Perenang Asal Maryland Bakal Balapan Renang Dengan Seekor Hiu

Michael Phelps, pengoleksi 23 medali emas Olimpiade dan 39 rekor dunia renang. Phelps saat ini telah menyatakan pensiun dari dunia renang kompetitif. Mungkin ini hal yang mengejutkan bagi dunia olahraga, namun hal ini sudah menjadi keputusannya dan pada saat ini usianya sudah mencapai 31 tahun selepas Olimpiade Rio 2016 lalu, perenang asal Maryland Amerika Serikat.

Ketika masih aktif, dia memegang rekor dunia untuk nomor 100 m dan 200 m gaya kupu-kupu. Kecepatan rata-ratanya ada di kisaran 8,6 s/d 9,7 km/jam.

Namun pada saat memperingati Shark Week 2017 yang digelar Discovery Channel, Phelps dihadapkan dengan sebuah kompetisi yang unik, mungkin kompetisi ini yang terakhir kali ya? Tercatat sebagai Perenang juara Olimpiade, Michael Phelps telah belasan kali mengalahkan lawannya dimedan kolam renang dunia. Dia adalah sosok perenang tercepat sejagat. Nah, ternyata kali ini perlombaan Phels bukanlah melawan perenang biasa, melainkan ia akan dihadapi dengan predator yang berbahaya? Predator? Berarti lawannya bukanlah manusia? Nah untuk itu mari kita simak artikel dibawah ini.

Phelps vs Hiu

Bukan bertanding melawan perenang dari penjuru dunia lainnya, Phelps justru akan beradu cepat dengan Hiu berjenis great white. Kompetisi ini sendiri digelar di sebuah laut lepas yang berada di Cape Town, Afrika Selatan. Ketika legenda renang Phelps tertarik untuk membintangi ‘Shark Week’ dari acara program Discovery, dia membayangkan akan baradu balap dengan salah satu pemangsa paling ganas dilautan, tapi itulah yang dia lakukan dalam acara TV itu.

Lomba renang antara Phelps dan seekor Hiu putih merupakan bagian dari program Shark Week di saluran Discovery. Bertajuk ‘Phelps vs Shark, balapan itu akan mengadu kecepatan Phelps melawan Hiu putih dalam lomba renang 100 meter. Sungguh luar biasa ya guys, Hiu dikenal sebagai salah satu ikan tercepat yang mampu berenang hingga 69 kilometer/jam. Kini peneliti menemukan bahwa struktur kulit Hiu yang memiliki pola unik ternyata membantu ikan itu berenang dengan efisien dan melaju cepat di dalam air. Duh, bang Phelps semangat yaa 🙂

Secara alamiah, Phelps jelas tak bisa menandingi kecepatan Hiu. Pasti kamu tahu bahwa predator ini dikenal sebagai salah satu predator paling efisien di bumi. Dengan kecepatan berenang mencapai 40 km/jam, mereka memang makhluk yang didesain untuk menjadi penguasa samudera. Namun semangat dari atlet renang ini begitu besar dan sangat perlu untuk diapresiasikan. Meski menyadari peluangnya kecil, Phelps tetap mempersiapkan diri dengan maksimal. Phelps juga dibekali sebuah pakaian renang khusus dengan sirip di bagian kaki. Nah, kamu bisa lihat video perlombaan Phelps dan Hiu ini.

Phelps mengatakan bahwa ‘Saya tahu ini akan sangat sulit. Bagi saya, bisa mempersiapkan diri dan siap secara mental untuk masuk ke air dengan Hiu di perairan terbuka, di habitat mereka. Saya pikir itu adalah sesuatu yang jelas berbeda dan menantang dari apa yang biasa saya lakukan. Saya tidak pernah mundur dari tantangan. Duh, bang Phepls keren banget deh. Dengan teknologi komputer, aksi Phelps dan Hiu itu kemudian digabungkan seolah keduanya sedang berenang bersisian. Si Hiu mampu menyentuh garis finis dengan catatan waktu 36,1 detik, sementara Phelps lebih lambat dua detik dengan catatan waktu 38,1 detik.

Sayangnya, peraih medali emas olimpiade itu harus mengakui keunggulan Hiu putih. Ikan tersebut mengalahkan Phelps dengan selisih waktu tipis 2 detik. Phelps finis dalam waktu 38,1 detik, sementara Hiu putih mencatatkan waktu 36,1 detik. Tetapi Phelps tak sepenuhnya kalah. Dalam pertandingan renang 50 meter, ia mencatatkan waktu 18,7 detik, mengalahkan Hiu karang dengan selisih waktu 0,2 detik. Namun ia kalah melawan Hiu kepala martil, yang finis dalam waktu 15,1 detik.

Bagi Phelps sendiri, pertandingan ini membuatnya lebih mengapresiasi kecepatan gerak Hiu di dalam air, terutama dengan ukuran tubuh sebesar itu. “Seekor Hiu mako bahkan dapat berenang dengan kecepatan lebih dari 40 mil per jam (64 km per jam). Itu sungguh menakjubkan. Yah, seperti yang dijelaskan diatas bahwa Hiu adalah predator air yang begitu lincah dan cepat. Kecepatan rata-rata Hiu sebenarnya hanya 8 kilometer per jam.

Namun Hiu sanggup melesat hingga 50 kilometer per jam saat berburu atau menyerang. Struktur tubuh dari tulang rawan dan dilengkapi otot kuat membuat Hiu lentur dan tak tertandingi di lautan. Selain bentuk tubuh dan kekuatan otot, kemampuan renang Hiu juga dipengaruhi oleh kulitnya.

Namun semangat dan tekad dari Phelps harus kita ancungi jempol ya guys, lihat saja selisih waktunya hanya berebda sedikit. Pastinya Phelps memang perenang terbaik dunia. Nah, untuk itu sekian dulu artikel hari ini dan selamat membaca guys.