Canggih, Gerald R. Ford Dapat Berlayar Nonstop Selama 20-25 Tahun

Apa yang ada dibenakmu jika pada saat ini kita sedang membahas negara Amerika? Apakah sosok Presidennya? Atau malah budayanya? Nah, pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai canggihnya sebuah kapal Amerika. Namun kapal ini bukan sembaran kapal guys melainkan sebuah kapal yang sangat canggih dan mungkin kapal tercanggih yang ada di dunia. Penasarankan? YUk, kita simak artikelnya dibawah ini.

Kapal Induk Baru AS

Minggu, 16 April 2017 menjadi hari bersejarah bagi Angkatan Laut AS. Mereka resmi melepas kapal induk terbarunya, USS Gerald R. Ford berlayar ke laut bebas. Tak hanya itu bahkan presiden yang sempat viral ini Donald Trump juga begitu antusias mengumunkan peluncurkan kapal induk baru Amerika Serikat pada Sabtu (22/7). Kapal induk USS Gerard R. Ford ini adalah alat tempur laut paling canggih dan kuat yang dimiliki AS hingga saat ini.

“Dengan ini saya meluncurkan Kapal Amerika Serikat Gerald R. Ford untuk bertugas. Semoga Tuhan memberkati dan membimbing kapal ini dan mereka yang berlayar dengannya,” ujar Trump dalam upacara peluncuran di pangkalan angkatan laut AS di Norfolk, Virginia, dikutip Associated Press.

USS Gerald Ford akan menjadi kekuatan laut baru Amerika Serikat untuk masa tugas 50 tahun ke depanKapal berbobot 100 ribu ton ini mulai dibangun pada 2009 dan rampung September 2015 dengan memakan biaya hingga 10,5 miliar dolar AS, hampir Rp 400 triliun.

Dan sedikit untuk kamu ketahui bahwa nama kapal canggih ini diambil dari nama presiden ke-38 yakni, Gerald Ford adalah letnan komandan AL AS dalam Perang Dunia II. Selesai bertugas, Ford terpilih menjadi anggota dewan dari Michigan dan ditunjuk menjadi wakil presiden oleh Richard Nixon. Ford naik menjadi presiden setelah Nixon mengundurkan diri karena skandal Watergate yang membuat dia terancam dimakzulkan.

Inilah Kehebatan Gerald R.Ford

Kapal induk USS Gerald R Ford telah diluncurkan dan siap memasuki babak baru dengan teknologi canggih. Menjadi kapal induk termodern, yang dibuat dengan teknologi pelontar Electromagneticterbaru. Sistem pendorong pesawat lepas landas di kapal induk baru menggantikan teknologi sistem ketapel tekanan uap yang lambat.

Pendorong elektromagnetik membuat kapal ini lebih hemat power dan lebih cepat meluncurkan pesawat dibanding teknologi sebelumnya. Kapal perang dengan nomor CVN 78 ini ramah lingkungan, karena memiliki pengolahan air dan lebih hemat pemakaian bahan bakar ‘nuklir’.

Kapal ini menghasilkan 2,5x power listrik lebih banyak dibanding kapal induk generasi sebelumnya.Dimana power tersebut dimanfaatkan untuk peralatan elektronik sampai motor pengerak. Seperti yang kita tahu, bahwa kapal ini bukan sembarang kapal.

Untuk mendapatkannya saja, harus menghabiskan sekitar $ 13 miliar atau senilai dengan Rp 176 triliun, USS Gerald R. Ford masuk dalam kategori supercarrier. Sepanjang sejarah AS, kapal ini menghabiskan dana yang paling besar dan mahal. Keberadaan kapal induk dengan kode CVN-78 ini akan menggantikan kapal induk kelas Nimitz yaitu USS Enterprise dengan kode CVN-65.

Dan tahukah kamu bobot dari kapal ini? Kapal Super Berat, Bobotnya Mencapai 100 Ribu Ton.

Kapal yang dibuat oleh Newport News Shipbuilding Virginia ini berbobot mati 100 ribu ton. Ukuran kapal ini juga memiliki panjang 337 dan tinggi mencapai 76 meter, dari tinggi itu sebesar 12 meter hingga paling maksimal 41 meter berada di bawah permukaan air.

Jumlah dek paling bawah hingga paling atas sejumlah 25. Sehingga dengan dek-dek ini kapal USS Gerald R Ford bisa menampung sekitar 4.500 personel. Proses pembuatannya pun melibatkan sekitar 5000 orang pekerja. Dan lebih kerennya kapal ini juga ‘Dilengkapi Dua Reaktor Nuklir’.

