Ekstrim, Olahraga Ini Bisa Mengakibatkan Cedera Berat

Dalam upaya meningkatkan kekuatan ataupun kesehatan fisik dalam tubuh perlunya dilakukan olahraga. Olahraga adalah suatu bentuk aktivitas fisik yang terencana dan terstruktur yang melibatkan gerakan tubuh berulang-ulang dan ditujukan untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Kesehatan olahraga adalah upaya kesehatan yang memanfaatkan olahraga untuk meningkatkan derajat kesehatan.

Olahraga merupakan sebagian kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan kebugaran yang diperlukan dalam melakukan tugasnya. Namun bagaimana dengan olahraga ekstrim yang kini sudah banyak digemari beberapa orang. Untuk itu, yuk kita baca aja artikel hari ini mengenai cedera berat yang terjadi pada seseorang.

Olahraga Ekstrim

Olahraga ialah sebuah kegiatan menggerakan badan yang bertujuan untuk kesehatan. Walaupun tujuan awalnya adalah untuk kesehatan, namun banyak juga yang menjadikan olahraga sebagai hobi. Tak jarang hobi yang dilakoni tergolong ekstrim dan bahkan olahrga ini dapat mengakibatkan seseorang mengalami cedera berat, bahkan ada yang sampai cacat fisik dan yang lebih parahnya mengalami kematian. Sungguh mengerikan, olahraga yang awalnya untuk kesehatan dan kebugaran jasmani, malah menjadi maut bagi seseorang.

Inilah Olahraga Yang Ekstrim Dan Bila Terjadi Kesalah Maka Fatal Jadinya:

Biasanya olahraga yang mengundang bahaya dilakukan oleh orang-0rang yang memiliki teknik pada dasarnya. Mereka menguasai olahraga yang bersifat ekstrim ini bukan hanya untuk gaya-gayaan saja ternyata olahraga yang membahayakan ini sudah dijadikan sebagai hobi mereka. Nah, untuk itu ada baiknya kita baca, apa saja olahraga yang membahayakan namun masih tetap diminati oleh banyak orang.

1. Sky Diving

Dikenal dengan sebutan terjun payung adalah sebuah olahraga yang dilakukan dengan cara melompat dari atas pesawat terbang. Tentu tidak sekedar melompat, kamu juga harus menyiapkan beberapa peralatan seperti parasut. Bukan hanya sekedar olahraga saja, namun Sky Diving ini juga diperlombakan para sky divers akan membentuk suatu formasi yang menarik untuk dilihat. Pastinya olahraga yang satu ini membutuhkan persiapan yang luar biasa agar tidak terjadinya kesalahan.

Akibatnya:

Olahraga ekstrim ini taruhannya adalah nyawa, jika kamu salah dalam satu kali saja, maka kamu tidak akan pernah menemukan kesempata kedua. Untuk itu berhati-hatilah bila kamu melakukan olahraga yang ekstrim ini.

2. Cliff Diving

Untuk olahraga yang satu ini pastinya kamu sering melihat di adegan film-film atau bahkan di sosial media. Yah, Cliff Diving merupakan salah satu olahraga paling ekstrim yang dilakukan dengan cara melompat indah dari tebing berbatu setinggi puluhan meter ke dalam laut, lalu dilanjutkan dengan menyelam. Olahraga ini terbilang ekstrim.

Akibatnya:

Mengingat bahaya yang ada, seperti kecepatan tubuh menabrak air dan kemungkinan terkena bebatuan didalam air jika salah memilih tempat pendaratan kamu dapat mengalami kecelakan fisik pada tubuh. Untuk itu selalu lah berhati-hati dalam aksi ekstrim yang kamu lakukan.

3. Free Diving

Pastinya olahraga ini sangat butuh teknik dan keahlian khusus untuk melakukannya. Free Diving merupakan kegiatan menyelam tanpa menggunakan tabung. Jadi free diving adalah menyelam hanya dengan mengandalkan nafas yang tersimpan dalam paru-paru. Para penyelam biasanya melakukan spearfishing (menangkap ikan dengan tombak) atau sekedar berfoto dalam air. Pastinya ini tidak terlalu ektrim untuk dilakukan bukan, namun tahukah kamu cedera apa yang dapat terjadi padanya.

Akibatnya:

Bagi mereka yang tidak mengerti teknik dalam pernafasan dan hanya bisa berenang biasa saja tanpa memiliki keahlian dalam melakukan Diving tanpa alat bantu ini. Maka dia akan merasa seperti kehabisan nafasnya. Ini mengakibatkan munculnya kepanikan akan kurangnya teknik dalam Free Diving ini. Sebab itu janganlah kamu mencoba olahraga ekstrim yang belum benar-benar kamu kuasai.

4. Free Climbing

Duh, kalau olahraga yang satu ini pastinya semua udah tahukan resiko apa yang akan terjadi pada seseorang bila melakukan kesalahan pada saat melakukannya. Panjat tebing atau panjang dinding memang sudah masuk kategori olahraga ekstrim. Nah, apalagi free climbing yang tidak menggunakan alat apapun. Banyak yang bilang olahraga ini memang super ekstrim karena tidak menggunakan alat bantu apapun saat memanjat tebing.

Akibatnya:

Selain mengakibatkan cacat fiisk pada seseorang, Free Climbing juga akan dapat merenggut nyawa seseorang, untuk itu bagi kamu yang tidak mampu melakukan hal ini janganlah untuk mencobanya. Karena ini akan membahayakan diri kamu sendiri.

5. Parkour

Keren banget kalau ngelihat olahraga yang satu ini, Parkour atau dibaca paar kur adalah seni bergerak berpindah-pindah tempat dengan melewati berbagai rintangan dari titik satu ke titik lainnya secepat dan seefisien mungkin. Parkour dipopulerkan oleh seorang pria asal Prancis yang bernama David Belle. David Belle terkenal karena kemampuan parkournya. Olahraga ini sedikit berbahaya karena para penggemar parkour harus memiliki pembelajaran khusus agar dapat melakukan olahraga yang satu ini. Nggak sembarang orang bisa melakukannya, karena bila kamu melakukannya tanpa pembelajaran khusus maka kamu akan mengalami cedera

Akibatnya:

Inilah yang dapat mengakibatkan kamu mengalami patah tulang pada sebagian tubuh, bukan itu saja kamu akan mengalami cedera yang mengakibatkan luka akibat jatuhnya tubuh dikarenakan tidak memiliki teknik saat melakukan aksi ini.

Ada baiknya olahraga dilakukan secara baik-baik, karena olahraga yang bersifat membahayakan hanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah memiliki teknik pada dasarnya. Untuk itu lakukanlah olahraga secara baik-baik. Dan ingat, cedera dapat terjadi kapan saja, ada baiknya kamu memperhatikan bagaimana gerak tubuh pada saat olahraga.