Asal Mula Nama Brasil Dan Keunikan Dari Brasil

Siapa yang menegal negara Brasil, negara yang paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Brasil merupakan negara yang paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes dan Samudra Atlantik. Negara Brasil merdeka sekitar tahun 1822 dari Portugal, selanjutnya Brasil yang merdeka. Negara ini memiliki lima wilayah besar untuk memudahkan menjalankan fungsi administrasi kepemerintahan, yaitu : Norte (utara), Nordeste (timurlaut), Centro Oeste (barat tengah), Sudeste (tenggara) dan Su I (selatan). Masing-masing wilayah memiliki keunikan terhadap budayanya. Penduduk negara ini didominasi oleh keturunan Afrika kecuali di daerah tenggara, populasi terbesar adalah dari keturunan Eropa dan Jepang.

Pada umumnya warga setempat senang melakukan perkawinan campur antar ras sehingga menghasilkan keturunan yang rata–rata memiliki body, warna mata, warna rambut dan warna kulit yang sempurna sebagai ras campuran. Disamping itu, adanya percampuran budaya membuat Brazil menjadi salah satu negara yang kaya akan variasi budaya mancanegara sehingga menjadikannya sebagai negara atau bangsa yang unik.

Negara Brasil terdiri dari 26 negara bagian (estado) dan 1 distrik federal (distrito federal) dengan kota-kota pentingnya adalah Brasília, São Paulo dan Rio de Janeiro. Hanya satu hal yang masih menjadi teka-teki tentang negara Brasil. Yaitu tentang asal usul nama Brazil. Nama Brazil secara etimologis memang sangat membingungkan. Sebab kata “Brazil” sama sekali tidak merujuk ataupun tidak mirip dengan nama-nama atau bahasa di Eropa atau Amerika Selatan.

Konon, nama Brasil diambil dari nama sebuah kayu lokal Negara ini. Tapi sebenarnya ada satu teori yang lebih bisa digunakan untuk menjawab dan menjelaskan tentang asal mula nama Brasil. Di Afrika Utara ratusan kilometer di seberang lautan Brasil (saat ini) di antara bangsa Berber terdapat salah satu suku yang disebut dengan suku Birzala. Dan secara keseluruhan, anggota suku Birzala ini disebut dengan Brasil.

Ketika pada masa keemasan khalifah Islam, beberapa anggota dari suku Birzala rupanya juga ikut serta dalam ekspedisi para penjelajah muslim ke Amerika Selatan. Yang kemudian beberapa diantaranya menetap di kawasan negara sungai Amazon ini. Kawasan dimana suku Birzala menetap kemudian disebut dengan Brazilia secara keseluruhan. Teori ini diperkuat dengan “ditemukannya” beberapa nama daerah di wilayah ini yang merujuk pada bahasa Arab. Misalnya nama pulau Bene Hoare konon merujuk pada nama Bani Huware, salah satu suku Barber. Pelaut Eropa juga mencatat keberadaan pulau Benemarin ( yang mungkin mengacu nama Bani Marin).

Dan Brasil menjadi perhatian dunia karena menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 dan menjadi tuan rumah Olimpiade 2016. Seperti yang telah di jelaskan, Brasil memiliki keunikan nya tersendiri dan berbeda dengan negara-negara lain. Berikut ini beberapa keunikan dari negara Brasil.

1. Memilki Karnaval Terbesar di Dunia

Karnaval Rio de Janeiro adalah karnaval terbesar di dunia. Sekitar 2 juta orang turut memeriahkan karnaval ini setiap harinya. Kebanyakan dari mereka adalah siswa sekolah yang memang diwajibkan mengikuti karnaval ini. Karnaval ini digelar setahun sekali tepatnya sekitar sebulan menjelang Paskah. Karnaval ini digelar selama setahun penuh dan telah menjadi favorit dunia salah satunya karena penampilan para penari perempuannya, bahkan artis terkenal di dunia pernah ikut. Karnaval Rio de Janeiro telah digelar sejak 1723.

2. Memiliki Salah Satu Patung Yesus Terbesar di Dunia

Patung Kristus Sang Penebus adalah salah satu patung Yesus terbesar di dunia. Letaknya berada di puncak Gunung Corcovado sehingga dapat dilihat dari seantero kota Rio de Janeiro. Patung ini juga dianggap sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia modern. Pembangunannya dimulai pada tahun 1926 dan patung ini telah menjadi ikon negara Brasil terutama setelah Piala Dunia 2014 dan film animasi Rio. Untuk mencapai ke patung Kristus Sang Penebus, wisatawan dapat menaiki jalan setapak atau menaiki kereta gantung ke puncak Gunung Corcovado.

3. Unggul dalam Olahraga, Terutama Sepak Bola

Brasil telah beberapa kali memenangkan Piala Dunia dan bahkan pada tahun 1950, 2014 menjadi tuan rumah Piala Dunia. Brasil juga memiliki tiga pembalap F1 yang berhasil menjadi juara dunia sebanyak delapan kali. Pada tahun 2016, Brasil menjadi tuan rumah Olimpiade dan Paralimpiade.

4. Memiliki Sungai Terbesar dan Terganas di Dunia

Sungai yang dimaksud adalah sungai Amazon yang terkenal akan keganasannya karena memiliki beberapa spesies hewan buas yang berukuran besar. Selain itu, sungai ini adalah sungai terpanjang kedua di dunia dan memiliki debit air terbanyak di dunia. Bahkan ada beberapa bagian sungai ini yang memiliki lebar lebih dari 10 kilometer.

5. Memiliki Hutan Hujan Terbesar di Dunia

Kembali ke Amazon, sungai Amazon yang memiliki daerah aliran sungai yang sangat luar itu ternyata telah menciptakan ekosistem yang luar biasa berupa hutan hujan. Hutan itu disebut hutan Amazon dengan luas lebih dari 1,4 miliar hektar yang meliputi 40% luar Amerika Selatan. Hutan Amazon menjadi rumah bagi jutaan spesies makhluk hidup yang telah dianggap sebagai paru-paru dunia yang paling besar. Namun, deforestasi di hutan Amazon juga yang paling tinggi di dunia. Itu sangat mengkhawatirkan.