Yuk, Mengenal Psikopat Lebih Dalam

Seram banget kejadian disimpang sana, emang ada apaan? Semalam ada kejadian yang mengerikan, satpam yang terlihat baik itu melakukan pembunuhan terhadap warga seberang sana. Padahal satpam itu terlihat normal dan baik-baik saja, namun mengapa dia berbuat kejahatan seperti itu. Wah mungkin satpam itu psikopat kali, psikopat? Apaan itu? Lah kamu nggak tahu psikopat itu apa, nah kalau mau tahu mengenai psikopat dan mengapa seseorang mengalaminya simak artikel dibawah ini yuk.

Apa Itu Psikopat?

Psikopat berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan pathos yang berarti penyakit. Psikopat tak sama dengan skizofrenia karena seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya, suatu gejala kelainan yang sejak dulu dianggap berbahaya dan mengganggu masyarakat.

Istilah psikopat yang sudah sangat dikenal masyarakat justru tidak ditemukan dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder (DSM) IV. Artinya, psikopat tidak tercantum dalam daftar penyakit, gangguan atau kelainan jiwa di lingkungan ahli kedokteran jiwa Amerika Serikat. Psikopat dalam kedokteran jiwa masuk dalam klasifikasi gangguan kepribadian dissosial.

Selain psikopatik, ada gangguan antisosial, asosial dan amoral yang masuk dalam klasifikasi gangguan kepribadian dissosial. Sepertinya sangat sulit membedakan mana manusia normal dan mereka yang psikopat, untuk itu sulit untuk menebak mereka. Psikopat ditemukan di berbagai profesi dan kelas sosial, laki- laki dan perempuan.

Karena yang dirugikan oleh kejahatannya tak hanya individu tetapi juga masyarakat luas, Pengidap ini sulit dideteksi karena sebanyak 80% lebih banyak yang berkeliaran daripada yang mendekam di penjara atau dirumah sakit jiwa, pengidapnya juga sukar disembuhkan. Apakah psikopat mempunyai penyebab ataupun ciri-ciri?

Ciri-Ciri Psikopat

Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti penyebab psikopat. Berbagai teori dikemukakan oleh para peneliti. Teori kelainan struktural otak seperti penurunan intensitas bagian otak di daerah prefrontal grey matter dan penurunan volume otak di bagian “posterior hippocampal” dan peningkatan intensitas otak bagian “callosal white matter”. Teori lain adalah gangguan metabolisme serotonin, gangguan fungsi otak dan genetik yang diduga ikut menciptakan karakter monster seorang psikopat.

Namun yang harus kamu tahu bahwa psikopat memiliki ciri-cirinya dan untuk itu kita baca terus ya:

  1. Sering berbohong, fasih dan dangkal.
  2. Egosentris dan menganggap dirinya hebat.
  3. Tidak punya rasa sesal dan rasa bersalah. Meski kadang psikopat mengakui perbuatannya namun ia sangat meremehkan atau menyangkal akibat tindakannya dan tidak memiliki alasan untuk peduli.
  4. Senang melakukan pelanggaran di waktu kecil.
  5. Sikap acuh tak acuh terhadap masyarakat.
  6. Kurang empati. Bagi psikopat, memotong kepala ayam dan memotong kepala orang tidak ada bedanya(Contohnya Danang sang pelaku pembunuh kucing) ada di thread ini.
  7. Psikopat juga teguh dalam bertindak agresif, menantang nyali dan perkelahian, jam tidur larut dan sering keluar rumah.
  8. Impulsif dan sulit mengendalikan diri. Tidak ada waktu bagi seorang psikopat untuk menimbang baik-buruknya tindakan yang akan mereka lakukan dan
  9. Mereka tidak peduli pada apa yang telah diperbuatnya atau memikirkan tentang masa depan. Pengidap juga mudah terpicu amarahnya akan hal-hal kecil,
  10. Mudah bereaksi terhadap kekecewaan, kegagalan, kritik dan mudah menyerang orang hanya karena hal sepele.
  11. Tidak mampu bertanggung jawab dan melakukan hal-hal demi kesenangan belaka.
  12. Manipulatif dan curang. Psikopat juga sering menunjukkan emosi dramatis walaupun sebenarnya mereka tidak sungguh-sungguh (pandai bersandiwara).
  13. Mereka juga tidak memiliki tanggapan fisiologis yang secara normal diasosiasikan dengan rasa takut seperti tangan berkeringat, jantung berdebar, mulut kering, tegang, ataupun gemetar. Pengidap psikopat tidak memiliki perasaan tersebut, karena itu psikopat seringkali disebut dengan istilah “dingin”.
  14. Hidup sebagai parasit karena memanfaatkan orang lain untuk kesenangan dan kepuasan dirinya.
  15. Biasanya sangat cerdas dan mungkin paling cerdas ketika dibandingkan dengan anak-anak yang lain.
  16. Biasanya banyak mengetahui sesuatu yang tidak diketahuinya dan marah jika orang lain menyalahkannya (merasa paling benar dan biasanya anggapanya itu memang benar).
  17. Mengetahui sesuatu yang tidak diketahui. Biasanya banyak yang benar dan sangat sedikit sekali yang salah.
  18. Memiliki perkiraan dengan akurasi yang tinggi (perkiraannya jarang salah dan kebanyakan adalah benar atau benar semuanya).

