Unik!! Penjara Di Swiss Gunakan Sel Berwarna Pink Untuk Narapidana Yang Agresif

Apasih yang kalian bayangi jika terdengar kata-kata penjara yang isinya tahanan kelas tinggi yang memiliki sikap agresif dan gak bisa tenang ataupun bisa disebut dengan kata “brutal” yang para pidananya seperti pisikopat ataupun lainnya. Pasti kalian akan membayangkan dengan keadaan yang suram, suasana yang pengap, berantakan, kelam dan semuanya berwarna hitam. Tetapi tidak dengan penjara yang ada di Swiss ini loh.

Di negara Swiss, para narapidana yang berkelakuan angresif dan gak bisa tenang akan dipindahkan ke sel yang semua catnya berwana pink. Waahh.. Kalau menurut cewek sih warna pink merupakan warna yang sangat indah bahkan jika cat kamar mereka menggunakan cat pink membuat mereka bahagia dan terkesan dengan namanya feminim, yakan girls?? Tetapi bagaimana dengan parapidana khusnya laki-laki yang melihat semua cat di ruangan tahanannya berwarna pink?? Nahh ini dia..

Beberapa tahanan terberat di area Swiss merasakan sesuatu hal yang sangat sulit dan menggelikan, karena selama tiga puluh tahun dipenjara, Swiss memiliki sistem mencat sel penjara para narapidana dengan warna pink dalam upaya untuk menenangkan narapidana dari sifat yang agresif. Psikolog berkata bahwa warna pink yang melambangkan feminin ini akan memiliki efek menenangkan untuk prilaku narapidana yang brutal. Selain itu, warna pink juga dikenal untuk beristirahat dan bersantai, warna pink tidak jauh dari karakter feminim. Dan itu merupakan hinaan untuk para laki-laki yang termasuk kedalam kelompok narapidana.

Pink memiliki arti warna yang menyenangkan, menurut psikolog. Hal ini diyakini untuk membantu menenangkan perasaan marah dan dapat menghasilkan efek yang menenangkan saraf, sehingga jika kita melihat warna pink dalam keadaan marah maka Anda akan merasa baik dengan jangka waktu tertentu. Sistem penjara di Swiss menggunakan efek psikoligis ini untuk keuntungan mereka dengan mempengaruhi kemarahan narapidana menggunakan cat penjara dengan warna pink.

Sementara kemarahan dapat dengan cepat mereda dalam waktu lima belas menit menurut piskolog yang bernama Daniel Spath, tahanan biasanya memiliki batas waktu selama dua jam tetapi banyak dari mereka tidak terlalu senang dengan penjara pink ini karena merasa dipermalukan dan bahkan dianggap seperti seorang anak gadis yang kecil.

Organisasi dipenjara menggunakan taktik ini. Bahkan beberapa polisi memiliki kunci untuk memasuki narapidana ke dalam sel warna pink ini yang khusus digunakan untuk menahan mereka karena mabuk-mabukkan. Menurut juru bicara polisi, warna pink ini membantu menenangkan orang yang mabuk dan mendorong mereka untuk tertidur lebih cepat dan tenang. Lain kali jika ada narapidana yang memiliki sifat yang agresif dan brutal polisi akan berkata ” jika kalian kembali merasa agresif, kami akan mengunci kalian di kamar berwarna pink selama dua jam. Yang akan membuat kalian merasa lebih tenang? “. Kata itu mampu membuat para pidana bungkam.

Beberapa polisi memiliki selnya masing-masing, salah satunya polisi yang bernama Bienne ini memiliki empat sel penjara berwarna pink yang digunakan untuk menahan mereka pada saat ditangkap karena mabuk dan menakuti orang-orang disekitarnya. Ide itu sendiri bukanlah hal baru lagi, beberapa Psikolog sebelumnya telah melakukan percobaan dengan menggunakan warna yang berbeda. Sebelumnya penjara berwana pink ini sudah digunakan di penjara Texas pada tahun 2006, dimana para tahanan menggunakan pakaian yang berwanra pink atau jumpsuit yang berwana pink.

Nah bagaimana menurut kalian gyus?? Unik banget kan?? Dan ternyata warna pink memiliki banyak kegunaan untuk perasaan seseorang ya. Ngomong-ngomong gimanah ya kalo penjara di Indonesia dibikin seperti ini?? Pasti keren banget, apalagi juga memiliki manfaat untuk para tahanan. Bagaimana menurut kalian?