Anggrek, Bunga Yang Begitu Disukai Hingga Pelosok Dunia

Begitu banyak tanaman bunga yang diincar para pecinta bunga. Salah satunya Anggrek, ini adalah bunga yang paling banyak digemari oleh masyarakat luas. Selain warna dan bentuknya yang begitu indah, anggrek juga salah satu tumbuhan yang paling banyak dibudidayakan dan ditanam di halaman rumah. Anggrek merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika.

Tanaman ini biasa hidup pada tempat-tempat yang memiliki ketersediaan air yang rendah. Ia sangat menyukai paparan sinar matahari namun secara tidak langsung, sehingga biasanya ia hidup di bawah naungan pohon-pohon. Tahukah kamu bahwa bunga anggrek dapat dijadikan sebagai bahan herbal kesehatan dan kecantikan. Nah, selain indah untuk halaman rumah, bunga yang indah ini juga dapat kamu manfaatkan sebagai bahan alami perawatan kecantikan.

Anggrek Dan Keistimewaannya

Berbicara mengenai tanaman anggrek, siapa sih yang tidak mengenal tanaman yang satu ini. Semua orang pasti tau dengan tanaman anggrek satu ini. Termasuk kamu bukan? Kepopuleran tanaman anggrek ini semakin meluas ketika tanaman anggrek ini mulai menyebar ke beberapa negara yang ada di dunia ini. Seiring dengan waktu, anggrek kemudian dikenal diseluruh negara yang ada di dunia bahkan hingga pelosok dunia.

Mengatasi Gangguan Saraf Dan Fungsi Otak

Cypripedium pb merupakan salah satu spesies anggrek, dimana bagian akarnya mengandung minyak atsiri, resin, tanin, gula, pati serta komponen lainnya yang berguna dalam penyembuhan berbagai macam gangguan penyakit. Penyakit itu seperti iritabilitas saraf, histeria, kejang, gangguan fungsi otak seperti kegilaan dan delirium. Bunga anggrek begitu sangat membantu.

Membantu Mengobati Sakit Gigi Dan Telinga

Arethusa Bulbosa merupakan salah satu spesies anggrek yang memiliki akar dengan kandungan senyawa kimia yang mampu menyembuhkan sakit gigi serta penyakit telinga.

Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Akhir-akhir ini bunga anggrek telah diberdayakan sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan produk kosmetik. Dimana bunga ini memiliki kemampuan dalam menyimpan air, sehingga menjadikannya panjang umur. Anggrek juga merupakan sejenis tanaman yang mampu memperbarui dirinya sendiri sehingga ia dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama.

Ekstrak minyak dari bunga anggrek telah terbukti mampu membantu meremajakan kulit serta membuat kulit terasa lebih kencang, yang pada akhirnya hal ini dapat membantu seseorang untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

Bukan hanya soal kecantikan dan kesehatan, ternyata inilah yang menyebabkan Anggrek begitu istimewa dimata dunia.

Apa yang menyebabkan anggrek antar tiap daerah atau negara berbeda-beda jenisnya? Hal tersebut dikarenakan pengaruh dari tempat asal tumbuhnya tanaman anggrek tersebut. Karena itulah disetiap daerah berbeda-beda jenis dan juga bentuk dari anggrek tersebut. Secara fisik, anggrek terbagi atas beberapa bagian, diantaranya adalah batang, bunga, akar, buah dan yang terakhir daun. Untuk itu yuk, kita lanjut baca aja.

1. Bagian batang anggrek

Ciri-ciri dari batang anggrek adalah memiliki bentuk yang ramping. Namun apakah semua batang itu bentuknya ramping? Jawabannya tidak. Mengapa? Karena tidak semua anggrek itu sama. Dan itulah yang menyebabkan anggrek itu berbeda-beda disetiap negara. Inilah yang menyebabkan tumbuhan ini begitu istimewa. Jadi kamu harus tahu bahwa tidak semua batang dari anggrek itu sama. Anggrek ada yang berbatang ramping dan ada juga yang berbatang gemuk. Semuanya tergantung dari mana anggrek tersebut berasal.