USS Gerald R. Ford adalah sistem yang ditenagai dua reaktor nuklir A1b yang dibuat oleh Bechtel Corporation sebagai pengganti dari A4W. Teknis cara kerja dua reaktor nuklir A1B disalurkan ke baling-baling (berjumlah 4) yang nantinya mampu mendorong kapal perang. Dorongan ini memungkinkan USS Gerald R Ford dapat bergerak pada kecepatan maksimal 30 knot per jam atau sama dengan 56 km per jam. Hebatnya lagi, waktu operasional kapal ini adalah hingga 50 tahun tanpa perlu berganti bahan bakar.

Bahkan Dunia Takjub Akan Kemampuan Dari Kapal Ini, dirancang dengan benar-benar menggunakan model produk tiga dimensi, USS Gerald R Ford dari awal perancangan hingga pembangunan memang menggunakan teknologi canggih. Kemampuannya pun tak tanggung-tanggung, kapal ini bisa membawa 90 pesawat termasuk di dalamnya EA-18G Glowler, F-35 Joint Strike Fighter, MH-60S, E-2C/D Hawkeye, bahkan F/A-18F Super hornet.

Tak hanya itu, sistem EMALS atau Electromagnetic Aircraft Launch System (sebuah sistem peluncuran pesawat elektromagnetik) pun tersedia untuk menggantikan sistem ketapel uap tradisional. Kalau penasaran sama kapal ini, kamu juga bisa melihat video dibawah ini.

Keberadaan sistem EMALS ini terbukti dapat meningkatkan jumlah serangan udara yang dilakukan kapal ini. Bahkan dalam kondisi peperangan udara yang makin tinggi EMALS memungkinkan 220 serangan udara yang diluncurkan dari dua dek. Selain itu, kemampuan mempertahankan diri dari USS Gerald R Ford menggunakan peluru kendali anti serangan pesawat tempur.

Terdiri dari 2 unit RIM-162 ESSM dari Raytheon, dua unit RIM-116 RM, tiga unit Phalanx, serta empat unit senapan mesin M2 kaliber 12,7 milimeter. Tak ketinggalan, sensor radar dengan teknologi AESA, dual-band radar yang diperoleh dari teknologi kapal penghancur berpeluru kendali kelas Zumwat dari Raytheon.

Adapun Fakta Lain Mengenai Kapal Ini;

  • 5.000 orang terlibat dalam pembangunan kapal induk ini.
  • Diperlukan 200.000 galon cat berwarna abu-abu untuk melapisi kapal ini, cukup untuk mengecat 350 buah Gedung Putih.
  • Gerald R Ford akan dijuluki pangkalan terapung karena mampu mengangkut 4.600 orang dan 75 pesawat.
  • Kapal ini memiliki dek terbang dengan luas lebih dari 20.000 meter persegi.
  • Kapal induk ini menghasilkan 400.000 galon air bersih setiap hari.
  • Kapal ini memproduksi 15.000 porsi makanan setiap hari.
  • Kapal induk ini memiliki kecepatan di atas 30 knot atau sekitar 55 kilometer per jam.
  • Dengan kru yang lebih sedikit angkatan laut menghemat lebih dari 4 miliar dolar AS selama 50 tahun masa pakai kapal ini.

Belum puas dengan kapal super canggih ini, Pemeritah Amerika menyusulkan ingin membuat 3 kapal induk dengan tipe yang sama, yah yang dikenal sebagai kelas Ford Supercarrier.

  1. USS Gerald R. Ford, Kode CVN-78, konstruksi 13 November 2009, diluncurkan November 2013, bertugas 2017, penganti Enterprise CVN-65.
  2. USS John F. Kennedy, Kode CVN-79, konstruksi 22 August 2015, rencana 2018, bertugas 2018, penganti Nimitz (CVN-68).
  3. USS Enterprise CVN-80 (lama), rencana konstruksi 2018, selesai 2023, bertugas 2025, penganti Dwight D. Eisenhower (CVN-69).

Nah, sebelum diluncurkannya kapal canggih ini ternyata terdapat beberapa kapal indul Amerika yang aktif. Nah kamu dapat melihat kapal induk apa saja.

Jumlah kapal induk Amerika yang aktif.

  1. USS Gerald R. Ford, 2017, Kode CVN-78.
  2. USS George H. W Bush, 2009, Kode CVN-77.
  3. USS Ronald Reagen 2003, kode CVN-76.
  4. USS Harry S. Truman 1998, Kode CVN-75.
  5. USS John C Stennis 1995, Kode CVN-74.
  6. USS George Washington 1992, Kode CVN-73.
  7. USS Abraham Lincoln 1989, Kode CVN-72.
  8. USS Theodore Roosevelt 1986, Kode CVN-71.
  9. USS Carl Vinson 1982, Kode CVN-70.
  10. USS Dwight D. Eisenhower 1077, Kode CVN 69.
  11. USS Nimitz 1075, Kode CVN 68.

Yah, Amerika memang negara yang terkenal dengan kemajuan dan bahkan disebut sebagai negara paling kuat. Dan sepertinya kapal ini akan menjadi aset andalan untuk menaklukkan musuh-musuh militer AS di masa yang akan datang.