesain berantakan. Pemerintah Kanada dengan cerdik meletakan bangunan di tengah kota dan menjadi pusat perhatian banyak orang.

2. The Crooked House, Polandia

Pertama kali melihatnya, mungkin kalian berpikir ini pasti hasil photoshop, namun bukan! Ini adalah salah satu toko yang dijuluki Crooked House yang berada di sepanjang Sopot Rezydent Shopping Center. Landmark kota Sopot ini diarsiteki oleh Szotynscy Zaleski.

3. Nautilus, Meksiko

Apakah kamu mengenal kapal selam bertenaga nuklir pertama yang diluncurkan Angkatan Laut Amerika Serikat pada tahun 1954? Bangunan ini didesain mirip sekali dengan kapal selam Nautilus milik Amerika Serikat. Jika diperhatikan lebih detail, terdapat kombinasi bentuk antara mollusca dengan cephalopoda. Desainnya persis dengan cangkang Nautilus.

4. Urban Cactus, Belanda

Kita semua memang membutuhkan green building yang ramah lingkungan untuk mengatasi pemanasan global. Tapi ini apa nggak terlalu berlebihan ya? Bangunan unik ini merupakan sebuah apartemen di kota Rotterdam. Gedung setinggi 19 lantai ini dirancang UCX Architects dan jelas terlihat bahwa apartemen ini sangat ramah lingkungan.

5. Menara Rotasi, Dubai

Sungguh menakjubkan gedung unik ini. Kamu bisa menikmati indahnya matahari terbit di pagi hari tepat dari kamar tidur kamu. Saat matahari pulang kembali ke rumahnya, kamu juga akan menjumpainya jika tinggal di gedung tersebut. Selain unik, bangunan ini ternyata juga menghasilkan energi dari turbin yang dipasang di setiap lantai yang berputar. Jumlah turbin angin mencapai 79 buah yang digunakan untuk pembangkit tenaga listrik.

6. Gedung Berjoget, Republik Ceko

Gedung unik disebut gedung menari. Lantas apakah gedung ini bisa berjoget jadi mendapat julukan seperti itu? Bukan, gedung yang terletak di kota Praha, Ceko ini memang didesain khusus seakan terpelintir dan berjoget. Didesain olah arsitek Kroasia-Ceko, Vlado Milunic pada tahun 1992-1996, gedung ini awalnya memiliki nama Fred and Ginger yang merupakan nama pasangan dancer.