Jangan Asal Pencet Jerawat, Ini Dia Alasannya

Aku malu ah ikut ke acara tersebut, apalagi ada dia lelaki yang aku kagumi. Hem nasib banget ya pada saat tertentu gini jerawat tiba-tiba aja muncul, nggak enak banget dilihat. Udah ditimpa bedak dan conseler tetap aja kelihatan bahkan sudah dilapisi foundation malah kelihatan aneh.

Hem bingung banget nih, apa aku pencet aja ya biar dia cepat hilang. Eitss kamu jangan sembarangan memencet jerawat, emang kenapa kalo jerawatnya aku pencet. Biasanya jerawat diwajahku selalu aku kempesin, jadi apa masalahnya. Memencet jerawat tidak akan membuatnya hilang dan justru malah memperparah kondisinya. Bukan hal yang aneh jika kemudian jerawat meninggalkan bekas luka, atau kulit kamu malah mengalami infeksi.

Masalah Jerawat Dan Penyebabnya

Jerawat merupakan salah satu gangguan dan juga masalah kulit, terutama kulit wajah yang sangatlah mengganggu dan pastinya dihindari oleh sebagian orang, terutama bagi mereka para wanita remaja dan mereka yang mementingkan penampilan serta kesehatan wajah. Jerawat sendiri dapat muncul karena berbagai macam faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab kemunculan jerawat :

  1. Stress
  2. Hormone (Ciri ciri jerawat hormon)
  3. Depresi
  4. Kesehatan kulit yang tidak terjaga
  5. Radiasi sinar matahari
  6. Alergi akan obat – obatan tertentu
  7. Polusi udara
  8. Kekurangan nutrisi kulit wajah
  9. Kurang memperhatikan kebersihan wajah
  10. Kontak dengan debu dan polutan yang ada di udara bebas

Jerawat seringkali ditangani dengan cara yang salah, salah satu cara-cara yang salah dan sangat tidak disarankan ketika kamu mengalami jerawat yang muncul pada wajah, kamu malah memencet jerawat hingga pecah. Ini yang membua kamu harus sangat berwaspada dan mengingatnya bahwa begitu banyak bahaya dalam memencet jerawat.

1. Pendarahan

Hal ini dapat menyebabkan munculnya pendarahan dan apabila berada pada level yang parah, terutama bagi kamu yang mengalami kelainan pada sistem pembekuan darah akan berakibat fatal, karena kemungkinan pendarahan akan terjadi secara terus menerus dan juga terjadi berulang kali.

Selain itu apabila terjadi pendarahan yang cukup parah kamu akan mengalami kondisi kekurangan darah, atau yang biasa kita kenal dengan istilah anemia, yang memiliki gejala-gejela seperti yang ada dibawah ini;

  • Tubuh terasa lemas.
  • Konsentrasi menurun.
  • Mudah terserang penyakit.

Gimana masih mau asal memecahkan jerawat?

2. Kematian

Lebay? Yah sebagian orang mungkin akan beranggapan bahwa ini terdengar sedikit berlebihan apabila memencet jerawat dapat menyebabkan kematian. Namun ternyata, hal ini memang benar dan dapat terjadi. Ada daerah pada bagian wajah yang disebut dengan segitiga kematian, yang berada pada area sekitar hidung karena berisi syaraf-syaraf yang penting.

Apabila secara tidak sengaja kamu memencet jerawat pada lokasi ini dan terjadi pendarahan atau infeksi, maka efek buruknya adalah kematian. Jadi diharapkan kamu jangan terlalu menyepelekan masalah ini dan waspada akan kebiasaan ini agar kamu dapat mengontrol diri ketika hendak ingin memencetnya.

3. Bertambah Dan Makin Parah

Nih girl dengar, bukan malah mengurangi jerawat malah akan berefek buruk. Sama seperti infeksi ketika kamu memencet jerawat di wajah kamu, maka kuman-kuman serta bakteri yang berasal dari jerawat kamu yang sudah dipencet. Mungkin kamu rasa jerawat tersebut sudah hilang, kamu salah! Hal ini malahan akan memperburuk keadaan jerawat pada wajah kamu.

hal ini akan menyebabkan kemunculan jerawat lainnya pada bagian wajah yang disebabkan oleh keluarnya bakteri dan kuman, yang menyebar ke bagian-bagian lain dari wajah. Karena itu, sangat tidak disarankan untuk memencet jerawat karena dapat menimbulkan kemunculan jerawat yang jauh lebih parah dari sebelumnya.

Mungkin sebagian gadis dan yang lainnya bertanya, bagaimana mencegah munculnya jerawat pada wajah? Dan hal apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya? Nah bila kamu ingin mencegah jerawat, hanya perlu melakukan tips yang ada dibawah ini dan ingat dilakukan ya guys.

  1. Makan Makanan Sehat : Ini nih yang paling banyak disepelekan banyak orang, konsumsi makanan yang seimbang diet rendah gula. Termasuk dalam konsumsi kacang-kacangan, ikan, daging merah, buah-buahan dan sayuran. Beberapa studi ini menunjukkan, minum susu terlalu sering bisa memicu datangnya jerawat, namun penelitian ini masih dalam tahap penelitian lanjut.
  2. Hindari Menggosok Wajah Berlebihan ; Jerawat tidak hanya terjadi akibat akumulasi kotoran dan debu pada kulit, melainkan salah dalam merawat wajah. Misal terlalu keras menggosok wajah atau terlalu sering mengganti produk sehingga meningkatkan iritasi kulit. Karena penting bagi kamu untuk memperhatikan pemakaian produk wajah.
  3. Pilih Pembersih Wajah Bebas Minyak, apa produk pembersih kamu bebas minyak? Nah pilihlah pelembab dan tabir surya yang biasanya diberi label “non-comedogenic” pada kemasan ditoko kosmetik. Gimana sudah paham kan?

Masih mau asal-asalan pencet jerawat? Apa nggak takut kejadian yang seperti dijelaskan diatas melanda kamu. Duh jangan sampai deh dan demikianlah artikel pada hari ini semoga bermanfaat untuk kamu dan sampai jumpa :).