Tak Kunjung Hilang? Guys Kenali Dulu Jenis Jerawat Diwajahmu

Jerawat? Apa yang ada dibenakmu mengenai masalah timbulnya jerawat? Menyebalkan? Seperti mendapatkan kesialan? Atau malah kamu suka dengan adanya jerawat diwajahmu? Seperti yang kita tahu, bahwa beribu wanita pastinya tak menginginkan wajahnya dihuni oleh jerawat, apalagi sampai berbekas diwajah cantiknya.

Kerap menggunakan pembersih wajah dengan merek ternama, bahkan ada yang sampai ke klinik kecantikan untuk menghilangkan bekas dari jerawat tersebut. Waw, sungguh merepotkan ya girl pantesan saja kalian meyebut jerawat sebagai ‘kesialan’ Namun adakah yang tahu bahwa jerawat memiliki jenis? Pengen tahukan? Untuk itu, yuk kita simak artikel dibawah ini.

Pantesan Tak Kunjung Hilang

Apa itu jerawat? Menurut definisi kalian jerawat itu seperti apa sih? Jerawat adalah benjolan-benjolan dengan ukuran kecil yang dapat dijumpai pada area wajah, namun ada juga jenis jerawat tertentu yang memiliki ukuran lebih besar dibanding kebanyakan jerawat. Jerawat pada umumnya disebabkan karena adanya penyumbatan pada pori-pori kulit yang berakibat timbulnya peradangan kantung nanah. Jerawat merupakan jenis penyakit kulit dengan jumlah penderita yang cukup besar.

Hampir tidak ada satu pun orang yang terlewatkan dari ancaman jerawat didalam perjalanan hidupnya. Perubahan hormonal yang terjadi selama masa menstruasi, penggunaan pil KBkehamilan dan stres juga merupakan pemicu terjadinya rangsangan kelenjar minyak sehingga jerawat dapat timbul sewaktu-waktu pada permukaan kulit.

Penyebab lain timbulnya jerawat dapat dilihat dari jenis jerawat yang kita derita, bahkan perubahan cuaca serta pemakaian kosmetik yang berbahan minyak juga memicu datangnya jerawat. Pernahkah kamu berfikir bahwa jerawat memiliki jenisnya? Atau malah kalian beranggapan bahwa yang berbentuk benjolan pada wajah kalian itu semuanya jerawat? Ini nih yang buat jerawat kamu tak kunjung hilang dan malah bertambah.

Perlu untuk kamu ketahui bahwa jerawat memiliki jenis-jenisnya dan bahkan cara mencegah dan menghilangkan jerawat juga sangat perlu untuk kamu ketahui, agar lebih tepat dan tidak salah dalam menggunakan sebuah kosmetik dan lebih mengerti lagi dalam cara mengobati jerawat berdasarkan jenisnya.

Jenis-jenis Jerawat Dan Cara Mengobatinya

  • Whitehead (komedo)

Whitehead, atau dikenal dengan komedo tertutup (komedo putih) adalah bentuk ringan dari jerawat yang kelihatan seperti benjolan kecil berwarna putih di kulit. Komedo ini mirip dengan blackhead (komedo yang terbuka/komedo hitam) yang disebabkan oleh bertambahnya minyak, sel kulit mati dan bakteri di dalam pori-pori, serta paling sering terjadi pada kulit yang berminyak di daerah hidung, dahi, dagu dan pipi. Jadi, warna hitam pada komedo blackhead bukan disebabkan oleh debu.

Inilah Cara Mengobati Whitehead Pada Wajah Kamu;

  1. Cucilah wajah Anda dua kali setiap hari.
  2. Gunakan krim benzoil piroksida. Benzoil piroksida adalah sebuah pengobatan jerawat yang efektif yang dapat digunakan untuk menghilangkan whitehead, bersama dengan blackhead, dan jerawat kistik.
  3. Cobalah asam salisilat. Asam salisilat berfungsi sama dengan benzoil piroksida, dalam hal membantu membunuh bakteri pada permukaan kulit.
  4. Gunakan krim retinoid. Krim dan gel retinoid yang terbuat dari turunan vitamin A. Krim ini merupakan solusi yang cukup tepat untuk berbagai masalah kulit, dari garis-garis halus dan kerutan, bekas luka, dan perubahan warna, hingga masalah jerawat yang berkaitan.
  5. Keluarkan whitehead. Dalam beberapa kasus, kamu dapat membuat janji dengan dermatologis untuk mengeluarkan whitehead. Dermatologis tersebut akan menggunakan alat yang telah disterilkan, yang disebut dengan extractor komedo, untuk membuka (mengeluarkan) whitehead tersebut dan menghilangkan penumpukan sebum, serta sel kulit mati di dalam.
  • Papula

