Naga, Buah Yang Kaya Akan Nutrisi Di Dalamnya

Banyak berbagai macam buah yang terdapat diseluruh dunia dan pastinya begitu banyak manfaat dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Misalnya saja buah Naga, buah yang satu ini begitu banyak penggemarnya. Ternyata banyak kandungan nutrisi dan khasiat di dalamnya. Kamu dapat mengkonsumsi buah Naga sebagai nutrisi tambahan untuk tubuh kamu. Bukan itu saja, buah naga juga dapat dijadikan sebagai bahan kecantikan pada wanita. Untuk itu mari kita baca aja artikel mengenai sih merah (buah naga) yang memiliki khasiat di dalamnya.

Buah Naga Dan Khasiatnya

Buah yang bentuknya khas ini cocok dikonsumsi oleh semua kalangan usia, berbagai nutrisi yang dikandung buah ini bagus untuk kesehatan bayi, balita, anak-anak hingga orang dewasa dan orang tua. Buah naga adalah buah yang aslinya berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan bernama Pitaya. Sedangkan nama naga atau ‘dragon’ sendiri diambil dari kepercayaan orang Vietnam yang menganggap bahwa buah ini sangat diberkahi dan mereka selalu meletakkan buah ini diantara dua patung naga.

Buah naga kaya akan nutrisi, selain kaya vitamin, buah ini juga kaya lemak tak jenuh yang penting untuk tubuh (bukan lemak jenuh yang justru harus dihindari). Serat yang ada pada buah ini memiliki manfaat bagus untuk pencernaan dan mengatur kadar gula darah. Sedangkan pada bagian bijinya yang berwarna hitam mengandung asam lemak esensial dalam jumlah banyak. Zat-zat inilah yang membuat buah naga sangat baik untuk kesehatan tubuh sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Ternyata baik buah naga merah ataupun buah naga putih sama-sama memberikan dampak yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh kita. Jadi kamu nggak perlu bingung untuk mengonsumsi buah naga putih ataupun merah. Khasiat yang terdapat dibuah naga pun begitu besar. Untuk itu, inilah khasiat yang terdapat pada buah ini.

Khasiat Buah Naga

Tahukah kamu bahwa ada banyak khasiat yang bisa kamu dapat dengan mengkonsumsi buah yang satu ini dan tahukah kamu bahwa buah naga ini dapat mencegah penyakit kanker ataupun diabetes. Berikut dibawah ini penjelasannya:

1. Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Kandungan serat selama ini lebih dikenal untuk melancarkan pencernaan, padahal ada fungsi penting lainnya sebagai pengatur dan mengontrol kadar gula darah. Kandungan vitamin B3 yang cukup banyak juga dapat membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes, terutama tipe 1 dan 2 yang merupakan tipe diabetes yang paling sering terjadi.

2. Mencegah Kanker

Buah ini sangat kaya akan vitamin C yang merupakan salah satu antioksidan utama, yang mampu mencegah rusaknya sel/DNA yang dipicu oleh radikal bebas, yang merupakan salah satu asal mula terjadinya kanker. Setiap 100 gram buah naga dapat memenuhi 20% kebutuhan vitamin C harian, padahal satu buah naga biasanya memiliki berat sekitar 400 gram atau 0,4 kg. Mencegah kanker salah satunya dengan cara rutin mengonsumsi buah naga ini. Ada baiknya kita mencegah ketimbang harus mengobati. Untuk itu mulailah mengkonsumsi buah yang satu ini.

3. Bagus Untuk Jantung

Ternyata bukan hanya untuk pencegahan diabetes dan kanker saja, khasiat buah naga juga baik untuk kesehatan jantung. Buah naga mempunyai khasiat menurunkan jumlah kolesterol jahat dan menaikkan jumlah kolesterol baik dalam tubuh. Selain itu kandungan Phytochemical Captin pada buah ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Sebagai informasi, zat Phytochemical Captin biasanya dimanfaatkan untuk pengobatan masalah jantung dan pada buah ini kamu bisa mendapatkannya secara alami. Jika kamu mempunyai kecenderungan tekanan darah tinggi ataupun masalah jantung, cobalah untuk mengonsumsi buah ini secara rutin.