2. Bagian bunga anggrek

Pastinya semua sudah tahu dong bahwa anggrek memiliki bunga yang sangat indah. Dari keindahan bunga inilah nama anggrek di dapatkan. Setiap anggrek, jumlah kuntum dan juga warna bunganya berbeda-beda. Ada yang hanya memiliki satu kuntum atau kuntum tunggal. Ada juga yang memiliki kuntum yang banyak. Seperti pada bunga dari tanaman lain pada umumnya yang memiliki beberapa bagian utama. Diantaranya adalah daun mahkota, putih, daun kelopak, benang sari dan buah. Bagian-bagian tersebut merupakan bagian paling penting dari bunga.

3. Bagian akar anggrek

Ciri-ciri dari akar anggrek adalah memiliki daging dan lunak. Apabila dipatahkan maka akarnya mudah patah. Tidak seperti akar tumbuhan pada umumnya yang akarnya sangat keras. Untuk anggrek sendiri akarnya sangatlah mudah patah. Namun jangan remehkan akar yang mudah patah tersebut. Sebab, akar yang lunak tersebut dapat menahan tanaman anggrek yang lebih besar daripada akar tersebut.

4. Bagian daun

Setiap satu tanaman anggrek pasti berbeda-beda bentuk daunnya. Hal ini bukan lain karena jenis dari tanaman anggrek tersebut berbeda. Ada berbagai macam bentuk dari daun anggrek. Diantaranya adalah bentuk bulat telur, bujur telur lonjong, bulat telur sungsang serta bulat panjang. Daun anggrek memiliki bentuk yang tebal. Namun tidak semua daun anggrek yang bentuknya tebal. Sebagian besar daun dari tanaman anggrek yang berdaun tebal.

Nah, sudah tahukan mengapa anggrek begitu diincar dunia tetapi sudah tahu nggak kamu bagaimana menanam anggrek dengan baik? Yuk, kita lanjut baca aja.

Cara Merawat Bungan Anggrek

Banyak kalangan masyarakat luas yang tidak tahu bagaimana pentingnya merawat tumbuhan yang satu ini. Bahkan ada beberapa mereka yang mencintai anggrek namun takut akan kegagalan dalam perawatannya. Untuk itu inilah beberapa tips dalam merawat angrrek dengan baik.

Apakah anggrek bisa ditanam di dalam rumah? Mungkin kamu juga memiliki pertanyaan serupa, jawabnya tentu bisa. Bunga anggrek bisa dibudidayakan di ruangan tertutup yaitu dengan menggunakan media pot. Jadi kamu bisa menaruh pot itu di sudut ruangan untuk menambah nilai estetika. Dan berikut cara baik dalam merawat tanaman ini.

  • Selain budidaya sendiri, tanaman anggrek juga bisa dibeli di toko penjual tanaman hias. Nah, agar bunga anggrek yang kamu beli tetap segar dan bisa tumbuh dengan baik, kamu bisa merawatnya dengan cara berikut.
  • Agar bisa tumbuh maksimal, letakan bunga anggrek pada tempat yang terkena sinar matahari secara alami tetapi jangan terlalu panas. Idealnya jangan meletakan bunga anggrek pada tempat yang terkena sinar matahari secara langsung.
  • Memberikan cahaya lampu. Hal ini dilakukan bila kamu menaruh bunga anggrek di dalam ruangan dengan adanya lampu tersebut akan menjaga bunga anggrek tidak kekurangan cahaya.
  • Menjaga kelembaban bunga anggrek. Sebagai salah satu tanaman tropis tentu menjaga kelembaban tanaman sangat penting untuk dilakukan.
  • Memberikan pupuk. Sebagai tanaman budidaya, tentu anggrek juga memerlukan pupuk untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Oleh karena itu, berikan pupuk untuk tanaman ini dengan jenis pupuk untuk tanaman tropis.

Itulah cara yang paling sederhana untuk merawat bunga anggrek agar tetap bisa tumbuh subur dan berkembang dengan baik.

Bagi kamu yang mencintai tanaman hias satu ini, nggak perlu ragu lagi kan. Kamu hanya perlu mengikuti tips yang ada diatas agar mempermudah kamu dalam merawat tumbuhan bunga yang satu ini. Demikianlah untuk hari ini, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.