Gimana guys adakah orang disekelilingmu yang mempunya ciri diatas? Waduh kalau begitu kamu harus hati-hati ya guys. Ngomong-ngomong psikopat kamu harus tahu juga nih guys bahwa ada sosok psikopat yang paling ganas di dunia, mau tahu kan untuk itu kita lanjut baca guys.

Psikopat Tersadis di Dunia

1. Ted Bundy

Yang pertama dihuni oleh seorang dari Amerika dengan nama lengkap Theodore Robert “Ted” Bundy lahir tanggal 24 November 1946. Adalah pembunuh, penculik, pemerkosa dan necrophile yang diserang dan dibunuh sejumlah perempuan muda dan anak perempuan selama tahun 1970-an dan kemungkinan lebih awal.

Setelah lebih dari satu dekade penolakan, ia mengaku tak lama sebelum eksekusi 30 kasus pembunuhan yang dilakukan di tujuh negara antara tahun 1974 dan 1978 total sebenarnya tetap tidak diketahui dan bisa jauh lebih tinggi.

2. The IceMan

Masih dari Amerika dengan nama lengkapnya Richard “The IceMan” Kuklinski kelahiran 11 April 1935. Adalah pembunuh bayaran Amerika yang dihukum karena tiga pembunuhan. Kuklinski diberi julukan “Iceman” untuk metodenya dalam pembekuan korbannya untuk menutupi saat kematian.

Kuklinski tinggal bersama istri dan anak-anak di pinggiran Dumont, New Jersey, sebelum penangkapannya. Keluarganya tampaknya tidak menyadari kehidupan ganda Kuklinski dan kejahatan. Sebuah gugus tugas Kepolisian New Jersey dibentuk setelah Kuklinski diduga dua pembunuhan. penyelidikan menyamar selama setahun menyebabkan penangkapannya.

3. Robert Pickton

Robert William “Willie” Pickton lahir pada tanggal 24 Oktober 1949 di Port Coquitlam, British Columbia, Canada. Seorang mantan petani multi-jutawan babi dan pembunuh berantai yang dihukum pada tahun 2007 dari pembunuhan tingkat dua dari enam perempuan.

Ia juga didakwa dalam kematian tambahan dua puluh perempuan, banyak dari mereka pelacur dan pengguna narkoba dari Vancouver Downtown Eastside, namun tuduhan tersebut tinggal dengan mahkota pada tahun 2010. Pada bulan Desember 2007 ia dijatuhi hukuman penjara seumur hidup, tanpa kemungkinan pembebasan bersyarat selama 25 tahun.

4. Luis Garavito

Lahir 25 Januari 1957 sebagai pemerkosa Kolombia dan pembunuh berantai. Pada tahun 1999, ia mengaku melakukan pemerkosaan dan pembunuhan dari 147 anak laki-laki. Yang menarik pada Garavito adalah ketika dia di penjara, jumlah korbannya akhirnya bisa melebihi 300 sesuai data yang ada. Dia telah dijelaskan oleh media lokal sebagai “the world’s worst serial killer” yang artinya adalah ‘seri pembunuh terburuk di dunia’ karena tingginya jumlah korban.

5. Harold Shipman

Wah padahal dia seorang dokter lho, mengerikan ya guys, beralih ke Inggris dengan nama lengkap Harold Frederick Shipman, adalah seorang dokter Inggris dan salah satu pembunuh berantai paling produktif dalam sejarah. Hal ini telah dibuktikan bahwa dia membunuh hingga 250 korban.

Menyeramkan guys, namun adakah pencegahan untuk menghadapi mereka? Nah ternyata ada cara untuk menghindari mereka dan berikut cara menghindari psikopat.

  1. Cara utama dalam menjalin hubungan dengan orang yang baru dikenal adalah jangan terlalu akrab. Para psikopat kerap memanfaatkan keakraban sebagai jalan untuknya mengelabui orang lain. Para psikopat umumnya mendekati orang-orang yang dirasa lemah dan mudah untuk ditipu. Psikopat biasanya akan bersikat sangat baik para orang yang dinilai baik padanya untuk mengelabui niat buruknya.
  2. Ada baiknya Anda tidak mudah terpancing emosi. Kerapkali para psikopat melakukan hal yang tidak menyenangkan bagi Anda, tetapi mereka tetap memasang wajah innocent dan dapat tersenyum lebar pada Anda. Ketahuilah bahwa psikopat tidak memiliki rasa bersalah dan sulit mengendalikan emosi. Tahan emosi Anda dan menghindari perkelahian dengan psikopat adalah jalan keluar terbaik.
  3. Gunakan cara halus untuk menolak dan menjauhi mereka. Upayakan untuk tidak menjauh secara mendadak karena para psikopat akan mencurigai sikap Anda. Untuk itu menjauhlah perlahan. Buatlah seolah-olah Anda tidak mengetahui apa-apa dan berusaha untuk mencari kesibukan lain. Sehingga Anda akan bebas dan teror para psikopat.

Gimana guys sudah tahukan apa itu psikopat dan ciri-ciri nya, untuk itu sekian dulu artikel hari ini dan selamat membaca guys.