Adalah jenis komedo yang meradang, membentuk benjolan merah atau merah muda kecil pada permukaan kulit. Jenis jerawat ini sangat sensitif terhadap sentuhan. Apabila kamu meremasnya, maka bisa membuat peradangan jerawat yang lebih buruk dan dapat menyebabkan bekas luka. Sebagian besar kasus jerawat papula ini dapat menunjukkan jerawat yang sedang berkembang ke level yang lebih berat lagi.

Cara Mengobatinya Menggunakan Bahan Herbal

  1. Gunakan bawang putih. Bawang putih mengandung senyawa yang disinyalir mampu memerangi bakteri penyebab jerawat tipe pupula. Caranya ambil bawang putih, kupas dan cuci hingga bersih. Potong-potong tipis atau parut kasar kemudian balurkan pada wajah anda. Diamkan selama 15 menit. Bersihkan dengan air hangat.
  2. Putih telur, mengandung protein tinggi yang bisa digunakan sebagai pencegah wajah dari jerawat tipe pupula ini. Gunakan putih telur saja lalu oleskan ke wajah sebagai masker. Setelah mengering atau kira-kira 20 menit, bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat.
  3. Lidah buaya, yang kaya akan senyawa anti bakterinya bisa juga untuk mengatasi jerawat papula ini.Caranya oleskan saja lendir lidah buaya secara merata ke wajah anda. Diamkan beberapa menit, kemudian bilas dengan air yang bersih.
  • Pustula

Merupakan jerawat hasil dari jerawat papula (Benjolan Merah) yang semakin parah. Sebelumnya kita bahas jerawat papula. Jerawat papula memiliki karakteristik gundukan merah, sedikit meradang, namun tidak memiliki puncak karena belum penuh dengan nanah.

Komedo yang tidak diobati dapat memburuk menjadi papula ketika dinding kelenjar yang terinfeksi meletus, sehingga memungkinkan campuran sebum dan bakteri menembus kulit di sekitarnya. Ketika sel-sel darah putih masuk ke kelenjar yang meletus untuk melawan infeksi, terjadi peradangan. Jika tidak diobati, papula dapat memperburuk menjadi pustula.

Adapun Cara Mengobatinya Dengan,

  1. Menggunakan Benzoil peroksida, obat ini hanya tersedia di klinik dan dianjurkan dari resep dokter. Hal ini biasanya digunakan sekali atau dua kali sehari dapat bekerja terhadap jerawat pustula.
  2. Asam salisilat. Bahan ini efektif dalam mengobati lesi jerawat yang non-inflamasi. Asam salisilat membantu kondisi yang abnormal pada sel-sel kulit dan pori-pori untuk mengurangi dan mencegah lesi.
  3. Retinoid, merupakan turunan dari vitamin A dan telah menjadi andalan dalam cara menghilangkan jerawat secara cepat selama 25 tahun. Bahan ini bekerja efektif terhadap setiap jenis komedo dan mengurangi papula dan jerawat tidak meradang.
  4. Antibiotik. Topikal yang dibuat dalam larutan, gel, atau bentuk krim. Bahan ini dapat membantu mengurangi jumlah bakteri pada permukaan kulit sehingga mencegah dan mengatasi jerawat meradang dan pembentukan jerawat baru.
  5. Asam azelaic digunakan untuk mengobati jerawat ringan sampai sedang. Hal ini diyakini bahwa asam azelaic dapat membersihkan jerawat dengan mengurangi populasi bakteri. Selain itu dapat mengurangi abnormalitas pada sel-sel kulit dan mengurangi peradangan. Efek samping yang terjadi adalah kulit kering.
  • Nodul

Nah guys sepertinya jerawat yang satu ini begitu mengerikan ya? Nodul adalah benjolan keras dan menyakitkan di bawah permukaan kulit. Jauh lebih besar dari jerawat, nodul memakan waktu lebih lama untuk menyembuhkannya karena mereka membentuk di bawah permukaan kulit lebih dalam. Beberapa ahli kulit dan ilmuwan bahkan menunjukan bahwa jerawat nodul bila dibiarkan akan dapat mewabah dan menjadi jerawat kista.

