Rahasia Pola Hidup Sehat Negara Maju

Siapa yang tak ingin memiliki badan sehat dan tetap awet muda? Banyak orang rela menghabiskan uang nya hanya untuk sedot lemak dan mengencangkan tubuh mereka agar tetap awet muda dan sehat. Jepang dikenal dengan pola hidup sehat nya yang teratur dan juga baik. Penderita obesitas di Jepang sangat lah minim, namun tidak hanya Jepang saja yang memiliki pola hidup sehat yang baik. Di beberapa negara maju di dunia juga terdapat rahasia pola hidup sehat yang mereka terapkan untuk bisa memiliki hidup sehat dan bugar. Dan berikut ini negara-negara maju yang memiliki pola hidup sehat yang bisa kamu ikuti.

1. China – Akupunktur

Terapi akupunktur sudah dipraktekkan selama ribuan tahun oleh masyarakat di China dan sekarang sangat populer di Negara Amerika. Menurut penelitian, akupuntur dapat meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, membantu kamu melepaskan pound, dan mempercepat produksi neurotransmitter dan meningkatkan kualitas tidur.

2. India – Meditasi

Meditasi merupakan kegiatan merelaksasikan pikiran dengan metode tertentu yang sangat popular di India. Penelitian menunjukkan bahwa meditasi tidak hanya untuk mengurangi stress dan kesehatan mental, melainkan dapat meningkatkan kesehatan sel dan mengurangi tekanan darah, respon nyeri, dan depresi. Relaksasi ini membantu penurunan metabolisme, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan denyut jantung, pernapasan, dan gelombang otak.

3. Belanda – Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu transportasi utama di Belanda. Masyarakat Belanda memilih sepeda menjadi pilihan utama dikarenaka Iklimnya yang sejuk, jarak yang tidak terlalu jauh dan prasarana yang sangat baik. BBC News melaporkan, sebanyak 31% penduduk Belanda memilih sepeda sebagai transportasi utama untuk melakukan aktifitas sehari-hari dan kini bersepada menjadi gaya hidup, itulah sebabnya mengapa Belanda dinobatkan sebagai negara tersehat di dunia.

4. Rusia – Banya (Sauna)

Di rusia, rahasia hidup sehat mereka adalah adanya tradisi Banya atau mandi uap yang dulunya dianggap sakral, kini menjadi semakin populer. Banya (sauna) bermanfaat untuk relaksasi dan penurunan berat badan. Banya (sauna) dapat membakar sekitar 300 kalori dalam sesi keringat sedangkan relaksasi dapat memperbaiki kulit, meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mengurangi penyakit pernapasan, dan menyeimbangkan pikiran dan emosi.

5. Yunani – Diet Mediterania

Diet Mediterania adalah istilah yang diambil dari kebiasaan cara makan orang-orang dari negara-negara disekitar laut Mediterania. Cara atau kebiasaan makan orang Mediterania ini telah diteliti para ilmuwan dan dianggap sebagai cara hidup yang paling sehat diseluruh dunia. Diet Mediterania adalah meliputi hidangan yang sederhana, namun tetap lezat dan menyehatkan, yang memasukkan biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, rempah-rempah, minyak zaitun, sayuran, kentang, pasta dan nasi.

6. Jepang – Tidur Siang

Di Jepang, tidur siang merupakan kebutuhan untuk memulihkan stamina, bahkan selama jam kerja tidur siang dianggap sangat penting untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik. Salah satu perusahaan yang berbasis di Osaka yaitu Hugo Inc memungkinkan karyawan untuk mengambil 30 menit tidur siang setiap saat antara jam 13.00-16.00.