Penjaga Gawang Terbaik Di Dunia

Posisi kiper adalah salah satu posisi yang paling berharga di lapangan sepakbola. Walaupun kiper jarang disorot saat bermain. Karena lingkup daerahnya yang hanya terbatas pada gawang dan kotak penalti membuatnya hanya menjadi pusat perhatian saat timnya diserang atau kala ia membuat kesalahan yang mengakibatkan kekalahan. Namun bukan berarti kiper harus dipandang sebelah mata. Belakangan beberapa kiper juga sudah membuktikan kalau mereka juga bisa membuat posisi itu menjadi menarik dan atraktif.

Untuk menentukan kiper, Kriteria utama tentunya prestasi yang diraih bersama klub, penghargaan individual dan juga kehebatan mencegah terjadinya gol di gawang mereka. Berikut ini adalah beberapa kiper terbaik Dunia.

1. Denis Onyango

Salah satu kejutan yang terjadi adalah masuknya nama Denis Onyango ke dalam daftar ini. Onyango yang hanya bermain di kompetisi Afrika Selatan ternyata mampu mengungguli Petr Cech dan Marc-Andre Ter Stegen setelah mengumpulkan lima poin. Onyango dikenal sebagai kiper yang memiliki refleks yang cukup baik dan tampil cemerlang bersama Mamelodi Sundowns.

2. Iker Casillas Fernández

Iker Casillas yang lulusan Real Madrid Academy juga termasuk kiper terbaik saat ini yang masih tetap diingat dan diperhitungkan. Casillas menjadi pusat perhatian ketika menjadi pemain termuda sebagai kiper yang berlaga saat Real Madrid menundukan Valencia pada tahun 2000 (Final Liga Champions). Golden Generation pada tahun 2008-2012 juga mencatatkan kapten dengan nama Iker Casillas yang pertama kali mendapatkan 3 tropi mayor beriringan (Piala Eropa tahun 2008, Piala Dunia tahun 2010, serta Piala Eropa tahun 2012).

3. Thibaut Courtois

Kualitas yang ditunjukkan Thibaut Courtois mampu menyingkirkan nama besar Petr Cech dari bawah mistar gawang Chelsea. Kiper asal Belgia ini sekarang menjadi sosok yang tidak tergantikan di skuat The Blues dan sangat diandalkan Antonio Conte untuk memenangkan gelar Premier League musim ini.

4. Keylor Navas

Keylor Navas mampu menunjukkan penampilan yang cukup bagus selama membela Real Madrid. Meski posisinya sempat akan digeser oleh David De Gea, Navas berhasil membuktikan bahwa dirinya masih pantas berada di Santiago Bernabeu. Kiper asal Kosta Rika ini mempunyai refleks yang cukup bagus dan selalu menjadi andalan Zinedine Zidane di bawah mistar gawang Los Blancos. Navas berada dalam daftar ini setelah mengumpulkan 18 poin.

5. Gianluigi Buffon

Seperti anggur Italia yang bagus, Buffon sepertinya malah semakin baik dengan semakin bertambahnya usia. Pemain No. 1 Juventus dan Italia ini masih memiliki refleks yang hebat dan kemampuan untuk mencatatkan satu atau dua clean sheet. Menjadi kapten Juventus ketika merebut gelar ganda domestik dan membawa mereka ke final Liga Champions 2014/2015.

6. Jan Oblak

Jan Oblak kini menyandang status sebagai salah satu kiper terbaik di Eropa. Pemain asal Slovenia ini bahkan mampu meraih Zamora Trophy sebagai penghargaan kiper terbaik La Liga musim 2015-2016 setelah hanya kebobolan 18 gol dalam 38 pertandingan. Penampilan cemerlang yang ditunjukkan Oblak membuatnya masuk ke dalam daftar dengan raihan 31 poin.