Jika kamu memiliki jerawat yang besar, parah dan terasa nyeri, mungkin jerawat kamu tersebut adalah jerawat jenis ini. Biasanya jerawat ini sangat sulit sekali disembuhkan dan menetap cukup lama. Wah bagaimana jadinya jika punya jerawat ini ya?

Tentu saja akan sangat mengganggu jika kita punya jerawat seperti ini. Jika kamu kebetulan terkena jerawat ini, maka sebaiknya segera dilakukan perawatan intensif. Bisa juga konsultasikan kedokter ya guys. Nah adakah cara mengobati jerawat jenis ini? Atau malah tidak ada pengobatannya? Aiss jangan sampai tidak ada deh ?

Walau jerawat jenis ini agak sedikit susah disingkirkan, namun kalian tak perlu risau karena jerawat jenis ini dapat diobati dengan cara menggunakan bahan herbal atau sering disebut dengan bahan yang alami. Pastinya pengen tahukan, bahan herbal apa saja yang dibutuhkan untuk menghilangkan jerawat jenis ini?

  1. Hancurkan satu tomat dan gunakan sebagai masker pada wajah. Kemudian oleskan merata pada wajah dan diamkan 10 menit. Bilas dengan air hingga bersih.
  2. Campur air jeruk nipis dan susu. Gunakan sebagai masker untuk mengobati jerawat dan komedo, oleskan merata pada wajah dan diamkan sejenak. Lalu bilas dengan sabun pembersih yang sesuai jenis kulit kamu.
  3. Gunakan sabun dan produk-produk yang terbuat dari lidah buaya, karena itu diketahui efektif mengobati jerawat. Kamu juga bisa mencoba gel lidah buaya atau menggunakan lidah buaya segar untuk mengatasi jerawat. Oleskan gel atau lidah buaya segar pada wajah dan diamkan 10 menit. Lalu bilas dengan sabun pembersih yang sesuai jenis kulit kamu.
  4. Buatlah pasta dari bubuk kayu manis dan madu. Kemudian oleskan pada jerawat dan biarkan semalaman. Cuci muka kamu keesokan paginya.
  • Jerawat kistik (jerawat batu)

Jerawat batu mirip seperti nodul tetapi berukuran lebih besar dan terbentuk jauh di dalam kulit dan dipenuhi dengan cairan jernih atau nanah. Jerawat batu lunak, menyakitkan dan dapat meninggalkan bekas luka setelah bintilnya menghilang. Jerawat batu juga cenderung mencolok dan membuat kamu tak percaya diri.

Cara Mengobati Jerawat Jenis Ini,

  1. Buah-Buahan. Perawatan wajah dengan buah tertentu telah terbukti bermanfaat dalam menyembuhkan jerawat kistik. Siapkan beberapa potong buah mangga yang sudah dihaluskan dan dicampur menggunakan lemon untuk membuat masker dan menerapkannya pada daerah yang terkena. Kemudian, biarkan selama beberapa waktu dan bilas dengan air dingin.
  2. Madu dan Aspirin. Kombinasi aspirin dan madu adalah yang terbaik untuk mengobati jerawat kistik. Pertama, menghancurkan sebuah tablet aspirin dalam sendok dan membuat pasta dengan mencampurkan air. Lalu oleskan pasta ini pada wajah kamu dan mencucinya setelah beberapa waktu. Setelah itu, oleskan madu untuk menenangkan kulit kamu.

Gimana? Sudah tahukan bahwa jerawat yang ada diwajah kamu memiliki jenis-jenisnya dan beda pula cara mencegah dan mengobatinya. Yang seperti yang kita tahu bahwa jerawat juga berbahaya jika didiamkan dan tidak medapatkan penanganan. Dan ingat guys jangan asal pencet jerawat juga ya, karena itu jauh lebih berbahaya lagi.

Terlihat sepele dan ringan, namun kamu sudah tahukan bahwa jerawat juga penyakit yang sangat berbahaya jika kamu tak segera menanganinya dan salah dalam mengobatinya. Untuk itu sekian dulu artikel hari ini semoga bermanfaat dan selamat membaca guys. ?