Inilah Nutrisi Yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Pastinya semua wanita akan merasa bahagia bila mereka tahu bahwa ada janin yang sedang berkembang di dalam rahimnya. Upaya dalam menjaga janin tersebut pun kerap dilakukan oleh para wanita-wanita tersebut. Yah, seiring waktu janin tersebut akan berkembang dan menjadikan perut tampak lebih besar. Tapi tahukah kamu bahwa janin tersebut haruslah mendapatkan vitamin dan asupan nutrisi yang baik agar perkembangannya sempurna dan tidak mengalami kekurangan nutrisi.

Janin sangat membutuhkan nutrisi yang cukup agar dapat bertumbuh dan berkembang menjadi bayi yang sehat. Untuk kamu para wanita (ibu hamil) harus tahu mana asupan yang harus kamu konsumsi disaat hamil. Konsumsilah vitamin agar perkembangan janin tidak mengalami gangguan. Sangat penting sekali bagi kamu ibu hamil untuk terus mengetahui perkembangan buah hati setiap bulannya.

Zat Gizi Yang Cocok Untuk Ibu Hamil

Dimasa kehamilan, para wanita ini sangat diwajibkan untuk mengkonsumsi asupan yang bernutrisi lengkap dengan vitamin yang dibutuhkan ibu hamil. Walaupun mungkin beberapa ibu hamil dibantu dengan berbagai suplemen selama kehamilan tetapi makanan yang sehat dan bergizi saat hamil harus tetap dilakukan untuk mencukupi kebutuhan gizinya. Berikut ini merupakan zat-zat gizi penting yang dibutuhkan saat hamil.

Vitamin D

Vitamin D dibutuhkan oleh Ibu hamil untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Vitamin D juga diperlukan untuk membantu tubuh ibu menyerap kalsium dari makanan. Tubuh ibu bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, selain itu juga bisa diperoleh dari sumber makanan, seperti susu, jus jeruk atau sereal yang sudah diperkaya dengan vitamin D, telur dan ikan.

Kalsium

Ternyata kalsium sangat dibutuhkan saat hamil dalam jumlah yang tinggi. Bayi dalam kandungan membutuhkan banyak kalsium untuk pertumbuhan tulang dan giginya. Bayi akan mengambil kebutuhan kalsiumnya dari tubuh ibu, sehingga untuk menjaga kepadatan tulang ibu, ibu membutuhkan banyak asupan kalsium untuk mengganti kalsium ibu yang diambil bayi. Bukan itu saja, pada masa kehamilan pastinya ibu hamil sering mengalami tekanan akan darah tinggi. Dan untuk mencegah tekanan terhadap ibu hamil, ada baiknya jika memenuhi kebutuhan kalsium dengan cara mengkonsumsi sayuran hijau.

Iodium

Ternyata ada juga yang harus sangat diperhatikan ibu hamil dalam asupan nutrisinya. Selain untuk menjaga kesehatan kelenjar tiroid, iodium juga diperlukan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan. Iodium diperlukan bayi untuk perkembangan otak dan sistem saraf, juga untuk mencegah keguguran dan bayi lahir mati. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya pertumbuhan bayi pendek, cacat mental dan gangguan pendengaran (tuli) pada bayi. Untuk itu ibu hamil sangat memerlukan asupan yang mengandung Lodium dan asupannya semacam Susu Sapi (sewajarnya saja) dan Ikan cod.

Zat Besi

Tahukah kamu dengan memenuhi kebutuhan akan zat besi kamu akan mencegah terjadinya anemia terhadap ibu hamil dan mencegah terjadinya bayi lahir secara prematur dan berat badan lahir rendah (BBLR). Jika wanita hamil tidak mendapatkan asupan zat besi, maka dia akan mudah lelah dan rentan terkena infeksi. Kamu bisa mendapatkan zat besi dari daging merah tanpa lemak, ayam, ikan dan kacang merah.

Untuk membantu penyerapan zat besi oleh tubuh, sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi sumber makanan zat besi bersama dengan makanan atau minuman yang tinggi vitamin C karena dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan pembuluh darah dan sel darah merah. Kamu dapat meningkatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi jeruk, lemon, mangga, kiwi, melon, strawberi, brokoli, tomat dan kentang.

Selain itu ada suplemen yang dapat membantu ibu hamil mendapatkan asupan yang mengandung zat besi dan vitamin di dalamnya. Untuk itu perlu penelitian khusus agar suplemen itu benar-benar baik untuk dikonsumsi pada masa kehamilan. Dan berikut adalah Suplemen yang baik bagi ibu hamil.

Secara umum, suplemen yang dibutuhkan pada masa kehamilan sebaiknya mengandung vitamin dan mineral berikut ini.

  • 400 unit vitamin D
  • 250 miligram kalsium
  • 400-800 mikrogram asam folat
  • 30 miligram zat besi
  • 2 miligram tembaga
  • 2 miligram vitamin B6
  • 15 miligram zinc
  • 50 miligram vitamin C

Meski begitu, selalu ingat untuk terlebih dahulu menanyakan tiap suplemen yang ibu hamil minum dengan dokter kandungan. Melalui pemeriksaan yang tepat, dokter akan mengetahui vitamin serta mineral apa yang paling dibutuhkan oleh tubuh dan janin ibu hamil. Karena bagi seorang wanita, kehamilan adalah sebuah anugerah yang bisa dirasakan olehnya. Untuk itu, nutrisi baginya haruslah diperhatikan dengan benar agar tidak terjadinya masalah ataupun hal yang tak diinginkan pada masa kelahirannya.

Yah, memang ada baiknya jika ibu hamil mengkonsumsi asupan alami yang tidak mengandung bahan pengawet ataupun makanan yang banyak mengandung bahan penyedap rasa. Karena akan buruk bila ibu hamil terus-terusan mengkonsumsi bahan makanan yang tidak ada kandungan zat besi ataupun vitamin di dalamnya. Untuk itu disarankan agar para ibu hamil untuk selalu berwaspada pada menu makanannya. Karena nggak maukan kalau sampai bayi yang ada didalam kandungan mengalami hal buruk. Untuk itu perlu diperhatikan asupan nutrisi berserta suplemen alami yang banyak mengandung zat besi serta vitamin di dalamnya karena jika ibu hamil mengkonsumsi nutrisi tersebut, pastinya bayi di dalam kandungan akan tumbuh dengan sehat.