Selain khasiat yang bisa kamu dapat dari buah naga ini. Ternyata ada banyak manfaat juga yang dapat kamu peroleh dari buah merah satu ini. Untuk itu inilah manfaatnya.

Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga bagi kesehatan tubuh memang sangat beragam, mulai dari manfaat yang sederhana sampai dengan manfaat yang penting dan tidak kita ketahui secara luas. Berikut adalah beberapa manfaat buah naga untuk tubuh kita.

  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Baik untuk membersihkan usus
  • Mencegah peradangan
  • Menjaga ion tubuh
  • Buah untuk meningkatkan stamina
  • Agar tidak mudah kram
  • Mencegah kelumpuhan otot
  • Baik untuk menjaga kelembaban kulit
  • Menunda Penuan Diri
  • Sangat ampuh untuk mengatasi tengorokan kering
  • Menjaga kesehatan syaraf
  • Baik untuk menjaga usus dari perkembangan bakteri
  • Dapat digunakan untuk perwarna alami (buah naga merah)
  • Dapat digunakan untuk membasmi jerawat
  • Mencegah kerapuhan tulang
  • Baik untuk pencernaan bayi di atas 1 tahun
  • Menjaga kelancaran sistem peradaran darah
  • Baik untuk meningkatkan ASI
  • Baik untuk mengobati panas dalam2
  • Baik untuk mengobati sariawan

Buah naga juga baik untuk merawat kulit tubuh. Selain memiliki khasiat akan penyakit, ternyata dia juga baik untuk masalah kecantikan kulit. Di dalam kandungan buah naga merah kaya akan vitamin B3, vitamin ini bermanfaat untuk melembabkan berbagai jenis kulit, selain itu juga dapat menghaluskan kulit yang kasar.

Nah, buat kamu yang bingung bagaimana ara mengatasi jerawat dan lainnya, buah naga juga sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kecantikan loh. Berikut dibawah ini manfaatnya:

1. Dapat bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan jerawat

Caranya sama dengan cara melembabkan dan menghauskan kulit, lakukan perawatannya secara rutin setiap malam agar jerawatnya cepat mengering dan hilang.

2. Dapat bermanfaat untuk mencegah penuaan dini

Selain dapat melembabkan dan menghaluskan kulit, buah naga merah dapat mencegah timbulnya penuaan dini. Hal ini dikarenakan di dalam buah naga terdapat kandungan vitamin E dan betacarote yang bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel-sel jahat yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Caranya: siapkan buah naga merah lalu bersihkan terlebih dahulu, setelah itu blender dengan di beri tambahan ½ gelas air putih sampai halus. Setelah itu tambahkan juga 1 sendok yoghurt lalu aduk-aduk sampai tercampur merata. Kemudian oleskan ke seluruh kulit wajah dan leher yang sebelumnya telah dibersihkan terlebih dahulu sampai merata, lalu diamkan sekitar 30 menit agar ekstrak buah naganya dapat meresap secara sempurna. Selanjutnya bersihkan dengan air hangat, lakukan perawatan ini secara rutin dan teratur 1 minggu sekali agar hasilnya dapat maksimal.

3. Bermanfaat untuk melindungi kulit dari sengatan matahari

Buah naga emang yang paling super, bukan hanya untuk menghilangkan jerawat saja, namun untuk berlindung dari panasnya matahari buah naga pun juga ampuh mengatasinya.

Caranya yaitu ambil air perasan buah naga, lalu oleskan keseluruh kulit wajah. Biarkan beberapa saat agar kandungan yang terdapat pada buah naga dapat meresap, setelah kering bersihkan dengan air dingin. Lakukan perawatan ini secara teratur setiap kamu akan keluar rumah.

Sudah tahukan manfaat dan khasiat yang terkandung dalam buah ini. Untuk itu jangan lupa untuk mengkonsumsinya ya.