Ditenggelamkan Selama 58 Tahun, Kini Kota Ini Menjadi Surga Bagi Penyelam

China adalah negara berkembang yang memiliki banyak penduduknya, bahkan negara satu ini begitu dikenal dengan bela dirinya yakni ‘kungfu’, selain itu China termaksud salah satu negara yang memiliki banyak kerja sama terhadap negara-negara lain. Tapi tahukah kamu bahwa di China ada kota yang memang sengaja ditenggelamkan. Ha, apa sengaja ditenggelamkan? Apa bener? Yah, kota yang ditenggelamkan bener-bener nyata. Untuk itu daripada penasaran yuk, kita baca aja artikel yang satu ini.

Alasan Ditenggelamkannya Shi Cheng

Yah, mungkin kalian bingungkan mengapa bisa sebuah kota bagi penduduk ditenggelamkan. Ternyata penyebab ditenggelamnkannya kota ini adalah untuk menciptakan danau buatan dan pembangkit listrik tenaga air. Tahukah kamu bahwa pada Ribuan tahun lalu, budaya China telah berkembang sedemikian tinggi. Bahkan penduduk setempat telah mampu membangun kota yang indah dan kokoh. Dan salah satu kota tersebut memiliki nama yakni, Shi Cheng, di Chun’an County Zhejiang China. Itu adalah sebuah kota kuno yang didirikan sekitar 1300 tahun yang lalu. Wah hebat bener ya, dimana-mana orang menghindar dari air (banjir), eh ini malah kotanya dibanjiri, hehe.

Kini kota tersebut telah berada di kedalaman 26-40 meter bawah air. Yah, memang sedikit aneh campur unik ya guys, pasalnya kota tersebut sengaja ditenggelaman. Namun seperti yang dijelaskan diatas bahwa ditenggelamkannya kota tersebut guna untuk menciptakan sebuah danau buatan yang nantinya berguna untuk masyarakat bahkan penduduk desa lainnya. Sungguh pemikiran yang luar biasa, mengapa dikatakan pemikiran yang luar biasa? Karena tidak ada dari negara lain yang memiliki ide akan ditenggelamkannya sebuah kota dan tujuan dari ditenggelamkannya pun membuahkan hasil yang baik pula.

Shi Cheng Menjadi Surga Bawah Air

Mungkin bagi kamu yang sudah berwisata ke danau ini, pastinya begitu takjub akan keindahan di dalam nya. Yah, seperti yang kita ketahui bahwa itu adalah kota yang pernah dihuni oleh penduduk asli kota Shi Cheng China. Dan kota yang telah ditenggelamkan ini menjadi salah satu surga bagi para penyelam. Ini menjadikan tempat ini sebagai salah satu wisata yang banyak dikunjungi, bahkan para penyelam begitu antusias untuk mengunjungi danau ini. Disajikan dengan keindahan bawah air membuat para pengunjung penasaran akan sesuatu di dalamnya. Jadi tak heran bila dikatakan bahwa danau ini menjadi salah satu danau yang memiliki keindahan bawah air di dalamnya.

Bukan itu saja, kini kota bawah air ini dibuatkan pulau-pulau kecil guna untuk tujuan wisata seputar waduk ( Waduk atau reservoir adalah danau alam atau danau buatan, kolam penyimpan atau pembendungan sungai yang bertujuan untuk menyimpan air) yang indah.

Nama waduk tersebut kini begitu populer dikalangan masyarakat China. Yah, waduk tersebut diberi nama Danau Qiandao, dan nama lain yang juga dikenal yaitu Thousand Island Lake. Duh,jadi penasaran banget deh dan rasanya pengen berlibur di negara China dan cepat-cepat ngunjungi kota yang satu ini. Gimana nih, apa kalian juga sama seperti saya sangat penasaran akan tempat yang satu ini, duh kalau saya sih penasaran banget.

Begitu indah membuat tempat ini menjadi daya tarik bagi wisatawan ataupun turis yang berkunjung. Bahkan wisata yang penting di provinsi ini juga menjadi tempat rekreasi bagi banyak masyarakat. Tempat ini memiliki pemandangan pegunungan yang indah dan kota bawah air ini dapat kamu kunjungi kapan saja.

Meski Ditenggelamkan Puluhan Tahun, Arsitekturnya Tetap Kokoh

Agak aneh mungkin ya, mengapa arsitektur pada bangunan kota ini (kota yang telah ditenggelamkan) belum banyak yang terkikis. Pasalnya kota ini telah begitu lama terendam air, bahkan bangunan serta dinding kayu pun tetap masih ada. Belum ada arsitektur yang hancur, inilah yang menyebabkan kota bawah air ini terbilang aneh. Walau terbilang aneh namun tempat wisata bawah air ini menjadikannya tempat yang begitu disukai para penyelam. Karena arsitektur yang masih tetap ada membuat banyak penyelam menyukai tempat ini dan menjadikan tempat ini sebagai wisata surga dunia bagi para penyelamnya.

Gimana guys, sudah tahukan bahwa ada kota yang memang sengaja dibanjiri oleh air atau yang biasa disebut dengan ditenggelamkan. Walaupun awal tujuan dari ditenggelamkan adalah untuk terciptanya danau buatan dan pembangkit listrik tenaga air. Namun danau buatan ini menjadi surga para penyelam, untuk itu jika kamu berwisata ke negara yang terkenal akan ilmu bela dirinya ‘kungfu‘ (China), kamu pastinya jangan sampai terlewatkan deh untuk berwisata atau berekreasi ke tempat indah ini. Untuk itu sekian dulu artikel hari ini dan sampai jumpa kembali. Bye….