Jangan Terkecoh, Disangka Bunga Ternyata Ini Sosok Hewan Kecil

Keindahan suatu bunga kerap membuat hati merasa sejuk dan damai. Bunga begitu banyak dikagumi banyak orang, bahkan lambang cinta kerap dipadukan dengan pemberian bunga. Keindahan bunga pastinya dikarenakan warna, bentuk dan aromanya. Seperti halnya bunga Anggrek yang begitu banyak dikagumi oleh masyarakat luar, apalagi mengenai pembudidayaannya.

Anggrek adalah suku satu tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika. Namun kamu jangan sampai terkecoh, ada jenis hewan yang begitu mirip dengan sosok bunga anggrek bahkan bentuk dan warnanya bisa menyerupai bunga tersebut. Untuk itu mari kita simak agar kamu tak tertipu olehnya.

Belalang Anggrek

Bentuknya yang sangat indah, kombinasi warna pink dan putih menyerupai bunga anggrek. Belalang sembah Anggrek atau nama lainnya yakni, Hymenopus coronatus ini nyatanya asli dari Sumatera, namun juga dapat ditemukan di Malaysia. Belalang jantan panjangnya hanyalah 3cm, setengah dari belalang betina merupakan 6cm. Belalang anggrek adalah predator yang meniru penampakan bunga anggrek. Saat ‘memanipulasi’ ia akan beraksi layaknya sebuah bunga yang indah (bunga anggrek).

Para ilmuwan mengatakan bahwa alam memang selalu menyajikan beragam hewan yang unik bahkan memiliki kemampuan akan meniru bentuk dari sebuah tanaman. Pasalnya belalang anggrek hampir sama dengan bunglon (hewan yang dapat berubah warna kulit sesuai daerah sekitarnya atau tempat dimana ia berada). Perlu kamu ketahui bahwa belalang anggrek ini sudah ada sejak satu abad yang lalu. Namun pemimpin penelitian dari Macquarie University, James O’Hanlon mengatakan bahwa pada saat itu belum adanya pengujian akan penyamaran belalang itu dan apakah benar-benar terjadinya sebuah penyamaran? Kamu bisa melihat sendiri videonya dibawah ini.

Memanipulasi Mangsanya

Pada umumnya belalang adalah sosok hewan yang begitu pandai menyamar. Penyamaran ini dilakukan ketika ada predator lain atau belalang akan mencari mangsa. Ketika belalang ini masih muda, belalang akan menyerupai kumbang pembunuh yang mempunyai gigitan yang sangat sakit. Penyamaran ini akan menyelamatkan anak-anak belalang dari pemangsa. Menjelang dewasa, belalang anggrek ini akan berubah menyerupai bunga atau pohon di dekatnya dan bersembunyi di tempat terbuka. Inilah yang membuat mereka disebut-sebut sebagai hewan yang licik.

Perlu kamu ketahui bahwa pada dasarnya belalang adalah serangka pemangsa tingkat tinggi dan merupakan serangga karnivora yang makan segala macam serangga dan terkadang bersifat kanibal. Mereka biasanya diam dan menunggu korban mereka dengan tungkai-tungkai depan dengan posisi yang diangkat ke atas. Namun sangat disayangkan nih guys, ternyata belalang jenis Hymenopus Coronatus ini begitu sulit ditemukan karena ukurannya yang kecil dan keberadaannya yang sudah mulai jarang, selain itu kolektor juga gemar mengkoleksinya karena bentuknya yang sangat indah.

Klasifikasi belalang sembah anggrek:

Kingdom  : Animalia
Filum       : Arthropoda
Kelas        : Insecta
Ordo        : Mantodea
Family     : Hymenopodidae
Genus      : Hymenopus
Spesies    : Hymenopus coronatus

Manfaat Belalang

Ternyata hewan yang pintar menyamar ini memiliki banyak manfaat bagi manusia. Belalang ternyata mengandung banyak protein yang sangat baik dan vitamin, selain itu belalang dianggap lezat di banyak negara bahkan termasuk beberapa masyarakat di Indonesia. Sudah banyak dari mereka (warga Indonesia) yang gemar mengkonsumsi hewan satu ini untuk dijadikan sebagai sajian menu makanannya.

Pangan alternatif seperti belalang telah terbukti mampu mencegah penduduk dari kerawanan pangan dan gizi. Secara ilmiah, kandungan gizi dalam belalang memang tak bisa dianggap enteng. Belalang ternyata tidak kalah bergizi dibandingkan sumber protein lainya seperti daging sapi.

Untuk itu masyarakat bisa memanfaatkan belalang untuk membantu memenuhi kecukupan protein, zat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan. Selain kadar proteinnya tinggi dalam belalang, terkandung beragam jenis mineral seperti kalsium, magnesium, potassium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan dan tembaga. Sedangkan kandungan vitaminnya beragam, mulai dari vitamin A, B, B1, B2, B6, E dan C, asam folat hingga berbagai jenis asam lemak.

Belalang bermanfaat untuk:

  • Menyehatkan tulang
  • Menjaga kesehatan mata
  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Menjaga sistem saraf tetap sehat
  • Meningkatkan kadar kolesterol dan
  • Meningkatkan kesuburan pria

Nah gimana, sudah tahuka bahwa ada belalang yang begitu iseng menyamar sebagai bunga anggrek. Parahnya lagi belalang ini jauh lebih indah ketimbang bentuk bunga itu sendiri. Maka dari itu kamu jangan sampai terkecoh, selamat membaca.